Pengalaman Magang Di Republik Lele Pare

Pengalaman Magang- Pengalamn adalah sangat penting bagi setiap manusia bahkan ‘Abdullah Ibnul Mu’tazzi rāhimahullāhmengatakan, “Ilmu tanpa amal seperti pohon tanpa buah”

Postingan kali ini saya akan membahas pengalaman magang di Rupublik Lele yang terkenal memiliki seribu kolam lele.

Kota Magang

Williekhonggo.com

Pare adalah kota kecil dimana tempat saya magang disini saya ngecos bersama 3 orang teman saya, di cos ini alhamdulillah juga yang mempunyai cos-cosan menjual dan ternak ikan lele juga.

Saya ngecos di pare selama satu bulan, fasilitas cosnya cuma lemari 1 dan tempat kamar tidur dengan kasurnya.

Owner

Pixabay.com

Ditempat magang ini alias yang punya rupublik lele adalah Pak Yusron, beliau rangat ramah dan selalu memberi ilmu tentang lele yang sangat berarti bagi kami betiga.

Pak Yusron sendiri sudah berkeluarga beliau mempunyai 2 anak yang masih kecil. Pak Yusron sendiri lulusan S-2.

Dari cerita yang beliau sampaikan kepada kami, dulu pernah bangkrut sehingga salah satu tempat kolam terbanyaknya setengahnya dikuasai sama pabrik pakan.

Yakin adalah modal utama beliau, karna dengan kerja keras dan pengalaman, yang pernah sampai tidur di jalanan kota Surabaya untuk memantau pasar Surabaya langsung dia sampai rela begitu.

Sebelum sesukses sekarang dia pernah juga mau jadi polisi tapi karna ada sesuatu hal yang menurut dia kurang baik, akhirnya memutuskan tidak menjadi polisi dan lebih memilih ternak lele, dan sekarang usahanya mempunyai sekitar 30 lebih karyawan serta mempunyai 1000rb kolam lele.

Sarapan

Kegiatan saat magang sendiri ada SOPnya berangkat dari kos menuju kerumahnya di daerah kampung inggris, kami berangkat mengunakan sepada yang telah disewa untuk kami.

sebelum kita kerja kita disuruh untuk sarapan pagi yang sudah disediakan oleh Pak Yusron untuk para pegawainya, tempatnya sekitar daerah kampung inggris.

Menu makanannya sendiri disana seadanya karna ya gratis jadi kita harus mensykuri apa yang kita dapat.

Tempat Magang

jurnal.id

Tempat magang sendiri ada 9 titik, untuk yang paling besar adalah di sawah sebelah kampung inggris.

Kurang lebih di sawah ini mempunyai sekitar 100 lebih kolam. Pegawainya sendiri sekitar 20orang

Untuk setiap kolamnya sendiri 16 kolam dipegang sama satu orang.

SOP

Standard operating procedure (SOP) ya ditempat Pak Yusron sendiri terdapat SOP, setiap 16 kolam dipegang 1 orang.

Untuk ngasih makan sendiri 2x dalam satu hari, cara maninnya pun dengan ngasih pakan ketengan agar rata dan semua ikan dapat pakan. Sekitar jam 6 pagi dan jam 3 sore.

Untuk jam panenya sekitar jam 8 siang sampai jam 12 siang, kolam yang mau dipanen tidak boleh dikasih makan mulai pagi sampai sore.

Setiap harinya sekitar 9-10 ton perhari setiap panen. Pagi sekitar 4 ton dan siang 5 ton.

Ambil Pakan

rumahmesin.com

Sebelum panin ikan kita harus diwajibkan menyetock pakan , ngambilnya sendiri di gudang dengan mengunakan pick up, setiap orang yang memegang kolam wajib iku saat pengambilan.

Saat digudang mereka mencatat setiap tempat berapa karung pakan lele yang di ambil, setelah diambil langsung diangkat ke pick up dan diantar menuju tempat yang membutuhkan pakan tersebut Biasanya ngambil pakanannya terkadang 2x dalam sehari.

Bibit Lele

tokopedia.com

Tempat magang kami ke dua adalah di daerah sekitar Pre masihan yaitu adik dari Pak Yusron.

Mas Rudi saya memanggilnya beliau suami dari adiknya Pak Yusron, baik orang kalem juga, murah senyum. Mas Rudi mempunyai sekitar 40 kolam untuk bibit Lele dengan ukuran macam-macam.

SOP Bibit Lele

ikanjayapura.com

Berbeda dengan Lele yang besar, Lele bibit makaninnya harus dengan extra sabar, ya karna sebelum ngasih makan bibit pakan harus direndam dahulu, agar saat dimakan pakan tidak mengebang dan menimbulkan lele mudah mati.

Sama halnya dengan lele ukuran besar, untuk makan bibit ini satu hari 2x makan.

Cara Mengatasi Penyakit

sehatmudah.xyz

Banyak sekali penyebab matinya bibit lele, salah satu faktor adalah karna sakit.

Penyebabnya adalah terkadang jamur, kekenyangan, PH air yang tidak stabil serta oksigen didalam air yang kurang.

Cara mengatasinya :

  • Jamur : Untuk jamur sendiri kita biasanya pakai obat biru yang beli di toko obat ikan, dengan meneteskan obat biru kurang lebi 1 sendok makan ke setiap kolam.
  • Kekenyangan : Ya lele itu rakus terkadang juga padahal sudah kenyang tapi nafsu makanya tinggi, untuk masalah ini harus pintar yang ngasih makan karena jika kita tidak tahu lele itu sudah kenyang maka penyebabnya kematian.
  • PH yang tidak stabil : Bisanya dikarenakan air hujan yang membuat air semakin asam.
  • Oksigen : Biasanya dikarenakan kebanyakan jumlah lele sedangkan airnya sedikit.

Jenis-Jenis Lele

jurnai.id

Banyak sekali jenis ikan lele di indonesia mulai dari, lele lokal, lele dumbo, lele sangkuriang, lele phyton.

  1. Lele lokal : merupakan jenis lele yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Para peternak biasa mengunakan lele jenias ini. Namun sangat jarang saat ini karna kurang menguntungkan bagi peternak.
  2. Lele Dumbo : Lele dumbo pertama kali di datangkan dari taiwan tahun 1985. Ikan dumbo sangat difavorit bagi para peternak, pertumbuhannya sangat cepat dan badanya besar dibandingkan dengan lele lokal.
  3. Lele Sangkuriang : Lele ini hasil dari perkawinan silang dari indukan betina Dumbo F2 Dan Dumbo jantan F6. Percobaan dilakukan karna para peternak khawatir atas menurunya kualitas lele Dumbo beredar di masyarakat.
  4. Lele Phyton : Kelebihan Phyton mempunyai ketahanan tubuh terhadap cuaca dingin, tingkat hidupnya juga lebih dari 90%.

Dari keempat lele diatas banyak sekali para peternak membudidayakan lele sangkuriang, karna gampang dan ukuranya yang rata, membuat daya tarik di mata masyarakat.

Berbeda dengan Lele Dumbo banyak yang bilang dari para peternak, lele ini mempunyai ukuran yang sangat besar hanya di daerah kepalanya saja, jadi tidak seimbang.

Sedangkan masyarakat lebih menyukai daging lele bukan kepalanya.

Hasil Pengalaman

pixabay.com

Dari hasil yang saya simpulkan dari beberapa sumber petani lele, bahwa sejujurnya menjadi peternak lele itu mudalnya hanya tekun dan telaten.

Ada yang bilang juga menjadi peternak lele mudah yang susah itu cara menjualnya, harus punya pengepul yang berani ambil di tempat kita.

Hrus juga dibutuhkan mental yang kuat konsisten, karna lele ini gampang-gampang susah.

Presentasi Magang

pixabay.com

Setelah saya magang dengan ketiga orang teman saya selama satu bulan, kami bertiga pulang kembali ke asrama yang nantinya akan mempresentasikan hasil ilmu yang kita dapat saat magang di Republik lele.

Nah teman-teman sampai disini ya postingan saya saat magang di Republik Lele di kota Pare. Bnyak pengalaman ilmu.

Mulai dari ilmu penjualan, ilmu memanen, ilmua ngasih makan, ilmu menhitung laba yang di dapat hingga susah sedihnya saat magang di situ.

sampai disini cukup sekian dan terima kasih, sampai jumpa dilain waktu.

Tunggu postingan selanjutnya ya dari Nurfasta.com hehe

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *