13 Macam Lipatan Napkin Dan Cara Membuatnya !

Liptan Napkin- Napkin adalah handuk atau serbet merupakan kain yang berbentuk persegi panjang yang berfungsi sebagai alat bantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan.

Di restoran, biasanya napkin juga difungsikan sebagai hiasan atau dekorasi dalam table setting.

Posisi napkin ini dimeja dengan posisi terlipat yang berukuran kecil. Untuk bentuk lipatannya bermacam macam dari yang sederhana sampai yang terumit.

Kata napkin merupakan baasa Inggris Tengah yang sebernanyamerupakan pinjaman kata dari bahasa Prancis”Nappe” yang memiliki arti meja.Kemudian dari Nappe ada tambahan di akhiran katannya yaitu “kin” untk menunjukan ukurannya yang kecil.

Sejarah Singkat Napkin

Sejarah Singkat Napkin
pixabay.com

Secara umum, napkin (serbet) sering diletakkan di bagian kiri meja, dilipat dan diposisikan di sebelah garpu.

Di tempat restoran mewah, lipatan napkin mempunyai bentuk yang rumit dan letaknya di tempat piring yang kosong.

Untuk cara melipat napkin sendiri dapat menggunakan teknik origami sama persis seperti melipat kertas, senhigga bisa dibentuk menjadi tiga dmensi.

Penggunaan Napkin (serbet) secara sejaran sudah ada sejak zaman romawi kuno. Salah satu penggunaan tertuai yaitu sejak tahun 1384-1395.

Secara sejarah pertama kalinya napkin sebenernya bukan berbahan kain. melainkan sebuah adonan roti disebut dengan “apomagdalie”.

Adonan yang dipotong-potong menjadi kecil dan tipis dengan cra digulung dan diletakan di atas meja.

Hal inilah yang pertama kali kebiasaan menyeka tangan menggunakan irisan atau remah-remah roti.

Pada zaman Romawi, serbet dikneal dengan sebutan “Sudaria” dan “Mappae”. Sudaria adalah jenis sapu tangan yang mempunyai ukuran kecil yang dapat dimasukkan disaku. Untuk Mappae memiliki ukuran yang lebih besar yang diletakkan di tepi meja, fungsinyam untuk menyeka bibir ketika selesai makan.

Pada abat pertengahan serbet tidak digunakan lagi. Tangan dan mulit dipersihkan tanpa menggnukan apapun, kemudian sekitar tahun 1415-1475 napkin kembali digunakan.

Pada abad ketujuh belas ukuran napkin sekitar panjang 35 inchi memiliki lebar 45 inchi, namun tidak lam kemuydian mengalami perubahan yaitu panjang 36 inchi dan lebar 30 inchi.

Untuk sekarang ini ukuran napkin bermacam macam disesuaikan kebutuhan. Untuk napkin yang ukurannya besar biasanya digunakan untuk jenis menu bervariasa dan digunakan ketika acara formal saja, ukuran yang sedang digunkan untuk menu yang simpel dan napkin kecil uncuk acara minum atau koktiail.

Fungsi Napkin

Fungsi Napkin

Napkin mempunyai dua jenis bahan yaitu berbahan dasar kerta dan napkin berbahan dsar kain. Namun banyak restoran yang menggunakan bahan berbahan dasar kain.

Kedua jenis napkin entah itu berbahan dsar kain atau kertas tidak memiliki perbedaan dari segi fungsional, hanya saja untuk berbahan dsar kerta memamng digunakan hanya sekali pakai.

Npkin dengan berbahan kertas tergolong murah, namum untuk jangka panjang, napkin berbahan dsar kain lebih efisien untuk pembiayaan yang diperlukan.Selain itu napkin dengan bahan kertas sangat jarang digunakan oleh rstoran-restoran besar.

Berbeda dengan bahan kertas, napkin dengan bahan kain memiliki beberapa keunggulan yaitu lebih bagus ketika dilipat, lebih lembut dan lebih artistik meskipun harganya lebih mahal.

Macam Macam Lipatan Napkin dan Cara Membuatnya

Macam Macam Lipatan Napkin dan Cara Membuatnya

Berbagai macam lipatan napkin diciptikan untuk membuat kesan elegan, menyenangkan, lucu dan memiliki kesan yang indah.

Hal ituy tentu berhubungan dengan prinsip yang mengatakan makan di hotel dan restoran bukan sekedar makn untuk kenyang saja, tapi lebih mendapatkan pengalaman yang mengesankan.

Selain diterapkan di hotel dan restoran, macam macam lipatan napkin bisa juga dipraktekkan di rumah sendiri agar membuat susana baru saat acara keluarga yang mendapatkan kesan yang indah.

Tentu sangat bahagia bisa memberikan kejutan untuk keluarga, dengan memberikan suasana baru saat makan dirumah.Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai macam-macam lipatan naopkin yang jarang sekali di ketahui atau jarang dipakai ole kebanyak hotel maupun restoran.

Alasan untuk kenapa lipatan ini jarang dipakai, bukan bentunya yang tidak bagus, namun karna membutuhkan waktu lama dan bentuknya rumit untuk dibuat.

Tapi, untuk Anda yang menyukai hal unik dan menarik, mungkin beberapa lipatan ini akan sangat terlihat menantang untuk Anda, bahkan bisa menginspirasi Anda untuk menciptakan lipatan yang baru.

Berikut ini macam macam lipatan napkin yang jarang digunkan di hotel dan restoran pada umumnya.

Lipatan Napkin: The Rose (Bunga)

The Rose (Bunga)

The Rose adalah jenis lipatan yang inda dengan kesan yang elegan. Bentuknya yang lentur menjadikan penampilan meja makan terasa lebih romantis dan menggembirakan..

Jika Anda ingin lipatan napkin seperti ini berikut ini langkan cara-caranya.

Lipatan Napkin dan Caranya

  • Balik napkin dan bentangkan dengan posisi bagian dalam diatas.

The Rose (Bunga)

  • Lipat bagian ujung napkin dibagian kanan atas dan bawah napkin yang mengarah ke tengah secara diagonal

Cara Melipat Napkin

  • Lakukan hal yang sama seperti yang tadi dibagian yang bebeda, sekarang posisi napkin bebrbentuk segi empat.

Langkah Langkah Melipat Napkin

  • Liptlah kembali napkin diabgian ujun secara diagonal

Melipat Napkin

  • Ulangi car yang sama seperti diatas sehingga napkin kembali membentuk segi empat

Langkah Melipat Napkin

  • Balikkan napkin dengan posisi bagian yang terbuka dibawah

Teknik Melipat Napkin

  • Lipat ujung napkin agar membentuk segi empat yang lebih kecil. Tekan pelan agar lipatan menjadi rapi, kemudian letakkan gelas, diatasnya untuk menahan lipatan

Lipatan Napkin Jarang Dipakai

  • Tarik bagian ujung lipatan yang berada diposisi bawah dengan perlahan sembari menekan gelas yang berada diatas, agar lipatan napkin tidak rusak atau terbongkar.

Lipatan Napkin Yang Indah

  • Saatnya gelas yang berada diatas napkin untuk diambil, dan napkin bisa digunakan untuk dekorasi meja. Jika ingin membuat bentuk yang agak rumit, Anda bisa menarik ujung lipatan yang diantara lipatan-lipatan napkin yang sudah Anda tarik sebelumnya, maka akan terlihat seperti bunga.

The Necktie (Dasi)

Langkah Melipat Napkin Dasi

Jenis lipatan The Necktie namanya, bisa jadi solusi untuk Anda jika menginginkan suasana yang unik dan bisa juga memberikan kesan pelanggan saat berada direstoran tempat Anda bekerja. Tidak terbayang bukan menggunakan dasi sebagai napkin di meja makan.

Langkah Melipat Napkin Dasi 1

  • Pertama yang Anda harus lakukan adalah membentangkan napkin dengan cara terbalik dengan salah satu sdutnya yang menghadap ke arah Anda.

Lipatan Napkin Bebrbentuk Dasi

  • Ambil ujung napkin bagian kanan dan lipat secara diagonal dengan garis lipatan kira-kira 1/3 dari jarak antara sudut napkin dengan garis tengah. Untuk lebih mudahnya lihat gambar 🙂

  • Coba diulang yaitu lipatan napkin tadi untuk melipat bagian ujung kiri dan usahakan agar garis lipatan dan ujungnnya yang terbuka dpat bertemu.

  • Liptlah kembali ujung napkin bagian kanan yang jarnaknya kira kira 1/3 daro total jarak antara ujung napkin dengan garis tengah.

  • Ulangi hal yang sama untuk ujung yang satunya

  • Lipat bagian atas atau ujung napkin yang mempunyai bentuk kerucut kemudian lipatlah napkin tersebutdengan jarak kira kira 1/3 dari total panjang napkin.

  • Balik napkin agar posisi lipatannya berada dibawah.

  • Masukkan ujung napkin yang dilipat tadi ke bagian bawah sehingga napkin menjadi lebih rapi dan napkin berbentuk dasi pun siap.

The Shirt Napkin (Napkin berbentuk baju)

Jika tadi telah membuat napkin berbentuk dasi. Sekarang saatnya berkreasi lebih “liar” lagi dengan membuat napkin berbentuk baju!

Tips agar mudah membuat bentuk napkin seperti ini adalah Anda harus menggunakan napkin yang kaku dan perlu juga menggosok napkin sembari melitanya nanti. Tergantung Anda ingin serapi apa untuk membuat bentuk seperti ini.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membentangkan napkin secara terbalik.

  • Ujung kanan pada bagian atas diambil, kemudian dilipat secara diagonal mengarah ke bagian tengah napkin

  •  Lakukan hal yang sama untuk ujung yang lain sehingga sekarang napkin berbentuk persegi yang lebih kecil

  • Ambil ujung napkin yang berada di sebelah kanan dan lipatlah secara vertikal sampai bagian ujungnya menyentuh bagian tengah napkin.

  • Ulangi lipatan ini untuk ujung napkin yang satunya

  • Balik sisi napkin sehingga sisi yang ada lipatannya berada di bawah

  • Lipat bagian atasnya dengan garis lipatan, ukurannya kira kira 1/4 dari panjang napkin.

Kemudian balik lagi sisi napkinnya

  • Ambil ujung kiri atas dan kanan atas lalu lipat secara diagonal dan usahakan lipatan ini membentuk kerah baju. Jadi di kira-kira saja ya
  • Kemudian ambil ujung bawah napkin lalu lipat secara diagonal mengarah keluar. Garis lipatannya kira-kira 1/2 dari panjang napkin

  • Langkah terakhir lipatlah bagian bawah napkin yang mengarah ke atas, terus masukkan lipatannya disisi bawah napkin hingga menjadi contoh gambar diatas.

The Candle Fan

Namanya The Candle Fan Napkin terlihat cantik dan elegan tapi terlihat agak rumit. Namun, tidak terlalu rumit kok sebenernya, untuk bahannya di sarankan menggunakan napkin yang kaku dan berukuran besar agar bentuk bisa lebih elegan.

  • Hal pertama yaitu bentangkan napkin secara terbalik

  • Lipat sisi kanan dan kiri napkin secara vertikal dengan ujung dari napkin tersebut agar saling bertemu (bukan saling menimpa)

  • Ambil keempat ujung napkin, lipat dan arahkanlah ke luar secara diagonal

  • Gulung secara perlahan di bagian bawah, sampai kecil sehingga terlihat rapi

  • Dibagian atasnya, gunakan lipatan kipas atau lipatan yang digunakan untuk membuat kipas origami. Lipat terus hingga bertemu ujung napkin bawah yang digulung tadi

  • Lipat napkin dengan garis lipatan merupakan bagian napkin yang digulung

  • Masukkan ke gelas air minum agar tampilan napkin semakin cantik

The Basic Napkin Ring

Sebutannya The Basic Napkin terlihat rumit ya? namun Anda salah lipatan diatas justru merupakan lipatan yang paling mudah. Anda bisa menggunakan napkin dengan bahuan kaku dan lemes, dan juga jangan lupa gunakan cincin napkin untuk memasukan napkinnnya.

Bentangkan napkin yang tidak ada jahitannya berada di posisi atas, ambil bagian tengah napkin dan angkat secara perlahan, kemudian masukkan napkin kedalam cincin dimulai dari bagian tengahnnya yang diangkat tadi. Panjang bagian yang dimasukkan kira-kira 1/3 bagian.

Sedikit tips dalam hal lipatan napkin ini. Setrika napkin dengan menggunakan sedikit kanji. Hal ini ditujukan untuk membuat napkin mudah dilipat dengan jari dan mudah ditegakkan.

Dalam hal penyimpanan. Ketika selesai dibersihkan, napkin kain sebaiknya disimpan dalam keadaan tidak terlipat atau dengan sedikit lipatan saja, misalnya lipatan miring untuk menghemat ruang penyimpanan. Dengan penyimpanan yang seperti ini, napkin akan lebih mudah untuk dilipat dengan berbagai macam bentuk ketika akan digunakan lagi.

Lipatan Pocket atau Saku

Liptan yang berbentuk saku ini terkadang digunakan ketika akan piknik atau berlibur saja. Dengan bahan kertas maupun kain sama sama bisa untuk membentuk lipatan seperti ini.

  • Pertama-tama, lipat napkin dua kali dengan cara napkin dilipat menjadi dua, kemudian di lipat lagi.

  • Setelah membentuk seperti gambar, gulung lapisan pertama dari lipatan napkin samai kebagian tengah. Gulungan tidak harus membentuk silinder, tapi bisa dibentuk dengan melipat beberapa kali hingga sampai ke bagian tengah.

  • Balik napkin lalu lipatlah sisi kiri napkin ke bagian tengah. Lakukan hal yang sama dengan bagian kanan napkin.

  • Setelah kedua sisi napkin terlipat dengan rapi, balik posisi napkin dan sekarang terdapat tempat di bagian depan napkin yang bisa digunakan untuk memasukkan sendok, garpu maupun peralatan makan lainnya.

Lipatan Kipas atau Accordion

Lipatan napkin yang berbentuk kipas hal pertama yang harus dilakukan terlebih dulu adalah setrika dan taburilah sedikit kanji, tujuannya agar napkin mudah untuk dibentuk.

Sama halnya dengan membuat origami kipas dengan menggunakan kertas jadi mempunyai prinsip yang sama.

  • Pertama lipatlah napkin sedikit demi sedikit tidak terlalu besar dan terlalu kecil,  sampai ujung napkin bertemu dengan ujung napkin yang satunya.

  • Lipat napkin menjadi dua ketika semuannya terlipat, dengan posisi memanjang.

  • Agar tidak terurai kembali masukan bagian ujung napkin ke cincin.

Lipatan Tulip

Bentuk seperti ini memerlukan kain yang sudah di setrika dan ditaburi dengan kanji. Pertama-tama adalah melipat kain napkin menjadi dua bagian dan untuk jenis lipatan ini harus membentuk segitiga.

  1. Gunakan napkin dengan bentuk bujur sangkar, posisikan bagian yang terbuka dan bentuk segitiga berada diposisi atas.

  1. Setelah sesuai dengan posisi gambar diatas, lipat bagian kiri bawah kebagian terbuka yang berada di atas

  1. Lakukan hal yang sama untuk bagian kanan bawah napkin ini.

  1. Setelah kedua bagain terlihat rapi ;ipat kembali di bagaian sisi kiri bawah napkin ke arah tengah.
  2. Lakukan hal yang sama untuk bagian kanan bawah napkin.
  3. Setelah kedua bagian terlipat, baliklah napkin lalu ambilah sisi kanan napkin dan lipatlah ke sisi kiri, sehingga seperti pada gambar diatas. Perlu diingat bagian lipatan harus berada diluar jika ternyata terbalik napkin tidak akan terbentuk.
  4. Setelah terlipat tegakkan napkin dan bukalah dua sisinya yang terlipat lalu rapikan sehingga jadi seperti gambar diatas.

Lipatan Klasik

Liptan ini awalnya mirip dengan lipatan tulip, lipatlah napkin menjadi dua bagian sehingga berbentuk segitiga. Posisi bagian yang terbuka di atas, lalu ambil bagian terbukanya dan lipat kebawah sehingga membentuk segitiga kecil terbalik.

Putar posisi napkin 180 derajat hingga seperti gambar.

Ujung kiri napkin dilipat sampai bagian tengah ke arah bawah.

Ulangi hal yang sama untuk bagian kanan sampai membentuk seperti ketupat.

Lipat bagian bawah kiri napkin kearah atas bagian belakang.Lakukan hal yang sama dengan ujung kanan bawah.
Napkin di tegakkan dengan cara menjadikan dua bagian, dan napkin siap diletakkan di atas piring kosong sebagai salah satu hiasan meja.

Lipatan Peacock atau Merak

Lipatan peacock atau merak memerlukan napkin yang sudah disetrika dengan sedikit taburan kanji serta sebuah gelas, bisa juga digunakan water goblet sebagai tempat meletakkan napkin.

  1. Pertama yaitu melipat napkin secara diaginal sampai membentuk segitiga. Setelah itu, posisikan bagian segitiga yang terbuka diatas lalu lipatlah sisi kanan sampai ketengah napkin.

  1. Lipatlah sisi kiri ke bagian tengah napkin.Agar menjadi rapi berikan sedikit tekanan.

  1. Setelah kedua bagian rapi, lipat ujung bawah napkin hingga tepat kebagian tengah, sampai menyentuh sisi kiri dan kanan lipatan napkin sebelumnya.

  1. Lalu ambilah ujung lipatan bagian bawah napkin dan lipat sampai kebawah. Kira kira 2-3 cm atau sesuaikan dengan ukuran napkin

  1. Setelah lipatan membentuk kepala, lipatlah kembali menjadi dua dengan bagian tengahnya yaitu kepala dari merak.

  1. Setelah lipatan terlihat rapi, perlahan-lahan masukan badan merak kedalam gelas.

  1. Rapikan posisinya, buat atau atur seindah mungkin dan napkin siap dijadikan hiasan meja.

Lipatan Snowflake atau Salju

Napkin yang akan dibentuk dengan lipatan snowflake harus disetrika dengan menggunakan sedikit taburan kanji agar lebih mudah dibentuk. Lipatan ini menggunakan prinsip origami jadi langsung saja bagaimana cara caranya agar berbentuk salju ini.

Pertama-tama lebarkan napkin di atas meja tanpa dilipat, dan posisikan bagian ujung dari napkin berada di atas sehingga bentuknya menyerupai layangan. Setelah berada pada posisi yang benar, lipat kedua ujung napkin bagian atas dan bawah ke arah tengah.

Lakukan hal yang sama untuk ujung napkin bagian kiri dan kanan.

Setelah ujung semuanya terlipat ke tengan dan rapi, pelan pelan balikan napkin. Agar lipatan napkin tidak berantakan yaitu dengan memeganggi bagian ujung ujung lipatannya.

Setelah berhasil dibalik lakkan langkah langkah yang sama yaitu lipat kembali bagian ujungnnya.

Balik kembali napkin tersebut.

Lipat kembali semua sisinya ke arah tengah.

Untuk yang terakhir tarik semua sisinya keluar seperti membuat origami kertas, dan napkin akan membentuk seperti salju

Lipatan Ring

  • Lipatlah napkin menjadi segi empat lalu posisikan bagian ujungnya berada diatas sampai membentuk layangan.

  • Ambil bagian kiri napkin dan gulung sampai berbentuk silinder sampai ke tengah napkin. Gulung juga bagian kanan napkin sampai ke tengah.

  • Setela tergulung, masukkan napkin yang sudah terlipat kedalam cincin dan posisikan sisi yang terdapat pertemuan antara gulungan kanan dan kiri, usahakan sisi napkin yang dikanan dibagian atas.

Lipatan Cock Com / Bird of Paradise atau Burung dari Surga

Untuk melipat napkin agar berbentuk burung dari surga ini, diperlukan napkin yag sudah disetrika dan ditaburi dengan sedikit kanji tujuannya agar napkin lebih kaku dan mudah untuk dibentuk.

  1. Lipatlah napkin menjadi berbentuk segiempat kemudian posisikan ujung lipatan yang terbuka ke bagian bawah napkin.

  1. Semua ujung napkin dilipat dan yang terbuka ke arah atas sehingga membentuk segitiga sama kaki.

  1. Sisi kanan napkin di ambil dan dilipat ke arah tengah, sedikit berikan tekanan agar lipatan napkin menjadi rapi.

  1. Lipat juga sisi kiri napkin ke bagian tengah napkin.

  1. Kedua sisi terlipat dengan rapi kemudian lipat sisi bawah yang terbentuk kebagian belakang napkin.

  1. Lipatlah semua bagian bawah napkin lalu rapikan dengan cara ditekan.

  1. Tegakkan napkin dan buka sedikit bagian atasnya.

  1. Bagian ujung napkin yang terlihat diatas, dipegang dan tariklah satu persatu sampai 20-45 derajat.

Tips Tips Melipat Napkin

Tips Tips Melipat Napkin

  • Selalu ditempat bersih dan ering saat mau melipat napkin
  • Menggunakan napkin dengan melihat bagian luar dan dalamnya, agar memudahkannya dalam mengikuti petunjuk.
  • Hindari dengan menggunakan bahan kain katun asli atau linien karna lebih susah dan membutuhkan waktu lama.
  • Jenis napkin biasannya ukurannya yaitu bujur sangkar.
  • Bekan mana sisi luar dan dalamnya, cara melihatnya yaitu sisi dalam biasannya ada jahitannya. Hal ini begitu penting agar lipatan napkin yang dihasilkan terlihat rapi dan sesuai standar.

Sumber Picture: studipariwisata.com

Jenis lipatan seperti ini bisa sangat jarang ditemukan.

Bagaimana menurut Anda? Silakan komentar di bawah ini sekarang! 🙂

Semoga macam macam lipatan napkin (serbet) dapat menginspirasi Anda untuk berkreasi lebih banyak.

Nurfasta

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *