Kerajinan Kaca

Vas bunga

Kerajinan Kaca – Dengan kerajinan kaca ini kita dapat tampil beda dengan sejumlah inovasi yang juga ternyata berhasil mempertahankan lahan bisnisnya dari gempuran produk-produk impor. Menampilkan suasana ruangan yang berbeda dengan kesan mewah pun ternyata bisa dilakukan dengan berbagai produk kerajinan kaca.

Tidak hanya itu bagi usaha-usaha semacam kafe pun akan sangat membutuhkan produk fungsional dari kaca ini untuk memberikan pelayanan lebih kepada para pelanggan nya. Lantas apa saja nilai lebih dari sekedar piring atau gelas kaca yang anda gunakan sehari-hari.

Perpaduan kaca yang disempurnakan dengan warna-warna menarik serta hiasan lainnya akan memberikan kesan yang sangat berbeda. Apalagi bagi tamu atau pelanggan yang berdatangan ke kafe-kafe.

Kerajinan kaca ini sering dipakai produk perusahaan sebagai pajangan maupun produk fungsional. Berbagai jenis kaca termasuk kaca bekas pun dapat diolah kembali menjadi aneka produk menarik dengan nilai jual tinggi.

Kita bisa gunakan 100% kaca bekas atau campuran 30% hingga 50% kaca bekas. Semakin banyak unsur kaca bekas yang digunakan maka produk kacanya kurang bening. Hal ini terjadi lantaran pada umumnya kaca bekas sudah terkontaminasi dengan debu atau kotoran yang mengandung zat besi atau zat kimia lainnya.

Namun demikian kualitas produk kerajinan kaca tetap sama antara kaca bekas ataupun baru. Dan hanya berpengaruh pada warnanya saja. Kerajinan kaca ini termasuk bentuk kerajinan yang tidak mudah dalam proses pembuatan nya.

Memang tidak mudah mengolah kaca menjadi berbagai produk menarik tersebut. Butuh keahlian dan teknik khusus untuk bisa memproduksi berbagai produk kerajinan itu. Salah satu Seniman dibidang kerajinan kaca ini bernama Harsono.

Harsono adalah Seniman yang pandai dan pintar berkreasi di atas kaca. Tangannya pandai meliuk merangkai dan membentuk berbagai produk kaca yang menarik. Sejatinya pria kelahiran Medan 1960 ini pernah mempelajari secara khusus teknik membuat produk kerajinan kaca dan keramik di Kanada, tahun 1982 silam.

Sudah ribuan produk kerajinan kaca yang berhasil dia produksi sejak usaha (kerajinan kaca) ini dimulai pada 1992 lalu. Ada beragam produk yang dapat dia hasilkan baik fungsional maupun sekedar sebagai pajangan.

Ada piring, tempat minum, vas bunga, dan berbagai hiasan-hiasan juga aksesoris lainnya. Seniman ini juga berkata bahwa ketelitian dan ketekunan menjadi modal pokok dalam mengerjakan usaha produksi kaca ini.

Meskipun lebih sulit dari keramik dia punya alasan sendiri memilih produk kerajinan kaca ini. Selain tuntutan pasar ternyata seni merangkai kaca pun lebih beragam. Demikian halnya teknik yang digunakan.

Ada teknik centrifugal (cairan kaca yang dibentuk melalui sebuah wadah yang berputar), Ada juga teknik press (membentuk produk sesuai cetakan atau mal yang tersedia) , teknik tiup dengan menggunakan pipa stainless dan beberapa lainnya.

Teknik-teknik tersebut bisa kita ciptakan sendiri sesuai dengan bentuk dan jenis produk yang akan kita buat. Sebagai pengusaha sekaligus Seniman kaca maka kreativitas tentu menjadi hal mendasar dalam mengembangkan usahanya.

Produk yang dihasilkan pun tak sekadar piring yang digunakan untuk makan dan gelas minum yang hanya sebagai wadah air minum atau anggur merah. Kreativitas nya melahirkan berbagai inovasi baru untuk mendesain dan merancang berbagai produk cantik dan menarik.

Kalau dulu kan hanya digunakan untuk membuat piring atau tempat minum saja. Jadi sekarang bukan hanya sekedar hanya menjadi tempat makanan tapi juga pada seni penyajiannya yang lebih menarik.

Demikian halnya pada jenis piring untuk hiasan/pajangan. Kreativitasnya pun tak mengenal batas. Seperti dengan hiasan kangkung atau slempang muncul dalam segi empat agak melengkung. Teksturnya pun bisa dimunculkan dengan penuh guratan yang khas dan unik.

