Umpan Ikan Betutu

umpan ikan betutu

Umpan Ikan Betutu –  Kembali lagi di series umpan ikan bersama saya, Nah kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Umpan mancing kembali nih, untuk beberapa Angler atau pembaca semua, semoga info ini bisa bermanfaat ya. Oke lanjut,

Sebelum berbicara terkait Umpan Mancing Ikan Betutu ini, Anda sudah tahu belum terkait ikan ini? Ya, kehadirannya memang belum begitu besar di tanah air. Tapi di negara lain, benar-benar populer bahkan jadi satu diantaranya menu makanan khusus.

Penasaran dengan rekomendasi umpan ikan betutu? Ayo, simak dengan seksam penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : 27+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Terbaik 

Sekilas Mengenai Ikan Betutu

umpan ikan betutu
Sumber : infoikan.id

Umumnya saat sebelum mancing ikan betutu kita harus tahu apa itu ikan betutu. Untuk ikan betutu ikan itu umumnya hidup di air yang banyak bebataun.

Karena pada umumnya ikan betutu menyenangi tempat lokasi yang ada dorongan untuk dianya, seperti batu-batuan, pohon yang roboh ke air itu dan lain-lain.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Pari Rekomendasi Terbaik Tahun ini 100% Ampuh

Umpan Ikan Betutu dan Langkah Memancingnya

umpan ikan betutu di sungai
Sumber : klikhijau.com

Unttuk makannya ikan itu sukai makan ikan-ikan kecil dan semacamnya seperti udang, cacing dan lain-lain, Selain itu umpan udang umumnya benar-benar pas, ikan kecil seperti beunteur,paray dan lain-lain.

Ikan betutu hidupnya berkelompok dengan ikan yang lain, karena tiap saya tangkap ikan,

ketika umpan saya telah dimakana olehnya joran saya cuman menarik narik sedikit tidak seperti ikan ikan lain secara umum, namun memiliki berat yang besar.

Pada umumnya ikan betutu akan melakukan perlawanan ketika ikan telah munciul dipermukaan air.

Kemudian langkah yang kita  lakukan adalah menariknya ke pinggiran sungai misalnya kemungkinan karena ikan itu ketahui kehadiran kita di darat.

Langkah memacingnya juga cukup mudah asal kita sudah tahu tempat atau status sang ikan betutu itu ada, yang karekter kehadiranya seperti yang saya terangkan di paragraf pertama.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Betok Rekomendasi Terbaik Sepanjang Masa 

Ciri-Ciri Ikan Betutu

ciri ikan betutu
Sumber : seputarlampung pikiran-rakyat.com

Satu diantaranya bertubuh kecil dan sedang, yang besar hanya segi kepalanya saja. Ukuran maksimal bisa raih 65 cm, tapi yang biasa ditemukan biasanya mempunyai ukuran 20-40 cm saja.

Warna merah bata pupus, kecoklatan dan kehitaman. Disebutkan sebagai “Ikan Pemalas” karena personalitasnya memang lebih senang berdiam diri, berbeda dengan type ikan lainnya agresif.

Betutu sering diam di dasar air, Makanan Ikan Betutu misalkan udang, ikan-ikan kecil, siput sampai Yuyu. Komune Ikan Betutu hingga sungai terlindungi, rawa, waduk, saluran air atau parit.

Umpan Ikan Betutu Paling Baik

Sumber : betulmalas.com

Waktu makan terbaik ikan Betutu adalah pagi dan sore. Pagi sekitar jam 6 sampai 10, dan sore sekitar jam 5 sampai 7 malam. Di siang hari, mereka sering diam diri di dasar air sekalian memantau mangsa.

Pada musim air besar, ikan betutu akan kerjakan migrasi dan memulai musim kawin.

Berikut dibawah ini, Umpan Ikan Betutu paling pas yang bisa di coba :

Udang Kecil

Sumber : industrikontan.co.id

Rekomnendasi umpan yang pertama adalah udang kecil. Udang air tawar ini terbukti sangat baik dan kuat untuk menarik perhatian ikan betutu.

Anda dapat mengupas kulit udang atau langsung menyangkutkannya ke mata kail pancing. Selanjutnya, lemparkan umpan sampai ke permukaan dasar air, karena mereka suka berkumpul di dasaran air.

Ikan-Ikan Kecil

Sumber : detik.com

Umpan Ikan Betutu berikutnya adalah ikan-ikan kecil atau anakan ikan air tawar. Trick-nya sama dengan udang, Anda tinggal mengaitkan ke mata kail pancing, lalu melemparkannya ke spot yang sudah diputuskan. Pakailah pemberat dari timah atau logam, agar umpan sesegera sampai ke dasar.

Umpan Ikan Betutu Babon

Sumber : memancing.info

Walaupun ukuran umum ikan ini hanya sekitaran antara 20-40 cm saja, tapi banyak juga faktor yang mempengaruhinya sehingga mendapatkan ikan betutu ukuran besar atau babon.

Nah, untuk memancing yang mempunyai ukuran besar, Anda bisa menggunakan beberapa Umpan Ikan Betutu besar berikut :

Cacing

Sumber : halodoc.com

Rekomendasi yang adalah Cacing. Seperti yang kita ketahui, cacing bisa dikelompokkan sebagai satu diantaranya umpan mancing ikan air tawar yang terbaik.

Baunya yang amis menyengat menjadi favorit ikan ikan air tawar, salah satunya ikan betutu. Penggunaanya, kaitkan cacing langsung ke mata kail pancing, sisakan bagian ekornya biarkan bergerak-gerak ,karena hal inilah yang dapat menarik perhatian ikan betutu.

Cere

Sumber : pertanianku.com

Selanjutnya adalah cere, merupakan spesies ikan kecil yang berada di tepian perairan air tawar. Dapat Anda temukan dengan gampang di air tawar, payau, sungai, rawa, danau, waduk sampai parit.

Trick-nya masih sama, kaitkan segi punggung ikan Cere pada mata pancing pancing , tetapi usahakan memakai umpan yang hidup.

Baca Juga : 25+ Umpan Ikan Sepat Paling Tepat, Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Betutu di Sungai

Sumber : arenahewan.com

Sungai jadi komune khusus ikan Betutu ini. Sebagai satu diantaranya spesies ikan predator, Betutu jadi type yang paling pemalas dari lainnya.

Tapi walaupun begitu, jika dia melihat mangsa, ia bisa langsung melahap mangsanya secepat kialt. Berikut, adalah Umpan Ikan Betutu di Sungai, diantaranya :

Ulat

ulat
Sumber : bogorteknologi.com

Rekomendasi yang pertama adalah ulat. Type ulat yang bisa dipakai bebas, asal memang direkomendasikan untuk memancing, misalnya ulat belimbing, ulat padi, ulat daun, ulat hongkong, dan lainnya.

Cara penggunaanya cukup mudah, Anda tinggal menyangkutkannya ke mata pancing pancing, dan sisakan sedikit bagian ekornya agar dapat bergerak dan menarik perhatian ikan betutu.

Jangkrik

Sumber : portal-jember.pikiran-rakyat.com

Umpan Ikan Betutu yang terakhir adalah Jangkrik. Jangkrik merupakan serangga berisik yang ampuh digunakan umtuk memancing ikan betutu. Anda bisa mendapatkannya disekitaran rumah atau ditoko pakan burung.

Penggunaanya, pertama buang dulu sayapnya, kemudian langsung kaitkan dengan mata pancing. Kaitkan pada bagian punggung saja atau juga bisa kaitkan ke seluruh tubuh jangkrik.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Toman Paling Tepat 100% Ampuh

Tips Mancing Ikan Betutu

tips memancing
Sumber : hobibanget.com

Setelah Anda mengetahui beberapa rekomendasi Umpan ikan Betutu di atas, sekarang ini Anda bisa mulai membaca tips mancing ikan betutu supaya mendapatkan hasil yang melimpah, diantaranya:

  • Ikan Betutu suka bersembunyi di sejumlah lokasi yang terlindungi, seperti bebatuan, pasir, sampai di sejumlah tanaman air seperti enceng gondok.
  • Ikan betutu paling menyukai kondisi air yang tenang dan jernih, dengan kedalaman sekitar 1 meter.
  • Waktu yang cocok untuk memancing ikan betutu adalah saat musim kawin tiba, yakni saat air naik besar.
  • Upayakan menggunakan pemberat, karena umpan yang digunakan harus sampai ke dasar air, minimal 3 cm dari dasar.
  • Gunakan juga pelampung, karena saat ikan betutu menarik umpan, biasanya mendatangkan imbas kejut, disini peran dari pelampung cukup besar.
  • Ikan Betutu senang bergerombol. Karena itu, saat sudah mendapat satu ekor, tidak boleh cepat-cepat berpindah tempat, peluang tetap ada ikan betutu di bawah sana..
  • Gunakan joran yang umum saja, tetapi untuk mendapatkan kesan tarikan kita pakai joran yang cukup terlampau keras,
  • Gunakan pula senar yang besar agar tidak mudah putus,asal tidak pakai untuk setel ikan.

Usai sudah pembahasan lengkap kali ini terkait umpan ikan betutu beserta tips memancingnya.

Terimakasih telah mengikuti hingga akhir, semoga bisa menjadi manfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda. Selamat memancing

 

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.