Umpan Ikan Laut

umpan ikan laut

Umpan Ikan Laut – Memancing menjadi salah satu hobi masyarakat  Indonesia yang paling populer, mulai dari kalangan remaja hingga bapak-bapak beranak dua.

Dengan memancing memang dipercaya dapat menjadi sarana olahraga, refreshing dan kegiatan yang menghabiskan banyak waktu luang.

Juga bisa jadi menghibur di hari libur yang tanpa adanya lembur. Dalam memancing Anda harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu, mulai dari joran hingga umpan ikan yang dibutuhkan.

Nah, oleh karena itu Anda membutuhkan beberapa macam umpan ikan laut paling seperti dibawah ini,

Baca Juga : √ 11+ Umpan Ikan Seluang Paling Mudah dan Terbukti Ampuh

Umpan Ikan Laut Paling Jitu

umpan ikan laut jitu
Sumber: kaskus.co.id

Adapun beberapa macam faktor yang mempengaruhi Anda sebelum memancing. Misalnya seperti cuaca, spot dan masih banyak lagi. Nah, ketika Anda sedang memancing dalam kondisi gelap atau malam hari gunakan beberapa macam rekomendasi umpan ikan laut malam hari dan secara umum lainnya, seperti dibawah ini:

#1. Udang Putih

Sumber: agronet.id

Umpan ikan laut yang pertama kali ini adalah udang putih. Ciri dari udang ini adalah ia memiliki ciri fisik dengan ukuran tubuh yang yang sedikit besar dengan memiliki warna tubuh putih.

Umpan jenis ini sangat cocok digunakan dalam kondisi malam hari. Karena umpan ini memiliki aroma khas yang tentunya dapat memikat perhatian ikan-ikan laut.

Beberapa contoh ikan yang terpikat oleh udang putih yakni ikan kakap, ikan baronang, ikan titang, ikan kerapu, ikan putih, ikan pari dan masih banyak lagi.

Tips untuk jenis udang yang dipakai pastikan masih dalam kondisi segar dan tidak busuk. Sebelum menggunakan udang putih ini pastikan Anda sudah mengupas kulitnya terlebih dahulu ya.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Hampala Paling Lengkap, Jitu dan Ampuh

#2. Ikan Bojor

umpan ikan bojor
Sumber: postithappiness.com

Umpan ikan laut berikutnya datang dari jenis ikan yang banyak bertebaran pada area laut di sekitar pantai yang berpasir.

Ikan ini disebut dengan ikan Bojor atau banyak pula orang-orang yang menyebutnya dengan ikan kaca piring atau polos.

Ikan jenis ini menjadi rekomendasi ikan-ikan yang disenangi oleh para pemancing karena selain jitu ikan tersebut mudah sekali untuk ditangkap.

#3. Belut

Sumber: liputan6.com

Apakah Anda pernah berpikir bahwa ternyata selain enak dimasak pedas, ternyata belut bisa dijadikan salah satu rekomendasi umpan ikan paling tepat dan jitu.

Memang pada faktanya, menurut pengalaman beberapa pemancing ikan di laut sudah terbukti bahwa belut cukup ampuh dan tepat dijadikan umpan ikan di laut.

Belut merupakan jenis umpan ikan yang cukup mudah didapatkan di area sawah, pasar tradisional dan tempat-tempat berlumpur.

Untuk menggunakan umpan jenis ini Anda harus memotong belut kecil-kecil kemudian kaitkan daging belut di mata kail pancing.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Jambal Paling Ampuh dan Jitu

#4. Cumi Cumi

Sumber: kompas.com

Cumi-cumi merupakan salah satu jenis umpan ikan yang cocok digunakan untuk memancing di laut pada malam hari. Bahkan daging cumi yang masih fresh dan utuh menjadi makanan favorit ikan-ikan laut.

Cara menggunakannya cukup mudah dengan cara mengaitkan cumi cumi tersebut pada mata kail pancing dan biarkan ia bergerak-gerak secara dinamis. Selamat mencoba, dan bersiaplah mendapatkan ikan laut yang melimpah.

#5. Ikan Layang

Sumber: bukalapak.co.id

Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan yang sering dijual di pasar ikan. Nama ikan yang dimaksud adalah ikan Layang, ikan layang dapat diolah menjadi ikan pindang, ikan asin dan masih banyak lagi.

Ikan ini sangat cocok dipakai saat Anda ingin mengincar ikan Kakap Merah. Karena ikan Layang merupakan santapan favorit ikan Kakap Merah.

Nah, sebelum menggunakannya pastikan Anda potong ikan menjadi beberapa bagian kecil kemudian baru pasangkan umpan tersebut di mata kail pancing.

#6. Undur Undur Laut

Sumber: wikimedia.org

Rekomendasi umpan ikan paling jitu lainnya adalah undur-undur laut.

Salah satu keunikan hewan yang satu ini adalah ia memiliki sisik yang  bersinar terang sehingga ketika malam hari dapat mudah terlihat oleh ikan-ikan didalam laut.

Cara mendapatkan hewan yang satu ini cukup mudah, Anda bisa temukan undur-undur di dalam pasir pantai.

Jika Anda malas mencarinya, tenang saja, Anda bisa juga membeli undur-undur laut ini di toko umpan ikan terdekat dengan spot laut.

#7. Klelet

Sumber: youtube.com

Kletet merupakan umpan ikan yang bentuknya hampir mirip dengan cacing. Namun bentuk dari klelet lebih panjang dan licin serta lebih gepeng daripada cacing.

Pada bagian badannya memiliki lendir yang super lengket. Oleh karena itu, sebelum menggunakan klelet sebaiknya keringkan klelet terlebih dahulu dan potong menjadi bagian kecil-kecil, lalu keluarkan lendir klelet.

Setelah lendir bersih, potong klelet dan pasangkan di mata kail pancing.

Baca Juga : 15+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Ampuh

#8. Bibit Bandeng

jual bibit bandeng
Sumber: gdm.id

Salah satu jenis umpan ikan yang paling jitu lainnya yakni bibit bandeng. Bibit bandeng memiliki kandungan daging yang cukup baik bagi ikan-ikan laut lainnya.

Cara penggunaannya cukup tricky, Anda harus memastikan bahwa daging bandeng bisa menempel kuat pada mata kail pancing.

Nah, untuk cara pemasangannya Anda harus memasangkan pada bagian mata bibit ikan bandeng. Kemudian, cobalah memancing pada spot laut yang telah Anda pilih.

Umpan Ikan Laut Buatan

umpan ikan buatan
Sumber: review.bukalapak.com

Setelah beberapa macam umpan ikan alami, adapun beberapa umpan ikan tiruan yang bisa digunakan untuk memancing ikan laut, diantaranya sebagai berikut:

#1. Minnow

Sumber: bukalapak.co.id

Umpan buatan yang pertama adalah Minnow. Minnow merupakan sebuah umpan ikan buatan yang berbahan dasar dari metal, kayu ataupun plastik.

Minnow merupakan salah satu jenis umpan buatan yang sangat disukai oleh beberapa ikan air laut. Cara penggunaannya cukup mudah dan tidak ribet.

Hanya tinggal melemparkan umpan ikan sedikit ke bagian tengah laut dan kemudian ambil secara perlahan-lahan. Pakailah umpan alami lainnya pada sekeliling Minnow untuk hasil yang lebih maksimal.

#2. Metal Jig

Sumber: bukalapak.co.id

Umpan buatan jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dan terbuat dari bahan logam.

Untuk menangkap ikan jenis ini Anda harus pandai-pandai membentuk kail agar umpan buatan tersebut terlihat seperti ikan yang hidup.

Nah, kemudian setelah itu lemparkan lure ini sejauh mungkin.

Baca Juga : 11+ Umpan Ikan Belida, Ikan Khas Kalimantan Paling Tepat dan Jitu

#3. Swimbaits

Sumber: majorleaguefishing.com

Nama lain dari umpan buatan yang satu ini adalah Vibration. Menggunakan umpan jenis ini dapat menarik perhatian ikan-ikan laut.

Pasalnya bentuk dari Swimbaits menyerupai ikan yang hidup seperti nyata. Bahan yang digunakan untuk membuat umpan jenis ini yakni kayu.

#4. Popper

Sumber: sahabatmancing.com

Umpan ikan buatan jenis ini merupakan jenis umpan yang dirancang khusus untuk mengapung di air. Bentuk dari umpan ikan jenis ini layaknya seperti ikan mati ataupun ikan-ikan kecil lainnya.

Nah, untuk cara penggunaanya lemparkan umpan ini kedalam air terlebih dahulu. Kemudian ketika ikan target kita pergi ke arah umpan kita untuk memakannya.

Tarik secara perlahan umpan tersebut agar terlihat layaknya ikan yang masih hidup.


Nah, sekian terimakasih pembahasan lebih lengkap beberapa macam umpan ikan laut paling lengkap. Mulai dari umpan ikan alami hingga umpan ikan buatan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke para pemancing lainnya.

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Umpan Ikan Hampala

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.