Demikian halnya pada produk lain seperti stoples. Jenis ini pun tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, maupun warna. Ada yang polos namun ada juga yang berpola ukiran dan lainnya. Sementara produk-produk lainnya seperti pernak-pernik atau aksesoris pun dihadirkan dengan model dan corak yang lebih modern dan bervariatif.

Misalnya tempat-tempat lilin, vas bunga, dan lainnya. Menggunakan kombinasi pada kerajinan kaca. Tidak semata kaca yang digunakan untuk memproduksi beragam produk. Persaingan bisnis yang semakin tinggi terus memicu insting seninya untuk berkreasi dan berinovasi.

Beberapa pengusaha kerajinan kaca pun berani menghadirkan produk lainnya yang dikombinasi dengan Kaca-kaca hasil produksi. Sebut saja kura-kura aksesoris ini menggunakan kaca sebagai alas bawah (kaki dan tangan) Juga kepala dari kaca.

Sementara punggung nya merupakan jenis batu alam yang memiliki corak serta tekstur unik. Ada pula sangkar burung unik yang juga tak luput dari kaca sebagai pemanisnya. Beberapa produk furnitur seperti meja maupun hiasan dinding yang menggunakan kayu juga tak luput dari kreativitas para pembuat kerajinan kaca.

Arah kami memang lebih pada kreativitas sehingga tidak hanya kaca saja yang kami produksi, kami juga bisa padukan dengan metal/besi, akrilik, atau beberapa lainnya – ujar Harsono. Produk-produk tersebut terdapat sangat diminati oleh hotel-hotel, restoran, kafe, kantor maupun rumah-rumah.

Mereka tidak mau hanya tampilan biasa-biasa saja mereka maunya yang berbeda dari lainnya. Maraknya pembangunan hotel dan restoran akhir-akhir ini turut pula mendongkrak penjualan hasil kerajinan kaca.

Tak hanya itu pasar luar negeri pun sangat meminati produk kerajinan kaca ini. Produk Harsono pernah dipasarkan ke Singapura, Malaysia, Prancis, Italia, dan beberapa negara lainnya. Biasanya yang mencapai jutaan itu seperti vas-vas yang besar atau produk dengan desain khusus. Atau yang menggunakan beberapa unsur material tambahan.

Maka berikut adalah berbagai contoh kerajinan kaca :

Kerajinan Tangan Dari Kaca Menjadi Gelas Motif Bunga

Vas bunga
Vas bunga/ Sumber Image : youtube.com

Alat dan Bahan:

  • Gelas anggur (gelas bertangkai)
  • Cat yang dapat digunakan untuk kaca (tinggal tanyakan saja ke toko bangunan terdekat)
  • Kuas cat (beberapa ukuran sesuaikan kebutuhan melukis)
  • Kalau perlu contoh gambar dari internet

Cara Membuat:

  • Perlu diingat bahwa pekerjaan ini dikerjakan hanya pada bagian luar gelas (katering di luar kaca). Biarkan imajinasi anda melayang untuk berfikir apa jenis bunga yang ingin anda buat dan bagaimana cara pandang anda dari bagian dalam gelas. Untuk hasil terbaik gunakan warna-warni yang kontras.
  • Mulailah dengan warna terang dan kemudian menggunakan warna yang lebih gelap untuk lapisan kedua dan seterusnya. Lihatlah beberapa bunga nyata untuk inspirasi atau carilah gambar bunga melalui internet. Mulailah dengan menggambar inti bunga. Gunakan cat kuning dan coklat untuk membuat titik-titik kecil disekitar batang kaca. Setelah kering lukis bagian atas dengan  warna kuning terang.
  • Buat gambar batang bunga anda dengan mengecat batang kaca menggunakan warna hijau. Gambar juga beberapa lembar daun berwarna hijau pada bagian dasar gelas dan bebaskan kreasi anda untuk menambahkan sedikit anggur atau desain lainnya.
  • Buat beberapa detail untuk lapisan pertama dengan menggambarkan bentuk kelopak, benang sari dengan garis-garis, atau desain pilihan anda. Anda juga bisa melukis rincian untuk kelopak anda langkah ini seperti Titik-titik kecil atau vena. Biarkan cat mengering seluruhnya.
  • Buat gambar kelopak pertama jika anda berencana memiliki lebih dari satu kelopak maka lakukan cara yang sama berulang-ulang. Pastikan cat benar-benar kering terlebih dahulu sebelum menambahkan lapisan baru atau warna biru.
  • Pada saat anda melukis bagian lapisan akhir pastikan juga memoles pada bagian bawah menuju batang untuk menutupi inti warna.
  • Tambahkan sentuhan akhir seperti nama anda, gambar kupu-kupu atau lebah dan gelas anggur anda.

Kerajinan Kaca Menjadi Gelas Hias Dari Botol Kaca Bekas

 

Alat dan Bahan :

  • Botol kaca atau botol plastik bekas
  • Cairan isi korek gas
  • Seutas tali
  • Wadah kecil
  • Korek api

Cara Membuat:

  • Siapkan sebuah botol kaca bekas dan seutas tali. Selanjutnya siapkan sebuah botol bekas dan seutas tali lalu ikat botol tersebut dengan seutas tali pada bagian botol yang anda ingin potong. Setelah tali diikatkan dengan botol lalu ambil kembali tali tersebut tanpa membuka ikatannya.
  • Lalu setelah tali diikatkan dengan botol ambil kembali tali tersebut tanpa membuka ikatannya. Kemudian tuang cairan isi korek gas ke dalam sebuah wadah kecil secukupnya saja. Dan celupkan tali ke dalam wadah yang berisi cairan isi Korea gas tadi. Celupkan hingga seluruh tali basah terkena cairan. Pasang kembali tali tadi pada botol bekas.
  • Setelah tali dicelupkan semua ke dalam cairan isi korek gas lalu pasang kembali tali tadi pada botol bekas. Langkah selanjutnya bakar lah tali yang telah terpasang pada botol dengan menggunakan korek api. Putar botol agar api bisa membakar tali dengan rata. Tunggu sampai terdengar suara botol retak. Segera siram bagian botol yang terkena tali terbakar
  • Setelah anda mendengar suara retakan pada botol segara siram bagian botol yang terbakar dengan menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan air keran yang mengalir setelah sebelumnya botol terkena api yang sangat panas lalu disiram dengan air dingin secara tiba-tiba maka botol akan patah tepat pada bagian yang diikatkan tali.
  • Setelah botol telah terpotong sempurna. Maka haluskan permukaan botol yang pecah anda bisa menggunakan amplas atau kikir agar bagian botol yang pecah menjadi halus.
  • Botol kaca bekas telah selesai dipotong dan siap dipakai untuk membuat aneka kerajinan tangan dari bahan botol kaca bekas lainnya.

Kerajinan Kaca Menjadi Gelas Kaca Lilin Hias

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Sisa lilin yang bekas dipakai (usahakan dengan berbagai macam warna, semakin banyak warna semakin bagus)
  • Gelas kaca dengan ukuran kecil
  • Sumbu lilin (bisa dicari di toko-toko kerajinan)
  • Spidol waterproof

Cara Membuat :

  • Iris halus lilin bekas sampai menajdi butiran-butiran seperti pasir
  • Hias gelas kaca dengan gambar dan tulisan dengan spidol waterproof
  • Masukkan sumbu lilin sambil menuangkan butiran-butiran lilin yang diiris secara halus ke dalam kaca
  • Kemudian dipadatkan kembali agar sumbu lilin bisa tegak (jika memiliki aneka warna lilin dapat dimasukkan dengan cara diselang-seling

Kerajinan Botol Kaca Atau Toples Kaca Bekas Menjadi Hiasan Dekoratif

Cara Membuat :

  • Buang label merk bekas minuman atau makanan yang masih menempel. Jika label merk makanan dan minuman menempel kuat mungkin diperlukan perendaman didalam cairan deterjen pencuci piring selama beberapa hari
  • Bersihkan botol kaca atau toples kaca sehingga tampak bening.
  • Perhatikan bentuk botol atau toples kaca bekas sehingga anda dapat membayangkan ornamen penghias apa yang cocok untuk ditambahkan padanya
  • Atau siapkan tema tertentu untuk botol anda misal ingin menjadi menghias dengan tema terarium, tema vas bunga potong, tema natural, tema klasik, tema lux(mewah), tema lukisan Mesir kuno, tema lukisan cina, dan sebagainya.
  • Siapkan bahan-bahan ornamen penghias botol kaca bekas yang diperlukan
  • Aplikasikan pada botol kaca atau toples bekas anda
  • Pajang ditempat yang sesuai perhatikan tema dengan ornamen yang diberikan sehingga selaras
  • Bersihkan secara berkala atau ganti bagian-bagian yang sudah rusak atau layu. Pelihara dan berikan pupuk alami yang cukup untuk tanaman terarium anda. Untuk tanaman dengan media air ganti paling tidak 2 kali seminggu sehingga tidak ada jentik-jentik nyamuk yang hidup didalamnya dan tentu saja untuk menjaga air didalam botol kaca bekas anda tetap bening.

Kerajinan Dari Batu

Toha Mahfudi
4 min read

Kerajinan Dari Lilin

Toha Mahfudi
5 min read

Kerajinan Tekstil

Toha Mahfudi
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *