Umpan Ikan Sepat

umpan ikan sepat

Umpan Ikan Sepat – Kembali lagi di artikel umpan ikan series, dimana pada series ini akan membahas berbagai macam trik mancing dan beberapa umpan ikan yang jitu dan ampuh.

Nah, kali ini datang berasal dari salah satu ikan air tawar khas Indonesia yang hidupnya berlompok.  Ikan ini merupakan ikan yang sering ditemui di pasar tradisional. Ikan ini memiliki tekstur daging yang super lembut dan gurih.

Di Indonesia sudah banyak olahan makanan yang terbuat dari ikan sepat.  Di Indonesia ikan ini disebut dengan ikan sepat. Ikan sepat menyukai perairan yang tidak terlalu deras seperti rawa, sungai,  saluran air atau parit-parit.

Nah, jika Anda termasuk ke dalam orang-orang yang suka memancing ikan sepat berikut dibawah ini adalah beberapa rekomendasi umpan ikan sepat yang paling ampuh dan jitu.

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Toman Rekomendasi Terbaik Tahun ini

Umpan Ikan Sepat Siam

umpan ikan sepat siam
Sumber : melekperikanan.com

Jika Anda ingin memancing, tentukan terlebih dulu ikan jenis apa yang akan Anda pancing. Kemuidan pemiliihan umpan ikan juga sangat penting karena dapat mempengaruhi hasil pancingan.

Nah, kali ini jika Anda ingin memancing jenis ikan sepat siam Anda harus menggunakan beberapaa rekomendasi umpan ikan siam sebagai berikut.

Salah satunya adalah kroto, Kroto merupakan anakan atau telur semut rangrang. Umpan ini terdengar umum dan sering digunakan oleh para pemancing ikan air tawar.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah tinggal kaitkan beberapa ekor kroto di mata kail pancing. Selain kroto beberapa rekomendasi lainnya adalah cacing, laron, lipan dan anak tawon madu.

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Tawes Paling Tepat, Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Sepat di Sungai

Sumber : majalahikan.com

Ikan sepat yang berada di sungai umumnya meyukai perairan yang tenang dan tidak terlalu deras. Nah, dalam hal ini pemilihan jenis umpan harus tepat apabila Anda ingin memancing di area sungai. Lantas, umpan seperti apa yang kita gunakan? Penasaran? Yuk, baca dengan baik-baik dibawah ini.

Ulat Bambu

Sumber : agrozine.id

Ulat jenis ini banyak terdapat pada rongga-rongga batang pohon bambu. Nah, umpan jenis ini, bisa digunakan pada ikan sepat jenis apapun, ikan sepat siam,  sawah maupun ikan sepat biasa.

Cara penggunaan nya, mula-mula potong ulat menjadi beberapa bagian fungsinya agar menyesuaikan dengan mulut ikan sepat yang kecil. Kemudian baru kaitkan ulat bambu di mata kail pancing. Terakhir cobalah lempar umpan sejauh mungkin dan rasakan sensasi nya.

Lemak Ayam

Sumber : blibli.com

Selain daging ayam ternyata lemak ayam juga bisa dimanfaatkan menjadi umpan ikan sepat yang ampuh dan tepat. Caranya sangatlah mudah, pertama-tama, potong lemak ayam menjadi kotak-kotak kecil.  Nah, kemudian kaitkan di mata kail pancing.

Laron

Sumber : 99.co

Serangga malam yang suka akan cahaya ini adalah salah satu umpan ikan sepat yang paling jitu saat ini. Laron biasanya muncul ketika musim hujan tiba. Nah, ini bisa jadi opsi kala hujan dan Anda kesulitan mendapatkan beberapa umpan diatas.

Cara menggunakannya sangat mudah, mula-mula lepas sayap laron dan buang kemudain kaitkan tiga sampai empat ekor laron di mata kail pancing. Kemudian Anda siap untuk memancing ikan sepat di sungai.

Udang

Sumber : cookpad.com

Udang merupakan salah satu rekomendasi umpan ikan yang paling ampuh dan jitu untuk memancing beberapa ikan air tawar, salah satunya ikan sepat.

Tipsnya, gunakan udang yang masih fresh dan berukuran kecil. Kemudian Anda bisa temukan udang tersebut di area tambak, pasar ikan atau beberapa sungai.

Penggunaanya cukup mudah Anda tinggal kaitkan di mata kail pancing, jika di rasa terlalu besar potong udang menjadi beberapa bagian.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Tombro 100% Ampuh dan Jitu Untuk Memancing

Umpan Ikan Sepat di Rawa

Sumber : paktanidigital.com

Selanjutnya, jika Anda memancing di habitat rawa-rawa rekomendasi umpan diatas tidak bisa jadi jaminan bahwa Anda akan mendapatkan ikan sepat secara mudah. Lantas bagaimana, caranya? Yuk, simak beberapa rekomendasi umpan ikan sepat di area rawa berikut ini.

Ikan Cere

Sumber : idntimes.com

Ikan ini merupakan ikan kecil yang dapat dimanfaatkan menjadi umpan ikan sepat yang cukup ampuh. Anda bisa temukan ikan ini di sekitar kandang ayam, kambing ataupun kandang sapi. Walaupun tergolong cara kuno tetapi faktanya umpan jenis ini masih ampuh dan jitu digunakan di masa sekarang.

Lipan atau Kelabang

Sumber : boombastic.com

Mungkin bagi sebagian orang jijik apabila mendengar hewan ini. Lipan atau kelabang merupakan serangga yang memiliki bisa. Namun beberapa kelabang tidak memilikinya. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal itu sebagai kesempatan untuk digunakan sebagai umpan ikan sepat.

Ulat Belimbing

Sumber : hobimancing.kubaginfo.com

Berikut ini adalah salah satu jenis ulat yang suka menggerogoti buah. Sesuai dengan namannya ulat jenis ini terdapat dibuah belimbing yang busuk. Bagi petani hewan ini termasuk hama yang merugikan.

Tetapi justru bagi pemancing hewan ini bagaikan berlian karena dapat digunakan sebagai salah satu umpan ikan sepat.

Mie Rebus

Sumber : theasianparent.com

Mie instan yang direbus ternyata tidak hanya bisa dimakan oleh manusia saja, ikan sepat juga menyukai jenis ikan ini. Nah, sebelum digunakan rebus mie instan terlebih dahulu.

Pastikan rebus mie dengan kondisi setengah matang, karena jika terlalu matang teksturnya akan mudah hancur dan sulit dikaitkan di mata kail pancing.

Jika mie sudah setengah matang angkat dan tiriskan sampai kadar air benar-benar habis. Setelah itu Anda bisa tambahkan essen untuk menambahkan aroma. Terakhir, kaitkan di mata kail pancing secukupnya sembari dikepal-kepalkan supaya memadat.

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Nila Paling Jitu Untuk Mancing

Umpan Ikan Sepat dari Lumut

Sumber : bola.com

Nah, jika Anda menggunakan lumut sebagai media untuk umpan memancing gunakan beberapa tips berikut ini. Mula-mula carilah lumut di area parit, rawa atau sawah.

Biasanya lumut tersebut terdapat di area aliran air yang mengalir. Kemudian tambahkan garam pada lumut tersebut supaya tekstur lumut menjadi lebih lembut.

Kemudian tambahkan beberapa tetes essen secukupnya. Setelah itu kaitkan umpan tersebut di mata kail pancing dan mulailah memancing ikan sepat. Racikan umpan ini bisa Anda gunakan di habitat apapun.

Baca Juga : 19+ Umpan Galataama Lele Rekomendasi Terbaik Tahun ini

Tips Memancing Ikan Sepat

tips mancing ikan
Sumber : pulauseribu-resort.com

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips dan trik cara memancing ikan sepat yang bisa Anda praktek kan di sungai, rawa atau habitat ikan sepat manapun, diantaranya:

  1. Gunakan senar dengan diameter yang kecil, karena menyesuaikan dengan bentuk ikan sepat yang kecil
  2. Kemudian gunakan joran yang tegak saja, karena biasanya ikan sepat bergerombol di suatu titik sungai saja
  3. Pilih mata kail yang kecil saja karena mulut ikan sepat kecil, fungsinya supaya kail tidak mudah lepas
  4. Pilihlah pelampung yang kecil, ini memudahkan Anda ketika umpan di mangsa ikan maka pelampung tidak berat dan mudah bergerak
  5. Timah yang kecil sangat direkomendasikan untuk memancing ikan sepat
  6. Selanjutnya gunakan umpan ikan yang sesuai dengan racikan yang diatas
  7. Lempar mata kail pancing ditengah karena biasanya ikan sepat bergerombol ditengah sungai
  8. Nah, pastikan saat di lempar usahakan posisi pelampung berdiri dan jangan terlentang, karena jika terlentang pelampung akan mudah tenggelam
  9. Kemudian ketika pelampung terlihat tenggelam angakt dan tarik secara tiba-tiba supaya ikan sepat tidak mudah lepas

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi umpan ikan sepat yang bisa Anda gunakan dirumah. Ikan sepat memang tergolong ke dalam jenis ikan air tawar yang mudah untuk dipancing, tetapi Anda tidak boleh meremehkan ikan tersebut.

Jangan lupa share ke teman-temanmu jika artikel ini sangat bermanfaat. Terimakasih, sampai jumpa di artikel umpan ikan selanjutnya.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.