Umpan Ikan Baronang

umpan ikan baronang

Umpan Ikan Baronang – Dalam memancing ikan baronang membutuhkan beberapa skill tersendiri. Mengapa demikian? karena ikan ini memiliki perlawanan yang cukup alot ketika Anda strike.

Terlebih jika Anda memilih jenis joran yang salah, ini sangat fatal. Nah, untuk itu Anda akan dijelaskan beberapa umpan ikan baronang yang paling jitu beserta tips dan trik memancing ikan baronang,

Penasaran dengan pembahasannya? Yuk, ikuti penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini

 

Umpan Ikan Baronang Alami

Sumber : langgengpancing.com

Kebanyakan pemancing ikan baronan umumnya menggunakan umpan lumut laut. Namun ada beberapa umpan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan tersebut.

Ikan baronang tergolong ikan omnivora artinya pemakan segalanya. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya diantaranya:

Cacing 

cacing
Sumber : liputan6.com

Cacing bisa diartikan makanan sejuta umat ikan baik di area air tawar atau air laut. Nah, jenis cacing yang digunakan bebas boleh cacing tanah, cacing darah atau jenis cacing lainnya.

Cacing memiliki karakteristik aromanya yang sangat amis. Inilah mengapa cacing banyak digunakan dalam umpan ikan apapun.

Cara penggunaanya sangat mudah Anda tinggal kaitkan di mata kail pancing sampai mengeluarkan bau yang amis. Tambahkan beberapa tetes essen untuk hasil yang lebih maksimal.

Daging Kepiting

Sumber : shopee.co.id

Siapa yang menyangka bahwa ternyata daging kepiting bisa dijadikan umpan ikan baronang. Meski tergolong umpan ikan yang cukup mahal, tetapi cukup sebanding dengan perannya karena telah terbukti ampuh.

Anda bisa dapatkan kepiting di pasar ikan atau mencarinya di sekitaran pantai. Cara penggunaannya mudah, mula-mula rebus kepiting hingga matang.

Kemudian pecahkan cangkang kepiting dan ambil daging kepiting, sisihkan di wadah. Selanjutnya pasangkan ke mata kail pancing sembari dipijit-pijit supaya memadat.

Lumut Pantai 

lumut pantai
Sumber : pixabay,com

Selanjutnya adalah lumut pantai yang menjadi pilihan umpan yang paling tepat untuk memancing ikan baronang.

Anda bisa mendapatkan lumut ini pada bebatuan pemecah ombak atau di batuan karang laut yang menjorok ke daratan.

Cara penggunanaya cukup muda siapkan lumut pantai disuatu wadah, kemudian beri sedikit garam dan beberapa tetes essen secukupnya. Kemudian pasangkan di mata kail pancing.

Bisa juga menggunakan rumput laut, lumut pantai nasi nasi ketan yang dibaluri tepung kunyit, udang busuk adalah udang, potongan ikan dan cacing tanah.

Baca Juga : 13+ Umpan Ikan Sepat Terbaik dan Paling Ampuh 

Umpan Ikan Baronang Dari Tepung

umpan ikan baronang nasi
Sumber : relixfishing.blogspot.com

Ternyata dengan bahan dasar tepung Anda bisa membuat racikan umpan ikan baronang yang cukup ampuh. Nah, berikut adalah beberapa Bahan-bahan dan Cara membuatnya secara lengkap, dibawah ini:

Bahan Bahan:

  • Tepung terigu 250 gram
  • Terasi udang secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Kunyit bubuk

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, siapkan baskom kosong dan masukkan tepung terigu dan beri campurkan dengan air sedikit demi sedikit hingga mengental
  2. Kemudian, tambahkan bubuk kuyit secukupnya untuk penambah warna dan beri terasi udang sebagai penambah aroma
  3. Aduk dan uleni adonan hingga kalis
  4. Umpan ikan baronang siap dipakai

Baca Juga : 11+ Umpan Ikan Tawes Paling Tepat, 100% Ampuh

Umpan Ikan Baronang dengan Nasi

Sumber : dictio.id

Selain manusia ternyata ikan pun juga mengonsumsi nasi sebagai makanana utama mereka. Nah, berikut di bawah ini adalah resep racikan umpan ikan baronang dengan nasi, diantaranya:

Bahan Bahan :

  • Nasi
  • Kelapa Parut

Cara Membuat :

  1. Tumbuk dan haluskan nasi menggunakan sendok sampai benar-benar halus.
  2. Setelah itu, tambahkan kelapa parut secukupnya
  3. Kemudian campur dan haluskan sampai tercampur merata
  4. Selanjutnya, masukkan ke dalam plastik dan kukus hingga matang
  5. Umpan ikan siap untuk digunakan.

Baca Juga : 25+ Umpan Ikan Kakap Paling Ampuh dan Jitu

Peralatan Memancing Ikan Baronang

Sebelum Anda memancing ikan baronang, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan beberapa peralatan memancig ikan baronang, diantaranya:

1. Joran Tegek/Bebekan

joran pancing
Sumber : facebook.com

Rekomendasi joran yang tepat dalam memancing ikan baronang adalah gunakan joran tegek atau bebekan.

Joran ini memiliki ciri panjang dan tidak memiliki line guide. Spesifikasi nya diantaranya, Memiliki kekuatan medium-hard (medium carbon, high carbon, super carbon) dengan panjang yang ideal antara 4-5,5 meter.

Nah, untuk merk-merk yang sering digunakan oleh para pemancing diantaranya adalah Golden Fish, Daiwa, Sunlit Horse, Shimano, Golden Eagle, Maguro dan Silstar.

2.Senar / Kenur

senar pancing
Sumber : sportivitas.net

Selanjutnya pemilihan senar memang cukup penting dalam memancing ikan baronang. Tipe flouro-carbon adalah tipe yang paling bagus untuk dipilih.

Senar ini memiliki ukuran 20-30 Lbs. Penggunaan panjang senar tergantung pula dengan kedalaman air di lokasi memancing, bisa jadi 1/2 joran, 2/3 joran atau 3/4 joran.

Tetapi jika semakin besar diameter senar maka akan semakin kecil tingkat sensitivitas ketika ikan tersebut memangsa umpan Anda.

3. Mata Kail Pancing atau Hook

mata kail pancing
Sumber : ikanesia.id

Ketika Anda memancing ikan baronang, gunakan 5 sampai 6 kail berbentuk garong atau matahari. Namun sebagian besar pemancing ikan baronang menggunakan mata kail jenis garong.

Alasannya karena dapat memilih merk, jenis dan ukuran mata kailnya. Anda bisa menggunakan mata kail jenis carbon atau mata kail biasa bebas sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga : 15+ Umpan Ikan Nila Paling Jitu Untuk Mancing

4. Pelampung

pelampung ikan
Sumber : wartapancing.com

Untuk jenis pelampung Anda bisa menggunakan model gantung karena mudah didapatkan di toko peralatan pancing.

Fungsi dari pelampung adalah untuk mengetahui apakah umpan ikan sudah dimakan atau belum. Apabila pelampung bergetar tandanya umpan Anda dimakan oleh ikan baronang.

5. Umpan ikan

Sumber : bp.guide.com

Dalam memancing tentunya Anda membutuhkan umpan ikan. Nah, umpan ikan baronang sendiri bermacam-macam ada yang alami ada pula yang racikan buatan.

Contoh umpan ikan yang paling jitu terdapat pada pembahasan diatas. Tetapi harus ingat ikan baronang termasuk kedalam jenis ikan yang rakus, jadi pilihlah umpan ikan sesuai dengan habitatnya.

6. Bom Umpan / Chumming

 bom umpan ikan
Sumber ;saltwaterpostman.com

Rekomendasi yang paling tepat untuk bom umpan adalah nasi pulen karena mudah dilemparkan. Tujuan dari bom umpan adalah untuk memberi sinyal yang membuat ikan baronang berkumpul pada titik tersebut. Lakukan cara ini tiap 15 menit sekali.

7. Spot Ikan dan Kondisi Air

Sumber : suara.com

Ketika memancing ikan baronang Anda harus mengetahui kondisi air dari spot ikan tersebut. Jika Anda berada diarus besar biasanya ikan baronang bersembunyi di dermaga kapal ataupun perahu yang berada pada tiang dekat beton.

Tujuannya adalah untuk menghindari arus yang besar. Spot favorit ikan baronang lainnya berada di balik bebatuan yang banyak lumutnya.

Contohnya seperti di bebatuan pemecah ombak atau dibebatuan karang yang menonjol kelaut.

8. Perlengkapan Pendukung Lainnya

Sumber : rosykomputer.com

Selanjutnya adapun beberapa alat pendukung yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan baronang. Contohnya seperti sarung tangan agar tidak mengenai duri ikan baronang dan tidak licin saat memegang ikan baronang.

Selanjutnya topi dan buff atau slayer pelindung wajah agar tidak kepanasan saat terkena sinar matahari secara langsung.

Terakhir siapkan bekal makanan pula siapa tau ditengah-tengah memancing nantinya Anda merasa lapar.

Baca Juga : 19+ Umpan Ikan Tombro 100% Ampuh dan Jitu Untuk Memancing


Nah itu tadi merupakan beberapa rekomendasi umpan ikan baronang berserta tips dan triknya. Intinya dalam memancing ikan baronang Anda harus perhatikan pergerakan ikan dan jenis umpan apa yang cocok untuk ikan baronang pada habitat tertentu.

Yuk, share artikel ini supaya dapat menambah wawasan yang penting tentang dunia perikanan tentunya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Umpan Ikan Laut

Juna
4 min read

Umpan Ikan Seluang

Juna
4 min read

Umpan Ikan Keting

Juna
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.