Kerajinan Dari Lilin

Kerajinan Lilin

Kerajinan Dari Lilin – Kita banyak menjumpai berbagai jenis lilin yang biasa-biasa saja. Padahal lilin yang dapat dijadikan hiasan yang sangat bagus bahkan bisa dijadikan sebagai lilin mainan (plastisin). Agar anda tidak bosan dengan lilin-lilin yang ada di rumah anda kerajinan dari bahan lilin ini akan mengubah suasana hati anda.

Kerajinan ini menghasilkan berbagai kerajinan seperti bunga, hewan, tumbuhan, dan masih banyak lagi. Yang pasti sesuai dengan keinginan anda. Kerajinan dari bahan lilin ini termasuk dari kerajinan bahan lunak.

Adapun pembahasan mengenai lilin meliputi jenis-jenis lilin, cara membuat kerajinan lilin, teknik pembuatan kerajinan lilin, dan contoh produk kerajinan dari bahan lilin beserta gambar kerajinan dari lilin.

Lilin hias merupakan buah dari kreativitas Seniman dalam mengolah benda-benda disekitarnya. Hasil kreasi ini kemudian digunakan untuk beberapa keperluan salah satunya souvenir pernikahan. Nah agar kamu juga bisa membuat hal yang sama mari kita lihat penjelasan seperti yang berikut ini.

Kerajinan Lilin
Kerajinan Lilin Sumber Image : kerajinanindonesia.id

Sejarah Lilin

Lilin yang biasa kamu nyalakan dan tidak dipedulikan itu ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang dan telah digunakan untuk menerangi perayaan selama lebih dari 5.000 tahun.

Sejarah lilin dimulai dari bangsa Mesir kuno yang membuat lampu kilat atau obor dengan merendam inti buluh yang belepotan dalam lemak hewan yang meleleh. Di abad selanjutnya (sekitar 3000 SM-sekarang) Orang-orang telah membuat lilin dengan cara yang berbeda. Berikut penjelasan singkat nya :

  • Orang-orang Romawi kuno membuat lilin dengan mencelupkan gulungan papirus berulang kali dalam lemak leleh atau lilin lebah.
  • Banyak peradaban awal lainnya mengembangkan lilin jenuh menggunakan lilin yang terbuat dari tanaman atau serangga yang tersedia.
  • Lilin buatan cina kuno dikatakan telah dicetak dalam tabung kertas menggunakan kertas beras gulung untuk sumbu dan lilin dari serangga asli yang dikombinasikan dengan biji.
  • Di Jepang lilin terbuat dari lilin yang diekstrak dari kacang pohon
  • Di India lilin dibuat dengan merebus buah pohon kayu manis
  • Pada abad pertengahan orang-orang awal bergantung terutama pada lilin yang dihasilkan dari lemak hewani
  • Pada masa ini lilin lebah mulai dibuat dan sebatas untuk upacara gereja.
  • Di zaman kolonial wanita Amerika membuat lilin dengan merebus buah beri
  • Lilin dari minyak paus di produksi pada abad 18 dan disebut sebagai spermaceti
  • Pada tahun 1820-an ahli kimia prancis Michel Eugene chevreul menemukan cara mengekstrak asam stearat dari asam lemak hewani menghasilkan lilin stearin yang terkenal di Eropa sampai saat ini
  • Lilin parafin diperkenalkan pada tahun 1850-an setelah ahli kimia mempelajari cara memisahkan zat lilin yang terbentuk secara alami dari minyak bumi dan memurnikan nya
  • Lilin terus berkembang hingga abad 20 dan dipopulerkan untuk hadiah dan bingkisan dengan berbagai bentuk, warna dan tambahan aroma.

Itulah gambaran pembuatan lilin dari sebelum Masehi hingga saat ini. Ternyata lilin bukan hanya sebagai penerang saja namun juga digunakan dalam upacara-upacara agama.

Selain itu lilin dari minyak bumi yang kita kenal sekarang ternyata juga merupakan wujud inovasi manusia yang terus berlangsung sepanjang zaman.

Pengertian Kerajinan Dari Lilin

Dulu lilin digunakan dari bahan alang-alang sebagai sumbunya dan lemak sapi sebagai bahan bakarnya. Lilin ditemukan jauh sebelum adanya berbagai jenis lampu yang penggunaan nya menggunakan listrik sebagai sumber energi sehingga lilin dulu memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Penggunaan lilin sudah sejak 3000 SM yang mana waktu itu hanya menggunakan alang-alang sebagai sumbunya dan lemang sapi yang mengandung asam steart sebagai bahan bakar yang menyelimuti sumbunya.

Setelah tercipta listrik kini fungsi lilin menjadi tersisihkan lilin hanya dijadikan sebagai penerangan darurat yang digunakan ketika listrik terjadi pemadaman. Lilin memiliki sumbu yang letaknya dibagian tengah dan dilapisi lilin yang padat.

Ternyata lilin selain berfungsi sebagai penerang juga dapat dijadikan sebagai mainan plastisin.

Jenis-jenis Lilin Atau Kerajinan Lilin

Setelah mengetahui sekilas tentang lilin anda juga perlu tahu tentang jenis-jenis lilin biasa yang dapat digunakan untuk kerajinan dari bahan lilin hias. Berikut macam-macam kerajinan dari bahan lilin.

  • Lilin Pilar

Lilin Pilar
Lilin Pilar Sumber Image : anugrahjayabandung.blogspot.com

Digunakan untuk penerangan yang menghasilkan cahaya ambien. lilin pilar mempunyai kulit tebal dan berbentuk seperti silinder. Lilin ini merupakan jenis lilin hias terbaik yang digunakan untuk menerangi rumah dengan menggunakan penahan lilin agar tidak panas ketika memegangnya. Agar lebih indah anda bisa mengukir lilin ini dengan bentuk yang anda suka. Karena ukiran ini memiliki karya seni yang tinggi.

  • Lilin Makan Malam

 

Dilihat dari namanya lilin ini biasanya digunakan untuk makan malam yang memiliki bentuk silinder dan sedikit meruncing ke arah atas.

  • Lilin Aroma

Lilin beraroma selain digunakan untuk penerangan fungsi yang lebih penting nya untuk memberikan ketenangan ketika lilin dinyalakan dan memberi aroma yang wangi. Dalam pembuatan lilin ini dicampuri dengan cairan parfum sehingga menebarkan wewangian. Fungsi lilin aroma : sebagai pelengkap sebuah acara, sebagai pewangi ruangan.

  • Lilin Gel

Lilin gel terbuat dari parafin, wite oil, anti lengket, pewarna dan parfum jika dikehendaki lilin gel atau biasa disebut dengan lilin jeli memiliki bentuk transparan. Karena lilin gel ini berbentuk transparan maka lilin ini dituang diberbagai wadah yang bening seperti kaca dengan bentuk yang berbeda-beda.

  • Lilin Mengambang

Kerajinan dari lilin mengambang memiliki keunikan tersendiri. Lilin mengambang memang sengaja dibuat untuk mengambang diatas air agar dapat menciptakan keindahan tersendiri. Selain itu lilin mengambang memiliki aroma.

  • Lilin Ulang Tahun

Lilin ulang tahun adalah lilin yang digunakan untuk penyiapan saat ulang tahun. Lilin ulang tahun menjadi suatu keharusan atau kewajiban yang harus ada saat acara ulang tahun sehingga dengan adanya lilin ulang tahun dan kue ulang tahun menjadi kado yang paling istimewa dalam hidup seseorang. Bentuk lilin ulang tahun : biasa, angka, huruf dll.

  • Lilin Elektrik (Flameless)

Lilin elektrik yang berbentuk Led Flameless dalam penggunaan nya memang di desain khusus agar tidak menimbulkan asap, lelehan, api. Penggunaan pada lilin elektrik ini sangat simple dan mudah dibawa kemana-mana dan tentunya dalam pembuatan lilin elektrik ini berbeda dengan yang lainnya.

 

Cara Membuat Kerajinan Dari Lilin Hias

Agar anda dapat membuat nya dirumah kami akan memberikan langkah-langkah dalam pembuatan lilin hias yang mudah dan cukup simple tanpa mengurangi hasil yang indah.

  • Alat-alat dan bahan membuat kerajinan dari lilin warna-warni :

Sebelum masuk ke tahap cara membuat kerajinan dari bahan lilin. Terlebih kita harus tau mengenai barang yang dibutuhkan selama proses pembuatan.

  • Crayon
  • Sendok
  • Panci
  • Sendok
  • Lilin
  • Mangkok stainless
  • Cetakan agar-agar (untuk membentuk lilin baru)
  • Langkah-langkah membuatnya :

Setelah menyiapkan alat atau menyiapkan lilin hias warna-warni. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat kerajinan lilin tersebut dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Siapkan panci lalu masukkan air satu liter kemudian rebus sampai mendidih.
  • Kemudian letakkan mangkok stainless stel diatas air tersebut dan biarkan kompor tetap menyala.
  • Masukkan lilin dan crayon yang sudah dipotong kecil-kecil didalam mangkok tersebut. Setelah lilin meleleh buang sumbu yang ada pada lilin tersebut.
  • Kemudian tuangkan lilin yang sudah berwarna tersebut kedalam cetakan agar-agar atau jeli
  • Kemudian matikan kompor tunggu sampai lilin mengering kemudian angkat lilin dari cetakan.
  • Tahap terakhir cuci peralatan dan bersihkan semua ruangan yang digunakan.

Tips Dalam Membuat Kerajinan Dari Lilin Hias

Untuk membuat sebuah kerajinan lilin kita juga perlu memperhatikan hal-hal didalam nya agar hasil lebih maksimal. Berikut tips dalam membuat lilin hias warna-warni.

  • Akan lebih baik jika alat untuk merebus menggunakan stainless stel karena mangkuk stainless stel bersifat menghantarkan panas
  • Gunakan warna crayon yang sesuai dengan yang anda inginkan. Warna ini bertujuan untuk memberi warna pada lilin
  • Jika mematikan kompor usahakan sampai lilin dituang di cetakan karena akan menjaga lilin tetap meleleh.

 

Teknik Pembuatan Kerajinan Dari Lilin

Adapun teknik ukir dalam pembuatan kerajinan lilin hias ada tiga diantaranya adalah :

  • Teknik Ukir

Adalah dengan cara membuat lilin dengan alat pahatan untuk mengurangi sebagian lilin yang bertujuan untuk menimbulkan bentuk sesuai yang diinginkan. Dan tentunya akan menghasilkan suatu benda yang indah.

  • Teknik Leleh (cair)

Leleh atau mencairkan lilin dilakukan dengan cara memotong lilin kecil-kecil kemudian diletakkan dipanci kecil dan direbus di atas panci yang sudah di isi air mendidih. Teknik ini dapat menghasilkan kerajinan lilin yang sangat menarik dan menjadi hiasan yang unik. Adapun contoh kerajinan lilin teknik leleh biasa berbentuk bunga, bentuk bola, bentuk hewan dll.

 

Teknik Pemberian Warna

Teknik pewarnaan pada kerajinan lilin menggunakan pewarna seperti crayon yang dicampur dengan lilin yang sebelumnya sudah dipotong-potong dan kemudian dimasukkan didalam Microwave /alat untuk memanaskan makanan atau lilin.

Untuk menghasilkan warna-warni bisa dilakukan dua atau tiga kali pewarnaan yang sebelum dituang menunggu tuangan pertama mengeras jadi juga bisa dengan mudah membuat kerajinan lilin sendiri di rumah. Anda sudah mempersiapkan bahannya.

 

Manfaat Lilin Dalam Bidang Kesehatan

Jenis lilin yang digunakan dalam bidang kesehatan berasal dari lilin lebah. Berikut ini beberapa diantara manfaatnya :

  • Membuat kosmetik
  • Pengisi lubang pada gigi berlubang
  • Lilin lebah juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk mengobati luka
  • Mengobati penyakit lupus
  • Membersihkan kotoran telinga
  • Dan mengatasi masalah kulit

Itulah beberapa manfaat lilin. Demikian penjelasan mengenai kerajinan lilin. Semoga menginspirasi waktu senggang kita agar lebih bermanfaat. Dan semoga bermanfaat.

Kerajinan Kaca

Toha Mahfudi
6 min read

Kerajinan Dari Batu

Toha Mahfudi
4 min read

Kerajinan Tekstil

Toha Mahfudi
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *