Kerajinan Kulit

Tas Kulit

Kerajinan Kulit – Kabupaten garut tidak hanya populer karena kerajinan kulit saja. Garut juga terkenal daerahnya asri, kekayaan budaya, dan tentunya dengan wisata kuliner yang terkenal akan keunikannya. Jika anda menghabiskan weekend time atau bahkan berlibur di kabupaten garut.

Anda wajib mengunjungi suatu daerah yang terkenal akan kerajinan kulitnya yang berkualitas. Daerah itu bernama sukaregang. Tidak lengkap rasanya jika anda tidak berkunjung dan membeli pakaian atau kerajinan kulit disana dengan harga yang agak berbobot.

Namun sebanding dengan kualitas produk yang dihasilkan. Pusat kerajinan kulit ini tepatnya berada dikampung sukaregang, kecamatan karangpawitan kabupaten Garut Jawa Barat. Dari Alun-alun garut lokasi ini hanya berjarak satu kilometer.

Di lokasi tersebut dapat ditemukan 90 toko penjual kerajinan kulit asli Garut. Dimana jika anda perhatikan toko-toko tersebut berjejer dari jalan ahmad yani sampai jalan gagak Lumayung yang berjarak sekitar dua kilometer.

Di sukaregang juga terdapat 8 pabrik penyamakan kulit berskala besar. Berbagai produk kerajinan berbahan kulit dapat ditemukan disana dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp100.000 sampai Rp600.000.

Mengenai aktifitas pengrajin kulit maka ketika anda sampai di TKP maka anda akan melihat aktifitas para pengrajin yang melakukan berbagai macam kegiatan. Ada yang memotong bahan, membuat pola jahitan, membuat tali selempang, dan menjahit.

Disanalah proses pembuatan dilakukan secara langsung karena produksi kerajinan kulit di sana merupakan home industri atau produksi rumahan. Rata-rata produksi tiap produsen perbulannya mencapai 2.000 potong jaket.

Pada proses produksi mempunyai tingkat kesulitan tersendiri seperti antara proses pembuatan  jaket dengan tas kulit. Kesulitan terbesar adalah dalam proses penjahitan karena teknik menjahit dan perangkat yang digunakan berbeda dengan teknik pengerjaan tas biasa.

Hanya dengan kesalahan dalam proses menjahit ini ini akan sangat berdampak pada permukaan tas, sehingga menyebabkan cacat. Para penjahit disana wajib memiliki keterampilan Serra pengalaman yang baik sehingga proses produksi bisa mencapai target dengan sempurna.

Produsen kerajinan garut juga memasarkan produknya hingga tersebar di pulau Jawa dan Sumatra. Bahkan sudah menembus pasar mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Jepang dan Taiwan. Untuk mendapatkan kulit hewan sebagai bahan pembuatan kerajinan kulit asli garut tidaklah sulit.

Karena kabupaten garut merupakan daerah perternakan domba garut yang sudah tersebar di berbagai wilayah di kabupaten garut. Seperti daerah Wanareja, Cikajang, cilawu, Cibalong dan pameungpeuk.

Model yang ditawarkan pun bervariasi selain dari desain perpaduan pengrajin anda juga bisa memesan desain secara suka-suka (costum). Industri kerajinan kulit asli garut ini mampu menampung ribuan tenaga kerja.

Besarnya tenaga kerja ini benar-benar sesuai dengan besarnya permintaan berbagai macam produk berbahan kulit. Untuk masyarakat sukaregang industri kulit tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mereka. Karena kerajinan kulit tersebut telah menjadi perekonomian pokok warga sukaregang.

Macam-macam Kerajinan Kulit Garut

  • Tas Kulit

Tas Kulit
Tas Kulit

Untuk anda yang hobi jalan-jalan pastinya membutuhkan kantong tambahan untuk menyimpan barang anda seperti HP, dompet, kosmetik dan lain sebagainya. Tas kulit bisa menjadi jawaban nya. Selain simple dan nyaman tas kulit juga cocok untuk anda yang ingin tampil klasik namun mewah.

 

  • Jaket Kulit

Jaket Kulit
Jaket Kulit

Peminat jaket kulit rata-rata adalah bikers atau anggota club motor. Alasannya selain membuat tampilan menjadi gagah jaket kulit juga tahan angin dan dapat menjadi suhu tubuh lebih tetap stabil. Akan tetapi model jaket kulit bukn hanya untuk para riders saja. Masih banyak model jaket lainnya seperti slim fit, tipe mafia, dan lain sebagainya.

  • Sepatu Kulit

Sepatu Kulit
Sepatu Kulit

Sedangkan untuk sepatu kulit yang umum orang tau itu modelnya hanya untuk orang kantoran saja. Tapi janganlah salah sekarang model sepatu kulit sudah banyak seperti model untuk hiking bahkan model untuk anak muda sangatlah bervarian.

  • Ikat Pinggang

Ikat Pinggang Kulit
Ikat Pinggang Kulit

Ikat pinggang berbahan kulit sering kita temukan sejak dulu. Dan ikat pinggang kulit ini sangatlah awet eksklusif juga banyak model nya.

  • Dompet Kulit

Dompet Kulit
Dompet Kulit

Dikalangan wanita dompet adalah barang yang selalu dibawa kemanapun pergi terlebih lagi para sosialita yang ingin mempunyai dompet murah namun berkualitas, dompet kulit bisa menjadi jawabannya.

  • Jok Kendaraan Bermotor

Jok Kulit
Jok Kulit

Untuk aksesoris ini mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa di garut anda bisa menemukan jok dengan bahan kulit asli. Tentunya jika kendaraan anda joknya dilapisi dengan kulit asli siapa yang tak suka melihat nya.

  • Bungkus Helm

Bungkus Helm

Untuk anda yang suka touring jarak jauh anda wajib memiliki ini juga untuk melindungi helm anda dari air bahkan gesekan sekalipun. Atau ketika Anda punya helm classic anda bisa membungkusnya dengan bahan kulit agar terlihat kesan retro.

  • Sofa

Sofa
Sofa

Ruang anda tidak terlihat mewah jika tidak menggunakan sofa yang dibungkus dengan kulit asli karena kulit asli memiliki permukaan yang sangat halus sehingfa nyaman jika bersentuhan langsung dengan kulit.

 

  • Gelang Dan Gantungan Kunci

Ganci
Ganci

Buat anda yang tidak membawa uang banyak ketika ke kabupaten garut. Anda bingung beli oleh-oleh pengen barang mewah tapi murah, gelang dan gantungan kunci kulit bisa menjadi pilihan anda.

Baca Juga : Kumpulan dari Kaca

  • Tempat Korek Api

Tempat Korek Api
Tempat Korek Api

Buat anda para smoker pasti tidak lupa selalu membawa korek api tidak jarang juga korek api anda hilang ketika jalan-jalan. Tempat korek api ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menghindari peristiwa tersebut.

  • Sarung HP / Gadget Dan Power Bank

Sarung HP
Sarung HPSarung HP

Untuk anak milenial yang suka membawa gadget beserta jajarannya sarung HP dan power bank dari kulit bisa menjadi andalan, ketika kantong kamu tidak cukup menampung barang elektronik anda.

Produk-produk dalam negri tentu terjaga keasliannya. Kemudian kualitas dan mutu terjamin, harga lebih murah dari yang lain karena barang langsung dari produsen. Model beragam bahkan bisa desain secara kostum atau sesuai keinginan sendiri. Kerajinan kulit garut merupakan produk yang dihasilkan asli secara homemade atau buatan rumahan namun sudah terjamin kualitasnya. Baik di Indonesia maupun mancanegara. Tips memilih kerajinan kulit yang asli yang paling mudah adalah datang langsung ke toko atau pabriknya. Sehingga kita tau keaslian produk tersebut dengan pasti apabila anda membeli dari reseller anda wajib mengecek barang tersebut dengan teliti . Dalam mengenai harga anda bisa memastikan nya secara online jangan sampai anda tertipu dengan tawaran harga yang cukup menggiurkan.

 

Jenis Kulit Binatang Untuk Bahan Kerajinan Kulit

Jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan memiliki karakteristik dan sifat tekstur khas. Ukuran kulit hewan umumnya tidak seragam. Beberapa binatang yang kulitnya paling berharga dibuat menjadi kerajinan tangan yang harganya paling mahal.

Contoh produk kerajinan dari kulit binatang adalah jaket, sepatu, sandal, tas, sarung tangan, topi dan ikat pinggang. Ada beraneka macam jenis bahan dari kulit yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan jaket kulit.

Pada dasarnya semua kulit hewan bisa digunakan sebagai material jaket kulit. Kamu perlu memperhatikan kualitas dan karakteristik nya. Beberapa hewan yang kulitnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan kulit adalah kulit sapi, kulit bison, rusa, kambing, domba, babi dan anak sapi.

Salah satu manfaat kulit hewan bagi manusia adalah digunakan sebagai bahan baku pembuatan jaket kulit. Tidak ada jenis kulit terbaik untuk jaket Karen setiap jenis kulit memiliki karakteristik yang unik dan daya tahan yang berbeda.

Kamu perlu tahu tujuan kamu beli jaket kulit. Apakah untuk pemakaian luar atau dalam ruangan. Berikut ini beberapa jenis kulit binatang untuk bahan baku kerajinan kulit.

  • Kulit Sapi

Kulit sapi
Kulit sapi

Jaket kulit sapi paling dicintai para pecinta jaket kulit karena kelebihannya. Kelebihan kulit sapi adalah sebagai berikut :

  • Tersedia dalam jumlah banyak
  • Harganya lebih murah
  • Karakteristik nya lebih baik dibandingkan jenis kulit hewan lainnya seperti lebih keras, lebih tahan lama
  • Memiliki daya tahan  yang baik terhadap air dan debu

Jaket kulit motor terbaik umumnya dibuat dari kulit sapi. Jaket yang dibuat dari kulit sapi memang didesain untuk digunakan dalam aktivitas outdoor. Jaket dari bahan kulit sapi memberikan perlindungan yang baik dari pengaruh  cuaca dan udara.

Namun kamu perlu waktu untuk membiasakan pemakaian nya saat baru beli karena jaket dari kulit sapi punya tekstur yang cenderung lebih kaku. Beberapa produsen dan konveksi jaket kulit motor mampu membuat model jaket kulit untuk tampilan casual dan formal.

  • Kulit Bison

Karakteristik kulit bison sangat mirip dengan kulit sapi terutama dalam hal kekuatan dan ketahanannya. Kulit bison ini memiliki pola serat alami yang tidak dimiliki oleh kulit sapi. Kulit bison terlihat simple. Karakteristik tekstur kulit bison ini mampu memberikan perlindungan maksimal untuk pengendara motor sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi bikers pecinta jaket kulit.

  • Kulit Rusa

Kulit Rusa
Kulit Rusa

Ciri kulit Rusa adalah rapat dan memiliki daya tahan yang sangat bagus. Karena karakteristik tersebut kulit Rusa tidak hanya cocok dijadikan jaket kulit tetapi ideal dibuat sarung tangan dan tas kulit. Tekstur kulit Rusa sangat lentur. Semakin sering kamu pake jaket kulit Rusa maka akan semakin empuk dan nyaman. Kulit Rusa memiliki sifat daya tahan sama dengan kulit sapi tetapi lebih lembut teksturnya dan lebih elegan ketika dipakai.

  • Kulit Kambing

Kulit Kambing
Kulit Kambing

Jaket kulit kambing juga tak kalah menarik dari bahan jaket kulit lainnya. Seperti kulit Rusa, kulit kambing juga bertekstur lembut ringan dan lebih lentur daripada kulit sapi. Semakin lama jaket kulit kambing dipakai maka penampilannya akan lebih baik dibandingkan dengan beli baru.

Namun tetap mendapatkan perawatan yang baik dan benar. Kulit kambing juga memiliki pola yang khas dengan serat kerutan pada permukaan nya. Tentara angkatan laut dan angkatan udara Amerika Serikat menggunakan jaket kulit kambing yakni model G-1 dan A-2.

  • Kulit Domba

Banyak pencinta jaket kulit menyebutkan bahwa kulit domba memberikan kelembutan dan kelenturan dan kenyamanan pemakaian yang paling bagus dibandingkan jenis kulit lainnya. Kulit domba adalah creme de la creme untuk kategori leather.

Kulit ini punya tekstur yang mewah dan memberikan kelebihan yang lengkap secara alami yakni elegan sangat lembut dan ringan serta tahan lama. Jaket kulit yang terbuat dari kulit Domba dapat dipakai dengan nyaman sepanjang tahun.

Beberapa jenis kulit binatang untuk bahan kerajinan diatas sangat populer di Indonesia banyak perusahaan konveksi, pabrik dan sentra industri kerajinan kulit yang menggunakan nya sebagai bahan baku.

  • Kulit Anak Sapi

Jaket kulit anak sapi tidak berbeda jauh dengan jaket kulit sapi. Namun jaket dari kulit anak sapi dinilai lebih lembut lebih terasa nyaman dan permukaan yang lebih halus. Karakteristik kulit anak sapi adalah lebih tebal dan lebih berat dibandingkan kulit sapi.

Oleh karena itu jaket dari kulit anak sapi bisa dikatakan merupakan kombinasi antara jaket kulit anak sapi dan jaket kulit domba karena lentur seperti kulit sapi dan terasa ringan seperti kulit domba.

  • Kulit Kuda

Karakteristik kulit kuda sedikit lebih kaku dibandingkan kulit sapi dan sangat durable. Tekstur kulit kuda adalah grain lebih halus dan berkilau. Pengrajin perlu usaha lebih untuk mengolah kulit kuda yang kaku.

  • Kulit Kangguru

Kulit kangguru mirip dengan kulit sapi perbedaannya adalah kulit kangguru lebih tipis dan lebih keras. Kulit kangguru tidak lazim dibuat menjadi kerajinan kulit sehingga kalau pun ada harganya menjadi premium atau mahal.

  • Kulit Buaya Dan Aligator

Kulit buaya dan aligator sangat mirip. Cirinya adalah pola kotak-kotak pada permukaan kulit. Kulit buaya memiliki folikel yang terlihat pada setiap kotaknya sedangkan pada kulit aligator tidak terlihat. Jaket kulit buaya sangat mahal.

Harganya bisa 20 kali lebih mahal. Harganya bisa 20 kalo lebih mahal dibandingkan kulit sapi atau kulit domba.

Susunan Acara Buka Bersama

Dik Dik
5 min read

Susunan Panitia

Dik Dik
5 min read

Susunan Acara Halal Bihalal

Dik Dik
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *