Umpan Ikan Wader Sungai

umpan ikan wader

Umpan Ikan Wader Sungai- Salah satu kegiatan yang banyak diminati masyarakat Nusantara adalah memancing,Apalagi memancing di alam liar.

Selain bisa dapat ikan memancing di alam liar kita juga biasa mendapatkan keuntungan lainnya seperti udara yang masih segar dan rindangnya pepohonan membuat suasana menjadi lebih tenang.

Nah, Salah satu ikan yang ramai di perbincangkan di masyarakat Indonesia adalah ikan wader.Banyak orang suka memancing ikan ini karena rasanya yang gurih serta memiliki kandungan gizi yang tinggi

Ikan wader adalah ikan yang banyak ditemui di Indonesia.Terutama di bagian perairan Sumatera,Jawa,Lombok,Bali dan Kalimantan.Wader merupakan ikan sungai yang banyak diburu oleh anak – anak karena bentuknya yang kecil.

Normalnya ikan ini berwarna abu-abu kehijauan, warna sisiknya perak di punggungnya lama kelamaan warna perak itu memudar.

Ikan wader adalah salah satu jenis kan yang omnivora atau pemakan segalanya.Oleh karena itu banyak rekomendasi untuk mancing ikan wader.Apalagi ikan wader sungai pasti pemakan apapun umpan ikannya dimakan baik umpan ikan natural atau umpan ikan campuran.

Baca Juga : 14 Jenis Ikan Air Tawar Yang Bisa Kita Pelihara

Macam Macam Umpan Ikan Wader

umpan ikan wader
Sumber : zonaikan.com

Lalu bagaimana cara memancing ikan wader ini..?Salah satu habitat ikan wader adalah sungai.Berikut disini saya akan membahas mengenai umpan ikan wader sungai.

Ulat Belimbing

ulat belimbing
Sumber : hobimancing.net

Yang pertama adalah ulat belimbing.Ulat belimbing memiliki aroma yang khas,sehingga dari aroma itulah wader tertarik.Ulat jenis ini juga mudah didaptkan di buah.

Cara menggunakannya mudah anda tinggal mengaitkan ulat belimbing di mata kail pancing mulai dari kepalanya hinnga ke ekornya.

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Nila Paling Ampuh Untuk Mancing

Lumut sawah

lumut sawah
Sumber : master–mancing.com

Selanjutnya adalah lumut sawah.Ini merupakan makanan favorit ikan wader.Cara pakai nya cukup simple pertama gunakan lumut hijau yang halus dan tambahkan vanili dan garam secukupnya.Supaya aromanya semakin tajam dan kuat ini juga berlau untuk menghaluskan tekstur lumut hijau

Pelet

pelet ikan murah
Sumber : cnnindonesia.com

Pelet menjadi salah satu umpan ikan yang umum digunakan sebagai pakan ikan.Walaupun begitu ternyata pelet masih ampuh digunakan untuk memancing ikan,salah satunya ikan wader.

Cara menggunakannya cukup mudah hancurkan pelet hingga halus tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata sampai menjadi adonan.

Bentuk menjadi bulatan bulatan kecil agar sesuai dengan mulut ikan wader.

Cacing Tanah

cacing tanah
Sumber : merdeka.com

Cacing tanah adalah salah satu umpan ikan yang tergolong mudah dicari seperti disekitaran rumah.daerah sawah dan toko –toko terdekat penjual umpan ikan.

Cara menggunakannya simple dan mudah ,pasang cacing ke kail sampai mengeluarkan bau amis,bau amis membuat ikan wader semakin tertarik Lalu coba memancing.

Baca Juga : 15+ Jenis Ikan Cupang paling populer di Dunia

Laron

laron serangga
Sumber : islam.nu.ro.id

Laron adalah salah satu serangga malam yang muncul ketika musim hujan,pada musim tersebut. Laron biasanya keluar dari sarangnya,karena ia suka dengan tempat yang terang maka ia untuk menuju sumber-sumber sinar seperti lampu.

Cara menangkap laron tidaklah sulit pertama tama siapkan ember berisi air lalu dekatkan ember tersebut ke sumber lampu.

Kemudian matikan semua lampu maka laron akan kehilangan arah dan berjatuhan di atas air.Dan anda kini siap memancing ikan wader.

Baca Juga : 17 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Bisa Dipelihara Dirunah

Mie Instan

umpan ikan mie instan
Sumber : theasianparrent.com

Mungkin tidak ada yang menyangka sebelumnya,mie instan ternyata bisa digunakan untuk memancing,

Tapi faktanya banyak orang berhasil memancing menggunakan umpan mie instan.Artinya mie instan adalah umpan ikan yang ampuh digunakan.

Cara membuatnya adalah tumbuk mie instan hingga halus dan tambahkan sedikit air supaya membentuk suatu adonan.Jika sudah bentuk menjadi bulatan bulatan kecil agar pas di mulut ikan wader

Kroto

kroto
Sumber : hewanpedia.com

Kroto atau biasa disebut dengan anakan semut yang masih berupa ulat. Kroto memiliki bau amis yang khas,bau ini menjadi daya tari tersendiri bagi ikan wader.

Umpan ini tergolong umpan yang mudah dicari, kalian dapat membelinya di toko persediaan peralatan memancing, ataupun pakan burung.

Roti Tawar

roti tawar murah
Sumber : selerasa.com

Rekomendasi umpan ikan wader sungai selanjutnya adalah roti tawar.Caranya cukup mudah kali ini anda tinggal sobek sobek roti tawar menjadi kecil – kecil.

Kemudian bentuk menjadi bulatan bulatan kecil dan kait kan di mata kail pancing.Lalu mulailah memancing ikan wader.

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Koi Tercantik dan Terbaik yang Perlu Kalian Ketahui

Biskuit Crackers

crackers murah enak
Sumber : turnbackhoax.id

Selanjutnya adalah biscuit crackers,caranya penggunaanya sama seperti roti tawar namun ditambah sedikit air agar membentuk suatu adonan dan kaitkan di mata pancing.

Untuk tambahan  anda bisa campur biskuit crackers ini dengan essen vanilla atau terasi udang agar menambahkan aroma amis karena ikan wader menyukai bau amis.

Tahu

umpan ikan tahu
Sumber : kompas.com

Menu lauk pokok masyarakat menengah kebawah masyarakat Indonesia ini ternyata selain bisa dimasak menjadi berbagai olahan masakan bisa juga dipakai umpan ikan wader.

Teksturnya yang lembut memudahkan ikan untukk menyantapnya.Aroma bau kedelai yang khas menjadi makanan favorit ikan wader.

Cara menggunakannya pun sangatlah mudah potong tahu menjadi kotak kotak kecil lalu kaitkan di mata kail pancing dan lemparkan umpan mu ke sungai mulai memancing.

Tempe

umpan tempe
Sumber : liputan6.com

Tak beda jauh dengan saudara kembarnya tahu,tempe pun bisa dijadikan umpan ikan.Sama – sama memiliki aroma kedelai yang membuat daya tarik ikan wader.

Sama seperti manusia yang doyan orek tempe ikan pun juga doyan umpan ikan tempe.Cara menggunakannya mudah anda tinggal potong menjadi dadu kecil dan kaitkan di mata kail pancing.

Jangkrik

umpan ikan jangkrik
Sumber : diadona.id

Hewan yang suaranya mengkerik “krik…krikk” merupakan hewan yang multifungsi.Kenapa demikian..?karena ternyata selain bisa menjadi pakan burung jangkrik juga bisa dijadilkan umpan ikan wader.

Jangkrik merupakan salah satu umpan ikan yang mudah dicari.Anda tinggal membeli di toko pakan burung.Cara penggunaanya mudah tinggal kaitkan di kail pancing sampai mengeluarkan aroma amis dan langsung gas memancing.

Belatung

umpan ikan belatung
Sumber : suara.com

Meski belatung adalah hewan yang menjijikan ternyata memiliki segudang manfaaat salah satunya bisa dijadikan umpan ikan wader.

Tapi belatung justru menjadi salah satu rekomendasi umpan ikan yang paling ampuh dan efektf.

Banyak dijual ditoko toko online seperti belatung maggot dan banyak dijual ditoko pakan burung dan toko pakan ikan  terdekat.

Umpan Racikan

umpan racikan
Sumber aliemsurya.com

Yang terakhir kali ini adalah umpan yang dibuat,diracik dengan bahan bahan tertentu sehingga menjadi satu adonan umpan yang jitu.

Cara membuatnya adalah seduh vanili dan gula merah hingga hancur lalu tambahkan tepung roti dan telur serta air hangat,serta aduk hingga sampai membentuk suatu adonan.

Terakhir tambahkan pelet kinoy hingga adonan menjadi kalis dan kenyal.Jika adonan sudah jadi bentuk menjadi bola bola yang kecil agar sesuai dengan mulut ikan wader.

 

Tips Memancing Ikan Wader

tips mancing ikan wader
Sumber : review.bukalapak.com

Pastikan anda gunakan salah satu rekomendasi umpan ikan diatas karena memang sudah terbukti ampuh dan jitu dalam memancing ikan wader sungai.Selanjutnya pastikan anda sudah berdoa supaya diberikan kemudahan dalam mendapatkan ikan wader sungai.

 

Nah itu dia pembahasan menarik tentang umpan ikan wader sungai hari ini.Dari mulai mengenal habitat ikan wader sungai sampai mengetahui beberapa rekomendasi umpan ikan wader sungai paling jitu dan ampuh.

Ayo jangan lupa cobain beberapa umpan diatas dijamin pasti dapat ikan wader banyak.Terimakasih telah membaca hingga akhir.Selamat bertemu diartikel selanjutnya.Semoga..

 

 

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.