Umpan Ikan Sembilang

umpan ikan sembilang

Umpan Ikan Sembilang – Untuk Anda yang memiliki hobi memancing, tentunya bukan suatu hal yang asing lagi apabila membahas ikan sembilang.

Ikan yang satu ini memiliki ciri fisik yang menyerupai ikan lele, dengan kumisnya. Namun, ada hal yang membedakan yakni pada bagian punggung ia memiliki sirip serta bagian ekor dan anus juga demikian.

Ikan sembilang juga tergolong ke dalam jenis ikan omnivora. Selain itu ikan sembulang termasuk kedalam jenis ikan yang memiliki racun yang berbahaya, jadi hati-hati dalam memancingnya.

Habitat ikan ini Anda bisa temukan pada perairan air tawar dan laut dangkal. Nah, untuk kalian yang bertekad ingin memancing ikan ini, Anda harus memperhatikan beberapa rekomendasi umpan ikan sembilang paling tepat dan jitu berikut ini.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Pari Rekomendasi Terbaik Tahun ini 100% Ampuh

Umpan Ikan Sembilang Alami

Untuk memancing ikan sembilang Anda bisa juga loh hanya berbahan dasar bahan Alami. Lantas jenis-jenis umpannya seperti apa? Nah, beberapa rekomendasinya bisa Anda simak dengan seksama berikut ini.

Kerang Putih

Sumber : pexels.com

Umpan jenis ini merupakan salah satu favorit ikan sembilang. Kerang putih bisa Anda dapatkan di area tambak, tau pasar ikan.

Harga jenis umpan ini relatif murah, dan terbukti ampuh. Cara penggunaannya yakni pisahkan daging dengan cangkang kerang.

Kemudian, pasangkan di mata kail pancing hingga mengeluarkan bau amis. Umpan siap untuk digunakan

Ikan Busuk

Sumber : suara.com

Jika Anda memiliki ikan busuk jangan buru-buru dibuang karena ikan busuk masih bisa dimanfaatkan sebagai umpan ikan sembilang.

Ikan busuk biasanya mengeluarkan aroma yang sangat menyengat, oleh karena itu aroma inilah yang menjadi favorit ikan sembilang. Terlebih tekstur ikan busuk lebih lembut dibanding ikan yang masih segar.

Ulat

Sumber : tribunnews.com

Selanjutnya adalah ulat, ulat jenis apapun bisa dijadikan umpan ikan sembilang. Anda bisa mendapatkan ulat ini pada daun tanaman atau bisa Anda temukan di toko pakan burung terdekat.

Cara menggunakannya cukup mudah tinggal pasangkan di mata kail dan Anda siap untuk memancing.

Keong Mas

Sumber : youtube.com

Tak disangka ternyata keong bisa dijadikan umpan ikan sembilang. Hewan ini banyak ditemukan ditempat-tempat lembah atau di area sawah.

Cara penggunaanya yakni, mula-mula lepaskan cangkang keong dan sisihkan daging keong. Kemudian pasangkan daging keong di mata kail pancing hingga mengeluarkan aroma amis.

Tipsnya sesuaikan ukuran daging keong dengan ukuran mulut ikan sembilang. jangan terlalu besar.

Cacing Klelet

cacing klelet
Sumber : youtube.com

Cacing kletet atau cacing laut memiliki ciri fisik panjang dan pipih, berwarna merah dan sangat baik untuk dijadikan umpan ikan.

Alasannya sederhana cacing ini mampu mengeluarkan aroma amis yang dapat menarik perhatian ikan sembilang. Cara penggunaanya yani potong-potong cacing sesuai dengan ukuran mata kail pancing.

Kemudian kaitkan cacing kletet di mata kail pancing.

Potongan Daging Ikan

Sumber : abahtani.com

Jika Anda tidak bisa menemukan beberapa umpan diatas mungkin yang satu ini bisa membantumu. Benar sekali Anda bisa menggunakan potongan daging ikan apapun.

Nah, jadi untuk Anda yang memiliki sisa makanan ikan jangan langsung di buang, karena masih bisa digunakan untuk memancing ikan sembilang

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Terbaik

Umpan Ikan Sembilang di Pantai

Sumber : inibaru.id

Nah, selanjutnya jika Anda berada pada area pantai cacing laut adalah solusi terbaik. Cacing ini memiliki ciri fisik berwarna merah, dan memiliki bulu-bulu halus di sekitar tubuhnya.

Cacing jenis ini bisa Anda temukan di tepian pantai, terutama ketika air surut. Cacing laut merupakan salah satu dari sekian banyak makanan favorit ikan sembilang.

Oleh karena itu, siapkan umpan jenis ini sebanyak mungkin jika Anda memancing di sekitaran pantai. Cara penggunaan nya cukup mudah.

Tinggal kaitkan saja cacing pada bagian kepala di mata kail pancing. Kemudian biarkan ekornya bergerak-gerak karena dapat menarik perhatikan ikan sembilang.

Umpan Ikan Sembilang Yang Terbaik

Sumber : trikmerawat.com

Selanjutnya, merupakan rekomendasi umpan ikan sembilang yang paling ampuh dan tepat. Pilihan nya jatuh kepada kepiting soka.

Memang harganya sedikit lebih mahal dibanding beberapa jenis umpan yang lainnya. Tetapi kalau soal kualitas, jangan ditanya dijamin langsung dapat ikan sembilang yang melimpah.

Kepiting soka memiliki cangkang yang lembut sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengaikannya di mata kail pancing. Anda bisa mendapatkan kepiting soka di pasar ikan atau di area tambak.

Baca Juga: 23+ Umpan Ikan Betok Rekomendasi Terbaik Sepanjang Tahun Ini

Umpan Ikan Sembilang di Muara

Sumber : jendelahewan.com

Jika Anda ingin memancing ikan sembilang di area muara gunakan umpan berupa udang. Udang yang digunakan harus dalam keadaan mati.

Kemudian kupas udang tersebut hingga habis kulitnya. Pada malam hari daging udang ini akan menyala berwarna biru kehijauan.

Nah, untuk bagian kulitnya jangan dibuang teman-teman karena bisa dijadikan bom pancing atau sebagai pancingan umpan ikan sembilang.

Baca Juga: 21+ Umpan Ikan Pari Rekomendasi Terbaik Tahun ini 100% Ampuh dan Jitu

Tips Memancing Ikan Sembilang

tips memancing ikan sembilang
Sumber : boombastis.com

Setelah Anda mengetahui beberapa rekomendasi umpan ikan sembilang diatas, Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah beberapa tips dan trik memancing ikan sembilang, berikut ini:

1. Ketahui Habitat dan Spot Mancing Ikan Sembilang

Ikan Sembilang pada umumnya populasinya berada di area pesisir pantai, muara dan di perairan keruh lainnya. Mereka menyuaki hidup secara berkelompok pada setiap habitatnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan banyak ikan sembilang di spot yang sama dalam waktu yang berdekatan.

2. Waktu Yang Tepat dalam Memancing Ikan Sembilang

Selain habitatnya Anda juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat saat memancing ikan sembilang. Lantas kapan waktu yang tepat? Yuk, ikuti ulasan selengkapnya di bawah ini.

Waktu terbaik sebetulnya bisa kapan saja, bisa pagi, siang ataupun malam hari. Karena ikan sembilang bukan jenis ikan nokturnal ataupun sebaliknya. 24 jam full gas mancing nonstop gan.

Ketika hujan reda adalah pilihan waktu terbaik karena air pada muara akan naik dan keruh sangat cocok untuk memancing ikan sembilang. Waktu terbaik selanjutnya yakni ketika air laut pasang ataupun ketika surut.

3. Peralatan Memancing Ikan Sembilang

Alat mancing yang bisa digunakan ada dua macam yakni menggunakan bambu ataupun menggunakan joran tegeg dengan rell. Dalam penggunaanya usahakan gukana joran dengan ukuran yang panjang, karena bisa menjangkau spot yang jauh hingga ke tengah.

Apalagi dengan joran jegeg sangat cocok digunakan diarea yang berbatuan, karena ikan sembilang menyukai perairan deras, berbatuan dan keruh.

Sedangkan untuk bagian mata kailnya, Anda bisa menggunakan merk carbon, karena dikenal kuat untuk menarik ikan sembilang. Untuk baigan senar sesuaikan dengan ukuran pancing dengan merk yang Anda sukai.

4. Tips Menggunakan Timah Pemberat dan Hook

Trik selanjutnya, gunakan teknik dasaran dengan menggunakan 2 buah timah pemberat dan 3 hook. Karena dengan cara ini Anda bisa mendapatkan 2 hingga 3 ekor ikan sembilang sekaligus dalam sekali pancing. Pastikan juga sebelum memancing lemparkan umpan bom untuk menarik perhatian gerombolan ikan sembilang.

Baca Juga: 17+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Terbaik


Itulah tadi beberapa tips dan trik bagaimana cara memancing ikan sembilang yang benar dan tepat dibarengi dengan macam-macam rekomendasi umpan ikan sembilang yang jitu dan ampuh.

Bagaimana dengan artikel kali ini apakah cukup menambah wawasan Anda tentang dunia pancing ikan? Bagikan kepada teman-temanmu jika artikel ini bermanfaat, Terimakasih.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.