Susunan Acara Maulid Nabi

Maulid Nabi Saw new

Susunan Acara Maulid Nabi

Pada sebuah acara resmi ataupun non resmi seperti perpisahan, ulang tahun, seminar, pernikahan dan lain sebagainya pastinya akan ada sebuah susunan acara, mulai dari awal sampai akhir acara agar acara berjalan dengan baik dan tersusun.

Susunan acara tersebut dibawakan oleh pembawa acara atau MC sebagai panduan untuk memimpin selama jalannya acara. Sedangkan isi dari susunan acara tersebut tentu saja akan berbeda-beda dengan acara pada peringatan maulid nabi Muhammad SAW.

Acara ingin acara berjalan dengan baik dan lancar maka kita membutuhkan susunan acara. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam membuat susunan acara yaitu :

  • Jenis Acara

Jenis acara seperti apa yang akan kita buat susunan acaranya, karena di tiap kegiatan atau acara sudah tentu saja susunan acaranya pun berbeda.

  • Bentuk Acara

Terlebih dahulu kita mengetahui bentuk acaranya seperti apa, misalnya formal atau non formal sebelum membuat susunan acara. Hal ini karena susunan acara sangat erat kaitannya dengan materi acara tersebut bentuk acara serta persiapan sarana prasarana nya.

  • Alokasi Waktu

Kita harus memastikan durasi waktu yang diperlukan selama acara berlangsung dan pastikan juga jika susunan acara yang dibuat tidak melebihi durasi waktu yang telah ditentukan.

  • Kreativitas

Kreativitas perlu diterapkan pada sebuah susunan acara agar audiens tidak merasa bosan dengan acara yang dibuat.

  • Tidak Melanggar Kaidah Hukum

Jika dalam suatu kesempatan kamu kebetulan ditunjuk untuk menjadi MC namun kamu masih bingung, contoh susunan acara berikut ini mungkin saja dapat membantu. Berikut ini beberapa contoh susunan acara pada beberapa jenis acara.

Susunan acara Maulid Nabi

Contoh Susunan Acara Maulid Nabi

Berikut ini adalah contoh kecil dari susunan acara Maulid nabi Muhammad SAW.

Assalamu’alaikum warohmatuloh wabarakatuh

Segala puji syukur kami haturkan atas kehadirat Allah SWT, atas limpahan kasih sayang-Nya kepada kita dapat berkumpul ditempat yang insyaallah penuh berkah ini. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi akhir zaman, nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kita semua dari zaman yang gelap gulita ke zaman beradab yang terang benderang seperti sekarang ini.

Hadirin yang dirahmati Allah saya ucapkan terimakasih atas berkenannya untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam acara ini. Semoga dengan kita menghadiri peringatan maulid nabi Muhammad SAW ini, semakin menambah tingkat ketakwaan kita terhadap Allah SWT dan kecintaan kita terhadap baginda Rasulullah SAW semakin besar. Aamiin

Sebelum acara inti ini dimulai, izinkanlah saya untuk membacakan susunan acaranya. Berikut ini susunan acara ada peringatan maulid nabi Muhammad SAW :

  • Pembukaan
  • Pembacaan Kalam Ilahi
  • Sambutan-sambutan
  • Pembagian Konsumsi
  • Acara Inti (Ceramah)
  • Do’a
  • Penutup

Contoh Teks Susunan Acara Maulid Nabi

Berikut teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah robbil ‘alamin wassholatu wassalamu ‘alaa asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa ash habihi ajmain.

Al-Mukarom Bapak KH. Hasyim Muzadi.

Yang kami hormati Bapak wicaksono selalu camat/lurah adili.

Yang kami hormati Ketua Takmir dan Segenap Pengurus Mushola al-ikhsan.

Yang kami hormati panitia peringatan maulid Nabi Muhammad SAW

Dan bapak -bapak serta ibu-ibu yang berbahagia.

Syukur Al-hamdulillah kita panjatkan kepada kehadiran Allah SWT atas limpahan Rahmat, taufiq, hidayah serta Inayah -Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di majelis ini untuk memperingati maulid nabi Muhammad SAW .

Dengan tanpa ada halangan suatu apapun. Aamiin. Sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa umatNya dari zaman Kegelapan menuju zaman yang terang benderang dan yang kita harapkan syafaat nya besok di yaumil qiyamah(Aamiin).

Selanjutnya disini saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut :

  • Pembukaan

Acara yang pertama pembukaan. Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca basmallah (Bismillahirrahmanirrahim)

  • Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Quran

Dilanjutkan dengan acara yang kedua yaitu pembacaan Ayat-ayat suci Al-Quran. Kepada saudara Syakir kami persilahkan.

  • Pembacaan Rawi/Sholawat Nabi

Acara selanjutnya sholawat yang akan dibawakan oleh kelompok hadroh al-ikhsan kami persilahkan.

  • Sambutan-sambutan

Dilanjutkan dengan acara yang keempat sambutan-sambutan,

  • Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketauan panitia. Kepada beliau bapak Amir. Kami persilahkan
  • Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Bpk. Camat kepada beliau bapak wicaksono kami persilahkan.
  • Mau’idoh hasanah serta do’a

Acara yang kelima yaitu acara yang kita nanti nantikan yaitu Mau’idoh Hasanah yang akan dilanjutkan do’a. Kepada beliau bapak KH hasyim muzadi kami persilahkan.

  • Penutup

Sebelum acara saya tutup perkenankan saya disini mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-ibu dalam acara pengajian ini. Dan apabila saya dalam membawakan acara terdapat kesalahan saya mohon maaf yang sebenar-benarnya.

Marilah acara pada hari ini kita tutup dengan membaca hamdalah.

Wabillahi taufiq wal hidayah. Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Susunan Panitia

Susunan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW SDN RAHMA l Tahun 2020

Maulid Nabi Saw 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDN Rahma l, bapak Yudi, S. Pd

Yang kami hormati bapak wakil kepala sekolah SDN Rahma l, bapak Marwan M. Pd

Yang kami hormati Ibu Urusan Kurikulum SDN Rahma l, ibu Ema Cahya, S. Pd

Yang kami hormati kesiswaan SDN Rahma, bapak Muzadi purnomo, M. Pd

Yang kamu hormati bapak-bapak dan Ibu-ibu guru beserta staf SDN Rahma l

Serta anak-anak sholeh SDN Rahma l

Apa kabar semua…

Alhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya kepada kita semua sehingga pada pagi hari ini kita dapat berkumpul di Aula SDN Rahma l ini untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan tema “Kita teladani dan amalkan sifat Shiddiq (Jujur), Amanah (Dapat Dipercaya), tabliq (menyampaikan), Fathana (cerdas).”

Sholawat serta salam semoga tetap ter limpahkan kepada kunjungan kita Rasulullah Muhammad SAW yang telah membawa umatNya dari zaman Kegelapan menuju zaman yang terang benderang dan yang kita harapkan syafaat nya besok di Yaumil Qiyamah. Aamiin ya Allah.

Baiklah anak-anak sholeh sekalian, sebelum acara dimulai, terlebih dahulu saya bacakan susunan acara pada hari ini :

  • Pembukaan
  • Pembacaan surah-surah dari kelompok ekskul TBTQ
  • Pildacil
  • Lagu Nasyid dari kelas 3E
  • Pembacaan Syair
  • Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Pembacaan do’a
  • Penutup

Itulah susunan acara pada pagi hari ibu, marilah hadirin sekalian kita awali acara pertama yaitu Pembukaan, mari bersama-sama kita membuka acara ini dengan membaca basmallah.. Bismillahirrahmanirrahim..

Baik, dilanjutkan dengan acara ke dua pembacaan surah-surah pendek dari kelompok eskul TBTQ kepada siswa-siswi kelas 3E kami persilahkan.

Terimakasih kami ucapkan kepada siswa-siswi kelas 3E semoga dengan bacaan surah-surah pendek tadi dapat menambah lancarnya acara pada hari ini.

Anak-anak sholeh sekalian kita lanjutkan acara ke tiga yaitu penampilan pildacik dari eskul pildacil utama 1 kepada anak kami Ahsyah, Mulan, dan salsa kami persilahkan.. Terimakasih kami ucapkan anak kami semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baiklah selanjutnya ke acara ke empat yaitu ke penampilan lagu nasyid dari kelas 3E , kepada siswa-siswi kelas 3E kami persilahkan. Terimakasih kami ucapkan kepada kelas 3E .. Beri tepung tangan donk

Baik anak-anak sholeh satu lagi penampilan dari kelas 3B kita lanjut ke acara ke lima kita akan dihibur oleh sebuah syair yang dibuat oleh kakak kelas 5B dan akan dibacakan eh siswi kelas 3B yaitu Vivi Maulidya kepada adik Vivi kamu persilahkan.

Terimakasih Vivi kita beri aplus sekali lagi untuk Vivi. Para hadirin sekalian acara selanjutnya yaitu hikmah maulid nabi Muhammad SAW dan dilanjutkan pembacaan doa yang akan disampaikan oleh bapak muzadi, S.Ag kepada beliau kami persilahkan.. Terimakasih kepada bapak muzadi S.Ag semoga apa yang disampaikan oleh beliau dapat bermanfaat fiddini wad dunya wal akhiroh. Aamiin ya Allah

Hadirin yang saya hormati tibalah diakhir acara yaitu penutup. Marilah kita tutup acara hari ini dengan membaca hamdallah.. Alhamdulillah.. Saya selalu pembawa acara berserta segenap panitia maulid pada hari ini mengucapkan terimakasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dihati para hadirin sekalian.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

Susunan Acara Maulid Nabi SAW

Kelas 4,5, & 6 Tahun Pelajaran 2019/2020

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDN Rahma l Bapak Yudi S. Pd

Yang kami hormati bapak wakil kepala sekolah SDN Rahma bapak Marwan M. Pd

Yang kami hormati Urusan Kurikulum SDN Rahma l ibu Ema cahya, S. Pd

Yang kami hormati kesiswaan SDN Rahma l bapak Muzadi purnomo, M. Pd

Yang kami hormati Bapak2/Ibu2 guru beserta staf SDN Rahma l

Serta anak-anak soleh SDN Rahma l

Apa kabar anak sholeh…?!

Alhamdulillah puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta innayah-Nya kepada kita semua sehingga pada pagi hari ini kita dapat berkumpul di aula SDN Rahma l untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dengan Tema “Teladani dan Amalkan Sifat Shiddiq (jujur), amanah(dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan), Fathana (cerdas).”. Sholawat serta dalam semoga tetap ter limpahkan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW yang telah membawa umatNya dari zaman Kegelapan menuju zaman yang terang benderang dan yang kita harapkan syafaat nya besok di yaumil Qiyamah. Aamiin ya Allah.

Baiklah para hadirin sekalian sebelum acara dimulai terlebih dahulu saya bacakan susunan acara pada hari ini :

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat suci Al-Quran
  • Sambutan kepala sekolah SDN Rahma l
  • Hikmah Maulid
  • Pembacaan do’a
  • Penutup

Itulah susunan acara pada pagi hari ini, marilah hadirin sekalian kita awali acara pertama yaitu pembukaan, mari bersama-sama kita membuka acara ini dengan membaca basmallah.. Bismillahirrahmanirrahim..

Baik dilanjutkan dengan acara ke dua pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang akan disampaikan oleh anak kita Aida Alyani dan sari tilawah oleh diyah dari kelas V-D kepada anak kami persilahkan. Terima kasih kami ucapkan kepada kedua siswi kamu semoga dengan bacaan ayat-ayat suci Al-Quran tadi dapat menambah lancarnya acara pada hari ini.

Baiklah hadirin sekalian sebelum kita beranjak ke acara ke tiga yaitu kata sambutan dari kepala sekolah SDN Rahma l terlebih dahulu kita akan dihibur oleh penampilan dari kelas 4 & 5 . Yang pertama kita akan dihibur oleh penampilan kelas 4B yang akan membawakan sebuah lagu Nasyid yang berjudul “Ibu” kepada kelas 4B kami persilahkan.

Terima kasih kelas 4B beri aplus sekali untuk mereka. Lanjut penampilan kedua yaitu pembacaan syair yang bertemakan Maulid dari kelas 5B kepada anak kami persilahkan. Terima kasih kepada kelas 5B. Baik pada hadirin sekalian beranjak kepada acara ketiga  yaitu kata sambutan dari kepala sekolah SDN Rahma l kepada beliau kami persilahkan. Terima kasih kepada bapak Yudi, S. Pd

Hadirin yang kamu hormati sebelum masuk ke acara inti hari ini yaitu hikmah Maulid sekali lagi kita akan di hibur oleh penampilan kelas 4,5 & 6 . Penampilan pertama dari kelas 4A kita akan dihibur oleh sebuah lagu nasyid berjudul “sebatang pohon” kepada siswa-siswi kelas 4A kami persilahkan. Terima kasih kepada kelas 4A  beri aplus kepada mereka semua.

Kita lanjut ke penampilan kedua dari kelas 5B kita akan dihibur juga oleh sebuah lagu nasyid yang berjudul Ya Habibi Mustafa. Kepada siswa-siswi kelas 5B kami persilahkan. Terima kasih sekali lagi kepada anak kami. Lanjut lagu hiburan terakhir dari kelas 6 yang akan membawakan lagu Kun Anta persi rebana kepada kelas 6 kami persilahkan.

Terima kasih kepada siswa-siswi kelas 6 .

Para hadirin sekalian acara selanjutnya yaitu hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan disampaikan oleh bapak ustadz Nurul hidayat dan akan dilanjutkan dengan do’a. Kepada beliau kami persilahkan. Terima kasih kepada bapak ustadz Nurul Hidayat semoga apa yang disampaikan oleh beliau dapat bermanfaat fiddini waddunya wal akhiroh. Aamiin ya Allah..

Hadirin yang saya hormati tibalah diakhir acara yaitu penutup. Marilah kita tutup acara hari ini dengan hamdallah.. Alhamdulillah.. Saya selalu pembawa acara beserta segenap  panitia acara Maulid pada hari ini mengucapkan terimakasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dihati para hadirin sekalian.

Susunan Panitia Pernikahan

Dik Dik
4 min read

Susunan Acara Rapat

Dik Dik
5 min read

Kerajinan Tangan Dari Koran

Dik Dik
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *