Umpan Ikan Nila

umpan ikan nila

Umpan Ikan Nila – Memancing adalah hobi yang menjamur di Indonesia.Peminatnya rata – rata adalah bapak – bapak yang gak ngapa ngapain dirumah dan memilih memancing.Memancing tidak hanya melatih kesabaran.

Kalau ibu ibu biasanya menghibah di tukang sayur,tidak jauh beda dengan bapak-bapak yang menghibah di tempat pemancingan selain asik menghibah di pemancingan menjadi sarana penghilang rasa bosan.

Nah,tapi ada satu hal yang paling utama dalam memancing yang belum saya sebutkan tadi,Apa itu? Yak,betul umpan ikan.Ternyata kita harus punya racikan yang ampuh untuk memancing ikan.Artikel kali ini akan membahas mengenai Umpan ikan nila paling ampuh 100%.

Apa saja itu.,.? yuk simak dibawah ini.

 

Umpan Ikan Nila Lumut

lumut
Sumber : pixabay.com

Nah, untuk yang pertama kali ini adalah lumut,Salah satu tumbuhan tidak berpembuluh ini banyak ditemui ditempat tempat yang lembab.Lumut bisa dibilang salah satu umpan ikan nila yang mudah didapatkan.Selain mudah didapatkan lumut merupakan salah satu umpan ikan nila yang paling ampuh dan jitu.

Tapi perlu diingat tidak semua lumut efektif digunakan sebagai umpan ikan nila,Lantas lumut yang seperti apa yang cocok?.

Nah ini dia yang harus diperhatikan.Lumut yang baik dan efektif digunakan adalah lumut yang berada sungai,selokan dan dibebatuan sawah.Lumut ini memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat ikan nila tertarik.

Apalagi jika lumut tersebut direndam dengan sari pandan dan garam selama 45 menit.Pasti gampang dapat ikan nila karena warna lumut menjadi lebih hijau dan kelihatan segar berkat bantuan sari pandan tadi.

 

Umpan Ikan Nila Pelet

 pelet
Sumber : garudamuda.co.id

 

Umpan jenis ini banyak ditemukan ditoko toko tempat penjualan ikan,Sebenarnya pelet bukanlah makanan favorit ikan nila.Tetapi.anda bisa mencoba pelet ini sebagai umpan dari ikan nila karena telah terbukti ampuh dan jitu oleh para pancingers di Indonesia.

Cara penggunaannya adalah harus dicampurkan dengan bahan lainnya supaya lebih menarik perhatian si ikan nila.Lantas apa campuran yang cocok untuk pelet..? Campuran yang tepat adalah air panas dan vanili.

Caranya satukan semua bahan pelet,air panas dan vanili dalam satu wadah aduk hingga merata.Kalau sudah membentuk sebuah adonan bentuk bulatan – bulatan kecil.Umpan campuran pelet siap digunakan untuk memancing ikan nila.

 

Umpan Ikan Nila Mie Instan

 mie instan
Sumber : sehatq.com

Umpan ikan nila yang selanjutnya, memang agak terdengar absurd dan tidak masuk akal.Yakali ikan makananya sama dengan anak kost akhir bulan.Tapi yang lebih konyol adalah ampuh dan telah teruji oleh para pemancing di Indonesia.

Bahannya pun tidak sulit dicari sering dijual di warung warung terdekat rumah anda atau dikamar kosan temen anda.Percayalah pasti ada.

Apakah cara menggunakannya direbus lalu dicampur semua bumbunya dan ditambah telur setengah matang?.Tentu tidak,cara memakai mie instan sebagai umpan ikan nila adalah remukkan dan haluskan mie instan sehalus mungkin.

Kemudian letakkan diwadah dan beri air panas sedikit dan aduk merata hingga membentuk sebuah adonan.Nah,setelah itu bentuk adonan menjadi bulatan bulatan kecil.Umpan ikan nila mie instan siap digunakan untuk memancing.

Umpan Ikan Nila Cacing

cacing
Sumber : merdeka.com

Umpan jenis ini banyak dijual di toko toko yang menjual alat pancing atau toko makanan ikan .Bahkan anda bisa mencarinya disekitar pekarangan rumah anda.

Kabar baiknya cacing adalah makanan favorit kebanyakan ikan,salah satunya ikan nila.

Cara pemakaianya pun mudah anda tinggal pasang cacing di mata kail pancing.Pastikan sampai tertusuk semua daging cacing agar mengeluarkan bau amis.

Nah, bau amis inilah yang mampu menarik perhatian ikan.Memancing dengan menggunakan umpan cacing sangatlah mudah,kalo kalian tidak percaya,cobain di sungai terdekat.

 

Umpan Ikan Nila Rumput

rumput
Sumber : kompasiana.com

Selain cacing rumput menjadi pilihan yang paling tepat dalam memancing ikan nila.Banyak yang tidak mengetahui bahwa ternyata rumput bisa digunakan untuk memancing.Namun rumput yang digunakan tidak sembarang rumput.

Untuk umpan ikan nila rumput,cara membuatnya adalah pilihlah dua jenis rumput yakni kolonjo dan rumput pelembem.Tenang saja dua jenis rumput ini mudah didapatkan di area pinggiran sungai.

Tumbuk hingga halus lalu kepalkan menjadi bulatan kecil dan letakkan di mata kail.Makanan ikan siap digunakan.

Baca Juga : 14 Jenis Ikan Air Tawar Yang Bisa Kita Pelihara

Umpan Ikan Nila Kroto

kroto
Sumber : idntimes.com

Jenis umpan ikan yang terakhir kali ini adalah kroto.Apa itu kroto..?Kroto adalah telur semut yang ternyata bisa dijadikan makanan yang ampuh untuk memancing ikan nila.

Kroto juga merupakan salah satu umpan ikan yang mudah dicari di toko umpan ikan terdekat dan harganya pun tidak menguras isi dompet.Bahkan anda juga bisa mencarinya di pohon – pohon tempat sarang semut berada.

Cara penggunaanya mudah anda tinggal mengaitkan kroto hingga tertusuk di mata kail hingga mengeluarkan bau amis.Umpan ikan jenis ini mampu menarik perhatiannya melalui bau dari kroto tersebut.

 

Nah,itulah tadi penjelasan mengenai umpan nila yang ampuh dan jitu untuk memancing.Wah,Jadi makin menambah wawasan bagi kalian para pancingers sejati

Baca Juga : 17 Jenis Ikan Hias Air Laut yg Dapat Kalian Pelihara

Tips dan Trik Memancing Ikan Nila

umpan ikan nila
Sumber : cnnindonesia.com

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah harus mengetahui bagaimana trik dan tips memancing ikan nila.Berikut adalah beberapa tips dan trik nya

1.Harus Mengetahui Habitatnya

habitat umpan ikan nila
Sumber : merkbagus.id

Ketika kita akan memancing ikan nila langkah pertama yang harus kita ketahui adalah mengetahui habitat ikan nila itu sendiri.

Ikan nila berhabitat di sungai, danau, waduk dan kolam.Adapun kebiasaan ikan nila yang harus anda ketahui.

Pertama,ikan nila suka bersembunyi dibalik bongkahan kayu atau reruntuhan ranting kayu.

Selanjutnya jika kalian menemui buih buih air disungai itu tandanya terdapat ikan nila di area buih buih air tersebut.Yang terakhir ikan nila suka membuat sarang di daerah persimpangan aliran sungai.

Jadi jika kalian memancing ikan nila di sungai disarankan untuk memancing di daerah yang sudah disebutkan tadi.

Baca Juga : 15 Jenis Ikan Cupang paling popular di Dunia

2.Ketahui Waktu yang Terbaik Ketika Memancing

waktu mancing
Sumber : merdeka.com

Selain harus mengetahui habitat ikan nila anda harus mengetahui kapan waktu yang paling tepat saat memancing ikan nila.Pertama adalah waktu pagi hari dan waktu sore hari.

Kenapa harus pagi atau sore..?Karena ikan nila termasuk spesies ikan berdarah dingin,Jadi waktu yang tepat adalah pagi dan sore hari yang waktunya tidak terlalu panas.

Selanjutnya adalah ketika cuaca cerah.Karena ikan nila menyukai air yang jernih maka cuaca cerah adalah pilihan terbaik.

Ketika cuaca hujan mengakibatkan air sungai, danau ,waduk atau kolam menjadi keruh,hal ini sangat mempengaruhi keberadaan ikan nila.

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Koi yang Perlu Kalian Ketahui

3.Gunakan Umpan yang Jitu

umpan ikan nila
Sumber : cnnindonesia.com

Setelah tau habitat dan waktu yang tepat untuk memancing ikannya.Kini anda harus tau umpan ikan apa yang tepat untuk memancing

Seperti kroto,mie instan,rumput,cacing,lumut dan pelet merupakan jenis jenis umpan ikan nila yang cocok untuk memancing.

Langkah yang terakhir adalah mulai lah memancing.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai rekomendasi makanan nila hingga mempelajari tips dan trik supaya bisa mendapatkan  yang maksimal.Gimana sudah menambah wawasan anda mengenai dunia pancing.?

Makin semangat mancing ikan nila atau justru malah jadi tidak semangat.Ayo mulailah mempraktekan apa yang sudah dibahas kali ini para pancingers

Terimakasih telah sabar dan tabah membaca hingga kalimat terakhir ini.Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.Semoga…

Baca Juga : Jenis Ikan Hias

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.