Umpan Ikan Pari

umpan ikan pari

Umpan Ikan Pari –  Kali ini saya akan membahas mengenai umpan ikan pari paling jitu dan akurat. Ikan pari sendiri adalah salah satu mamalia laut yang menjadi favorit banyak orang. Ikan ini memiliki protein dan gizi yang sangat baik.

Walaupun begitu memancing ikan pari tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Anda garus menggunakan peralatan yang tepat dan juga umpan ikan yang ampuh pula.

Mengapa demikian? karena ikan pari merupakan spesies mamalia laut yang berenang dengan fleksibel dan cepat. Tentu hal ini akan menyulitkan Anda jika memancing tanpa persiapan.

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Sepat Terbaik dan Paling Ampuh 

Untuk itu, simak dan baca beberapa rekomendasi umpan ikan pari dibawah ini:

Umpan Ikan Pari Paling Ampuh

Sumber : klikhijau.com

Ikan pari merupakan jenis ikan laut yang kanibal, artinya ia merupakan ikan yang memakan ikan sesama jenis. Ikan pari memang menyukai ikan-ikan laut yang sejenis contohnya seperti ikan belanak, ikan gelama dan masih banyak lagi.

Nah, berikut dibawah ini merupakan beberapa rekomendasi umpan ikan pari yang paling tepat dan jitu, diantaranya:

Udang

Sumber : nanobubble.id

Rekomendasi yang pertama yaitu udang. Mengapa harus udang? Karena udang merupakan makanan favorit bagi seluruh spesies ikan laut, terutama ikan pari.

Nah, tipe udang yang dapat kalian seleksi buat dijadikan umpan sendiri terdapat dua jenis yakni,  udang putih atau udang paname.

Udang putih merupakan rekomendasi yang tepat ketika malam hari karena adanya cahaya yang keluar dari mata si udang tersebut sehingga membuat ikan pari tertarik buat mendekatinya. Tipikal umpan ini cocok  digunakan untuk memancing ikan pari yang sangat aktif.

Meskipun begitu udang putih memiliki biaya terlalu mahal, yakni sekitar Rp.1000 – Rp.2000 per butir ekornya, tetapi  terbayarkan dengan efisiensinya untuk memacing ikan pari.

Selain udang putih, Anda juga bisa menggunakan udang paname. Harganya sendiri lebih murah dibanding udang putih. Karena pada umumnya udang paname dijual dalam satuan per-kilo nya.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Tombro 100% Ampuh dan Jitu Untuk Memancing

Sotong

Sumber : dictio.id

Untuk Anda yang belum mengetahui, sotong adalah sejenis cumi-cumi.  Umpan satu ini terbukti sangat efektif buat menarik perhatian ikan pari.

Tipsnya adalah gunakanlah sotong yang masing fresh dan segar.  Lantas bagaimana cara kita agar menjaga sotong tetap fresh?

Caranya yakni simpan sotong dengan baluran kertas koran setelah Anda membelinya dan simpan di suhu yang sejuk.

Satu bungkus kertas koran wajib diisi 3-5 potong sotong jangan terlalu berlebihan. Kemudian beri es batu terlebih dahulu untuk menjaga nya agar tetap fresh.

Baca Juga : 25+ Umpan Ikan Betok Rekomendasi Terbaik Tahun ini

Gurita

Sumber : bbc.co.uk

Tidak ada yang menyangka bahwa ternyata hewan yang memiliki tinta dan 8 tentakel ini, bisa dijadikan umpan ikan pari yang tepat dan jitu.

Gurita sendiri masuk ke dalam spesies hewan invertebrata. Tidak ada yang menyangka bahwa  ternyata seekor gurita memiliki berat sampai 3 kilogram.  Hewan invertebrata yakni  hewan yang tidak memiliki tulang punggung.

Gunakanlah gurita yang masih dalam kondisi fresh, Anda daapt mengidektifikasi gurita yang busuk dengan cara badannya jika berlendir atau tidak, Apakah bentuknya kumal atau tidak.

Jika Anda belum yakin boleh Anda cium aromanya jika tercium aroma busuk maka jangan gunakan gurita tersebut.

Jika Anda sudah yakin bahwa gurita tersebut fresh, barulah Anda bisa gunakan gurita tersebut untuk umpan mancing.

Tipsnya sebelum digunakan potong-potong gurita menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian pasang di mata kail pancing dengan hati-hati.

Ikan Gelama

ikan gelama
Sumber : hewanpedia.com

Selanjutnya adalah salah satu jenis ikan air laut yang bisa Anda gunakan sebagai umpan. Ikan tersebut bernama ikan gelama, ikan ini banya ditemui di bagian bawah laut atau muara laut.

Tips menggunakan umpan ini adalah pastikan ikan gelama yang digunakan masih dalam kondisi yang masih fresh.

Jika Anda tidak ingin repot-repot mencarinya di laut Anda bisa beli ikan ini di pasar ikan terdekat. Harganya pun tergolong murah, biasanya dijual dalam hitungan kiloan.

Cara penggunaanya kaitkan bagian kepala ikan gelama pada mata kail pancing dan biarkan ekornya bergerak-gerak untuk memancing perhatikan ikan pari.

Ikan Belanak

Sumber : melekperikanan.com

Pilihan terakhir jatuh kepada ikan belanak, Ikan ini  memiliki ciri khusus badan yang panjang tetapi agak gepeng, ikan ini juga memiliki sirip di bagian punggung.

Tetapi jika dilihat sekilas ikan ini memiliki ciri yang hampir mirip dengan ikan bandeng, namun sebenarnya kedua tipe ikan ini berbeda.

Nah, tips yang dapat Anda gunakan lainnya adalah gunakan ikan belanak yang masih fresh, dan tidak memiliki aroma yang busuk.

Cara penggunaanya cukup mudah Anda tinggal kaitkan pada bagian kepala ikan belanak dan Anda siap untuk memancing ikan ini.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Tawes Paling Tepat, Ampuh dan Jitu

Tips dan Trik Memancing Ikan Pari

 teknik mancing ikan pari
Sumber : rileklah.com

Setelah mengetahui beberapa umpan ikan pari yang tepat dan jitu, disini saya akan membagikan tips dan trik memancing ikan pari

Adapun beberapa teknik yang bisa digunakan dalan memancing ikan pari, diantaranya sebagai berikut:

Gunakan Umpan Ikan yang Tepat

Gunakanlah beberapa umpan ikan yang sesuai dengan rekomendasi diatas. Nah, pastikan semua umpan yang dipakai dalam kondisi fresh dan segar. Karena ikan pari sangat tidak menyukai umpan ikan yang busuk.

Perhatikan Waktu Yang Tepat

Sebelum memancing Anda harus tahu waktu yang tepat saat memancing ikan pari. Biasanya mereka akan merasa lebih tenang, ketika keadaan arus laut tidak besar atau tenang.

Pada masa ini biasanya terjadi pergantian antara pasang surut air serta pasang naik. Mengapa harus di waktu tersebut?

Karena ikan pari tidak menentu ketika makan, Oleh karena itu pagi, sore, ataupun malam hari adalah waktu yang tepat.

Nah, usahakan pula jangan memancing pada siang hari karena pada waktu tersebut, ikan pari bersembunyi di dasar laut untuk menjauhi panas matahari.

Tips Memancing Ikan Pari

Adapun beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan beberapa tips dan trik yang bisa digunakan seperti berikut ini.

Jangan langsung menariknya jika Anda ketika umpannya mulai di mangsa ikan pari, karena hal ini dapat mengakibatkan perlawanan yang optimal.

Tetapi pada kenyataannya pemancig pemula tidak memiliki tenaga yang sedikit. Cara ini adalah cara yang kurang efektif dalam memancing ikan pari.

Jadi, teknik yang dilakukan harusnya ulurkan tali kenur joran, selalu menjajaki pergerakan ikan tadi hingga tenaga ikan pari melemah.

Sembari mengulur, berilah sentakan-sentakan kecil untuk memberikan efek pelemahan pada ikan pari. Nah, ketika tenaga ikan pari sudah melemas, mulailah menggulung senar secara perlahan-lahan.

Baca Juga : 11+ Umpan Ikan Kakap Paling Ampuh dan Jitu

Dengan cara ini tentunya kemungkinan besar Anda dapat menaklukan ikan pari. Jadi, dalam memancing ikan pari memang lah membutuhkan kesabaran dan kegigihan jadi kunci utama ketika memancing ikan pari.


Itulah tadi beberapa jenis umpan ikan pari yang efektif, jitu dan teknik yang tepat dalam memancingnya. Setelah membaca artikel ini, sudah siapkan Anda menakklukan ikan pari?

Jangan lupa gunakan umpan ikan pari sesuai dengan racikan umpan diatas, dijamin auto dapat banyak. Terimakasih, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.