Umpan Ikan Tembakang

umpan ikan tembakang

Umpan Ikan Tembakang – Kembali lagi bersama saya di umpan ikan series, Kali ini kita aka membahas tentang ikan tembakang. Apa itu ikan tembakang? Ikan tembakang atau ikan biawan merupakan salah satu jenis ikan air tawar khas Indonesia.

Ikan tembakang adalah ikan khas Kalimantan, habitatnya sendiri berada di perairan rawa-rawa. Selain ikan tembakang atau biawan ikan ini memiliki nama yang lain, tiap-tiap daerah di Indonesia berbeda beda.

Misalnya seperti ikan bakang, tambak-tambak, ikan samarinda, ikan poni, ikan kepreh dan masih banyak lagi.

Ikan ini memiliki ciri fisik berukuran kecil kisaran 5 hingga 12 cm saja. Walaupun ikan tembakang merupakan ikan yang tergolong pemakan segalanya atau omnivora, tetapi daging ikan ini rasanya gurih sekali.

Untuk memancingnya anda harus mengetahui beberapa umpan ikan tembakang yang jitu dan ampuh. Untuk penjelasan lebih lengkapnya Anda bisa simak dengan teliti dibawah ini.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Tapah Ikan Predator dari Kalimantan, Paling Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Tembakang Alami

Sumber : hewanpedia.com

Bagi Anda yang ingin berburu ikan tembakang, sebaiknya Anda lakukan persiapan terlebih dahulu. Contohnya seperti peralatan memancing termasuk umpan ikan.

Lalu umpan ikan apa saja yang harus dipersiapkan? Nah, untuk mengetahui jawabannya Anda harus membaca penjelasan selengkapnya dibawah ini,

Lumut

Sumber : lazada.co.id

Menurut beberapa pendapat para pemancing ikan tembakang, lumut merupakan salah satu jenis umpan yang menjadi favorit ikan tersebut.

Lumut yang digunakan bebas tetapi rekomendasi terbaik adalah lumut hijau yang halus. Karena teksturnya yang lembut menjadi kesukaan ikan tembakang.

Penggunaannya yakni lilitkan lumut di mata kail pancing, kemudian berikan beberapa tetes essen dan Anda siap untuk memancing ikan tembakang.

Jangkrik

Sumber : 99.co

Umpan ikan tembakang selanjutnya yakni salah satu serangga yang memiliki suara bising, siapa lagi kalau bukan jangkrik.

Serangga jenis ini cukup populer dikalangan para pemancing ikan air tawar. Alasanya karena mudah didapatkan di sekitar lingkungan rumah, dekat lokasi memamcing atau di toko peralatan pancing.

Aroma amisnya yang kuat jadi alasan bahwa umpan jenis ini paling tepat dan jitu untuk memancing ikan tembakang. Syaratnya yakni lepaskan sayap jangkrik sebelum Anda mengaikan di mata kail pancing.

Kroto

Sumber : hewanpedia.com

Kroto merupakan telur semut rangrang yang konon katanya cukup ampuh dan jitu untuk memancing ikan di air tawar.

Cara mendapatkan umpan jenis ini cukup mudah, Anda bisa temukan di sekitar lingkungan rumah Anda atau cukup beli saja di tempat penjual pakan burung atau toko pakan ikan.

Penggunaannya tidak terlalu rumit, tinggal pasangkan saja kroto di mata kail pancing hingga aroma amisnya keluar menyengat. Setelah itu, Anda siap untuk memancing ikan tembakang.

Laron

Sumber : 99.co

Umpan ikan terbaik selanjutnya datang dari jenis serangga malam yang suka bergerombol di dekat cahaya, siapa dia? yak, benar sekali laron jawabannya.

Memang laron menjadi salah satu favorit para pemancing sebagai umpan ikan dikala musim penghujan. Laron mudah sekali ditemukannya tertama didekat lampu rumah, lampu jalanan dan tempat-tempat terang lainnya.

Sebelum Anda mengaitkan laron di mata kail pancing, pastikan lepas sayapnya terlebih dahulu. Kemudian pasangkan 4 sampai 5 ekor laron untuk hasil yang lebih maksimal.

Poa

Sumber : idntimes.com

Bagi sebagian orang serangga yang satu ini mungkin masih terdengar asing. Poa merupakan sejenis rayap yang berbentuk seperi ulat putih.

Hewan yang satu ini sering digunakan sebagai umpan ikan tembakang dan telah terbukti jitu dan ampuh. Hewan ini bisa ditemukan di pekarangan rumah atau Anda bisa membelinya ditoko pakan ikan dan secara online.

Perla

Sumber : medan.tribunnews.com

Selanjutnya adalah perla, merupakan anakan kecoa yang masih kecil. Anda bisa temukan umpan jenis ini di tempat-tempat yang berbau busuk contohnya seperti di sampah atau di got-got saluran pembuangan air.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan kecoa jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk dibudidayakan dan melahirkan perla. Atau Anda bisa juga membelinya di toko pakan ikan terdekat.

Penggunaanya pun cukup mudah tinggal kaitkan di mata kail pancing dan Anda bisa memancing ikan tembakang. Semoga beruntung teman-teman.

Belatung

Sumber : media-blitar.pikiran-rakyat.com

Bagi sebagian orang mungkin menjijikan dan kemungkinan besar akan membunuh jenis umpan ini. Tapi, satu hal yang harus Anda ketahui bahwa ternyata belatung merupakan makanan favorit ikan tembakang.

Umpan jenis ini mudah didapatkan di sekitar lingkungan Anda atau di tempat-tempat yang lembab. Cara penggunaanya cukup mudah Anda tinggal kaitkan di mata kail pancing.

Baca Juga : 27 + Umpan Ikan Cendro Paling Ampuh dan Jitu Tahun ini

Umpan Ikan Tembakang Racikan Tepung

umpan ikan dari tepung
Sumber : kompas.com

Terakhir adalah menggunakan racikan dengan berbahan dasar tepung. Nah, seperti apa bahan-bahan dan cara membuatnya. Yuk, ikuti dibawah ini

Bahan Bahan

  • Mie Instan (haluskan hingga lembut)
  • Keju
  • Tepung Roti

Cara Membuat

  1. Mula-mula, siapkan suatu wadah dan masukkan semua bahan menjadi satu
  2. Kemudian, aduk campurkan semua bahan hingga kalis dan mudah dibentuk
  3. Bentuk adonan menjadi bola-bola yang kecil sesuai dengan ukuran mulut ikan tembakang
  4. Umpan ikan siap untuk digunakan

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Ampuh

Umpan Ikan Tembakang Buatan

Selanjutnya, merupakan beberapa rekomendasi umpan ikan tembakang buatan yang cukup ampuh dan jitu, Penasaran dengan penjelasannya? Ayo, baca dan simak beberapa rekomendasi umpan nya di bawah ini

Kerupuk

Sumber : halodoc.com

Tak hanya bisa dijadikan sebagai lauk makan atau bahan untuk membuat seblak, ternyata kerupuk bisa dijadikan umpan ikan tembakang.

Untuk mendapatkan jenis umpan ini cukup mudah, banyak dijual di warung- warung makan, toko kelontong dan masih banyak lagi.

Cara menggunakan nya terbilang mudah, caranya hancurkan kerupuk terlebih dahulu hingga benar-benar hancur, tambahkan telur ayam dan bentuk menjadi sebuah adonan.

Kemudian Anda bisa kaitkan umpan tersebut di mata kail pancing. Tips selanjutnya adalah sisakan beberapa kerupuk dan hancurkan pula kemudian lemparkan ke area sungai tertentu.

Fungsinya yakni untuk memancing ikan tembakang atau dalam dunia pancing disebut dengan bom ikan. Selamat mencoba dan semoga beruntung teman-teman.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Sepat Terbaik dan Paling Ampuh Tahun 2022 

Tips Memancing Ikan Tembakang

Sumber : alamikan.com

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa jenis umpan ikan tembakang yang paling ampuh, selanjutnya Anda bisa gunakan beberapa tips dan trik memancing ikan tembakang berikut ini:

  1. Jangan memancing ikan tembakang pada keadaan air jernih karena akan sulit untuk dipancing.
  2. Pilihlah waktu memancing saat musim kemarau yang kering disekitar sawah, danau, rawa atau habitat lainnya yang airnya keruh.
  3. Gunakan pelampung pancing dengan ukuran yang kecil
  4. Gunakan pula mata kail pancing yang kecil karena mulut ikan tembakang kecil supaya ikan tidak mudah lepas.
  5. Pastikan Anda menggunakan beberapa rekomendasi umpan ikan diatas, dijamin auto dapat ikan tembakang yang melimpah.
  6. Ajak teman-temanmu sekalian supaya ketika memancing lebih seru dan tidak membosankan

Baca Juga : 29+ Umpan Ikan Tombro 100% Ampuh dan Jitu Untuk Memancing


Itulah tadi adalah beberapa rekomendasi umpan ikan tembakang paling ampuh dan jitu beserta tips dan trik dalam memancing ikan tembakang.

Dalam proses memancing ikan tembakang Anda harus benar-benar teliti dalam penggunaan umpan ikan supaaya sesuai dengan habitatnya.

Tips selanjutnya, memancing lah ketikan musim kemarau karena itu adalah waktu yang paling  tepat untuk memancing ikan tembakang.

Terimakasih, telah setia membaca artikel di series umpan ikan. Semoga bermanfaat, jangan lupa share kepada para pemancing ikan di luar sana untuk menambah wawasan seputar dunia pemancingan.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.