Umpan Ikan Betok

umpan ikan betok

Umpan Ikan Betok – Ikan menjadi salah satu jenis hewan yang sering di konsumsi oleh manusia. Ikan mengandung banyak protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Ada banyak cara untuk mendapatkan ikan salah satunya dengan memancing.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memancing ikan betok dan beberapa umpan ikan betok paling ampuh dan jitu.Sebelum memulai alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu ikan betok.

Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang di hidup di rawa-rawa, selokan danau dan lainnya. Ikan ini memiliki panjang tubuh 20 cm dengan badan yang kokoh ditambah dengan sisik pelindung di samping.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Sepat Terbaik dan Paling Ampuh 

Berikut adalah beberapa rekomendasi paling jitu umpan ikan betok, diantaranya:

Umpan Ikan Betok di Air Keruh

umpan ikan betok
Sumber : agrozine.id

Pada siang hari ikan betok memiliki pergerakan yang lebih agresif dan aktif. Namun jika malam hari ikan ini justru tidur karena bukan termasuk ke dalam ikan nokturnal. Oleh karena itu, jangan memancig ikan betok di malam hari karena mereka lebih aktif di siang hari.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi umpan ikan betok paling tepat dan jitu, diantaranya sebagai berikut:

Ulat Daun atau Ulat Bulu

Sumber : portal-jember. pikiran-rakyat.com

Ulat jenis ini mudah ditemukan diantara dedaunan hijau. Namun jika Anda kurang fokus akan terasa kesulitan sebab warna kulit ulat menyerupai warna daun.

Pastikan jangan sentuh secara langsung karena dapat mengakibatkan gatal-gatal di sekujur tubuh. Cara penggunaan nya cukup mudah, mula-mula gunakan pelindung tangan seperti sarung tangan sebelum memegang ulat.

Kemudian kaitkan ulat di mata kail pancing hingga tertusuk seluruh tubuhnya. Terakhir lempar umpan sejauh mungkin.

Lumut Hijau

Sumber : gramedia.com

Lumut jenis ini dapat di temukan di sekitar sungai, parit atau ditempat-tempat yang lembab. Lumut merupakan salah satu umpan ikan air tawar paling jitu dan ampuh. Sebelum digunakan campurkan dengan essen dan garam secukupnya agar hasilnya lebih maksimal.

Cacing

Sumber : idntimes.com

Umpan ini sudah dipakai sejak zaman nenek moyang dan terbukti ampuh dan jitu hingga saat ini. Aroma amis nya yang cukup pekat membuat cacing menjadi makanan avorit ikan air tawar. Anda bisa temukan cacing di tanah yang lembab atau di toko peralatan pancing.

Serangga

Sumber : idntimes.com

Serangga merupakan jenis spesies hewan yang serung digunakan sebagai umpan ikan seperti laron, jangkrik dan lain-lain. Lalu serangga yang mana yang cocok untuk memancing ikan betok? Jawabannya adalah semuanya, karena ikan betok termasuk ke dalam jenis ikan karnovira.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Tawes Paling Tepat, Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Betok Liar Susah Makan

Sumber : langgengpancing.com

Berikut ini adalah resep racikan umpan ikan betok liar susah makan jika Anda menemukannya di sungai atau parit. Nah, berikut dibawah ini adalah bahan dan cara membuatnya diantaranya:

Bahan-bahan:

  • Pelet babi secukupnya
  • Tepung ikan
  • 1 butir Kuning telur ayam segar
  • Roti tawar secukupnya
  • Pelet babi
  • Daun pandan secukupnya

Cara Membuat :

  1. Mula-mula masukkan semua bahan seperti kuning telur, tepung ikan dan pelet babi ke suatu wadah.
  2. Kemudian tambahkan roti tawar yang sudah di hancurkan, lalu aduk semua adonan hingga tercampur merata
  3. Selanjutnya siapkan plastik dan masukkan semua adonan ke dalam plastik tersebut, jangan lupa tambahkan daun pandan untuk menambahkan aroma
  4. Kukus selama 15 sampai 20 menit hingga matang merata
  5. Umpan ikan betok siap untuk digunakan

Umpan Ikan Betok Paling Ampuh

Sumber : palembang.tribunews.com

Selain beberapa umpan diatas berikut ini merupakan beberapa umpan ikan betok yang terbukti cukup ampuh dan jitu. Penasaran? Berikut penjelasan lengkapnya dibawah ini

Jangkrik

Sumber : kompas.com

Serangga yang berbunyi bising ini merupakan satu diantara umpan ikan air tawar paling jitu lainnya. Jangkrik bisa ditemukan diantara semak-semak, lubang-lubang tanah dan di toko pakan burung.

Sebelum digunakan pastikan lepas sayap jangkrik terlebih dahulu kemudian kaitkan di mata kail pancing hingga mengeluarkan aroma amis yang pekat

Laron

Sumber : detikcom

Rekomendasi umpan selanjutnya adalah laron. Serangga yang satu ini bisa ditemukan di musim hujan di dekat lampu. Cara menggunakannya tidak jauh beda dengan jangkrik. Namun, kaitkan laron 4 sampai 5 ekor sekaligus di mata kail pancing untuk hasil yang lebih maksimal.

Kroto

Sumber : makaryo.net

Kroto merupakan beberapa umpan ikan air tawar yang cukup populer di kalangan pemancing. Kroto dapat ditemukan di toko pakan ikan atau toko pakan burung dengan harga yang relatif murah.

Kroto sendiri adalah telur atau anakan semut rangrang. Cara menggunakannya mudah sekali ambil beberapa kroto dan tancapkan di mata kail pancing. Taraa..!! Anda siap untuk memancing ikan betok.

Selain umpan diatas Anda juga bisa menggunakan umpan ikan betok lainnya seperti ulat bumbung, pelet, dedak. orong-orong, anakan lebah, belalang dan masih banyak lagi

Umpan Ikan Betok di Sawah

umpan ikan betok sawah
Sumber : panennews.com

Nah, jika Anda ingin memancing ikan betok di habitat sawah, Anda harus perhatikan beberapa rekomendasi umpan ikan betok sawah berikut ini

Cacing Tanah

Sumber : indonesia-alibaba.com

Cacing jenis ini banyak ditemukan di balik tanah yang subur atau di area tanah yang terdapat pupuk pada tanah tersebut baik organik maupun anorganik. Cacing merupakan makanan favorit utama ikan air tawar karena aroma amisnya yang menyengat.

Orong Orong

Sumber : kabarkan.com

Orong orong merupakan hewan yang sering ditemukan diarea becek teruma di sawah. Hewan ini kerap juga disapa dengan sebutan “gaang”. Penggunanya cukup mudah Anda tinggal kaitkan di mata kail pancing.

Ulat Daun Pisang

Sumber : faunadanflora.com

Bagi para petani mungkin hewan ini termasuk hama yang sangat merugikan mereka. Tetapi justru jadi rezeki tersendiri bagi para pemancing karena ulat jenis ini dapat dijadikan umpan ikan yang jitu.

Penggunaanya pun mudah dan tidak ribet, kaitkan saja bagian kepala ulat di mata kail pancing dan biarkan ekornya bergerak-gerak. Tujuannya, untuk menjadi daya pikat ikan betok.

Baca Juga : 21+ Umpan Ikan Kakap Paling Ampuh dan Jitu

Umpan Ikan Betok di Rawa

Sumber : caracari.id

Tak hanya sungai ataupun sawah, rawa-rawa juga termasuk tempat memancing ikan betok yang cukup menjanjikan. Nah, berikut beberapa rekomendasi umpan ikan betok rawaa yang paling ampuh, diantaranya:

Ulat Bumbung

Sumber : facebook.com

Ulat ini berasal dari rumpun bambu, ia juga termasuk kedalam jenis larva yang bisa di budidayakan. Berhati-hatilah jika ingin menyentuhnya karena mengakibatkan gatal-gatal di seluruh tubuh. Gunakan sarung tangan sebelum Anda memasangkannya di mata kail pancing.

Belatung

Sumber : idntimes.com

Hewan yang menjijikan satu ini ternyata memiliki manfaat yang besar bagi para pemancing. Mengapa demikian? Karena bisa dijadikan umpan ikan yang ampuh dan jitu. Anda bisa temukan hewan ini di sayur atau buah yang busuk.

Kecoa Tanah

Sumber : bobo.id

Selanjutnya adalah berasal dari hewan yang sering kita temui di kamar mandi, yaitu kecoa. Kecoa ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi bagi ikan. Maka tak heran jika kecoa jadi salah satu umpan ikan betok paling jitu dan ampuh.

Baca Juga : 29+ Umpan Ikan Tombro 100% Ampuh dan Jitu Untuk Memancing

Resep Racikan Umpan Ikan Betok

resep umpan betok
Sumber : thebellebrigade.com

Selain beberapa umpan alami berikut adalah racikan umpan ikan betok yang cukup jitu dan ampuh.
Yuk, simak dan ikuti bahan-bahan dan cara membuatnya dibawah ini

Bahan-bahan:

  • 1 buah sarden kaleng
  • Ubi jalar secukupnya
  • Pelet PF 100
  • 1 butir Kuning telur ayam segar

Cara Membuat :

  1. Mula-mula, bakar ubi jalar sampai matang dan empuk
  2. Kemudian, masukkan seluruh bahan di suatu wadah termasuk dengan ubinya sekalipun
  3. Aduk semua adonan hingga tercampur menjadi satu dan kalis
  4. Diamkan beberapa saat dan bentuk menjadi ukuran yang kecil-kecil
  5. Umpan siap digunakan

Tips Memancing Ikan Betok

Sumber : review.bukalapak.com

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi umpan ikan betok diatas berikut ini saya akan bagikan tips anda trik memancing ikan betok.

Yuk, ikuti tips dan triknya dengan seksama dibawah ini

  • Siapkan semua peralatan memancing seperti joran, benang, mata kail, pemberat dan tak lupa umpannya
  • Direkomendasikan menggunakan joran tegak karena ikan betok suka berada di area tepi sungai
  • Gunakan umpan ikan sesuai seperti yang diatas tadi
  • Pakailah metode pengumpulan ikan yang sesuai, agar kumpulan ikan betok menepi dan mendekat ke umpan Anda.
  • Pilihlah waktu memancing yang tepat, yakni pada pagi hari menjelang matahari sepenggal dan sore hari sebelum matahari terbenam

Baca Juga : 25+ Umpan Ikan Tawes Paling Tepat dan Jitu


Nah, itulah tadi beberapa penjelasan lengkap mengenai umpan ikan betok lengkap dengan tips dan trik memancingnya. Ikan betok merupakan ikan air tawar yang cukup mudah dipancing. Asalkan mengikuti cara-cara seperti diatas tadi.

Termiakasih atas kunjunganya, jangan lupa share ke teman-teman mu dan semoga bermanfaat.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.