Umpan Ikan Tapah

umpan ikan tapah

Umpan Ikan Tapah – Ikan tapah adalah salah satu air  tawar yang berkumis. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan pemakan daging atau karnivora. Ikan ini berasal dari Asia Wallago Attu atau Asia tropis dan memiliki dimensi ukuran yang besar.

Ikan ini juga disebut dengan ikan Wallago, berasal dari nama di sebuah kota di Malaysia yaitu “Wallago”.  Habitat utama ikan tapah di daerah Wallago tersebut oleh karena itu ikan tapah juga memiliki sebuah nama ilmiah Wallago micropogon.

Di Indonesia ikan tepah banyak ditemui di pedalaman sungai-sungai rawa di Kalimantan. Selain itu, juga bisa ditemui di pulau Sumatera dan daerah Papua dan sekitarnya.

Dan juga banyak ditemui di negara-negara asia lainnya seperti India, Vietnam, Pakistan dan beberapa negara lainya.

Cara Mengenali Ikan Tapah

ciri ikan tapah
Sumber : ikanesia.id

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Terbaik

Ikan tapah memiliki tubuh sekitar 1,5 m dengan beratnya mencapai 30 – 45 kilogram. Selain karnivora ikan tapah juga termasuk ke dalam jenis ikan kanibal karena ikan tapah juga memakan ikan yang lebih kecil darinya.

Ikan tapah sering aktif di malam hari dan beristirahat di siang hari alias nokturnal.  Selain itu ikan ini juga termasuk kedalam golongan ikan blackfish yang artinya memiliki kondisi oksigen yang rendah.

Ikan tapah berada habitat  yang  cenderung berada di aliran air sungai yang deras, tetapi belum sampai ke hulu. Namun, terkadang juga sering berada di perairan yang tenang. Jadi, untuk memancingnya Anda perlu menemukan perairan yang tenang untuk mendapatkan ikan tapah.

Nah, untuk memancing ikan ini Anda harus menggunakan beberapa rekomendasi umpan ikan yang tidak sembarangan. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang umpan ikan tapah Anda bisa simak dan baca di bawah ini

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Pari Rekomendasi Terbaik Tahun ini 100% Ampuh

Umpan Ikan Tapah Dengan Ikan Kecil

Sumber : petpintar.com

Untuk rekomendasi uman ikna yang pertama adalah ikan kecil. Ikan ini merupakan santapan favorit ikan tapah karena ikan tapah termasuk ke dalam jenis ikan kanibal.

Ikan kecil yang digunakan beragam contohnya seperti ikan baung, ikan wader, ikan tawes dan sejenisnya. Nah, dengan beberapa jenis ikan tersebut Anda bisa jadi pemancing ikan tapah yang handal.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Betok Rekomendasi Terbaik Sepanjang Masa 

Umpan Ikan Tapah Dengan Udang Galah

Sumber : gdmagri.id

Selanjutnya adalah udang galah, udang jenis ini memiliki ukuran yang besar dan biasanya ia hidup pada perairan air tawar yang dangkal. Udang merupakan salah satu makanan favorit ikan tapah.

Aroma amisnya yang cukup menyengat menjadi alasan mengapa udang cocok menjadi umpan ikan tapah yang efektif. Penggunaanya sangat mudah, pertama lepaskan kumis udang dan pasangkan di mata kail pancing. Dan Anda sudah siap untuk memancing ikan tapah.

Baca Juga : 25+ Umpan Ikan Sepat Paling Tepat, Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Tapah Dengan Lipan

Sumber : greelane.com

Mungkin bagi sebagian lipan adalah salah satu jenis ulat yang menjijikan dan mengganggu. Nah, tetapi siapa yang menyangka bahwa ternyata lipan bisa dijadikan untuk memancing ikan tapah.

Bagaimana bisa? Ternyata aroma dari ikan tersebut bisa menarik perhatian ikan tapah. Tipsnya gunakan kelabang yang berukuran kecil, jangan gunakan kelabang yang berukuran besar karena kemungkinan besar umpan Anda tidak di makan oleh ikan tapah.

Cara menggunakan ikan ini cukup mudah tinggal kaitkan saja, kelabang di mata kail pancinig pada bagian kepala dan biarkan bagian ekornya bergerak-gerak. Karena hal tersebut dapat menarik perhatian ikan tapah.

Umpan Ikan Tapah Dengan Ulat Lundi

Sumber : masukpakeko.id

Umpan selanjutnya adalah ulat lundi. Bagi para petani ulat ini merupakan jenis hama yang merugikan tetapi, bagi para pemancing ikan tapah justru sangat berguna.

Ulat ini merupakan sejenis hama dengan ciri fisik gemuk, besar, putih dan tubuhnya transparan ditambah dengan kepala warna cokelat.

Cara mendapatkan ulat ini bisa ditemukan pada beberapa jenis tanaman buah contohnya seperti jagung, tomat, ataupun seperti padi dan masih banyak lagi.

Umpan Ikan Tapah Casting

Sumber : donjulak.com

Jenis umpan ikan yang terakhir yakni menggunakan metode casting. Apa itu metode casting? Yakni merupakan jenis umpan ikan dengan menggunakan umpan buatan yang menyerupai bentuk ikan, cacing, katak dan jenis umpan lainnya.

Nah, untuk memancing ikan tapah gunakan jenis Lure floating atau terapung. Gunakan umpan ini pada kedalaman sekitar 1 meter, apalagi ketika Anda memancing ikan ini di aliran air yang lumayan deras.

Habitat Ikan Tapah

habitat ikan tapah
Sumber : langgengpancing.com

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa rekomendasi umpan ikan tapah diatas, selanjutnya disini Anda harus mengetahui habitat ikan tapah agar lebih memudahkan Anda dalam menemukan ikan tapah.

Tanpa banyak basa basi ikan tapah lebih mudah ditangkap ketika sedang mendung, atau ketika awan sedang hitam. Sedangkan waktu terbaik untuk memancig ikan tapah adalah sore atau malam hari.

Mengapa demikian? Karena ikan tapah merupakan ikan nokturnal artinya ikan ini lebih banyak beraktivitas pada malam hari.

Kemudian selanjutnya, carilah permukaan sungai yang hitam dan dalam karena pada tempat tersebutlah ikan tapah banyak bergerombol.

Selain itu, pada musim kemarau sekitar Juli hingga Agustus adalah waktu yang paling tepat, untuk memancing ikan tapah. Kemudian, sungai gambut merah merupakan spot yang paling potensial untuk mendapatkan ikan tapah.

Tips dan Trik Memancing Tapah

umpan ikan tapah
Sumber : memancing.info

Sekarang setelah Anda mengetahui umpan ikan tapah berserta habitatnya, Selanjutnya akan saya bagikan beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan tapah.

Nah, berikut penjelasan lebih lengkpanya bisa Anda simak dan baca di bawah ini:

  1. Gunakan jenis lure yang meyelam, mengikuti dengan kedalaman air sekitar 1 hingga 6 meter, Dan jangan gunakan jenis lure yang timbul seperti Top Water.
  2. Kemudian setelah mencapai hulu sungai Anda bisa menggunakan Metode Trolling, yakni ikut mengalir dari hulu ke hilir sungai dengan cara mengayuh perahu dengan cara perlahan
  3. Setelah itu lemparkan umpan ikan ke lubang yang terdapat banyak tanaman air ataupun ke lubang yang dalam, Mengapa demikian? karena ikan tapah sering berada di lubang yang dalam
  4. Jangan lupakan membawa peralatan memancinng yang lengkap. karena dengan persiapan yang matang Anda bisa mendapatkan ikan yang banyak
  5. Ketika terjadi strike, jangan panik dan Anda langsung menariknya. Tenangkan diri Anda dan rasakan berat ikan tersebut baru tarik perlahan. Karena saat pertama kali strike mengakibatkan ikan tapah lepas dari kail pancing.
  6. Ajak teman, karena bisa membantu Anda ketika suatu saat mendapatkan ikan tapah yang sangat besar dan tentunya bisa jadi teman ngobrol supaya tidak bosan.

Nah, itulah tadi adalah penjelasan secara lengkap tentang ikan tapah, mulai dari rekomendasi umpan ikan tapah, tips dan trik memancing dan habitat ikan tapah. Gimana sudah cukup puas dengan pembahasan diatas?

Kesimpulannya, dalam memancing ikan tapah Anda harus sabar dan memilih secara tepat umpan apa yang harus digunakan, dan jangan lupa ajak teman supaya tidak bosan.

Sekian, semoga bermanfaat, Jangan lupa share ke teman-teman Anda supaya mendapatkan wawasan yang luas tentang dunia pancing. Salam pancingers.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.