Admin Baru Membaca memperkaya ilmuku dan memperluas imajinasiku.

Kumpulan Pantun Betawi

Pengertian Pantun Betawi

Pantun Betawi-Pantun Betawi adalah salah satu pantun dengan tradisi yang menyenangkan dan menghibur, semakin menarik dilakukan oleh orang yang benar-benar lucu dan membuat orang sekeliling yang mendengarkan akan terasa terhibur.

Pada umumnya pelaksanaan tradisi yang disebut palang pintu rata-rata di dalamnya berisi pantun pantu lucu, dan masih banyak lagi tema-temanya.

Orang Betawi sendiri dikenal karena kepandaiannya dalam merangkai pantun.

Berikut kami akan membrikan beberapa contoh pantun betawi yang dipastikan membuat Anda tertawa ngakak.

Pengertian Pantun Betawi

Pengertian Pantun Betawi

Pantun Betawi merupakan pantun seperti masyarakat Melayu pada umumnya dan mempunyai kaidah atau pakem yang sudah baku.Untuk pantun Melayu yang hidup saat ini, sifatnya formal, namun pantun Betawa malah justru sebaliknya.

Ciri-ciri pantun Betawi yang begitu mencolok adalah penggunaan bahasanya yang begitu khas dengan pilihan beberapa kata dan unsur yang terkesan kocak, spontan, dan blak-blakan.

Keceriaan pantun Betawi berada pada format yang melenceng dari pakem. Pada umumnya pantun terdiri dari atas 4baris, 2 baris pertama disebut sampiran, dua barus terakhir disebut isi.

Paling penting dari pantun sendiri yaitu pola penulisan yang dikenal dengan istilah rima. Rima artinya persamaan suku kata pada tiap akhir baris atau dikenal dengan pola ab-ab.

Keistimewaan Pantun Betawi

Keistimewaan Pantun Betawi
majalahbetawi.com

Keistimewaan dari pantun Betawi adalah berada pada polanya yang lebih bebas. Selain berpola rima ab-ab dikenal pula pola aa-aa.Begitu dengan hal dalam barisnya, berpola 4 baris yang disebut dengan pantun, dan berpola 2 baris yang disebut karmina.

Berkenan dengan isi pada pantun, beberapa pantun Betawi mengungkapkan berbagai nasehat yang berkaitan dengan etika, moral, adab, sopan santun, humor, nasihat, ajaran-ajaran agama, dan kritik sosial.

Contoh Pantun Betawi

Contoh Pantun Betawi
bolehmerokok.com

Pantun selalumemiliki ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan pantun Betawi yang dapat ditebak dari bahasa dan penggunaan kata yang sering berubah-ubah. Contohnya adalah pepaya berubah jadi pepaye, lalu ada juga kata gara-gara menjadigare-gare.

Emang marawis pake zapin
Ajarin dong tuh mpok wiwin
Emang klo abang ude bsa adepin
Buruann dahh bng kawin.

Bunga saya bunga melati
Bunga kenanga harum wanginya
Saya tau abang siap menanti
Tapi sayang abang ga ada nyalinya.

Pepaye dimkan ame bang jihan
Gare gare latihan disanggar
Aye bukan ga ade keberanian
Lantaran aba’e keliatan sangar.

Pohon mahoni pengen digergaji
Gare gare itu pohon mw mati
Abang mohon eneng jangan pergi
Lantaran abang siap nemenin ampe mati.

Pantun Palang Pintu Betawi

Pantun Palang Pintu Betawi

Berbalas pantun begitu sangat membahagiakan. Nah di betawi budaya balas berbalas pantun sangat sering dilakukan oleh masyarakat betawi. Dan ciri khasnya bisa disaksikan ketika ada hajatan atau pesta pernikahan. Biasanya akan ada budaya palang pintu yang begitu menarik.

Nah, budaya seperti ini sangat perlu untuk dilestarikan agar budaya berbalas pantun Betawi ini tidak punah.

Jalan jalan kekali angke
Dikali ketemu buah pepaye
Jimat aye kgak pake
Tapi itu perempuan emang udah demenin aye.

Ikan bawal ikan patin
Mancingnya disawangan
Bukan karna jimat aye tangisin
Tapi karna abng ga pnye keberanian.

Belah duren dimalam hari
Belah nangka di siang hari
Si Abang banyak yang nyari
Pas ketemuan pada lari.

Kesekolah untuk mencari ilmu
Lewatin jalan yang berliku liku
Apabila cinta memanggilmu
Ikutilah walau jalan berliku liku.

Bangkwang naronye dipeti
Itu peti bnyak laba”nye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame aba’nye.

Pantun Betawi Asli

Pantun Betawi Asli

Jalan jalan kekali angke
Dikali ketemu buah pepaye
Jimat aye kgak pake
Tapi itu perempuan emang udah demenin aye.

Ikan bawal ikan patin
Mancing’y disawangan
Bukan karna jimat aye tangisin
Tapi karna abng ga pnye keberanian.

Beli sirsak diciamis
Jalannye sambil terbang
Si eneng jangan menangis
Disamping ada abang.

Kong ja’i kgak bisa bangun
Gare gare maen marawis pukulan zapin
Kate siape punya aye ga bsa bngun
Ampe lemes juge aye adepin.

Sirsak emang manis
Lantaran sirsaknye naro dipeti
Si eneng jngan menangis
Lantaran abang siap menanti.

Buah sirsak buah manggis
Kalo dimkn manis rasanye
Gimane eneng ga menangis
Ngeliat abang belom ade jodohnye.

Paling enak buah atep
Beli paku ada’a d’rawamangun
Emang abang yang cakep
Gimana mau laku punya nya gga bisa bangun.

Bangkwang naronye dipeti
Itu peti bnyak laba”nye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame aba’nye.

Jalan jalan ke kali angke
Ikan bawal ditumisin
Jimat apa yg abang pake
Siang malam cewe tangisin.

Kalo naro sirsak jgn di peti
Karena bisa merusak rase
Kalo abng siap menanti
Kapan abang brani ke rumah aye.

Baca juga: Pantun Bahasa Jawa Lucu

Pantun Betawi Lucu

Pantun Betawi Lucu

Belah salak pagi hari
Salaknye lg dijajar ame orang yg panjang tangan
Kate siape bang pade lari
Lantaran aye dikejar pade minta tanda tangan

Kecimanggis beli cinderamata
Kecipinang banyak yang putus asa
Cinta yang dibasuh dengan air mata
Akan tetap murni dan indah senantiasa

Punguh terbang diatas awan
Hampir tak terlihat oleh mata
Walau hati rindu rinduan
Rindu dihati meronta ronta

Kutu ade dikepale bang mumu
Katanye gare gare makan duku
Ku tak mau kehilanganmu
Karna kau yg selalu ada dihatiku

Kong ja’i kgak bisa bangun
Gare gare maen marawis pukulan zapin
Kate siape punya aye ga bsa bngun
Ampe lemes juge aye adepin

Baca juga: Pantun Jenaka Bikin Ngakak

Pantun Betawi Gokil

Pantun Betawi Gokil

Ijo ijo daun rambutan
jatoh diatas rerumputan
biar betawi ato bukan
sering2 aje ente pade keliatan…

Beli sirsak diciamis
Jalannye sambil terbang
Si eneng jangan menangis
Disamping ada abang.

Buah sirsak buah manggis
Kalo dimkn manis rasanye
Gimane eneng ga menangis
Ngeliat abang belom ade jodohnye.

Masing orok kudunya dibedong
Ude gede gegaresnye sebakul
kalo bole aye mo ikutan mantun dong..
bales pantun diBetawi Ngumpul.

Pergi ke puncak lewat ciawi.
pulangnya lewat glodok.
kenalin nih ane anak betawi.
ane tinggal di kebon jeruk.

Paling enak buah atep
Beli paku ada’a d’rawamangun
Emang abang yang cakep
Gimana mau laku punya nya gga bisa bangun.

Ikan bawal ikan patin
Mancing’y disawangan
Bukan karna jimat aye tangisin
Tapi karna abng ga pnye keberanian.

Kong ja’i kgak bisa bangun
Gare gare maen marawis pukulan zapin
Kate siape punya aye ga bsa bngun
Ampe lemes juge aye adepin.

Sirsak emang manis
Lantaran sirsaknye naro dipeti
Si eneng jngan menangis
Lantaran abang siap menanti.

Kalo naro sirsak jgn di peti
Karena bisa merusak rase
Kalo abng siap menanti
Kapan abang brani ke rumah aye.

Jalan jalan ke kali angke
Ikan bawal ditumisin
Jimat apa yg abang pake
Siang malam cewe tangisin.

Bangkwang naronye dipeti
Itu peti bnyak laba”nye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame aba’nye.

Jalan jalan kekali angke
Dikali ketemu buah pepaye
Jimat aye kgak pake
Tapi itu perempuan emang udah demenin aye.

Punguh terbang diatas awan
Hampir tak terlihat oleh mata
Walau hati rindu rinduan
Rindu dihati meronta ronta.

Jalan jalan ke bukit duri
lewatnya jalan manggarai
salam kenal dari andri
yang dari pondok kopi.

Pake lada ama bawang putih
sayur ketumbar pake kemiri
tiada teman kunanti
dikasur lebar aku sendiri.

Pantun Betawi Kocak

Pantun Betawi Kocak

Ambil duren buat jamu
Beli mangga di pasar pagi
Udah lama kagak ketemu
Malem ini ane gabung lagi

Beli jimat belinya di slipi,
Di slipi rumahnya Mpo Yaya.
Malem jumat ngapa sepi,
Sepi pada kemana yaa?

Jalan-jalan ke pasar baru,
Jangan lupe mampir swalayan.
Perkenalkan aye wahyu,
Asal dari kebayoran.

Pak guru makan permen
Permen nya rasa kedondong
Aku member baru,
Mau ikutan komen boleh dong

Hape simen buat pak erte,
Batu lemah di cas jam tuju.
Ane demen ma pendpat ente,
Klo begtu mah ane setuju.

Eh ujan gerimis aje,
Ikan teri di asinin.
Eh empok kok diem aje,
Mending ngopi abang temenin.

Daun salam dibawa atun
Daun salam belinya ditanah abang
Kuucapkan salam santun
Dan salam kenal ya bang

Pohon salam tumbuh di kanal
Dipakai sedikit bumbu urap
Salam salam boleh kenal
Tapi gak usah banyak berharap

Belok kanan kudu ati-ati
Nenek-nenek kaga punye banda
Tulung jangan dimasukin ati
Kan ane cuma bercanda,

Anak sapi di depan konter,
Kupasin kelapa dibikin tumis.
Lha ini kopi pait bener,
Tambain gula dikit napa biar manis.

Pantun Betawi Sindiran

Pantun Betawi Sindiran
dailymotion.com

Pak guru beli terigu
Tak lupe juge membeli terong
Perkenalkan aku member baru
Mau ikutan komen boleh dong

Jalan jalan ke kali angke
Ikan bawal ditumisin
Jimat apa yg abang pake
Siang malam cewe tangisin

Duduk diatas genteng adem hawanya
Buah semangke diambil sama orang miskin
Si eneng pan belum Ada yang punya
Aye duluan yg akan deketin

Jalan – jalan ke pasar randu
Jangan lupe beli bakwan
Perkenalkan aye Bayu
Tingalnya di kebayoran.

Kalo naro sirsak jgn di peti
Karena bisa merusak rase
Kalo abng siap menanti
Kapan abang brani ke rumah aye

Di atas diloteng adem hawa nya
Pohon kedondong jarang diambilin
Kalo si abang belum ada yg punya
Boleh dong kalo eneng di deketin

Wajah tirus kurang makan
Beli gorengan sama Basreng
Eneng kurus bukan kurang makan
Tapi karna keseringan mikirin abang

Ketoko beli paku
Minum jamu sambil motong kuku
Kalo garuda ada didadaku
Kalo hatimu di hatiku

Kejepare beli Pita
Pas dijalan ketemu orang perang
Cintaku terus membara
Hanya untuk kamu seorang saja

Paling enak buah atep
Beli paku ada’a d’rawamangun
Emang abang yang cakep
Gimana mau laku punya nya gga bisa bangun

Makan pagi dikereta
Asiknya sambil bercerita
Namun yang namanya cinta
Tak pernah mengenal kasta

Pergi ke utan cari rotan
Jangan lupe cari ubi kayu
Emang abang seorang pejantan
Tapi sayang sedikit kemayu

Pantun Betawi Cinta

Pantun Betawi Cinta

Jalan jalan ke depok
Pulangnye ke masjid At – tin
Hati aye udeh kapok
Kalo masih disakitin.

Beli sirsak diciamis
Jalannye sambil terbang
Si eneng jangan menangis
Disamping ada abang

Buah sirsak buah manggis
Kalo dimkn manis rasanye
Gimane eneng ga menangis
Ngeliat abang belom ade jodohnye

Sirsak emang manis
Lantaran sirsaknye naro dipeti
Si eneng jngan menangis
Lantaran abang siap menanti

Kalo naro sirsak jgn di peti
Karena bisa merusak rase
Kalo abng siap menanti
Kapan abang brani ke rumah aye

Paling enak buah atep
Beli paku ada’a d’rawamangun
Emang abang yang cakep
Gimana mau laku punya nya gga bisa bangun

Bangkwang naronye dipeti
Itu peti bnyak laba”nye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame aba’nye

Jalan jalan kekali angke
Dikali ketemu buah pepaye
Jimat aye kgak pake
Tapi itu perempuan emang udah demenin aye

Ikan bawal ikan patin
Mancing’y disawangan
Bukan karna jimat aye tangisin
Tapi karna abng ga pnye keberanian

Kong ja’i kgak bisa bangun
Gare gare maen marawis pukulan zapin
Kate siape punya aye ga bsa bngun
Ampe lemes juge aye adepin

Emang marawis pake zapin
Ajarin dong tuh mpok wiwin ..
Emang klo abang ude bsa adepin .
Buruann dahh bng kawinnn ..

Jika pergi ke jepara
Jangan lupa cinderamata
Rinduku kian membara
Hanya kamu yg ku cinta

Kejepara beli rebana
Pas dijalan ade orang perang
Cintaku kian membara
Hanya untuk kamu seorang

Pintu ame rumah abang ade dua
Dirumah ade yang namanye mpok rohaye ame mutia
Kate siape aye cinta satu dibagi dua
Orang udeh pade tau klo aye orangnye setia

Suruh pergi ke kota kerinci
Beli tiket banyak yang antre
Sungguh tidak mengherankan lagi
Lihat semakin banyak cewek matre

Jalan-jalan ke kota semarang
Tampak gabus didalam kerajang
Saya heran lihat gadis sekarang
Bodi tidak bagus kenakan pakaian jarang

Kecap asin tak perlu diseduh
Jolok mangga dengan galah panjang
Silap sedikit segera selingkuh
Tersebut dia lelaki mata kerajang

Ada paku jatuh di taman
Ada wanita memakai tasbih
Ada orang ngakunya teman
Tapi rupanya pengen yang lebih

Memang asyik membaca roman
Sayang lampu sangat redup
Awalnya sih ngaku teman
Pengen hati jadi teman hidup

Kuda berlari di arena pacu
Semakin semangat dengar teriakan
Kekasihku ini agak lucu
Setiap yang cantik diaku keponakan

Ikan teri campur ikan patin
Mancingnya di kali sawangan
Bukan karna harta aye tangisin
Tapi karna abng ga pnye keberanian

Pantun Betawi Nasehat

Pantun Betawi Nasehat

Pasti pernah merasa bosan jika setiap hari dinasehati? Kalu ioya, kamu harus belajar menyampaikan nasehat melalui pantun. Pantun yang berupa nasehat sendiri merupakan cara yang menyenangkan untuk mencerna sebuah nasehat yang serat akan nilai kebijaksanaanya.

Pantun nasehat bisa jadi sarana untuk mencerna nasehat tanpa perlu harus merasa digurui. Berikut ini beberapa contoh pantun betawi nasehat yang memberikan power dalam belajar bekerja dan lainnya :

Hari minggu paling enak tamasya
Oleh-oleh nya bawa tahu bulat
Udah masuk waktu isyaaa
Nyok kita pada shalat

Hari minggu paling enak tamasya,
Oleh-oleh nya bawa tahu bulat.
Udah masuk waktu isyaaa,
Nyok kita pada shalat.

Intan beli rambutan,
Rambutan dari cipinang.
Mantan bukan pahlawan,
Tidak perlu untuk dikenang.

Makan ketan dicampur bakwan,
Jaket kulit ngebungkus pakan.
Mantan memang bukan pahlawan,
Tapi sulit tuk di lupakan.

Layar perahu boleh tarikin,
Sepatu baru boleh di beliin.
Biar kata kita orang miskin,
Sholat 5 waktu jangan tinggalin.

Kupi diseduh air mendidih,
Tambe gule diaduk rate.
Biar ati nggak tambah sedih,
Mari berpantun ala jakarte.

Layar perahu boleh tarikin
Sepatu baru boleh di beliin
Biar kata kita orang miskin
Sholat 5 waktu jangan tinggalin

Karang bolong dibikin buat film laga
Beli songkok di jatiwaringin
Walau pun jarang aye olah raga
Kalo ngrokok ma aye ude kurangin

Kelabang demennya makan undur undur
Daerah plosok di nusa kembangan
Udah bang ente cuci kaki terus tidur
Nanti besok sekolahnya ke siangan

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Jalan-jalan ke rumah atun
Bawa ke mari seekor angsa
Mari kita berbalas pantun
Melestarikan budaya bangsa

Ke Cimone naek DAMRI
Beli lilin di warung Umi
Maksud ane ngenalin diri
Biar terjalin silaturahmi.

Makan permen jangan dikulum
Pegi jauh ke kalimantan
Ane permisi assalamualakum
Waktunya sholat jum’atan

Makan ikan di bawah pohon
Tatakin koran buat sawi
Kita lestarikan budaya pantun
Karna bagian dari seni budaya betawi

Halal bihalal diwaktu lebaran
Pake celana jin baju kemeja
Rejeki halal masih banyak bertebaran
Asal kita rajin dan mau bekerjaa

Tuan beristri elok nan rupanya;
Bermandi maghligai wajah nan jelita.
Ramadhan kini berada di ufuk mata;
Mari Bersama Tingkatkan Iman dan Taqwa.

Makan roti jangan berlari;
Kalaulah jatuh kita yang rugi.
Bersihkan hati sucikan diri;
Sambut Ramadhan sebentar lagi

Ke Cibubur nebeng ponakan
Terus ke Tanjung Priuk jalan-jalan
Santap sahur jangan kekenyangan
Ntar bawa’annye ngantuk pas tadarussan

Makan laksa jangan tertawa
Kalau tertawa nanti keselekkan
Berpuasa tanta taqwa
Shalat teraweh jangan dilupakan

Makan nasi ame bocah ingusan
Makan nye di tempat lesehan
Abis subuh nyok kite tadarusan
Jangan sampe kite ke tiduran

Sie acong lagi nambel ban
Nambel nye di pasar kenari
Kite puase emang udah kewajiban
Agar mendapat ridho ilahi

Buah buni jangan diungkep
Anak Beruk maen di Taman
Cari bini jangan yang cakep
Kalo Hatinya gak seiman

Pantun Betawi Berbalas

Pantun Betawi Berbalas
klikpapua.com

Berbalas pantun sering digunakan dalam acara perkawinan yang biasa disebut Buka Palang Pintu. Caranya, si keluarga mempelai pria menjelaskan maksud kedatangan mereka dengan menggunakan pantun Betawi. Keluarga mempelai wanita juga menjawab dengan pantun, sehingga terjadilah berbalas pantun.

Paling besar kota romawi
Kota santun penuh galeri
Maneh katenye jaware betawi
Aye tungguin nape hadirnye di mari

L>Kude lumping dari tanggerang
Kedipin mate cari menantu jande
Eh bang pasang kuping luh terang terang,adepin dulu jagoan aye satu persatu kalo mau jande demenan aye hahahaha

A>>Bang ibarat baju udah
kepalang basah
Masak nasi udah jadi bubur
Biar kate aye mati berkalang tanah
Setapak kage nantinye aye bakal mundur demi jande demenan aye

W>>>Neng Aisyah jauh kekampung
Beli kapak ke gunung sindur
Biar kate ente turunin wadon sekampun luh
Setapak kage bakal nantinye ane mundur buat nikahin ASYAH

A>>>>Ayam bangkok di bawa atun
Tiap paginye di mandi’in
Kalau iseng nyok kite berpantu Ampe pagi ane layanin

N>>>>>
Pergi ke puncak lewat ciawi
Pulangnye beli arit,jangan macem2 ma anak betawi simpangan aje luh cepirit
hahaha sembari ngupi aaaahhhh

Pantun Betawi Romantis

Pantun Betawi Romantis
pixabay.com

Belah duren dimalam hari
Belah nangka di siang hari
Si Abang banyak yg nyari
Pas ketemuan pada lari

Belah salak pagi hari
Salaknye lagi dijajar ame orang yang panjang tangan
Kate siape bang pade lari
Lantaran aye dikejar pade minta tanda tangan

Kutu ade dikepale bang mumu
Katanye gare gare makan duku
Ku tak mau kehilanganmu
Karna kau yg selalu ada dihatiku

Emanye entong dlunye biduan
Gare gare ga jadi beli papan
Emang ni hati ampe kerinduan
Itu perempuan ga ada tanggepan

Pergi berburu ke tengah utan
Dapetnye kijang dan rusa
Kalo abang emang pejantan
Kenape mesti pake tunggu lama

Pergi ke utan cari rotan
Jangan lupe cari ubi kayu
Emang abang seorang pejantan
Tapi sayang sedikit kemayu

Emang marawis pake zapin
Ajarin dong tuh mpok wiwin ..
Emang klo abang ude bsa adepin .
Buruann dahh bng kawinnn ..

Bunga saya bunga melati
Bunga kenanga harum wanginya
Saya tau abang siap menanti
Tapi sayang abang ga ada nyalinya

Jalan jalan keciamis
Jangan lupa kerumah zaenal
Eh eneng yg manis
Boleh kaga abang kenal

Jalan jalan keliling rumah
Jangan lupa beli jamu
Demi tuhan aku bersumpah
Yang kucinta hanyalah kamu

Pepaye dimkan ame bang jihan
Gare gare latihan disanggar
Aye bukan ga ade keberanian
Lantaran aba’e keliatan sangar

Pohon mahoni pengen digergaji
Gare gare itu pohon mw mati
Abang mohon eneng jangan pergi
Lantaran abang siap nemenin ampe mati

Itu pohon emang mau mati
Gare gare ga disiram ame bang mumu
Aku menunggu mu sampai mati
Karenaku sangat menyayangimu

Pagi ini amat sejuk
Paling enak minum kopi
Pada debur kau meliuk
Cantikmu memikat hati

Pantun Betawi Lebaran

Si mamat makan ketupat
Makan ketupat sambil melompat
Ngirim kartu udah ga sempat
Pake SMS pun no What-what.

Ketupat udah kepotong
Obor udah dibikin
Nastar udah dimeja
Kacang udah digaremin
Gak afdhol kalu gak ucapin
Minal Aidin Wal Faizin
Mohon maaf lahir dan batin.

Orang gnateng orang jelek
Gue ganteng elo jelek
lebaran dah dateng
So maafin gue jek
Met hari raya idul fitri.

Admin Baru Membaca memperkaya ilmuku dan memperluas imajinasiku.

Susunan Panitia

Dik Dik
5 min read

Susunan Acara Halal Bihalal

Dik Dik
5 min read

Susunan Acara Pernikahan

Dik Dik
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *