Umpan Ikan Toman

umpan ikan toman

Umpan Ikan Toman – Kembali lagi di series umpan ikan, di mana pada series kali ini akan menjelaskan umpan ikan toman. Nah, ikan toman adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tubuh yang menyerupai ikan gabus. Ikan ini tergolong kedalam salah satu ikan kanibal dan buas.

Nah, untuk kalian yang tertarik dengan tantangan boleh nih dicoba memancing ikan jenis ini. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk memancing ikan ini? Umpan yang seperti apa yang cocok digunakan untuk memancing ikan toman?

Berikut penjelasan lebih lengkapnya simak dibawah ini

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Tawes Paling Tepat, Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Toman Alami 

umpan ikan toman alami
Sumber : ikanhias.id

Sebagian ikan air tawar memang paling suka dengan umpan ikan yang terbuat dari bahan yang alami.

Terdapat banyak sekali pilihan yang bisa Anda pilih untuk memancing ikan. Namun tidak semuanya bisa dijadikan umpan ikan toman.

Lantas apa saja umpan ikan alami yang sesuai dengan ikan toman? Yuk, ikuti ulasannya di bawah ini

Daging Sapi

Sumber : alodokter.com

Rekomendasi yang pertama yakni daging ayam. Tidak hanya ikan toman, banyak ikan air tawar yang menyukai umpan ikan yang satu ini.

Meski harganya tergolong lebih mahal dibanding jenis umpan ikan yang lainnya, tetapi setara dengan tingkat keampuhan umpan jenis ini.

Cara menggunakannya yakni gunakan bagian paha atau dada ayam. Kemudian pisahkan daging dengan kulit ayam lalu sisihkan.

Selanjutnya potong daging menjadi kotak-kotak kecil. Terakhir mulailah beraksi memancing ikan toman.

Kadal

Sumber : jenis.net

Selanjutnya adalah kadal, Siapa yang bisa menyangka ternyata kadal bisa dijadikan umpan untuk memancing ikan. Kadal mudah ditemukan di pekarangan rumah, kebun atau di sekitar tempat memancing.

Cara memakainya yaitu gunakan dua mata kail pancing untuk mengaitkannya. Mata kail yang pertama kaitkan di bagian kepala kadal dan untuk bagian ekor gunakan mata kail yang selanjutnya.

Salah satu tipsnya yaitu pastikan kadal dalam keadaan hidup. Selamat mencoba

Anakan Ikan Lele

Sumber : erakini.com

Tak hanya enak dimakan bersama sambal terasi ikan lele ternyata juga bisa digunakan untuk memancing.

Tetapi lele yang dimaksud disini adalah ikan lele yang masih anak-anak. Usahakan gunakan anakan lele yang memiliki panjang 2 meteran.

Anda bisa mengaitkan bagian kepala di mata kail pancing dan biarkan ekornya bergerak-gerak. Alasannya karena gerakan ekor tersebut dapat menarik perhatian ikan toman.

Berhati-hatilah ketika adu strike dengan ikan tomah karena ia memiliki pergerakan yang cepat dan lincah.

Baca Juga : 29+ Umpan Ikan Tombro 100% Ampuh dan Jitu Untuk Memancing

Umpan Ikan Toman di Sungai

budidaya ikan toman
Sumber : news.unair.ac.id

Sungai merupakan habitat utama ikan toman, maka tak heran apabila Anda sering menemui ikan toman di area sungai. Tak hanya itu sungai juga tempat bagi sebagian besar ikan air tawar.

Namun, dalam memancing ikan di sungai tidak bisa sembarangan. Karena jenis ikan yang bervariasi, maka harus menggunakan racikan umpan ikan yang bervariasi pula, termasuk ikan toman itu sendiri.

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi umpan ikan toman di sungai, diantaranya:

Cacing

Sumber : zonapriangan.pikiran-rakyat.com

Cacing merupakan jenis umpan yang paling mudah ditemui di pekarangan rumah, tempat-tempat yang terdapat tanah yang lembab serta toko peralatan mancing.

Pengunaannya pun sangat mudah, Anda tinggal kaitkan di mata kail pancing, tapi biarkan ekornya bergerak-berak untuk menarik perhatian ikan.

Udang

Sumber : industrikontan.com

Udang merupakan salah satu umpan ikan toman yang paling jitu. Mungkin bagi sebagian orang makan udang adalah alergi tetapi, bagi ikan toman ini adalah makanan yang sangat bermanfaat.

Caranya cukup mudah Anda tinggal kaitkan di mata kail pancing. Anda bisa temukan udang di area tambak, pinggiran laut dan di pasar ikan.

Ikan Lais

Sumber : bhineka.com

Selanjutnya adalah jenis ikan yang pastinya Anda tidak asing lagi, yakni ikan lais. Ikan ini berukuran kecil, dan memiliki ciri fisik kecil hampir mirip dengan ikan wader.

Penggunaannya cukup mudah Anda tinggal kaitkan bagian punggungnya dan Anda siap untuk memancing.  Tips yang lainnya adalah biarkan ekor ikan nya bergerak-gerak.

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Kakap Paling Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Toman di Rawa

ikan toman di rawa
Sumber : kaskus.id

Di pulau Borneo, rawa menjadi habitat terbesar bagi ikan toman. Masyarakat sana, menjadikan ikan ini sebagai santapan khas dengan berbagai macam olahan nya.

Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa umpan ikan toman di rawa paling jitu dan ampuh, diantaranya:

Katak

Sumber : liputan6.com

Mungkin bagi sebagian orang yang yang mendengar ini akan merasa geli dan jijik. Tapi fakta nya katak terbukti ampuh digunakan untuk memancing ikan toman.

Tips nya, gunakan katak yang berukuran kecil atau sedang. Penggunaannya kaitkan bagian punggung katak di mata kail pancing.

Fungsinya agar katak masih bisa berenang di area sungai. Karena pergerakan katak inilah yang dapat menarik perhatian katak.

Ikan Sepat

Sumber: hewanee.com

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa ikan toman termasuk kedalam jenis ikan yang kanibal, artinya ia juga memakan sesama jenis ikan. Tipsnya gunakan ikan sepat dengan ukuran sedang atau kecil. Kemudian kaitkan bagian punggung ikan sepat. Selanjutnya, Mulailah memancing.

Cicak

Sumber : suara.com

Rekomendasi yang terakhir adalah cicak, memang sedikit terdengar aneh tetapi fakta di lapangan membuktikan bahwa cicak bisa dijadikan umpan yang jitu untuk memancing ikan.

Umpan jenis ini cukup mudah ditemukan di rumah, terutama di dinding rumah. Penggunaan nya cukup mudah Anda tinggal kaitkan punggung ikan di mata kail pancing.

Umpan Ikan Toman Casting

Sumber : umpanmancingikan.blogspot.com

Jika Anda masih awam mungkin Anda belum tahu apa itu umpan ikan casting. Nah, umpan ikan casting merupakan umpan tiruan yang memiliki bentuk yang menyerupai ikan atau bentuk-bentuk umpan lainnya seperti katak.

Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa jenis umpan casting yang bisa Anda gunakan untuk memancing, diantaranya adalah Jump Frog, Soft Froggy, Buzz Bait dan Popper.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Nila Paling Jitu Untuk Mancing

Umpan Ikan Toman Paling Jitu

Sumber : zonaikan.id

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi umpan yang paling jitu, bisa Anda gunakan untuk memancing ikan toman di berbagai jenis habitatnya, diantaranya sebagai berikut:

Belut

Sumber : liputan6.com

Belut merupakan umpan yang ampuh dan jitu untuk memancing ikan toman. Cara menggunakannya adalah mula-mula belah belut mulai dari ekor hingga bagian kepalanya.

Lalu bersihkan darahnya dan sisihkan darah tersebut didalam suatu wadah. Selanjutnya iris belut menjadi kecil-kecil. Sebelum Anda kaitkan di mata kail pancing baluri dengan darah belut tadi.

Ulat

Sumber : halodoc.com

Tidak terlalu spesifik karena semua jenis ulat bisa digunakan untuk memancing ikan toman. Anda bisa temukan ini di kebun, hutan atau diantara dedaunan. Penggunaan nya sama seperti lainnya hanya tinggal kaitkan di mata kail pancing.

Jangkrik

Sumber : ikanesia.id

Jangkrik merupakan salah satu spesies serangga yang memiliki suara nyaring. Keberadaan serangga ini mudah ditemukan di toko pakan burung atau Anda bisa mencarinya di hutan.

Tanpa basa basi cara penggunaan nya adalah kaitkan ke mata kail pancing hingga mengeluarkan bau amis yang menyengat. Kemudian Anda siap untuk memancing ikan toman.

Kroto

Sumber : makaryo.net

Rekomendasi yang terakhir adalah kroto, kroto sendiri adalah telur atau anakan semut rangrang. Kroto termasuk dalam umpan ikan air tawar paling ampuh dan jitu.

Umpan jenis ini mudah ditemukan di tempat penjualan pakan burung dan toko peralatan memancing. Penggunaan nya cukup mudah Anda tinggal kaitkan di mata kail pancing dan Anda siap untuk memancing.

Baca Juga : 19+ Umpan Galataama Lele Rekomendasi Terbaik Tahun 2022


Itulah tadi beberapa rekomendasi umpan ikan yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan toman beserta tips dan trik nya. Ikan toman memang ikan yang ganas dan memiliki pergerakan yang cepat, tapi bukan berarti ikan ini tidak bisa dipancing bukan?

Share ke teman-teman Anda jika artikel ini sangat bermanfaat. Terimakasih sampai bertemu di artikel series umpan ikan lainnya.

 

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.