Umpan Ikan Belida

umpan ikan belida

Umpan Ikan Belida – Akhir pekan telah tiba, saat dimana orang-orang merefresh otak dari riuhnya pekerjaan dan sekolah selama 5 hari yang lalu.

Salah satu hal yang tepat untuk merefresh otak yakni memancing. Memancing dapat menenangkan hati dan menguji kesabaran.

Jenis ikan yang paling cocok untuk dipancing di akhir pekan yakni ikan Belida. Ikan Belida merupakan salah satu ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan empek-empek.

Ikan Belida memiliki nama lain yakni ikan pipih dan ikan bulu punggung.

Di Sumatera ikan ini menjadi ikan terfavorit untuk diburu. Tetapi tidak sembarangan dalam memancing ikan ini, satu hal yang harus Anda perhatikan adalah jenis umpan ikan Belida yang digunakan.

Lantas umpan seperti apa yang harus dipersiapkan? 

Yuk, baca dan simak dengan seksama beberapa rekomendasi umpan ikan Belida paling tepat, ampuh dan jitu, diantaranya:

Baca Juga: 11+ Rekomendasi Umpan Ikan Kuro Paling Ampuh

Umpan Ikan Belida Alami

umpan ikan belida alami
Sumber: metro.jambi.com

Ikan Belida merupakan ikan air tawar yang memiliki pergerakan yang cukup cepat. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan umpan ikan sebagai berikut:

#1. Cacing Merah

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi umpan ikan Belida yang pertama adalah Cacing merah. Cacing jenis ini merupakan umpan yang mudah ditemukan.

Anda bisa mendapatkan cacing merah di sekitar pekarangan rumah, toko pakan ikan atau bisa membeli di lokasi pemancingan. Adapun tips yang harus diperhatikan dalam mengaitkan cacing merah.

Pertama, pastikan kaitkan bagian kepala cacing saja pada mata kail dan biarkan ujungnya bergoyang-goyang di air.

Gunanya untuk menarik perhatian Ikan Belida. Terakhir, cobalah praktekan cara tersebut karena percuma sekali kalau hanya dibaca tapi tanpa praktek.

Baca Juga : 15+ Umpan Ikan Baronang Paling Tepat dan Ampuh

#2. Anakan ikan

Sumber: kanalkalimantan.com

Ikan Belida merupakan jenis ikan kanibal, artinya ikan ini dapat memakan sesama jenis. Contohnya seperti bibit atau anakan ikan Sepat, ikan Nila hingga anakan ikan Wader.

Nah, ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang bisa menambah pundi-pundi cuan. Untuk Anda yang ingin mendapatkan umpan jenis ini bisa membelinya di tambak atau budidaya ikan, pasar ikan dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya cukup mudah Anda hanya perlu mengaitkan ikan-ikan tersebut di mata kail pancing.

#3. Udang

Sumber: gayatempo.co

Udang merupakan salah satu umpan ikan Belida. Hal yang perlu diperhatikan yakni pilihkan jenis udang yang masih segar dan tidak busuk ataupun pucat.

Anda bisa menggunakan udang jenis apapun. Udang bisa ditemukan di pasar tradisional, pasar ikan, supermarket dan di area tambak.

Cara penggunaan nya cukup mudah, mula-mula potong udang menjadi beberapa bagian.

Kemudian kaitkan udang tersebut di mata kail pancing, selamat mencoba.

#4. Serangga

Sumber: kabarjawatimur.com

Rekomendasi umpan ikan Belida yang berikutnya adalah serangga. Serangga merupakan jenis hewan yang tidak asing bagi ikan, apalagi ikan Belida.

Serangga jenis apapun bisa digunakan sebagai umpan ikan Belida. Anda bisa menemukan serangga di berbagai tempat, di sekitaran rumah, toko pakan burung dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya tidaklah ribet, mudah sekali hanya memasangnya di mata kail pancing. Aroma amis pada serangga menjadi daya pikat ikan Belida.

#5. Ulat Daun

Sumber: pixabay.com

Rekomendasi umpan ikan yang terakhir jatuh kepada ulat daun. Ulat daun adalah satu dari sekian banyak ikan Belida paling terfavorit.

Untuk mendapatkan ulat daun tidak terlalu rumit karena mereka banyak hidup di dedaunan yang menggulung dan juga di antara dedaunan pisang.

Tips memasang ulat daun di kail pancing cukup mudah. Gunakan sarung tangan terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Karena menyentuhnya langsung bisa mengakibatkan gatal-gatal. Kemudian pasangkan bagian ekor ulat dan biarkan kepalanya bergerak-gerak di dalam air.

Dengan demikian Anda bisa menarik perhatian ikan Belida agar melahap umpan tersebut.

Baca Juga : 17 + Umpan Ikan Cendro Paling Ampuh dan Jitu Tahun ini

Tips dan Trik Memancing Ikan Belida

tips memancing ikan belida
Sumber: merdeka.com

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa macam rekomendasi umpan diatas kali ini akan saya beberkan beberapa macam tips dan trik memancing ikan Belida.

Berikut di bawah ini penjelasan lengkap nya, diantaranya :

  1. Ketika umpan Anda disambar oleh ikan Belida sebaiknya jangan langsung Anda tarik. Biarkan dan tunggu sebentar hingga pelampung pancing sudah tenggelam, kemudian baru tarik ikan Belida. Dijamin langsung strike.
  1. Jika Anda mendapatkan ikan Belida dengan ukuran yang besar, pastikan Anda menggunakan pelampung pancing karena ikan Belida suka berada di kedalaman.
  2. Jika Anda mendapatkan ikan Belida yang kecil Anda tak perlu menggunakan cara-cara diatas karena ikan Belida tergolong ikan yang tamak.
  3. Jika Anda menemukan gerombolan ikan Belida jangan lemparkan umpan yang terlalu dekat, setidaknya sekitar 13 meter dari area tersebut.
  4. Pastikan persiapkan 2 pancing lengkap saat akan memancing ikan Belida, karena jika Anda mendapatkan ikan Belida yang besar, bisa mengakibatkan senar pancing Anda putus.
  5. Jangan gunakan timah pemberat yang kecil, karena ikan Belida adalah ikan yang cerdas. Ia tidak akan langsung menyambar umpan Anda. Melainkan akan ditarik ke sarang ikan Belida berada.
  6. Ketika pelampung Anda sudah mulai tertarik-tarik ke dalam air jangan buru-buru menariknya. Gunakan teknik tarik ulur hingga mendapatkan momentum yang tepat.
  7. Pada saat ikan Belida menyambar, jangan biarkan kondisi senar Anda dalam kondisi tegang. Karena ikan Belida akan memainkan Anda hingga senarnya putus.
  8. Pilihlah spot sungai ikan Belida di air yang deras ataupun mengalir cepat karena tempat tersebut merupakan tempat favorit ikan Belida
  9. Pastikan juga spot yang Anda pilih terdapat banyak kayu-kayu karena area tersebut merupakan sarang ikan Belida berada
  10. Jika Anda menemukan ikan Belida meloncat ke permukaan air, maka area tersebut merupakan tempat yang paling pas untuk memancing ikan Belida
  11. Ikan Belida besar biasanya meloncat ke permukaan pada waktu maghrib dan pagi hari. Oleh karena itu Anda harus jeli.

Baca Juga : 17+ Umpan Ikan Sembilang Yang Paling Ampuh dan Tepat

Waktu yang Tepat Memancing Ikan Belida

waktu memancing ikan belida
Sumber: suara.surabaya.com

Setelah Anda mengetahui beberapa macam tips dan trik memancing ikan Belida, selanjutnya akan saya jelaskan waktu yang tepat untuk memancingnya.

Nah, jika Anda ingin memancing ikan Belida pastikan Anda tahu kapan waktu ikan tersebut potensial untuk memakan umpan Anda. Adapun beberapa waktu yang tepat untuk memancing ikan Belida, diantaranya:

  1. Mulai matahari terbenam hingga selesai waktu subuh, alasannya karena ikan Belida merupakan ikan yang aktif di malam hari atau nokturnal
  2. Sekitar pukul 19.00 hingga 22.00 dan ketika antara pukul 03.00 sampai menjelang waktu fajar, pada waktu tersebut ikan Belida mulai mencari makan.

Baca Juga : 11+ Umpan ikan Jambal Paling Ampuh dan Jitu


Usai sudah penjelasan secara lengkap mengenai umpan ikan Belida beserta tips memancingnya dan kapan waktu yang tepat untuk memancingnya. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia pancing.

Intinya, dalam memancing ikan Belida, Anda harus tahu kapan waktunya, dimana tempat memancing paling tepat dan juga umpan yang digunakan.

Terimakasih telah membaca hingga akhir kalimat ini. Jangan lupa share artikel ini agar dapat menebar manfaat untuk umat.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.