Umpan Ikan Gabus

budidaya ikan gabus

Umpan Ikan Gabus – Jika kalian merupakan salah satu orang yang hobi memancing apalagi di area sungai atau rawa pasti anda sudah mengenal ikan gabus. Ikan gabus adalah salah satu ikan air tawar yang memilki pergerakan yang gesit. Oleh karena itu, anda harus menyiapkan umpan mancing yang jitu dan ampuh.

Yuk, ikuti pembahasan mengenai umpan ikan gabus lebih lengkap dibawah ini

 

Baca Juga : 27+ Umpan Galataama Lele Paling Ampuh dan Jitu 

Umpan Ikan Gabus Liar Paling Galak

umpan ikan gabus galak
Sumber : portalmakassar.com

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang tergolong dalam ikan predator atau pemakan daging. Untuk memancing ikan gabus anda harus menggunakan jenis umpan yang khusus.

Berikut adalah beberapa rekomendasi umpan ikan gabus predator di bawah ini :

1. Cacing Tanah

cacing tanah
Sumber : merdeka.com

Cacing tanah adalah jenis umpan ikan yang paling dasar digunakan oleh para pemancing. Hampir semua jenis ikan air tawar ampuh menggunakan jenis umpan ini, termasuk ikan gabus.

Keunggulan dari umpan ini adalah bau amis yang dikeluarkan tubuh cacing tanah. Semua jenis ikan air tawar menyukai aroma umpan ikan yang amis.

Anda bisa temukan cacing tanah di sekitar pekarangan rumah anda atau di toko pakan ikan terdekat. Kemudian kaitkan cacing ke mata kail pancing, dan mulailah memancing ikan gabus di sungai atau rawa-rawa terdekat.

Baca Juga : 29+ Umpan Ikan Wader Paling Ampuh dan Jitu

2. Kodok / Katak

cara menangkap katak
Sumber : indozone.com

Rekomendasi umpan ikan gabus berikutnya agak terkesan menjijikan bagi yang tidak biasa. Umpan tersebut adalah katak atau kodok.

Katak atau kodok ternyata dapat dimanfaatkan sebagai umpan ikan. Cara menggunakannya tidaklah rumit, tipsnya gunakan katak yang masih kecil. Gunakan katak yang masih hidup atau masih fresh.

Lalu kaitkan katak ke kail pancing di bagian punggungnya. Awas, hati-hati dengan katak karena ia bisa menyemburkan air kencingnya apabila merasa teramcam. Air kencing katak dapat menyebabkan bengkak apabila mengenainya..

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Bandeng Paling Jitu

Umpan Ikan Gabus yang Susah Makan

1.  Ulat Daun Pisang

umpak ikan menggunakan ualt
Sumber : faunadanflora.com

Rekomendasi yang pertama adalah ulat daun pisang, banyak ditemui di daun pisang, daun jeruk dan daun lainnya. Bagi para petani ulat ini merupakan hama yang merugikan.

Namun sebaliknya bagi para pemancing ulat daun pisang bagaikan berlian bagi mereka. Pasalnya umpan yang satu ini sangat manjur dalam memancing ikan gabus.

Cara menggunakannya cukup kaitkan separuh badan ulat sampai perut, sisakan bagian ekor yang bergerak di dalam air. Gerakan ekor ulat bertujuan untuk menarik perhatian ikan gabus.

Ditambah ulat dapat mengeluarkan bau amis, sudah pasti anda akan mendapatkan hasil yang melimpah.

2. Jangkrik

Umpan ikan jangkrik
Umpan ikan jangkrik

Pilihan yang pertama jatuh kepada serangga yang memiliki suara berisik. Jangkrik merupakan serangga yang bisa dijadikan umpan ikan. Mudah ditemukan disekitar rumah Anda atau ditoko pakan burung dan pakan ikan terdekat.

Tipsnya adalah buang sayapnya terlebih dahulu karena dapat mengurangi daya tarik ikan. Tips berikutnya sebelum mengaitkan di mata kail pancig pencet dulu bagian tubuhnya agar mengeluarkan bau amis. Bau amis dari jangkrik menjadi daya tarik ikan gabus.

3. Laron

umpan ikan laron
Sumber : hipwe.com

Jika dibiarkan laron dianggap sebagai serangga hama pemakan kayu dan perabotan rumah, mirip dengan sepupunya yakni rayap.  Namun berbeda nasibnya jika dijadikan umpan untuk memancing ikan.

Laron biasa ditemukan di dekat dengan lampu-lampu saat musim hujan. Ini bisa menjadi opsi yang paling jitu saat musim hujan untuk dijadikan umpan ikan.

Baca Juga : 39+ Umpan Ikan Nila Paling Jitu Untuk Mancing

Umpan Ikan Gabus Paling Jitu

budidaya ikan gabus
Sumber : makanabis.com

Jika anda kesulitan dalam mencari umpan yang paling tepat dalam memancing ikan gabus anda berada di artikel yang tepat. Berikut di bawah ini adalah beberapa rekomendasi umpan ikan gabus paling jitu

1. Ikan kecil / Wader

umpan ikan wader
Sumber : news.unair.ac.id

Rekomendasi yang pertama adalah ikan wader, ikan ini banyak ditemukan di sungai kecil. Ikan wader merupakan salah satu ikan yang paling disukai ikan gabus.

Tipsnya adalah pastikan anda menggunakan ikan wader yang masih fresh atau dalam keadaan hidup. Cara menggunakannya mudah sekali anda tinggal mengaitkan ikan wader di mata kail pancing.

Pastikan ikan tersebut masih dalam keadaan hidup karena ini dapat menarik perhatian ikan gabus.

2. Orong-Orong

Sumber : jurnaba.co

Banyak orang mengatakan bahwa hewan ini memiliki ciri fisik yang sama dengan jangkrik. Namun orong-orong memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang daripada jangkrik.

Orong-orong banyak ditemukan di persawahan, parit, atau lokasi-lokasi yang sedikit kering.
Cara menggunakannya cukup mudah anda tinggal mengaitkan di mata kail pancing.

Konon katanya bau yang dikeluarkan orong-orong ini dapat menarik perhatian ikan gabus atau ikan air tawar lainnya.

3. Cicak

umpan ikan cicak
Sumber : mapaybandung.pikiran-rakyat.com

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata cicak bisa dijadikan salah satu umpan ikan gabus terbaik. Hewan yang hidupnya bergantung di dinding rumah ini memiliki banyak manfaaat terutama untuk umpan ikan.

Cara menggunakannya langsung kaitkan saja ke mata kail pancing. Namun, untuk hasil yang lebih baik anda bisa membakarnya terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Kecoa

umpan ikan kecoa
Sumber : antaranews.com

Memang terdengar menjijikan apabila mendengar salah satu serangga yang satu ini. Namun, pada kenyataannya kecoa dapat dimannfaatkan menjadi umpan ikan gabus.

Kecoa merupakan hewan yang mudah ditemui disekitaran kita seperti di kamar mandi, got-got pembuangan air dan tempat-tempat yang lembab serta bau.

Cara meenggunakannya sama seperti umpan yang lainnya Anda tinggal mengaitkan di mata kail pancing. Bau yang dihasilkan oleh kecoa sangat jitu untuk menarik perhatian ikan.

5. Anak Tawon

umpan anak tawon
Sumber : wartahandayani.com

Rekomendasi yang terakhir ini adalah anakan tawon. Bentuknya mirip dengan ulat daun pisang, berwarna putih. Banyak pemancing yang menggunakan umpan jenis ini.

Konon katanya anakan tawon sangat ampuh digunakan untuk memancing. Tetapi cara menemukannya pun sulit, bahkan saya sendiri kesusahan dalam mencarinya.

Baca Juga : 29+ Umpan Ikan Patin Terbaik dan Jitu Rekomendasi Paling Jitu Tahun ini

Umpan Mancing Ikan Gabus Casting

ikan gabus casting
Sumber : hobibinatang.com

Umpan ikan casting biasa disebut dengan umpan ikan buatan. Biasanya berbahan dasar karet atau plastik yang didesain menyerupai bentuk-bentuk seperti, katak, ikan, jangkrik dan beberapa bentuk umpan lainnya.

1. Popper

Merupakan jenis umpan buatan yang mirip dengan ikan, katak, jangkrik dengan berbagai macam variasi warnanya. Beberapa pemancing telah menggunakan jenis umpan ini dan hasilnya cukup menjanjikan.

Ikan gabus induk biasanya yang mudah terpikat umpan jenis ini.Popper berukuran 5-7 cm merupakan jenis popper yang paling tepat digunakan ketika memancing ikan di area sungai terbuka.

2. Minnow

Berikutnya adalah minnow merupakan jenis umpan palsu yang cocok dipakai di lokasi terbuka dan bersih, tetapi terdapat pepohonan yang mengganggu.

3. Pencil

Pencil adalah salah satu jenis umpan buatan yang sering digunakan di air tawar. Pergerakan dari jenis umpan palsu ini terlihat zig-zag. Cocok digunakan di lokasi perairan yang banyak batang pohon namun dangkal.

3. Torpedo

Jenis umpan tiruan yang satu ini cukup unik karena memiliki kipas di bagian ekornya yang berputar ketika ditarik di permukaan air. Bahkan menurut saya torpedo dapat menarik perhatian banyak ikan. Karena ketika torpedo berputar dapat menghasilkan buih-buih air yang mengganggu ikan-ikan disekitarnya.

4. Katak Karet

Rekomendasi yang terakhir adalah katak karet yang terbuat dari karet atau sintesis. Biasanya memiliki rongga angin yang membuat umpan jenis ini bisa mengapung diair. Cocok digunakan di keadaan air yang banyak pepohonan atau daerah rawa-rawa

Kesimpulan

umpan ikan gabus paling jitu
Sumber : makanabis.com

Nah itulah beberapa rekomendasi umpan ikan gabus di atas, semoga dapat menambah wawasan anda tentang tips dan trik memancing ikan gabus. Semoga bermanfaat. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.