Umpan Ikan Gurame

umpan ikan gurame

Umpan Ikan Gurame- Di Indonesia ada terdapat banyak jenis ikan baik jenis ikan air tawar maupun ikan air laut.Salah satunya adalah ikan gurame,ikan yang paling populer di Indonesia ini banyak digemari masyaarakat.

Banyak olahan masakan ikan gurame di Indonesia,rasanya yang gurih dan tekstur daging yang lembut menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya.

Nah ikan gurame adalah salah satu ikan omnivora alias pemakan segalanya.Beberapa jenis makanan yang ia sukai adalah kroto,serangga,ulat dan umpan campuran .Berikut adalah beberapa umpan ikan gurame paling jitu dan ampuh.

Baca Juga : 14 Jenis Ikan Air Tawar Yang Bisa Kita Pelihara

Umpan Ikan Gurame di Kolam

umpan ikan gurame
Sumber : rahasiabelajar.com

Kolam pancing merupakan salah satu media yang digunakan sebagai ajang untuk memancing ikan selain danau ataupun sungai.Ikan Gurame merupakan ikan pemakan segala tapi umtuk memancingnya pun kita harus menggunakan umpan ikan yang cocok sesuai dengan tempat hidupnya.

Nah,untuk memancing ikan gurame di kolam anda harus menggunakan beberapa bahan berikut untuk membuat umpan yang jitu,berikut adalah bahan bahanya :

  • 1 butir kuning telur rebus
  • 1/2 gelas pelet 781-2 SP
  • 1/2 gelas pellet PF-1000
  • 2 sendok Teh Madu
  • Vanili
  • Air Secukupnya

Cara Membuat :

  1. Pertama – tama tuang semua nya dalam satu wadah
  2. Lalu Aduk hingga merata dan mengental sehingga membentuk sebuah adonan
  3. Tambahkan sedikit vanili aduk – aduk merata dan diamkan sejenak
  4. Setelah itu umpan ikan siap digunakan

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Nila Rekomendasi Paling Ampuh Untuk Mancing

Umpan Ikan Gurame Liar

ikan gurame
Sumber : thegorbalsla.com

Selain hidup di kolam,ikan gurame juga banyak yang hidup di perairan liar.Nah, karena hidup di alam liar tentunya jenis umpannya juga berbeda dengan lainnya.Lantas umpan apa yang tepat untuk ikan gurame ini..?Berikut dibawah ini adalah jenis – jenisnya

Bahan :

  • 2 sendok teh madu
  • Segenggam pelet 781-2 SP
  • 1 butir kuning telur
  • Air Secukupnya

Cara Membuatnya :

Tuangkan semua bahan ke dalam suatu wadah,lalu aduk hingga merata dan jadi sebuah adonan

Jika sudah membentuk sebuah adonan bentuk menjadi bulatan bulatan kecil

Umpan siap digunakan untuk memancing

 

Umpan Ikan Gurame Susah Makan

ikan gurame sungai
Sumber : gdmagri.com

Selanjutnya jika ikan gurame susah makan,ini jenis umpannya berbeda.Nah,karena kali ini objek kita sulit makan maka kita harus memberikan umpan yang bisa membuat ikan gurame nafsu makan.Berikut adalah beberapa jenis umpan nya

Jangkrik

umpan ikan jangkrik
Sumber : kompas.com

Jangkrik hewan yang sering digunakan sebagai makanan burung ini ternyata bisa digunakan sebagai umpan ikan yang ampuh dan jitu.Serangga bersuara “krik..krik” ini mudah ditemukan di toko pakan burung atau di warung yang menjual pakan ikan.

Ulat Sutera

ulat sutera
Sumber ; duniabinatang.net

Berikutnya adalah ulat sutera,hewan yang biasa difungsikan sebagai bahan benang sutera ini mudah didapatkan di sekiar dedaunan pohon pisang atau tumbuhan sayur.Cara menggunakannya cukup mudah anda tinggal kaitkan ulat sutera di mata kail pancing.

 

Umpan Ikan Gurame Kolam Harian

ikan gurame merah
Sumber : infoikan.com

Umpan ikan gurame selanjutnya adalah untuk habitat di kolam namun harian.Karena ikan ini adalah ikan omnivora, maka berikut jenis umpan yang jitu digunakan di habitat ini

Bahan :

  • Ubi jalar sedang (rebus)
  • ¼ gelas pelet ikan koi
  • 2 sdm Madu
  • 2 butir kuning telur rebus

Cara membuatnya :

  1. Letakkan semua bahan kedalam wadah campur dan aduklah hingga merata
  2. Setelah merata,diamkan sebentar hingga ia agak mengental dan membentuk sebuah adonan
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan bulatan kecil
  4. Cara menggunakan kaitkan umpan di mata kail dan anda siap memancing

Umpan Ikan Gurame Paling Jitu

ikan gurame sungai
Sumber : pikiran-rakyat

Dari semua rekomendasi diatas, di sinilah bagian umpan ikan gurame paling ampuh dan jitu.Umpan ini bisa dipakai di semua jenis habitatnya.Penasaran dengan jenis umpannya..?yuk simak dibawah.

Kecoa

umpan ikan kecoa
Sumber : intiland.com

Meski menjijikan namun faktanya kecoa bisa dijadikan pakan ikan yang paling ampuh untuk memancing.Itu tandanya setiap makhluk hidup yang diciptakan semuanya tidak ada yang tidak berguna.Kecoa tidaklah sulit dicarinya banyak berkeliaran di lingkungan kita,yang sulit adalah menangkapnya.

Cacing Tanah

cacing tanah
Sumber : kompas.com

Hewan yang banyak dijual di toko – toko umpan ikan dan pakan burung ini masih menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk memancing ikan.

Bahkan semua jenis ikan tawar banyak yang tertarik dengan cacing tanah.Cara menggunakannya tidak sulit anda tinggal mengaitkan cacing tanah di mata kail pancing hingga mengeluarkan cairan amis.Nah,bau amis inilah yang mampu menarik perhatian ikan gurame

Belalang

belalang hijau
Sumber : kompas.com

Belalang memiliki banyak jenisnya.Namun untuk rekomendasi umpan ikan gunakan belalang jenis belalang sawah yang berukuran sedang dan warnanya hijau.

Cara mendapatkannya anda hanya tinggal main- main ke sawah,belalang ini suka berada di dedaunan padi.Jika sudah menemukan anda tinggal mengaitkannya di mata kail pancing.

Buah Nangka Matang

buah nangka
Sumber : makanabis.com

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa buah nangka bisa dijadikan unpan.Selain memiliki rasa yang manis aroma khas dari buah nangka ternyata mampu meraik perhatian ikan gurame.

Cara menggunakannya adalah gunakan sepotong kotak kecil seukuran mata kail pancing dan kaitkan.Setelah itu mulailah memancing ikan  gurame.

Kroto

kroto
Sumber : hewanpedia.com

Yang terakhir adalah telur semut yang biasa orang sebut kroto.Kroto merupakan jenis umpan yang digunakan untuk memancing di air tawar.Cara mendapatkannya gampang anda hanya perlu membelinya di toko umpan ikan atau toko pakan burung terdekat.

 

Umpan Ikan Gurame Sungai

ikan gurame
Sumber : popmama.com

Habitat asli ikan gurame adalah sungai.Disini biasanya banyak pemancing liar yang strike.Karena area sungai ini ikan gurame biasanya mampu memberikan perlawanan yang hebat,perlu usaha khusus untuk memancing ikan gurame di habitat aslinya.

Salah satu senjata yang harus anda siapkan adalah umpan.Umpan merupakan elemen penting dalam memancing.Nah,berikut adalah rekomendasi pakan ikan yang paling jitu dijamin anda bakal ketagihan strike.

Baca Juga : 15 Jenis Ikan Cupang paling popular di Dunia

Laron

umpan ikan laron
Sumber : idntimes.com

Hewan yang hidup di kegelapan ini ternyata bisa dijadikan untuk umpan.Cara menangkap laron mudah,anda hanya perlu menyiapkan ember berisi air dibawah lampu lalu anda matikan lampu.

Taraaa..!! setelah anda nyalakan kembali lampu semua laron sudah mati mengambang di air.Setelah itu anda bisa gunakan laron tersebut sebagai umpan ikan pancing.

Baca Juga : 17 Jenis Ikan Hias Air Laut yg Dapat Kalian Pelihara

Ulat Bambu

ulat bambu
Sumber : agrozine.id

Selanjutnya adalah salah satu jenis larva yang biasa menempel diarea pohon bambu.Ulat bambu adalah salah satu makanan untuk burung,ikan dan reptil.

Anda bisa menmukannya di toko toko peralatan pancing atau di dekat pohon bambu.Cara pakai nya adalah tinggal anda kaitkan di mata kail dan mulailah mancing dan rasakan hasilnya

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Koi yang Perlu Kalian Ketahui

Ulat Daun Pisang

ulat daun pisang
Sumber : burungnya.com

Rekomendasi jenis pakan ikan yang terakhir kali ini adalah ulat daun pisang.ulat jenis ini biasa digunakan untuk pakan burung seperti Murai Batu,Kacer dan Cucak Hijau.

Anda bisa menemukan ulat ini di dedaunan pisang yang bergulung atau jika tidak ingin repot anda bisa membeli di toko pakan burung.

Nah itulah dia beberapa rekomendasi umpan ikan gurame berdasarkan habitatnya.Gimana mulai tertarik dengan dunia pancing..?.

Ayo cobain rekomendasi resep pakan ikan  diatas dijamin dah anda akan mendapatkan hasil ikan yang memuaskan.

Sekian Semoga bermanfaat.Sampai berjumpa di artikel selanjutnya.Semoga

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.