Umpan Ikan Cendro

umpan ikan cendro

Umpan Ikan Cendro – Sebelum memulai memancing alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu ikan apa yang akan kita pancing. Nah, pada kali ini ikan cendro adalah ikan yang akan menjadi target. Lalu, apakah itu ikan cendro?

Ikan cendro adalah jenis ikan air tawar yang termasuk kedalam golongan ikan karnivora. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang ramping dan panjang, menyerupai belut.

Ikan ini memiliki sirip ekor berbentuk V dengan panjang tubuh sekitar 1 sampai 1,5 meter. Memiliki warna punggung biru gelap pada bagian sisi samping dan pada bagian bawah memiliki warna perak terang.

Ikan Cendro biasa hidup di area laut yang terdapat terumbu karang dekat dengan permukaan air yang tenang. Contohnya seperti pada selat, teluk dan area perairan dangkal lainya.

Ikan ini memiliki pergerakan yang cepat, apalagi ketika menerkam mangsanya. Oleh karena itu ikan cendro menjadi predator bagi ikan-ikan kecil lainnya.

Tidak hanya bagi ikan lainnya, ikan cendro juga berbahaya bagi manusia apabila tidak berhati-hati. Karena dengan tubuh yang seperti itu ikan cendro dapat menimbulkan luka serius bagi manusia, bahkan di beberapa kasus pemancing ada yang mengakibatkan luka yang cukup fatal.

Nah, setelah anda mengenal ikan cendro ini sekarang tentunya Anda bisa berhati-hati dan menyiapkan keamanan sebelum memancing ikan cendro ini.

Untuk memancing ikan cendro Anda membutuhkan umpan yang masih hidup. Tetapi, umpan hidup saja tidak cukup Anda harus menggunakan beberapa rekomendasi umpan yang jitu dan ampuh.

Lalu, jenis umpan apa yang ampuh dan jitu untuk memancing ikan cendro? Ayo, simak, baca dan ikuti penjelasan mengenai umpan ikan cendro dibawah ini

Baca Juga : 17+ Rekomendasi Umpan Ikan Betutu Paling Lengkap dan Jitu

Umpan Ikan Cendro Pakai Udang

Sumber : investasio.com

Jenis umpan yang pertama yakni udang. Udang merupakan salah satu rekomendasi umpan ikan cendro yang paling cocok dan jitu sebagai umpan ikan cendro. Karena pada umumnya hampir setiap ikan laut, menyukai udang sebagai santapan mereka. Jenis udang yang dipilih pun tidak sembarang udang.

Udang putih adalah pilihan terbaik untuk memancing ikan cendro. Dan tentunya pastikan gunakan udang yang masih fresh atau tidak busuk.

Karena udang yang busuk sudah tidak bisa digunakan lagi, ikan cendro tidak menyukai udang yang sudah busuk. Tipsnya jika Anda menggunakan udang putih gunakan tempat yang terdapat es batu karena dapat menjaga kesegaran udang tersebut.

Karena udang putih merupakan udang yang mudah busuk. Penggunaanya cukup mudah tinggal pasangkan di mata kail pancing.

Pastikan kupas kulit udang sebelum digunakan untuk memancing. Terakhir tambahkan essen untuk menambahkan aroma pada udang tersebut.

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Baronang Paling Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Cendro Pakai Cumi Cumi

umpan ikan dengan cumi
Sumber : liputan6.com

Selain udang ternyata, cumi-cumi juga bisa dijadikan sebagai umpan ikan cendro. Tentunya pastikan gunakan cumi-cumi yang masih segar atau fresh.

Ciri cumi cumi yang masih fresh bisa dilhat dari baunya yang masih amis alami atau dari warna kulit cumi-cumi tersebut apakah masih cerah atau tidak.

Tips untuk menjaga cumi-cumi agar tetap fresh dengan cara masukkan kedalam kotak es yang memiliki suhu rendah.

Tetapi sebelum dimasukkan kotak pastikan bungkus cumi-cumi tersebut dan press dengan cara diikiat dengan tali. Dengan cara ini Anda dapat menjaga kesegaran cumi-cumi.

Cara penggunaannya cukup mudah dengan kaitkan cumi-cumi pada mata kail pancing. Sebelum kaitkan potong-potong cumi tersebut menjadi beberapa bagian supaya tidak terlalu besar. Selamat mencoba teman-teman, semoga berhasil.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Tawes Rekomendasi Paling Tepat dan Jitu

Umpan Ikan Cendro Pakai Teri

umpan mancing teri
Sumber : idntimes.com

Berikutnya adalah jenis umpan ikan cendro dengan menggunakan ikan teri. Selain enak di buat sambal ternyata ikan teri bisa digunakan sebagai umpan ikan.

Karena ikan cendro menyukai ikan teri, hal inilah yang jadi alasan ikan teri cocok dijadikan sebagai umpan ikan cendro. Gunakan ikan teri yang masih fresh untuk hasil yang lebih maksimal.

Anda bisa mendapatkan ikan teri di tukang sayur, pasar tradisional, tambak ikan tepi pantai dan masih banyak lagi. Untuk menjaga agar ikan teri dapat bertahan lama.

Pastikan jemur ikan teri terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai umpan. Cara penggunaanya cukup mudah cukup kaitkan saja ikan teri pada mata kail pancing.

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Sepat Terbaik dan Paling Ampuh dan Tepat

Tips Memancing Ikan Cendro

tips memancing ikan cendro
Sumber : sportmancing.omkicau.com
  1. Setelah Anda mengenal beberapa umpan ikan cendro, berikutnya akan saya bagikan beberapa tips memancing ikan cendro, diantaranya sebagai berikut ini.
  2. Jika menggunakan beberapa umpan hidup kurang efektif gunakan umpan ikan cendro dengan jenis softlure, swimmer dan umpan lainnya yang termasuk ke dalam jenis action floating dengan menggunakan teknik casting,
  3. Sebaiknya jangan langsung tarik ikan cendro karena ikan ini memiliki jenis rahang yang menyeruapai moncong kecil serta terdapat deretan gigi yang rapat.
  4. Hal ini menyulitkan mata kail pancing menancap di rahang ikan cendro. Caranya yaitu, biarkan ikan cendro benar-benar menelan umpan kita kemudian mata kail pancing akan menancap dengan sendirinya.
  5. Pilihlah spot ikan cendro di area dekat perairan dangkal contohnya seperti dermaga, tebing karang, atau pemecah ombak jika Anda memancing pada area tepi pantai.
  6. Dianjurkan memancing ikan cendro ini pada musim panas karena pada musim tersebut arus airnya cenderung lebih stabil dan jika beruntung Anda bisa menjumpai gerombolan ikan cendro ditepian karang.
  7. Berhati-hatilah ketika dengan adu strike dengan ikan ini. Karena moncongnya yang runcing dengan ditambah giginya yang tajam menjadi ancaman luka serius bagi Anda. Apalagi ditambah dengan kemampuannya yang mampu meloncat saat melepaskan diri dari mata kail pancing.
  8. Gunakan peralatan memancing yang sesuai dengan standart memancing ikan cendro. Karena jika tidak, bisa saja senar Anda putus dan ketika ikan cendro melompat bisa saja melukai kulit Anda dengan menggunakan moncongnya.
  9. Selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan memancing ikan cendro. Karena dengan berdoa bisa jadi Anda mendapatkan ikan yang melimpah dan dijauhi dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Tombro 100% Ampuh dan Jitu Untuk Memancing

Kesimpulan

Sumber : pelantar.id

Itulah tadi adalah beberapa rekomendasi umpan ikan cendro berserta tips dan triknya. Nah, intinya sebelum Anda memancing kenali dahulu ikan jenis apa yang akan Anda pancing.

Kemudian, lakukan persiapan yang lengkap mulai dari peralatan, segi keamanan dan umpan ikan yang akan digunakan.

Terakhir, cobalah selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan memancing ikan supaya dilancarkan dan diberi kemudahan.


Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan pada artikel kali ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat bagi para pemancing yang haus akan informasi tentang dunia pancing. Salam, pancingers.

 

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.