Umpan Ikan Kerapu

umpan ikan kerapu

Umpan Ikan Kerapu – Ikan Kerapu merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih serta memiliki tekstur daging yang lembut.

Ikan kerapu bisa disebut dengan ikan grouper. Ikan ini banyak diminati para pemancing karena memiliki tantangan tersendiri ketika memancingnya. Nah, untuk memancing ikan kerapu tidak sembarangan loh.

Jika dilihat dari cara ia makan ikan kerapu tergolong salah satu ikan yang rakus dalam urusan makan. Bahkan, ketika ia lapar ia bisa memakan apapun didepannya tidak peduli apapun itu.

Hal ini lah yang membuat para pemancing suka memancing ikan kerapu karena tergolong mudah. Ikan kerapu suka hidup disekitar terumbu karang, pilihlah jenis spot tersebut.

Anda harus memperhatikan trik memancing ikan kerapu pun dengan jenis umpan ikan kerapu yang akan digunakan nantinya. Penasaran dengan pembahasannya?

Yuk, simak dengan seksama penjelesan tentang umpan ikan kerapu dibawah ini.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Sembilang Yang Paling Ampuh dan Tepat

Umpan Ikan Kerapu Alami

umpan ikan kerapu alami
Sumber : thegorbasla.com

Sebelum mulai memancing ikan kerapu, Anda harus memperhatikan beberapa umpan ikan kerapu  alami paling tepat dan jitu, diantaranya sebagai berikut

Ikan Tongkol

Sumber : hellosehat.com

Selain enak dijadikan olahan masakan khas Indonesia, ternyata ikan tongkol sangat cocok untuk dijadikan sebagai umpan ikan kerapu.

Tipsnya gunakan umpan ikan tongkol yang masih fresh, karena memiliki bau amis yang cukup menyengat hidung. Nah, dengan aroma amis tersebut mampu menggugah selera makan ikan kerapu.

Anda bisa mendapatkan ikan tongkol di pasar tradisional ataupun di pasar ikan. Penggunannya pun terbilang cukup mudah dan tidak perlu repot-repot.

Mula-mula potong ikan tongkol menjadi beberapa bagian kemudian pasangkan daging tongkol di mata kail pancing dengan terbalur darah ikan yang masih kental dan amis.

Terakhir, lemparkan umpan tersebut di sungai dan bersiaplah untuk mendapatkan ikan kerapu yang melimpah. Selamat mencoba dan semoga Anda beruntung

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Tapah Ikan Predator dari Kalimantan, Paling Ampuh dan Jitu

Udang Hidup

Sumber : carawahyudi.bogspot.com

Rekomendasi yang pertama adalah udang hidup. Udang hidup merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh ikan kerapu.

Aroma udang laut yang masih hidup mampu meningkatkan nafsu makan ikan kerapu. Tipsnya, gunakan jenis ikan kerapu yang memiliki ukuran yang kecil karena udang yang sesuai dengan ukuran mulut ikan kerapu.

Cara menggunakanya sangatlah mudah kaitkan bagian kepala udang dengan cara meyelipkan mata kail di bagian ujungnya.

Dengan teknik tersebut maka akan membuat udang seperti bergerak di bagian air dan mampu menarik perhatian ikan kerapu. Jenis umpan ini cukup cocok untuk habitat ikan kerapu di kedalaman sekitar 1 meter.

Udang Mati

Sumber : detik.id

Selain udang yang hidup ternyata udang yang mati juga menjadi umpan ikan yang cukup ampuh dan jitu digunakan untuk memancing ikan kerapu.

Tetapi bukan udang sembarangan yang digunakan jangan gunakan udang mati yang sudah busuk. Gunakanlah udang mati dengan warna yang masih kemerah-merahan.

Tips selanjutnya, buang bagian kepala udang karena hanya bagian tubuhnya yang digunakan. Nah, ketika Anda mengaitkan di mata kail pancing pastikan seluruh tubuhnya menyelimuti mata kail pancing.

Dengan teknik ini otomatis akan menyerang bagian insang ikan kerapu ketika dimakan olehnya.

Baca Juga : 17 + Umpan Ikan Cendro Paling Ampuh dan Jitu Tahun ini

Ikan Teri

Sumber : portalmadura.com

Selain ikan tongkol ikan teri bisa jadi opsi berikutnya. Jenis ikan yang satu ini memiliki sisi yang dapat mengkilap ketika terkena sinar matahari secara langsung.

Dengan keunggulan sisiknya tersebut mampu menarik perhatian ikan kerapu. Dengan jenis umpan ikan teri sudah banyak terbukti ampuh oleh para pemancing ikan kerapu.

Anda bisa mendapatkan ikan teri di pasar tradisional, tukang sayur dan masih banyak lagi. Cara penggunaanya tidak perlu ribet-ribet Anda hanya perlu mengaitkannya di mata kail pancing.

Cumi Cumi

Sumber : berkeluarga.id

Selanjutnya masih berasal dari seafood atau makanan laut lainnya, yakni cumi-cumi. Hewan yang memiliki tentakel dan tinta hitam ini ternyata cukup ampuh untuk dijadikan sebagai umpan ikan kerapu.

Gunakan cumi-cumi yang masih segar karena dapat mengeluarkan aroma amis yang sangat menyengat. Nah, tips lain untuk menjaga agar tetap fresh yakni dengan cara bungkus ikan tongkol dengan koran atau plastik,

Kemudian di suhu yang sejuk contohnya seperti kulkas atau bisa saja di letakkan di wadah dan diberi es batu. Penggunaanya, potong cumi cumi menjadi beberapa bagian terlebih dahulu kemudian kaitkan di mata kail pancing.

Baca Juga : 15+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Ampuh

Umpan Ikan Kerapu Casting

umpan ikan casting
Sumber : hobibinatang.com

Selanjutnya adalah opsi lainnya umpan ikan kerapu yakni menggunakan jenis umpan casting. Apa itu umpan casting?

Nah, buat Anda yang belum tahu umpan casting merupakan umpan ikan buatan yang memiliki bentuk yang menyerupai jenis-jenis umpan ikan seperti katak, ikan kecil, dan masih banyak lagi.

Dalam memancing ikan kerapu Anda bisa menggunakan minnow berlidah panjang. Karena jenis umpan casting yang satu ini dapat menyelam ke area dasar permukaan air.

Dengan umpan tersebut Anda bisa menemukan ikan kerapu yang tersembunyi dibalik karang-karang. Biasanya para pemancing melakukannya secara landbase di area pinggiran laut dimana pada area tersebut terdapat bebatuan atau karang laut.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Tembakang, Ikan Khas Kalimantan Paling Ampuh

Teknik Memancing Ikan Kerapu

teknik memancing ikan kerapu
Sumber : news.unair.ac.id

Setelah Anda mengetahui beberapa rekomendasi umpan ikan kerapu diatas berikut ini akan kami beberkan beberapa teknik dalam memancing ikan kerapu.

Sebenarnya teknik memancing ikan kerapu tidak lah sulit, caranya hampir sama dengan teknik yang digunakan untuk memancing ikan kakap merah.

Karena ikan kerapu menyukai hidup diantara karang-karang laut , pastikan spot memancing Anda berada dipinggiran laut karena bisa menjangkau area dasar laut.

Terlebih Anda sebenarnya dimudahkan karena ikan kerapu merupakan ikan yang tergolong rakus ketika lapar. Ia dapat memakan apapun didepannya entah itu ikan kecil atau hewan laut lainnya.

Nah, faktor tersebut yang mempeermudah Anda dalma memancing ikan kerapu.

Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan yang bertenaga ketika terjadi strike. Hal ini dibantu dengan bentuk tubuhnya yang bulat yang membuatnya terlihat bertenaga.

Nah, jika Anda menemukan kejadian seperti ini jangan langsung tarik pancing Anda karena justru akan mengakibatkan terasa semakin berat.

Langkah yang dilakukan seharusnya tunggu hingga ikan kerapu berhenti memberontak, kemudian tarik secara perlahan-lahan.

Tips, selanjutnya gunakan beberapa rekomendasi umpan ikan paling jitu diatas, bisa juga menggunakan umpan ikan casting atau umpan lure.

Semua umpan tersebut bebas pilih sesaui dengan kebutuhan budget Anda, yang penting tidak menggunakan jenis umpan yang tidak ada pada artikel ini.

Tips terakhir lakukan persiapan yang matang sebelum Anda memulai memancing seperti membawa peralatan pancing yang lengkap, membawa umpan ikan yang sesuai.

Kemudian jangan lupa berdoa sebelum berangkat memancing dan jangan lupa mengunci pintu rumah jika Anda tidak ingin terjadi barang hilang dirumah alias kemalingan.


Itulah tadi merupakan beberapa rekomendasi umpan ikan kerapu secara lengkap beserta teknik dalam memancing ikan kerapu.

Nah, hal yang harus diingat adalah meskipun dalam memancing ikan kerapu terbilang cukup mudah tetapi Anda jangan meremehkan langkah-langkah diatas.

Terimakasih telah membaca artikel ini secara lengkap hingga kalimat ini. Jangan lupa share artikel ini untuk membagikan informasi seputar dunia pancing yang bermanfaat.

 

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.