Umpan Ikan Kakap

umpan ikan kakap

Umpan Ikan Kakap – Bagi Anda pecinta ikan laut tentu tidak asing lagi dengan salah satu jenis ikan yang akan kita bahas hari ini. Ikan kakap adalah salah satu dari sekian banyak ikan yang sangat populer di Indonesia.

Ikan kakap habitatnya berada di kedalaman laut dan hidup secara bergerombol di dekat area terumbu karang. Banyak olahan berbahan dasar ikan kakap di Indonesia. Salah satunya adalah hidangan “Asam Padeh” di daerah Riau.

Bagi Anda yang suka memancing ikan, berikut akan saya bagikan beberapa rekomendasi jenis umpan ikan kakap yang paling tepat.

Yuk, simak baik-baik penjelasan umpan ikan kakap dibawah ini.

Baca Juga : 29+ Umpan Galataama Lele Paling Ampuh dan Jitu 

Jenis-Jenis Ikan Kakap

Sumber : fishmarket.id

Pada umumnya habitat ikan kakap berada di sekitar karang rumpon dan tandes. Tetapi  adapun ikan kakap yang bermigrasi ke air tawar. 

Penyebaran ikan kakap tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Begitu pun jenis hidangannya, banyak olahan ikan kakap yang tersebar di seluruh restoran di Indonesia.

Nah, berikut adalah beberapa jenis-jenis ikan kakap di tersebar di Indonesia: 

  • Kakap Cubera (Lutjanus Cyanopterus)
  • Kakap Domba (Lutjanus Analis)
  • Kakap Merah (Lutjanus Campechanus)
  • Kakap Batu (Lutjanus Griseus)
  • Kakap Anjing (Lutjanus Jocu)
  • Kakap Sutra (Lutjanus Vivanus)
  • Kakap Ratu (Etelis Oculatus)
  • Kakap Vermillion (Rhomboplites Aurorubens)
  • Kakap Sirip Hitam (Lutjanus Buccanella)
  • Kakap Ekor Kuning (Ocyurus Chrysurus)
  • Kakap School Master (Lutjanus Apodus)
  • Kakap Lutjanus Mahogoni

Baca Juga : 29+ Umpan Ikan Wader Paling Ampuh, Jitu dan Tepat

Umpan Ikan Kakap Putih

umpan ikan kakap putih
Sumber : dkpp.bulelengkab.go.id

Rekomendasi umpan yang pertama ditujukan kepada ikan kakap putih atau kerap disapa dengan nama ikan Barramundi. Ikan ini tersebar di wilayah Hindia hingga Pasifik Barat.

Ciri utama ikan kakap putih yaitu , mempunyai mulut besar dan rahang panjang serta badannya yang memanjang. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut, maka tak heran apabila banyak restoran yang menggunakan ikan ini sebagai bahan utama masakannya.

Buat Anda yang suka memancing ikan, berikut beberapa umpan ikan kakap putih paling ampuh dan jitu dibawah ini.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Nila Paling Jitu dan Tepat Untuk Mancing

Ikan Kecil 

Sumber : hobi.mancingkubaginfo.com

Di dunia perikanan kejadian makan atau dimakan adalah hal umum terjadi. Apalagi dengan ikan kakap putih. yang satu ini, ia tergolong salah satu hewan kanibal. Ikan kakap putih.sangat menggemari ikan ikan  yang kecil untuk dijadikan santapan.

Nah, jika anda ingin memancing ikan kakap gunakan ikan kecil sebagai umpannya. Contoh ikan kecil yang muda adalah ikan wader atau belanak. 

Tipsnya, carilah ikan dengan ukuran sekitar 5-10 cm agar pas sesuai dengan mulut ikan kakap putih.Cara menggunakannya tinggal mengaitkan bagian punggung ikan wader ke mata kail pancing. 

Pastikan jangan sampai membunuh ikan wader. Tujuannya jika umpan masih hidup ia akan lebih menarik perhatiaan ikan kakap putih

Udang Kecil

Sumber : industri.kontan.com

Jika Anda ingin memancing ikan kakap putih di malam hari maka Anda harus menggunakan umpan udang kecil. Karena udang kecil adalah makanan yang paling digemari ikan kakap saat malam hari. 

Tetapi anda juga bisa menggunakannya di siang hari. Usahakan gunakan jenis udang yang masih fresh dan segar.

Terdapat dua cara memasangkan udang kecil ke mata kail pancing. Pertama, kaitkan eor udang hingga menembus perut di mata kail pancing dan yang kedua, buang ekor udang dan kaitkan melalui mulut udang. 

Cumi Cumi Kecil

Sumber : tokopedia.com

Rekomendasi umpan ikan kakap putih selanjutnya adalah cumi-cumi kecil atau anakan cumi-cumi. Aroma amisnya yang kuat mampu menjadi daya tarik ikan kakap putih. 

Berhati-hatilah saat mengaitkan cumi-cumi kecil di mata kail pancing. Karena memiliki tekstur tubuh yang licin serta lembek dan mudah hancur. 

Tipsnya adalah tusuk pada bagian ekor cumi-cumi kecil sampai tembus ke ujung mata kail pancing lagi.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Patin Terbaik, Jitu dan Tepat

Umpan Ikan Kakap Merah

kakap merah
Sumber : merdeka.com

Ikan kakap merah merupakan salah satu jenis ikan kakap yang paling di minati oleh masyarakat Indonesia. Banyak olahan makanan khas Indonesia yang berbahan dasar ikan ini. Nah, untuk cara memancingnya Anda harus menggunakan umpan khusus yang paling jitu.

Berikut dibawah ini adalah penjelasannya :

Cacing

cacing tanah murah
Sumber : kompas.com

Rekomendasi umpan yang pertama adalah cacing, hampir semua jenis ikan sangat menyukai umpan jenis ini. Umpan jenis ini sangat mudah dijumpai, Anda bisa menemukannya di warung pakan ikan terdekat atau di sekitar lingkungan rumah Anda.

Salah satu tipsnya adalah kaitkan pada kepala cacing dan biarkan ekornya bergerak di air, hal ini dapat menarik perhatian ikan kakap.

Ikan Bandeng Kecil

Sumber : nakita.grid.id

Bagi masyarakat yang hidup di pinggiran pantai pasti mengenal ikan jenis ini. Ikan ini banyak dibudidayakan di tambak ikan. 

Jika Anda ingin menggunakannya sebagai jenis umpan, pilihlah jenis ikan bandeng yang paling kecil untuk hasil yang lebih ampuh.

Kemudian kaitkan bagian belakangnya di mata kail pancing, biarkan ikan bandeng kecil bergerak-gerak, ini adalah salah satu cara untuk menarik perhatian ikan kakap.

Udang Putih

Sumber : eazymart.com

Rekomendasi yang terakhir adalah udang putih. Umpan yang satu ini banyak ditemui di tambak dekat pantai atau muara dekat sungai. 

Anda hanya tinggal menjala udang ini untuk mendapatkannya. Namun, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa membelinya di pasar ikan.

Cara menggunakannya tinggal kaitkan langsung ke mata kail pancing sampai mengeluarkan bau amis. Kemudian, bersiap-siaplah karena Anda akan mendapatkan hasil ikan kakap merah yang berlimpah.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Gabus Terbaik dan Jitu, Rekomendasi Terbaik

Umpan Ikan Kakap Bakau

ikan kakap bakau
Sumber : nakamaquatics.id

Ikan kakap jenis ini habitatnya berada di kawasan hutan bakau yang ada di bibir pantai. Ikan jenis ini biasa disebut dengan Mangrove Jack sesuai dengan habitatnya. 

Menurut penelitian yang ada ikan kakap bakau tidak suka mengejar mangsa yang lari jauh, atau bisa dikatakan ikan pemalas. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin memancing ikan ini harus menggunakan umpan ikan yang tepat, diantaranya seperti dibawah ini :

Ikan Kecil / Udang

Sumber : tokopedia.com

Rekomendasi yang pertama, adalah ikan-ikan kecil contohnya seperti ikan tawes, ikan wader ataupun udang putih kecil. Sama halnya dengan ikan kakap lainnya, udang putih memang menjadi makanan favorit ikan ini. Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal kaitkan umpan di mata kail pancing dan Anda siap untuk berburu ikan kakap.

Anak Katak

anak katak
Sumber : dictio.id

Rekomendasi berikutnya adalah anak katak. Memang terlihat agak jijik dan aneh. Tapi faktanya umpan jenis ini sangat jitu untuk memancing ikan kakap. 

Tipsnya pastikan Anda menggunakan katak kecil yang masih hidup agar lebih ampuh. Kemudian kaitkan di bagian punggung katak. 

Namun, berhati-hatilah dengan umpan yang satu ini. Terlebih ketika katak tiba-tiba kencing, karena air kencing katak dapat menyebabkan bengkak pada bagian tubuh yang mengenainya.

Undur-Undur

Sumber : jateng.tribunnews.com

Rekomendasi yang terakhir adalah undur-undur. Undur-undur tergolong hewan jenis serangga yang mudah ditemukan disekitar pekarangan rumah. 

Biasanya undur-undur terdapat pada  tanah kering yang berpasir dan bersuhu hangat. Untuk menggunakannya Anda harus membuang sayapnya terlebih dahulu. Kemudian kaitkan ke mata kail pancing hingga menyelimutinya secara penuh.

Umpan Ikan Kakap Air Tawar

umpan ikan kakap air tawar
Sumber : nakamaquatics.id

Pada umumnya ikan kakap habitatnya berada di muara laut atau air asin. Namun, faktanya ada beberapa ikan kakap yang migrasi ke air tawar dekat muara laut. 

Nah, tentunya untuk memancing ikan jenis umpannya berbeda dengan ikan kakap yang habitatnya di laut.

Berikut adalah beberapa umpan ikan kakap air tawar paling jitu :

  • Anakan Lele
  • Anak Ikan Mujair 
  • Anakan Ikan Mas
  • Ikan Kembung 
  • Ikan Maniran 
  • Ikan Kuwe 
  • Ikan Kurami
  • Ikan Kurisi 

Teknik Memancing Ikan Kakap

teknik mancing ikan kakap
Sumber : sportivitas.net

Setelah Anda mengetahui beberapa rekomendasi umpan ikan kakap terbaik, selanjutnya Anda perlu mengetahui juga tips dan trik bagaimana cara memancing ikan kakap dengan tepat dan cepat. 

Dengan teknik ini kemungkinan besar Anda akan mendapatkan banyak ikan kakap. Langsung saja, yuk simak penjelasannya di bawah ini

Teknik Ngocer

Teknik yang pertama yaitu teknik Ngocer. Teknik ini merupakan teknik memancing yang paling umum dilakukan para pemancing di Indonesia. 

Caranya hanya melemparkan umpan melewati gerombolan ikan kakap, lalu tancapkan di pinggir sungai, kolam, tambak atau danau. Dengan begitu Anda hanya tinggal menunggu ikan kakap memangsa umpan Anda.

Teknik Gantung

Selanjutnya adalah teknik gantung, teknik ini juga sering dilakukan para pemancing ketika memancing ikan di air tawar. 

Caranya yaitu lemparkan umpan melewati kumpulan ikan kakap, lalu tarik perlahan atau tarik ulur perlahan untuk memancing pergerakan ikan kakap.

Teknik Umpul

Teknik yang terakhir yakni teknik umpul bisa disebut juga dengan teknik Pelampung. Pasalnya teknik ini menggunakan rumpon (alat bantu penangkapan ikan) berupa umpul atau pelampung.


Nah,itulah beberapa rekomendasi umpan ikan kakap lengkap beserta jenis-jenis dan teknik memancingnya dengan jitu dan tepat. 

Terimakasih telah membacanya sampai akhir, semoga bermanfaat. Share ke teman-temanmu jika artikel ini menarik..

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.