Susunan Acara Buka Bersama

buka bersama

Susunan Acara Buka Bersama – Iftar (bahasa Arab) yang berarti Buka Puasa, mengacu pada sebuah perjamuan saat muslim berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Iftar adalah salah satu ibadah di bulan Ramadhan dan sering dilakukan oleh sebuah komunitas dan orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama.

Iftar dilakukan tepat setelah waktu maghrib. Secara tradisional, kurma adalah hal pertama yang harus dikonsumsi ketika berbuka puasa. Banyak muslim percaya bahwa memberikan makan orang buka puasa sebagai bentuk amal sangat bermanfaat dan yang dipraktikkan oleh nabi Muhammad SAW.

Buka bersama dibulan Ramadhan menjadi ajang menjalin silaturahmi dalam keluarga dan pertemanan. Susunan acara buka bersama setiap orang biasanya berbeda-beda tergantung dari konsep dan tujuannya.

Terkadang ada buka bersama yang disertai bakti sosial, ada juga buka bersama biasa di rumah makan dengan tujuan berkumpul dan menjalin silaturahmi. Normalnya buka bersama dilakukan dengan bertatap muka langsung.

Susunan acara buka bersama biasa yang diadakan dirumah biasa nya terdiri dari kata sambutan, persiapan makanan dan minuman berbuka, acara inti buka bersama, sholat berjamaah, pengajian, games, dan tidak ketinggalan sesi foto bersama biar ada kenang-kenangan.

Namun di Ramadhan 2020 ini harus lebih kreatif nih untuk bikin susunan acara buka bersama versi online. Lalu bagaimana cara buka bersama melalui online. Berikut susunan acara buka bersama versi online :

buka bersama

Susunan Acara Buka Bersama Online

Agar buka bersama online lebih bermakna, susunan acara buka bersama online kali ini adalah buak bersama online dengan mengundang ustadz / ustadzah atau ahli agama. Kamu bisa ajak teman, keluarga, rekan kerja, atau siapapun untuk mengadakan buka bersama online ini.

Hal-hal yang bisa kamu jadikan susunan acara buka bersama online adalah sebagai berikut :

  • Pengajian Bersama

Mengadakan pengajian bersama cocok untuk menjadi susunan acara buka bersama onlinemu. Kelebihan dari mengaji bersama adalah kamu bisa saling mengoreksi kesalahan baca anggota buka bersama online ini.

Mengoreksi apakah sudah benar pelafalan ngajinya dan sebagainya. Agar lebih paham mengenai arti maka adakan sesi penjelasan artinya atau kandungan dari ayat yang telah dibaca bersama. Penjelasan ini biasanya oleh ahli agama atau penceramah yang dihadirkan dalam bukber.

  • Ceramah Singkat

Jauh hari sebelum acara buka bersama diadakan tentukan dulu topik ceramah yang akan disampaikan. Ceramah ini bisa satu paket dengan sesi tanya jawab mengenai urusan agama. Jadi walau hanya dirumah saja kamu dan teman-teman tetap punya kesempatan untuk menambah ilmu.

Bahkan kamu dapat mengisi waktu mu dengan kegiatan yang berkah dan dapat memperdalam ilmu agama dengan ahlinya.

  • Donasi Untuk Bakti Sosial

Ini cocok jadi penutup acara buka bersama, jika kamu hendak mengadakan acara bakti sosial maka tentukan lah terlebih dahulu yayasan mana yang akan menjadi tujuan bakti sosialnya. Lebih baik pilihlah yayasan yang didalamnya didik para penghafal Qur’an dan anak yatim.

Namun tetap ingat cukup 3 orang saja yang merealisasikan bakti sosial tersebut atau yang koordinasi ke panti asuhan atau yayasan di lingkungan sekitar mu. Biar tetap jaga jarak demi kesehatan bersama.

Hal Penting Lain Yang Harus Diperhatikan Ketika Bikin Acara Bukber

3 hal diatas hanya contoh kecil dari rangkaian yang bisa kamu masukkan ke susunan acara buka bersama online. Masih banyak rangkaian acara bermanfaat lainnya yang bisa kamu eksplor ketika membuat acara buka bersama online melalui berbagai streaming platform.

Nah selain susunan acara yang disiapkan dengan matang, penggunaan platform pendaftaran yang praktis juga bisa membantu pelaksanaan buka bersama mu.

Conton Naskah MC Acara Buka Bersama

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillah robbil alamin wassolatu wassalamu ala asrofil anbiya wal mursalin sayyidina muhammadin, wa a’la alihi wassohbihi ajma’in.

Yang saya hormati Bapak..

Yang kami hormati Bapak…

Yang kami hormati Bapak…

Yang kami hormati panitia buka bersma dan bapak-bapak serta ibu-ibu sekalian tamu undangan yang berbahagia…

Syukur alhamdulillah kita panjat kna kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat, taufiq, hidayah serta inayyah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di acara buka bersama ini dihari ramadhan yang ke.. 1441 H yang InsyaAllah acara buka ini akan diselenggarakan untuk menjalin tali silaturahmi .

Semoga Allah SWT memberikan kelancaran hingga selesainya rangkaian acara hari ini. Aamin ya robbal alamin.. Semoga berkumpul nya kita pada hari ini membawa manfaat di dunia dan di akhirat. Sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW dan yang selalu kita haraokan Syafaat nya di yaumil Qiyamah.

Selanjutnya atas nama pembawa acara mewakili seluruh pantai acara buka bersama ini, saya menyampaikan Terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin, yang dengan penuh semangat menghadiri acara ini.

Selanjutnya kami akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut :

  • Pembukaan

Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca basmallah bersama-sama (Bismillahirrahmanirrahim) semoga dengan bacaan basmallah tadi, acara ini dapat kita lalui dengan lancar memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Aamiin

  • Pembacaan ayat Suci Al-Quran

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Quran dan saritilawah yang akan disampaikan oleh saudari… Dan saudari… Kepadanya kami persilahkan. Terimakasih semoga menjadi amal jariyah khususnya bagi kedua saudara kita yang telah menyampaikan dan bagi kita semua juga. Aamiin

  • Kata Sambutan dari Bapak.. Kepada yang kami hormati kami persilahkan Bapak..
  • Tausiyah yang akan disampaikan oleh bapak ustadz… Kepada beliau kami persilahkan..
  • Buka Bersama
  • Sholat Berjamaah
  • Penutup

Dengan berakhirnya acara.. Maka berakhir pula rangkaian acara buka puasa kita pada hari ini dan tak lupa kami selalu pembawa acara dan mewakili segenap panitia dan semua pihak yang mendukung hingga suksesnya acara ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati.

Marilah acara pada hari ini kita tutup dengan membaca hamdalah .. Alhamdulillah.. Wabillahi taufiq wal hidayah Wassalamualaikum warohmatuloh wabarakatuh.

8 Susunan Acara Buka Bersama Yang Seru

Buka bersama dengan keluarga inti dirumah jadi lebih hangat dan sering, berkat tips mempersiapkan acara buka bersama berikut ini. Salah satu kegiatan yang selalu ada saat bulan puasa tiba adalah  acara buka puasa bersama alias bukber, baik itu bersama keluarga, teman ataupun rekan kerja.

Meski saat ini ditengah pandemi kita begitu terbatas untuk melakukan aktivitas yang satu ini, tentu nya menyiapkan acara buka puasa di bulan Ramadhan bersama keluarga untuk dirumah bisa dibuat sedemikian rupa agar lebih hangat dan seru.

Punya rencana mengadakan acara buka puasa bersama dirumah maka berikut penjelasan nya.

  • Pilih Spot Yang Tepat Dirumah

Salah satu faktor yang paling penting saat menentukan acara buka puasa bersama adalah memilih tempat yang tepat. Karena tidak bisa di restoran atau ditempat lain diluar. Kamu bisa maksimalkan spot favorit dirumah.

Pilih ruangan yang setidaknya bisa membuat acara buka puasa lebih leluasa dan tidak canggung. Akan menjadi nilai tambah kalau kamu punya halaman belakang rumah yang cukup luas.

  • Tentukan Waktu Yang Tepat

Memilih waktu yang tepat juga merupakan salah satu tips mempersiapkan acara buka puasa bersama yang harus diperhatikan. Pilih tanggal dimana semua orang di rumah tidak sibuk dan melakukan pada hari yang spesial akan lebih berkesan lagi tentunya.

  • Siapkan Acara Inti Dengan Baik

Ketahuilah juga inti dari acara buka puasa bersama adalah untuk saling berbagi dan meningkatkan komunikasi. Jika hanya makan bersama tentunya akan membosankan dan tidak seru. Tips mempersiapkan acara buka puasa bersama selanjutnya adalah dengan mempersiapkan acara inti dengan baik.

Buatlah Flow acara agar buka puasa bersama lebih seru dan tertata.

  • Siapkan Games Seru

Salah satu cara agar acara buka puasa bersama lebih seru adalah dengan mengadakan games. Dengan adanya games kita bisa lebih terasa keseruan serta ikatan antar anggota keluarga. Namun, tentunya kamu harus mempersiapkan games yang cocok dimainkan semua umur ya.

  • Lengkapi Peralatan Makan

Salah satu tips mempersiapkan acara buka puasa bersama yang bebas ribet adalah dengan menggunakan peralatan makan sekali pakai. Hal ini bisa membuat tenaga lebih efisien saat mengadakan acara buka puasa bersama.

Dengan menggunakan peralatan makan sekali pakai, kamu tidak akan lagi repot dengan mencuci piring ataupun gelas habis pakai.

  • Tukar Kado

Acara tukar kado tidak hanya bisa dilakukan saat hari raya saja, kamu pun bisa memasukan acara tukar kado pada acara buka puasa bersama. Lagi pula salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah saling memberi.

Dengan adanya acara tukar kado pastinya acara buka puasa bersama akan lebih seru.

  • Gunakan Teknik Potluck

Tips mempersiapkan acara buka puasa bersama agar menghemat dan juga tidak repot adalah dengan menggunakan teknik potluck. Teknik potluck adalah dimana acara buka puasa bersama masing-masing menyiapkan makanan atau lauk sendiri.

Teknik potluck sangat cocok digunakan saat acara buka puasa bersama dirumah.

  • Buka Bersama Dengan Liwetan

Liwetan adalah cara makan tradisional dimana semua orang menyantap nasi liwet dan berbagai lauk diatas daun pisang yang sama. Selain unik, liwetan bisa jadi salah satu cara membuat acara buka bersama yang seru dan tentunya berkesan loh.

Susunan Panitia

Dik Dik
5 min read

Susunan Acara Halal Bihalal

Dik Dik
5 min read

Susunan Acara Pernikahan

Dik Dik
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *