23 Makanan Bunglon yang Mudah di Dapatkan

Makanan Bunglon- Bunglon merupakan jenis reptil kadal yang mampu merubah warna kulitnya. Bagi Anda yang ingin memelihara hewan ini pastinya bingung dan bertanya, kira kira makanan bunglon apa ya?

Iya bunglon bisa menjadi hewan peliharaan karna akan terlihat unik dan aneh, karna masih belom banyak yang memelihara hewan satu ini.

Tips dari kami sebelum kamu memelihara bunglon, kamu harus tau dulu mengenai jenis bunglon, jenis makanan bunglon sampai alat makan bunglon ini seperti apa, dan cara memberi makannya bagaimana.

Berikut kami siapkan artikel ini untuk kamu yang merasa bingung makanannya bunglon apa :

Jenis Makanan Bunglon

Makanan Bunglon
Makanan Bunglon

Banyak yang bisa dikonsumsi bunglon selain jangkrik, yaitu seperti ulat, cacing, dan kupu kupu. Tapi perlu diingat ya kamu harus selektif dalam memilih makanan alternatif untuk bunglon karna beresiko beracun.

Berikut ini ada 2 jenis makanan bunglon adalah.

Makanan Bunglon Jenis Hewani

Makanan Bunglon Liar
Jenis Makanan Bunglon

Belalang

Serangga yang sering terlihat di pohon dan daun adalah makanan yang sering ditemukan di habitat bunglon.

Makanan alternatif, seperti belalang, adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk bunglon. Secara ilmiah, kandungan nutrisi dalam belalang tidak boleh dianggap enteng. Belalang tidak kalah bergizi dari sumber protein.

Seperti yang diungkapkan para ahli gizi, belalang adalah hewan yang memiliki beberapa jenis nutrisi penting, seperti vitamin, protein, asam, mineral, dan lemak esensial.

Kandungan seng dalam belalang cukup untuk kebutuhan bunglon, seng memiliki fungsi sebagai sistem kekebalan tubuh atau meningkatkan kekebalan bunglon dari berbagai serangan virus dan bakteri.

Cacing

Selain serangga, ada juga makanan bunglon adalah cacing. Hewan yang mudah ditemukan ini bisa menjadi salah satu menu makanan untuk bunglon, sehingga tidak digunakan untuk memberi makan serangga saja.

Dari berbagai penelitian, kandungan nutrisi menunjukkan bahwa cacing tanah mengandung protein yang relatif tinggi. Selain itu, komposisi kandungan asam amino cacing tanah juga lengkap, tidak kalah dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya.

Tentu saja, dengan kandungan cacing yang baik, juga sangat baik jika digunakan sebagai makanan bunglon.

Kecoa

Kebanyakan orang Indonesia harus marah jika mereka melihat kecoak. Serangga ini selalu dikaitkan dengan bakteri dan kuman yang menjijikkan. Kecoak sering dianggap hama dan sering diberantas dengan insektisida.

Nah, jika Anda memiliki bunglon, kecoak bisa menjadi salah satu makanan favorit bunglon. Dipercayai bahwa kecoak memiliki nutrisi bermanfaat untuk bunglon.

Tetapi perlu diingat bahwa menguji kecoa sebagai makanan bunglon, yang diberikan berbeda dari apa yang sering ditemukan di selokan atau tempat kotor lainnya. Akan lebih baik untuk memilih kecoa dengan ternak sendiri yang bersih dari kotoran yang terlihat.

Phasmida

Phasmida atau phasmid adalah serangga batang dan daun yang bergerak. Serangga herbivora yang nyata seperti batang atau daun luas. Mereka tidak mempunyai kaki yang disesuaikan untuk melompat seperti spesies serangga ortoptera (belalang, jangkrik dan lain-lain).

Seperti belalang, phasmida ini juga boleh digunakan sebagai makanan bunglon.

Ulat Hongkong dan Ulat Jerman

Dari berbagai jenis ulat yang digunakan sebagai makanan alternatif, salah satunya adalah ulat Hong Kong. Selain sebagai makanan burung, ulat ini juga bisa digunakan sebagai makanan yang baik untuk bunglon.

Selain ulat Hong Kong, ulat Jerman tidak kalah bagusnya jika digunakan sebagai makanan untuk bunglon. Apalagi jika sulit menemukan ulat hongkong di sekitar Anda.

Ulat Jerman memiliki tubuh yang tidak panas. Berbeda dengan beberapa jenis larva yang memiliki sifat termal yang tidak nyaman untuk dikonsumsi. Ulat Jerman itu dingin, sehingga tidak menyebabkan efek mabuk pada hewan yang memakannya.

Ulat Jerman mengandung zat yang memberikan ketahanan dan kekebalan terhadap hewan yang memakannya. Hal yang sama berlaku untuk bunglon. Protein, kalsium, dan lemak membuat bunglon tidak rentan terhadap penyakit.

Isi ulat Jerman juga memberikan perlindungan terhadap serangan bakteri dan virus. Itu sebabnya itu baik untuk pencernaan dan kesehatan.

Anda dapat membeli ulat Jerman untuk bunglon di toko online dengan harga 50 ribu per kilo.

Jenis Makanan Nabati

Jenis Makanan Bunglon
Makanan Bunglon dan Iguana

Selain pakan ternak, ternyata beberapa bunglon juga menyukai makanan nabati, yang berupa sayuran dan buah-buahan. Namun perlu diingat bahwa makanan dengan buah-buahan dan sayuran bukanlah makanan pokok untuk bunglon, meskipun mereka menyukainya.

Anda dapat mencoba mencari tahu apakah bunglon itu memakan makanan nabati atau tidak. Beberapa makanan nabati yang dapat diberikan kepada bunglon diantaranya.

SAYURBUAH
Sedikit kol/kubis Pisang
Selada Stroberi
Brokoli mentah atau masakApel
Kacang polong masakMangga
KiwiMelon
TomatJeruk yang sudah dikupas
Wortel masakJeruk keprok
Daun bayam segar

Cara Memberi Makanan Pada Bunglon

Makanan yang ditemukan di pasaran adalah jangkrik. Anda dapat membelinya di toko pakan ternak. Jika Anda tidak dapat menemukan toko di dekat rumah Anda, berbelanja di toko online atau menggunakan layanan pengiriman. Hindari memberi lebah dan tawon sebagai makanan bunglon.

Untuk memberi makan bunglon kita tidak perlu alat makan bunglon, karna kita cukup menaruhnya tepat disampingnya. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi bunglon yang masih bayi, bunglon yang masih kecil sulit untuk makan sendiri sehingga kita memerlukan alat makan bunglon.

Bayi bunglon membutuhkan jangkrik kecil. Anda juga bisa memberi lalat buah. Bunglon suka lalat buah dan bisa memakannya.

Jadi jika untuk bunglon besar kita cukup menaruhnya di kandangnya saja, berbeda dengan makanan anak bunglon kecil kita harus menyuapinya langsung atau bisa juga menyuapinya dengan menggunakan sendok makan yang kecil.

Cara Memberi Minum Bunglon

Berikan bunglon Anda minum. Ada beberapa cara untuk minum bunglon. Jika Anda melihat bunglon menjilati benda berkilau, hewan peliharaan favorit Anda mungkin haus dan mencari embun. Semprotkan atau percikkan air ke daun atau dinding septaria untuk menjilat bunglon.

Anda dapat membeli alat mainan tersebut di toko hewan peliharaan. Harganya cukup mahal, tapi bentuknya bagus, lho. Beberapa orang berhasil mengajari bunglon minum sendiri dari botol. Coba, siapa tahu bahwa Anda juga bisa melatih bunglon Anda yang taat seperti anjing!

Jenis Jenis Bunglon Beserta Makanannya

Jenis Bunglon
Jenis Bunglon
  • Bunglon sawah
  • Bunglon surai
  • Bunglon ekor panjang
  • Bunglon kecil
  • Bunglon liar
  • Bunglon sisir
  • Bunglon jambul hijau

Sebenarnya untuk jenis jenis bunglon diatas untuk masalah makanya yaitu sama, Anda bisa memberinya jenis makanan nabati ataupun makanan jenis hewani, tapi perlu diingat kita harus selektif dalam memilih makanannya, sebab terkadang banyak hewan yang beracun bisa juga peliharaan Anda tidak suka buah-buahan dan sayuran.

Ada istilah jangkrik “gut loaded”. Artinya, jangkrik ditanam dengan makanan bergizi sehingga reptil yang memakannya mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. Jangkrik ini juga kaya akan kalsium. Dengan demikian, bunglon juga mendapat tambahan kalsium.

Selain jangkrik, bunglon juga menyukai ulat bumbung, ulat hongkong, ulat super, ngengat, belalang dan lalat.
Dia masih memiliki opsi berbeda dengan makanan yang dibeli di toko. Anda bisa memberikan makanan bunglon dari kebun, seperti serangga, laba-laba atau ngengat.

10 Cara Merawat Bunglon

Cara Merawat Bunglon
Cara Merawat Bunglon

Apakah Anda tertarik memelihara bunglon? Bunglon adalah hewan peliharaan yang sangat istimewa dan unik, dan jarang dipelihara oleh kebanyakan orang. Bunglon digunakan sebagai hewan hias karena warnanya dapat berubah dan menghibur siapa saja yang melihatnya, membuat penjaga mereka lebih sehat dan lebih bahagia.

Sebelum melakukan perawatan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa karakteristiknya dan apa yang dibutuhkan selama perawatan.

Pada kesempatan ini selain makanan bunglon kami juga akan membagikan tips unik tentang 10 cara memelihara bunglon, metode ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang tertarik untuk memelihara mereka, itu juga bisa menjadi ide yang berguna bagi Anda tentang dunia hewan, dimana pemahaman adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk mengikuti dan memahami zaman. Ayo baca!

Karakterstik Bunglon

Sebelum memelihara, tentu saja, Anda harus terlebih dahulu memahami karakteristik dari bunglon, tergolong hewan yang rapuh atau lemah, ia suka diangkat atau digendong, tetapi bukan jenis hewan yang suka dibelai karena, jika Anda membelainya, itu akan melemahkan tubuh Anda dan membahayakan hidup Anda, jadi itu tidak diperbolehkan. Jangan sentuh terlalu sering.

Persiapan Kandang

Bunglon termasuk hewan yang mudah stres, harus ditempatkan di lingkungan yang tenang. Buatkan kandang yang nyaman dan letakkan jauh dari keramaian. Bunglon taman tidak suka berada di tempat yang penuh dengan orang, jadi mereka harus ditempatkan jauh dari binatang lain seperti ayam, kucing dan anjing.

Kandang untuk bunglon juga disebut reptarium, pastikan besarnya setidaknya tiga kali ukurannya,menginggat habitat bunglon di alam, jangan letakkan kandang di dekat jendela, agar jauh dari panas atau terlindung dari dingin selama musim hujan, letakkan di tempat yang dingin atau jauh dari kebisingan atau aktivitas manusia

Pilih Kandang Kaca

Usahakan untuk membuat kandangnya terbuat dari kaca karena kaca memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik, menyediakan benda-benda yang mendukungnya, seperti benda-benda alami seperti tanaman, ranting-ranting pendakian atau benda-benda yang bisa dijadikan taman bermain sehingga bunglon tidak merasa stres dan merasa seperti di alam.

Jenis Pakan

Cara memelihara bunglon tentu akan wajib merawat dan menjamin kebutuhan nutrisi Anda dengan makanan bergizi. Makanan terbaik baginya adalah jangkrik, ulat hongkong, serangga, laba-laba, ulat super, ngengat, belalang, dan lalat.

Jika Anda kesulitan mendapatkan bahan-bahan ini, Anda bisa memberi mereka makanan yang telah diproses di pabrik, yang kadang-kadang ditambahkan ke kandungan kalsium untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Kebutuhan Minuman

Untuk memberikan air minum kepada bunglon, ada beberapa cara. Cara pertama adalah memercikkan air ke daun yang telah Anda tempatkan di kandang sebagai hiasan, sehingga ia secara aktif mencari minuman dan berpikir bahwa air itu seperti embun di alam.

Dia menjadi lebih aktif dan dapat menemukan minumannya sendiri ketika dia haus, ditambah lagi Anda juga dapat menyemprotkan air ke dinding kaca kandangnya.

Jaga Kehangatan

Tempatkan lampu 60 watt di sangkar bunglon, yang akan membantu ketika dia kedinginan. Saat dingin di malam hari, nyalakan lampu. untuk siang hari, terutama saat panas, tidak perlu menyalakan lampu karena akan membuat bunglon terasa terlalu panas dan berisiko stres.

Jaga Kelembaban Kandang

Kelembaban di kandang bunglon harus dalam kondisi sekitar 50%, jika di bawah level ini, itu akan mengganggu sistem pernapasan, sedangkan jika tingkat kelembaban terlalu tinggi untuk melebihi 80%, itu akan menimbulkan lumut dan jamur tumbuh di dalam kandang.

Gunakan Alat Penyemprot

Beli dan gunakan penyemprot untuk menyemprotkan air secara teratur di kandang bunglon agar selalu menjaga kelembabannya dan juga sarana untuk minum air. Air yang keluar harus dalam bentuk lunak, tidak seperti semprotan pada umumnya. Selain itu, pastikan untuk menggunakan air matang sehingga tidak ada risiko kuman.

Lakukan Interaksi

Jangan lupa untuk memberinya kasih sayang berinteraksi langsung, yaitu, memberinya makanan langsung dengan tangannya atau membawanya keluar rumah untuk berjemur langsung dengan matahari, sehingga tubuhnya terasa lebih sehat karena mendapat vitamin D alami dari panasnya matahari.

Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang harus dijaga agar bunglon terasa nyaman dan bebas penyakit. Saat Anda membersihkan kandang, pertama-tama Anda harus memindahkan bunglon ke tempat lain. Cara membersihkannya menggunakan air yang dicampur dengan sedikit sabun dan disemprotkan ke seluruh bagian kandang.

Setelah kering dengan tisu. Juga gunakan pembunuh kuman alami seperti cuka dan soda kue yang dicampur dengan air hangat dan gosokkan.

Alas kandang juga harus sering dibersihkan untuk menghilangkan segala bentuk kotoran, seperti sisa-sisa makanan, jamur, kotoran bunglon taman, serta sisa-sisa kulit yang mungkin mengelupas dan tertinggal. Bersihkan setidaknya dua atau tiga kali seminggu sehingga kandang bebas dari kuman dan dapat mencegah semua penyakit.

Harga Bunglon

Penting untuk diingat bahwa harga yang tercantum di bawah ini adalah harga yang berlaku di Indonesia. Harga yang tercantum di bawah ini mungkin berbeda dari harga bunglon di Malaysia dan negara lain, terutama bunglon diklasifikasikan sebagai barang hobi di mana harga jualnya cenderung bergantung pada minat pribadi.

Jenis BunglonHarga Bunglon
Chameleon Aka Bunglon Jackson. IDR                 123.000
Veiled Calipratus Chameleon. IDR             2.500.000
Bunglon/Chameleon Anakan. IDR                   65.000
Peid Chameleon Bunglon Baby. IDR             4.250.000
Bunglon Ijo Bronchochela Jubata. IDR                   50.000
Veiled Chameleon Bunglon Joss. IDR             2.950.000
Bunglon Chameleon Berubah Warna. IDR             1.500.000

Harga bunglon di atas ketika bunglon memasuki usia dewasa, jika anda mau membeli bunglon yang kecil jelas berbeda lagi. Harga bunglon kecil tentunya lebih murah menginggat sulitnya ketika merawat hewan tersebut saat kecil.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi wabsate kami Nurfasta. Terimkasih.

Makanan Bunglon

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *