Umpan Ikan Lele

umpan ikan lele

Umpan Ikan Lele- Lele adalah salah satu ikan yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia.Banyak dijual di pasar dengan harga yang relatif murah dan mudah didapatkan.

Di Indonesia sendiri lele bisa diolah menjadi berbagai macam menu,seperti Pecel Lele khas Lamogan,Pecak Lele Betawi,Mangut Lele dan masih banyak lagi.

Nah,pertanyaanya bagaiamna cara memancing ikan lele yang super licin..? Lantas umpan apa yang seharusnya digunakan dalam memancing ikan lele..?.Nah,di artikel kali ini akan menjawab pertanyaan tersebut.Tunggu apa lagi ayo simak baik baik

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Nila Rekomendasi Paling Jitu dan Ampuh Untuk Mancing

Umpan Ikan Lele Liar

umpan ikan lele liar
Sumber : cnnindonesia.com

Salah satu syarat wajib dalam memancing adalah harus memiliki umpan.Nah,kali ini kita akan membahas mengenai umpan lele liar.Kunci umpan yang harus digunakan dalam memancing ikan lele liar adalah harus memiliki banyak stok umpan.Karena lele adalah hewan yang rakus, apalagi lele liar.

Berikut adalah jenis jenis umpan lele liar,yakni :

Cacing Tanah

cacing tanah
Sumber : kompas.com

Umpan ikan lele yang satu ini adalah umpan ikan yang paling umum digunakan.Tidak hanya untuk lele saja,memancing ikan air tawar lainnya juga bisa menggunakan cacing tanah.

Cacing tanah memang menjadi salah satu umpan ikan yang paling ampuh.Mudah didapatkan cukup membeli ditoko toko alat pancing terdekat atau mencari di tanah pekarangan rumah.

Cara menggunakannya juga mudah cukup dengan di tusukkan di mata kail pancing hingga mengeluarkan bau amis dari cacing tanah.

Tipsnya adalah rendam cacing dengan telur supaya aroma amis semakin kuat.Kenapa demikian..?Karena lele menyukai makanan yang beraroma amis.Langkah terakhir mulailah memancing dengan semangat.

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Koi yang Perlu Kalian Ketahui

Jangkrik

umpan ikan lele jangkrik
Sumber : liputan6.com

Selain cacing tanah,Jangkrik jadi opsi pilihan untuk umpan ikan lele.Jangkrik adalah serangga yang terkenal dengan suaranya yang mengkerik.Umpan yang satu ini mudah dicari ditoko pakan burung,atau toko umpan ikan.

Jangkrik adalah salah satu makanan favorit ikan lele.Cara menggunakannya tidak sulit cukup dengan kaitkan mata pancing di punggung dan tekan tekan perut jangkrik supaya lebih mengeluarkan aroma amis.

Usahakan  jangan sampai menghilangkan bulu – bulu sayap jangkrik karena lele akan menganggap jangkrik ini seakan akan alami.

Namun,jika tidak ada bulu – bulu sayap akan mengurangi daya tarik ikan lele tersebut.Kemudian lempar umpanmu dan mulai memancing ikan lele.

Baca Juga : 15 Jenis Ikan Cupang paling popular di Dunia

Usus Ayam

usus ayam
Sumber : bukalapak.com

Salah satu umpan ikan lele yang paling unik adalah usus ayam.Kalau biasanya usus ayam kita jadikan olahan masakan kali ini usus ayam dijadikan sebagai umpan ikan lele.Bagaimana bisa.?Karena lele suka makanan yang berbau amis,usus ayam memiliki hal itu.

Namun kelemahan dari umpan ikan yang jenis ini adalah anda harus merogoh dompet cukup banyak,berbeda dengan dua umpan ikan diatas.Walaupun memiliki harga yang mahal usus ayam lebih ampuh dan jitu dibanding dua umpan diatas.

Cara menggunakannya tinggal lilitkan usus ayam di mata kail pancing.Setelah itu anda tinggal mulai memancing

Kroto

umpan ikan kroto
Sumber : hewanpedia.com

Rekomendasi umpan ikan lele yang terakhir adalah kroto.Telur semut ini ternyata sangat bermanfaat bagi pencinta dunia pancing.Pasalnya kroto bisa dijadikan salah satu umpan lele liar yang ampuh.

Kroto merupakan bahan umpan ikan yang mudah dicari dialam liar ataupun di toko makanan burung atau toko umpan ikan terdekat.

Hanya tinggal mengaitkan lele di kail pancing anda bisa mulai memancing di kolam lele.Tipsnya adalah pastikan kroto tertusuk dagingnya hingga mengeluarkan bau amis.

Baca Juga : 17 Jenis Ikan Hias Air Laut yg Dapat Kalian Pelihara

Umpan Ikan Lele Kolam

bisnis lele
Sumber : ekonomi.bisnis.com

Berbeda dengan ikan lele liar,Lele kolam merupakan lele yang di budidaya dan dirawat dengan menggukan kolam sebagai medianya Lele kolam juga bisa disebut dengan lele galatama.

