Umpan Ikan Kelabau

umpan ikan kelabau
ikan kelabau
Sumber : umpanpancingku.blogspot.com

Umpan Ikan Kelabau- Ikan ini adalah kategori ikan air tawar yang cukup langka.Jadi,wajar apabila banyak orang yang tidak mengenal ikan ini.Apalagi masyarakat di pulau Jawa sangat wajar apabila tidak mengenalnya.

Dikarenakan ikan ini banyak terdapat di perairan Malaysia,Pulau Sumatera,Kalimantan dan Thailand.Bagi kalian yang ingin mencoba menantang diri dalam dunia pancing boleh sekali untuk mencoba memancing ikan kelabau.

Lantas umpan jenis apa yang harus digunakan dalam memancing ikan kelabau ini..?.Nah,berikut adalah penjelasannya

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Wader Paling Ampuh dan Jitu

Resep Umpan Ikan Kelabau Pertama

umpan racikan pertama
Sumber : sehatq.com

Untuk rekomendasi yang pertama adalah kombonasi antaara 400 gram daging belut,1 kg ubi jalar dan 400 gram kroto serta beberapa kinoy jika diperlukan.Cara meraciknya mudah dan simple yang pertama kupas dan cuci bersih ubi jalar.

Setelah itu haluskan dengan blender,Kemudian tambahkan daging belut dan kinoy blender lagi hingga benar benar halus.Ketika adonan sudah jadi anda bisa campurkan kroto dan umpan ikan kelabau siap digunakan.

Baca Juga : 11+ Umpan Ikan Bandeng Paling Jitu

Resep Umpan Ikan Kelabau Kedua

umpan ikna kelabau kedua
Sumber : jovee.id

Rekomendasi resep racikan umpan yang berikutnya berbahan dasar 500 gram singkong,200 gram daging tongkol,10 buah jagung muda,kelapa muda seperempat dan roombutter.Untuk bahan tambahan yakni 1/3 blok keju dan 1 kg kroto dan 2 butir telur bebek segar.

Cara membuatnya adalah kupas dan bersihkan singkong terlebih dahulu kemudian parut singkong.Tak lupa jagung,kelapa muda dan keju juga diparut.Selanjutnya campurkan semua bahaha yang sudah diparut ke dalam wadah dan aduk hingga merata.

Selanjutnya bungkus adonan dengan alumunium foil dan kukus hingga matang sekitar kurang lebih 45 menit sampai 1 jam.Jangan gunakan api besar,gunakan api kecil saja supaya tingkat kematangan adonan pas.

Jika sudah matang campurkan kroto kedalam adonan dan aduk hingga merata.Langkah terakhir ambil alat pancing anda dan mulailah pergi memancing karena adonan umpan sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga : 23+ Umpan Ikan Patin Terbaik dan Jitu

Resep Umpan Ikan Kelabau Ketiga

umpan ikan kelabau ketiga
Sumber : kesehatan.kontan.id

Rekomendasi Umpan Ikan Kelabau yang terahkir kali ini anda perlu mempersiapkan 10 buah jagung manis,500 gram ubi kuning, 1/2 blok keju, 1 kaleng tuna,125 gram mentega,150 gram bubur bayi,5 ekor belut,susu cair , 4 butir kuning telur dan kroto secukupnya.

Cara meraciknya yaitu yang pertama parut jagung,keju dan ubi hingga halus.Setelah diparut campurkan parutan jagung,keju dan ubi ke dalam blender bersamaan dengan ikan tuna,blender hingga halus.

Jika sudah bungkus adonan kedalam alumunium foil dan kukus hingga matang kurang lebih 1 jam.Jika adonan sudah matang umpan siap digunakan.

Tetapi sebelum memasang racikan umpan tersebut pasangkan kroto terlebih dahulu di mata kail pancing.

Selanjutnya dibalur dengan adonan umpan tersebut.Dijamin hasilnya anda akan mendapatkan banyak ikan.

Baca Juga : 33+ Umpan Ikan Nila Rekomendasi Terbaik 

Tradisi Unik Mancing Ikan Kelabau Sungai Rokan

sungai rokan
Sumber : kompas.com

Sungai Rokan adalah salah satu spot unik untuk memancing ikan kelabau.Satah satu keunikannya adalah anda tidak perlu membawa peralatan yang lengkap bisa mendapatkan ikan kelabau yang melimpah.

Cukup membawa peralatan memancing sederhana,makanan dan minum untuk bekal untuk umpan tidak usah membawa karena di spot sungai rokan banyak menyediakan.

Umpan yang digunakan untuk memancing di sungai rokan hanya berondolan kelapa sawit yang di iris kecil dan dikaitkan di mata kail pancing saja.Tidak ada teori yang bisa menjelaskan ini tapi ini nyata terjadi di Sungai Rokan

Ada suatu tradisi yang cukup unik di sungai rokan,yaitu jika anda tidak mau pulang memancing dengan tangan kosong.Seharusnya ada memancing di waktu musim ikan kelabau.

Kapan musim itu terjadi..?Musim ikan kelabau terjadi 2 kali dalam setahun.Yaitu pada saat menjelang puasa hingga hampir idul fitri dan pada masa menjelang akhir tahun.

Walaupun begitu sebenarnya jika anda beruntung anda bisa menemui ikan kelabau di sungai rokan sepanjang tahun.Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak di semua ikan kelabau di pinggir sungai rokan.

Karena pada dasarnya ikan kelabau bisa dijumpai di spot spot tertentu.Contohnya seperti di Spot Mondiang , Spot Sei Kuti, Spot Limau Manis, dan Spot Kulim.

Tips memancing ikan kelabau di sungai rokan yaitu,anda harus menemukannya di zona air sungai yang cukup dalam.

Biasanya ikan kelabau juga terdapat di aliran air yang berada di tikungan.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Gurame Paling Ampuh dan Mudah

Alat yang diperlukan untuk memancing ikan Kelabau

alat pancing ikan
Sumber : merdeka.com

Sebelum anda memancing ikan kelabau ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelumnya.Nah,salah satunya adalah peralatan memamcing ,Berikut Peralatannya adalah :

Joran

joran pancing ikan
Sumber : tokopedia.com

Joran yang harus digunakan harus  bersifat lentur atau lemah,namun joran tersebut memiliki kekuatan dan tidak mudah patah.

Lantas kenapa harus menggunakan joran yang lentur? Karena ikan kelabau ini memiliki tubuh yang cukup kecil.Apalagi air sungainya tidak terlalu jernih untuk melihat dengan kasat mata sulit.

Oleh karena itu fungsi dari joran yang lentur adalah untuk mendeteksi keberadaan ikan kelabau ini.Tanda ikan kelabau sudah tersangkut di umpan kita yaitu joran akan bergerak gerak.Nah,ini tidak bisa terjadi di joran yang tebal.

Joran jenis ini cukup mudah didapatkan di toko alat pancing terdekat.Anda bisa pilih sesuai dengan selera anda joran mana yang anda pilih.Selamat mencoba teman – teman.

Benang atau nelon

benang pancing
Sumber : sportivitas.net

Selanjutnya adalah benang atau nelon yang harus anda siapkan.Jangan asal pilih karena benang atau nelon yang dipilih bukan sembarangan.Seperti halnya joran tadi nelon yang dipilih harus sesuai dengan ukuran joran.

Karena ikan kelabau tidak akan terlihat oleh kasat mata maka jangan gunakan nelon atau benang yang terlalu kecil.Nelon yang terlalu kecil akan mengakibatkan mudah putus ketika anda menarik ikan kelabau nantinya.

Maka gunakan benang yang berukuran sedang yakni ukuran kisaran 0.20,0,21 atau 0,22.Para pemancing ikan kelabau kebanyakan menggunakan benang yang berukuran 0.221.Benang atau nelon sendiri memiliki warna yang bervariasi.

Adapun nelon yang berwarna merah.hitam.kuning.hijau.putih.Diantara warna tersebut saya merekomendasikan untuk menggunakan warna putih karena cuman warna tersebut yang bisa terlihat di air dibandingkan dengan yang lainnya.

Mata Kail

mata kail pancing
Sumber : ikanesia.com

Untuk yang selanjutnya gunakan mata kail pancing berukuran nomor 10 dan 11.Kenapa menggunakan ukuran tersebut? Karena menurut pengalaman saya  ukuran tersebut membuat ikan jarang terlepas.

Namun ada juga para pemaancing yang menggunakan ukuran 9 ya boleh boleh saja.

Tetapi untuk ukuran 9 rawan lepas ketika kita mendapati perlawanan ikan ( strike).Maka paling tepat gunakan ukuran 10 atau 11.Untuk jenis kailnya anda bisa gunakan sesuai selera anda terserah tapi untuk ukuran harus sesuai nomor 10 atau 11

 

Timah atau Pemberat

timah pancing
Sumber : timah.blogspot.com

Alat yang terakhir yang harus anda siapkan adalah timah atau pemberat.Saran saya gunakan timah ketika memancing ikan kelabau.Jika tidak pakai timah maka tali benang akan mudah terbawa arus air.

Untuk ukurannya sendiri anda bisa gunakan sesuai dengan keadaan sungai,Jika arusnya deras gunakan timah yang berukuran besar.Tapi sebaliknya jika berarus tenang gunakan timah berukuran sedang saja.

Untuk tips pastikan anda membawa masing – masing peralatan jangan hanya satu,kalua bisa lebih dari satu untuk cadangan.Karena kita tidak akan tahu dengan keaadaan di alam.Bisa jadi benang putus terssangkut kayu,atau timah pemberat hilang karena terselip.

Oleh karena itu,sebagai antisipasi gunakan peralatan cadangan agar bisa menghindari masalah – masalah tersebut.

ikan kelabau
Sumber :umpanmancingikan.blogspot.com

Itulah tadi penjelasan mengenai beberapa tips dan trik serta rekomendasi umpan ikan kelabau yang bisa anda praktikan dirumah.Ikan ini memang sulit ditemukan di Jawa tapi banyak terdapat di pulau Kalimantan..

Jadi, anda bisa praktikan langkah langkah diatas di tanah Kalimantan.Ayo semangat para pancingers dalam memancing ikan kelabau.Terimakasih telah menyimak hingga akhir.Semoga bermanfaat,Salan pancingers

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.