Umpan Ikan Jelawat

umpan ikan jelawat

Umpan Ikan Jelawat –   Jika Anda lelah dengan apa yang terjadi di hidup Anda, cobalah memancing. Karena memancing dapat menghilangkan rasa stress dan salah satu cara untuk refreshing paling seru.

Terlebih jika nantinya Anda bisa mendapatkan banyak ikan, justru malah bisa menghasilkan cuan. Nah, salah satu jenis ikan yang seru untuk dipancing adalah ikan Jelawat.

Mungkin bagi sebagian orang awam ikan ini terdengar asing. Karena ikan Jelawat hanya bisa ditemui di perairan Sumatera dan Kalimantan.

Ikan ini memiliki badan yang panjang, sisik yang rapat serta memiliki warna perak kekuningan.

Konon katanya ikan ini termasuk ikan yang mahal, di salah satu resto di Kalimantan bisa dijual seharga sejuta per-ekornya.

Wah, mahal sekali bukan? 

Nah, sebelum itu Anda harus memerlukan beberapa jenis umpan ikan yang paling tepat dan jitu. Berikut akan saya beberkan penjelasan selengkapnya dibawah.

Yuk, simak dan baca dengan seksama

Baca Juga : 11+ Umpan Ikan Belida, Ikan Khas Kalimantan Paling Tepat dan Jitu

Umpan Ikan Jelawat Alami Paling Ampuh

umpan ikan jelawat alami
Sumber: wikipedia.org

Ikan Jelawat tergolong kedalam jenis ikan pemakan segala atau disebut omnivora. Ia juga bisa memakan apapun yang ada di sungai.

Ia juga tergolong ikan yang kanibal artinya pemakan sejenis ikan, bahkan ikan-ikan yang lebih kecil darinya ia lahap dengan cepat.

Nah, tetapi tidak semua jenis ikan Jelawat dapat memakan makanannya. Adapun beberapa umpan ikan Jelawat paling ampuh dan jitu, diantaranya:

Ulat Daun

Sumber: pikiranrakyat.com

Rekomendasi yang pertama jatuh kepada ulat daun. Ulat daun merupakan salah satu jenis umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan Jelawat.

Anda bisa mendapatkan ulat ini di dedaunan yang menggulung dan di toko penyedia pakan ikan.

Cara pasangnya pun mudah kaitkan bagian kepala ulat di mata kail pancing hingga mengeluarkan aroma amis yang pekat. Aroma inilah yang menjadi favorit ikan Jelawat.

Serangga

Sumber: 99.co

Rekomendasi umpan ikan Jelawat yang kedua yakni serangga. Serangga jenis apapun bisa digunakan untuk memancing ikan Jelawat.

Salah satu serangga yang paling manjur adalah jangkrik, hewan berisik dan yang banyak terdapat di sekitaran rumah.

Cara menggunakan umpan jenis ini cukup mudah lepas sayap serangga apabila memiliki sayap. Kemudian pasangkan serangga di mata kail pancing hingga mengeluarkan aroma yang amis.

Cacing

Sumber: greeners.co

Rekomendasi umpan yang satu ini memang menjadi favorit kebanyakan pemancing yakni cacing.

Cacing merupakan jenis umpan ikan yang paling sering digunakan oleh para pemancing dan terbukti jitu dan ampuh.

Anda bisa mendapatkan jenis umpan ini di pekarangan rumah ataupun di toko pakan ikan dengan harga yang murah.

Cara menggunakannya cukup mudah dengan mengaitkan bagian kepala cacing di mata kail pancing dan biarkan ekornya bergerak di air. Gerakan ekor tersebut menjadi daya pikat ikan Jelawat.

Baca Juga : 15+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Ampuh

Umpan Ikan Jelawat di Sungai

umpan ikan jelawat di sungai
Sumber: shopee.co.id

Nah, selanjutnya kali ini adalah rekomendasi umpan ikan Jelawat di area sungai.

Di area sungai ikan Jelawat suka mencari makanan di dasar sungai dan ikan Jelawat jarang muncul di area permukaan sungai.

Oleh karena itu, Anda harus menggunakan umpan ikan paling ampuh sebagai berikut:

Buah Ara

Sumber: alodokter.com

Rekomendasi yang pertama yakni adalah buah ara. Buah ini disebut juga dengan sebutan buah tin.  Anda bisa mendapatkan buah ini di pasar ataupun di supermarket terdekat.

Cara pakainya cukup sederhana, hanya tinggal potong buah tin menjadi bagian yang kecil-kecil. Kemudian pasangkan di mata kail pancing dan umpan siap digunakan.

Kelapa Sawit Masam

Sumber: acuannews.com

Umpan ikan berikutnya adalah kelapa sawit yang masam. Seperti dengan buah ara, kelapa sawit terbukti ampuh dan jitu untuk memancing ikan Jelawat.

Cara penggunaan nya sangatlah mudah, mula-mula siapkan kelapa sawit yang masam kemudian potong kotak kecil-kecil. Kemudian kaitkan pada mata kail pancing dan Anda siap untuk memancing ikan Jelawat.

Baca Juga : 11+ Umpan ikan Jambal Paling Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Jelawat di Kolam dan Danau

umpan ikan jelawat kolam
Sumber: dictio.id

Air sungai yang cenderung keruh tentunya menyulitkan Anda untuk memancing ikan Jelawat di area ini.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi umpan ikan Jelawat untuk Anda yang memancing di area kolam maupun danau.Yuk, simak dan baca ulasan selengkapnya dibawah ini:

Usus Ayam

Sumber: rumahimigran.com

Pilihan yang pertama dalam memancing ikan Jelawat di area danau dan kolam yakni, usus ayam.

Bahkan para pemancing-pemancing professional menggunakan umpan jenis ini dalam memancing ikan Jelawat. Usus ayam bisa Anda temukan di area pasar tradisional dengan harga yang relatif murah.

Nah, aromanya yang amis yang cukup menyengat menjadi alasan usus ayam menjadi umpan yang ampuh digunakan.

Cara menggunakannya cukup mudah, mula-mula potong usus menjadi bagian yang kecil-kecil.

Kemudian, lilitkan usus ayam di mata kail pancing. Terakhir, lemparkan umpan ikan tersebut di area sungai dan danau, selamat mencoba.

Ubi Masam

Sumber: hellosehat.com

Rekomendasi umpan ikan Jelawat berikutnya adalah ubi masam. Anda bisa mendapatkan jenis umpan ini di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau.

Cara penggunaan nya cukup mudah yakni, Anda cukup memotong ubi masam dengan ukuran yang sesuai dengan mulut ikan Jelawat.

Selanjutnya kaitkan umpan tersebut di mata kail pancing , dan mulailah memancing ikan Jelawat.

Baca Juga : 19 + Umpan Ikan Cendro Paling Ampuh dan Jitu Tahun ini

Tips Memancing Ikan Jelawat

tips memancing ikan jelawat
Sumber: merdeka.com

Bagaimana cukup keren-keren bukan beberapa rekomendasi umpan ikan diatas.  Nah, berikut ini akan saya bagikan tips dan trik memancing ikan Jelawat.

Dalam memancing suatu ikan Anda harus menggunakan trik dan tips agar efektif mendapatkan ikan, diantaranya:

  1. Mula-mula lakukan persiapan yang matang seperti membawa peralatan memancing yang lengkap seperti joran, kail pancing, dan lain sebagainnya.
  2. Gunakan timah pemberat supaya umpan ikan jelawat bisa tenggelam hingga ke dasar sungai maupun danau, karena disitulah habitat ikan Jelawat.
  3. Upayakan pakailah rumbai-rumbai pada mata kail pancing Anda, tujuannya untuk menarik perhatian ikan Jelawat.
  4. Gunakan beberapa rekomendasi umpan ikan Jelawat diatas, karena telah terbukti ampuh dan jitu oleh beberapa pemancing.
  5. Pilihlah spot memancing ikan Jelawat di area sungai yang alirannya tenang dan terdapat banyak lubuk karena biasanya ikan jelawat berkumpul pada daerah tersebut.
  6. Tips yang terakhir jangan lupa membawa bekal makan dan juga minum. Karena memancing pasti memerlukan waktu yang lama, terlebih jika Anda kelaparan nantinya bisa dijadikan asupan makan.
  7. Tips yang terakhir, pastikan Anda awali semua kegiatan dengan doa, supaya diberikan keberkahan ketika Anda memancing.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Sembilang Yang Paling Ampuh dan Tepat


Nah, itulah beberapa penjelasan secara lengkap mengenai umpan ikan Jelawat paling tepat, ampuh dan jitu lengkap beserta tips dan trik cara memancing ikan Jelawat.

Intinya dalam memancing ikan Jelawat Anda harus menggunakan beberapa tips dan trik di atas.

Serta jangan lupa gunakan rekomendasi umpan ikan Jelawat yang jitu dan ampuh. Dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang melimpah pula.

Sekian, terimakasih semoga Anda beruntung. Sampai jumpa di artikel umpan ikan selanjutnya dan jangan lupa bagikan artikel ini agar dapat menyebarkan wawasan tentang dunia pancing.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.