Berikut dibawah adalah beberapa umpan  lele kolam yang paling ampuh dan jitu:

Belut,Telur dan Margarin

belut telur margarin
Sumber : hewanesia.com

Kombinasi dari ketiga bahan ini merupakan umpan campuran yang ampuh untuk ikan lele.Cara Membuatnya agak ribet dibanding umpan lele yang diatas tadi.

  1. Pertama potong belut menjadi beberapa bagian usahakan jangan terlalu kecil atau terlalu besar.
  2. Tumis dengan margarin hingga mengeluarkan bau yang harum dan lezat.
  3. Jika sudah matang sisihkan di suatu wadah.
  4. Pecahkan telur dan ambil kuning telur saja.
  5. Campurkan dengan belut yang sudah ditumis tadi,hingga merata
  6. Kaitkan di mata kail pancing,dan mulailah memancing

Baca Juga : 14 Jenis Ikan Air Tawar Yang Bisa Kita Pelihara

Umpan Tiruan

umpan ikan lure
Sumber : indonesia.alibaba.com

Cara yang berikutnya adalah menggunakan umpan tiruan atau biasa disebut dengan lure.Lure yaitu sebuah umpan tiruan buatan manusia yang didesain sedemikian rupa menyerupai bentuk ikan.

Apalagi ditambah dengan memakai gerakan,lampu dan warna untuk menarik perhatian ikan.Lure ini biasanya digunakan oleh para pemancing di laut dengan menggunakan beberapa teknik seperti popping , trolling,jigging dan masih banyak lagi.

Namun tidak sedikit para pemancing dasaran menggunakan umpan buatan atau lure ini.Alasannya adalah lure lebih tahan lama dan awet daripada umpan ikan menggunakan makhluk hidup.

Pada zaman sekarang sudah banyak model dan variasi lure di dunia pancing ikan.Contohnya ada pada lure jenis minnow,softlure,flies yang dibentuk seperti ikan pada umumnya.

 

Umpan Ikan Lele Galatama Pelet

lele galatama
Sumber : kampus lele.com

Sebelum kita membahas tentang pelet,kita harus tahu terlebih dahulu apa itu ikan lele galatama.?Lele galatama bisa disebut juga lele kolam.Galatama sendiri berarti sistem perlombaan memancing di kolam yang besar.

Nah,pelet menjadi salah satu umpan ikan lele yang banyak digunakan.Namun disarankan untuk mencampur pelet dengan bahan lain supaya menghasilkan umpan ikan yang lebih ampuh dan jitu.Berikut dibawah ini saya akan membagikan kombinasi umpan lele menggunakan pelet.

Bahan – Bahan

  • Pelet Ikan
  • ½ sendok teh bubuk bawang putih
  • ½ sendok the Vanili
  • 2 butir telur bebek yang segar
  • 1 genggam tangan cacing sutera

 

Cara Membuat

  • Yang pertama campurkan semua bahan – bahan ke dalam suatu wadah
  • Aduk merata hingga membentuk satu adonan.
  • Kukus adonan supaya menjadi adonan yang memiliki tekstur yang kita inginkan
  • Kemudian jemur adonan tersebut hingga sedikit mengering.
  • Bulat bulatkan adonan supaya cukup dengan mulut ikan lele.
  • Tempelkan ke mata kail pancing dan anda siap untuk memancing

 

Waktu Terbaik Memancing Ikan Lele

waktu terbaik mancing
Sumber : sportivitas.net

Dalam memancing lele tidak sembarang waktu kita bisa melakukannya,Ada waktu – waktu tertentu yang paling tepat dalam memancing lele.

Kapan itu..?Nah,berikut ini adalah beberapa tips dan trik supaya memancing ikan lele kita sesuai dengan waktu yang tepat.

Waktu yang tepat saat memancing lele adalah sore menjelang malam atau malam hari.Mengapa harus di waktu itu..?Karena ternyata lele merupakan hewan nokturnal,mereka lebih banyak beraktivitas di malah hari daripada siang hari.

Oleh karena itu banyak pemancing pemancing ikan lele di malam hari dibanding siang hari,karena itulah alasannya.Jadi,sudah ketemu jawabannya mengapa kita sulit mendapatkan ikan lele di malam hari.

 

Nah,itulah tadi penjelasan mengenai Ikan lele mulai dari rekomendasi umpan ikan lele paling jitu dan terbaik hingga kapan waktu yang tepat saat memancing ikan lele.

Sudahkan bertambah wawasan anda wahai para pancingers..?.Banyak hal yang kita dapat dari artikel di atas.

Terimakasih telah sabar membaca hingga akhir.Semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel selanjutnya.Semoga..

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.