Tari Lilin

Tari Lilin

Tari Lilin – Kesenian tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia memiliki perbedaan dan keunikan masing-masing baik nama maupun jenis keseniannya. Seperti di provinsi Sumatera Barat yang mempunyai kesenian berupa tarian yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yaitu Tari lilin.

Bangsa yang kaya akan budaya ini tentunya memiliki segudang budaya Tari yang tentunya tidak boleh kamu pandang sebelah mata dari sabang sampai merauke Indonesia memiliki beratus-ratus tarian yang memperlihatkan begitu kayanya Indonesia akan budayanya salah satu nya tarian yang akan kita ulas bersaam pada pembahasan kali ini.

Pasti ada  dari kalian yang sudah familiar dengan tarian ini atau masih ada yang belum tau dengan tarian ini oleh karena itu disini kita akan menjelaskan bersama dan kembali mempelajari lagi mengenai kebudayaan tarian Indonesia secara tuntas.

Masyarakat minang di Sumatera Barat dikenal memiliki banyak penggal budaya berupa tari-tarian.sebelumnya. beberapa tarian tradisional minang yang telah dituliskan disini. Tarian lilin memang tidak sepopuler Tari munang lain seperti Tari pasambahan, Tari piriang, maupun Tari indang.

Namun tarian ini sangat dikenal dengan kentalnya budaya minang konon tarian ini adalah tarian untuk orang-orang kerajaan. Sehingga yang dibuat tidak begitu heboh seperti Tari minang lainnya tarian piriang misalnya.

Salah satu filosofi yang coba disampaikan adalah penari adalah kehati-hatian. Tari lilin adalah sejenis tarian istana yang dahulu biasa dimainkan diwaktu malam hari. Pada dasarnya tarian ini merupakan sebuah tarian yang dipersembahkan sekelompok penari dengan diiringu sekelompok musisi.

Bagaimana harus menjaga komitmen untuk menyelesaikan tujuan yang ingin dicapai. Tarian lilin berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Tari tradisional ini merupakan tarian yang berasal dari istana pada zaman dahulu.

Tarian daerah Sumatera Barat ini dilakukan pada malam hari. Para penari tarian ini terdiri dari beberapa orang yang menggunakan piring kecil yang terdapat lilin yang sedang menyala ditangannya.

Tarian lilin ini selalu diiringi dengan musik yang dibawakan oleh sekelompok musisi. Tari lilin ini dilakukan dengan sangat hati-hati agar piring yang ada ditangan penari tidak terjatuh dan agar lilin yang dibawa oleh penari tidak padam.

Sejarah Tari Lilin Sumatera Barat

Sejarah Tari Lilin
Youtube.com

Seperti namanya tarian ini adalah Tari yang menggunakan lilin sebagai properti yang digunakan oleh penari  saat menari kan nya. Lilin juga menjadi salah satu keunikan dari tarian ini yang membuat tarian ini mudah di ingat oleh orang awam karena ciri khas yang dimilikinya.

Tari lilin juga menjadi salah satu icon tarian tradisional di Sumatera Barat khususnya masyarakat Minangkabau. Dalam sejarah nya ada cerita rakyat yang mengawali kelahiran Tari lilin. Sebuah cerita tentang seorang gadis yang ditinggal pergi tunangannya.

Sejarah dan asal-usul tari lilin Sumatera Barat berdasarkan pada cerita rakyat yang menceritakan seorang gadis yang telah ditinggalkan oleh tunangannya pergi untuk mencari harta. Selama ditinggalkan  gadis tersebut telah kehilangan cincin pertunangannya. Di masa-masa penantian itu. Gadis tersebut mencari cincin itu sampai larut malam dengan menggunakan lilin yang ditempatkan di atas piring kecil.

Bahkan hingga larut malam ia terus mencari berbekal penerangan lilin yang ditempatkan diatas piring tadi. Dalam kisah ini digambarkan setiap gerakan tubuh sang gadis yang tetap gemulai dalam pencarian cincin disekitaran rumah bersama teman-temanya .

Ada gerakan membungkuk saat menerangi tanah, ada gerakan lincah saat meliuk-liuk hingga melahirkan gerakan elok dan indah. Gerakan tubuh yang gemulai, membungkuk, dan gerakan berdoa melahirkan gerakan yang sangat indah.

Sehingga dari peristiwa ini menciptakan Tari lilin dikalangan gadis-gadis desa. Dalam perjalanannya tarian ini masuk dan hanya dinikmati oleh kalangan istana. Oleh karena itu Tari ini sangat menonjolkan  keanggunan melalui gerakan-gerakan yang dihadirkan.

Adapun saat ini Tari lilin dikembangkan dengan fungsi yang ditujukan untuk hiburan semata. Tidak jarang tarian ini ditampilkan untuk menyambut tamu, mengiringi tarian selamat datang yang lebih populer yakni Tari pasambahan.

Nuansa keanggunan sangat mendominasi tarian ini sehingga gerakan tari dipilih dengan sangat selektif. Selain untuk menunjukkan keanggunan penari dalam temaram cahaya lilin gerakan yang dipilih haruskah tidak heboh agar lilin tidak jatuh.

Meskipun begitu gerakan  yang disajikan sangatlah atraktif dimana para penarinya sangat lihai bergerak bersama lilin yang menyala diatas piring kecil.

Fungsi Tari Lilin Sumatera Barat

Fungsi Tari Lilin
Fungsi Tari Lilin/ Sumber Image : backpackerjakarta.com

Dahulunya Tari lilin hanya dinikmati oleh kalangan kerajaan. Sehingga wajar saja tarian ini sangat menonjolkan keanggunan gerakannya. Sekarang Tari lilin sudah banyak dikembangkan dan fungsinya berubah untuk tujuan hiburan semata.

Selain itu juga seringkali diselipkan sebagai selingan ketika menyambut tamu setelah penampilan Tari pasambahan tentunya. Tari lilin ditampilkan untuk ucapan rasa syukur kepada dewi pada saat musim panen dengan hasil yang melimpah.

Ciri khas yang terdapat pada tarian ini adalah dengan menggunakan piring sebagai tatakan lilin. Jadi tarian ibu tidak ditampilkan dipertunjukkan setiap saat namun, seiring dengan perkembangan nya zaman maka fungsi dari tarian ini berubah.

Yang tadinya sebagai ucapan syukur sekarang menjadi tarian hiburan masyarakat.

 

Gerakan Tari Lilin Sumatera Barat

Gerakan Tari
Gerakan Tari/ Sumber Image : detik.com

Gerakan Tari lilin dipilih dengan sangat selektif. Karena selain harus menunjukkan keanggunan penari dalam temparam cahaya lilin, gerakan dipilih haruskah yang tidak heboh agar lilin yang dipegang penari diatas piring tidak jatuh atau tetesan nya tidak meleleh kemana-mana.

Pada setiap gerakan penari yang membawa sebuah lilin penari akan menarikan tarian secara berkelompok dan bersamaan dengan memusingkan piring yang terdapat lili  secara berhati-hati agar piring tersebut tidak terjatuh dan agar lilin tidak padam. Gerakan badan yang meliuk, membongkok, dan gerakan berdoa merupakan keunikan gerakan yang terdapat di Tari lilin ini. Dari gerakan-gerakan inilah menciptakan gerakan-gerakan yang sangat indah pada tari lilin ini.

 

Busana Tari Lilin Sumatera Barat

Tari Lilin
Youtube.com

Tata busana merupakan sarana penunjang dan menambah nilai estetika pada sebuah tarian. Tari lilin juga mempunyai kostum yang digunakan dalam menari. Jadi tidak sembarang kostum yang digunakan oleh penari.

Kostum yang digunakan adalah pakaian gede atau hiasan gede yaitu pakaian khas palembang yang biasanya digunakan oleh pengantin wanita di palembang. Hiasan gede digunakan oleh penari utama. Sedangkan penari lainnya menggunakan hiasan dodot atau selendang mantri.

Makna kostum ini adalah lebih menekankan kepada kejayaan Hindu Budha yaitu pada zaman kerajaan Sriwijaya. Pada saat itu kerajaan Sriwijaya dipengaruhi oleh kebudayaan china, terutama pada hiasan kepala, dada, dan tangan.

Alat Musik Tari Lilin Sumatera Barat

Gamelan
kompas.id

Untuk menciptakan suasana kehilangan,berusaha,berdoa dan mencari diperlukan suport dari musik pengiring. Karena gerakannya gemulai musik pun dibuat dengan tempo yang lambat namun tetap khidmat.

Alat musik yang digunakan juga banyak dan seringkali didominasi oleh penuturan lisan (paduan suara-dendang) selain untuk pengiring juga menuturkan alur dan cerita dalam Tari lilin. Tari lilin memang tidak sepopuler tarian  minang lainnya tapi dilihat dari struktur nya tarian ini bahkan bisa masuk dalam  tarian modern populer penyampaian drama dan cerita melalui Tari ini adalah esensi tadi modern yang populer pada saat ini.

Pada umumnya alat musik yang mengiringi tarian lilin adalah accordeon, biola, gong, gitar, saxophone, kenong, Bonang, gendang, dan tok-tok. Alat musik tersebut sangat erra kaitannya dengan tarian lilin karena keduanya tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Maka demikian lah seputar informasi rinci mengenai Tari tradisional asal Sumatera Barat yaitu Tari lilin. Semoga menggugah rasa cinta terhadap negri yang kaya akan budaya ini. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat.

Pengertian Seni Tari

Dik Dik
5 min read

Tari Kuda Lumping

Dik Dik
5 min read

Tari Reog

Dik Dik
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *