√9+ Kegiatan Yang Wajib Diikuti Mahasiswa/Mahasiswi MEC

Kegiatan Yang Wajib Diikuti– Hai teman-teman semua, selamat datang di Nurfasta, kali ini saya akan membahas tentang kegiatan yang wajib diikuti jika menjadi mahasiswa/mahasisiwi MEC. Sebelum Saya membahas kegitan yang wajib diikuti, saya akan membahas dulu tentang apa sih MEC itu.

MEC yaitu singkatan dari Mandiri Entrepreneur Center (MEC) adalah program pelatiahan sekaligus pendidikan untuk anak-anak yatim yang  lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat, dan batas usinya sampai berumur 21.

Program ini bertujuan memberikan ketrampilan khusus bagi adik-adik yatim guna mencetak tenaga ahli dibidangnya, berjiwa entrepreneur serta memiliki karakter pribadi muslim yang mengutamakan jujur, amanah, dan professional.

Bagi kalian yang masih duduk dibangku SMA/SMK/MA sederajat khususnya yang mau lulus bingung nih mau kemana, mau kuliah ga ada biaya, mau kerja belum punya skill ketrampilan nah kalian bisa tuh daftar di Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Caranya mudah kok tinggal klik disini.

Nah saya rasa cukup untuk membahas MEC, saatnya kembali ke topik yaitu 12 kegiatan yang wajib diikuti selama menjadi mahasiswa/mahasiswi MEC.

 

 Sholat Wajib 5 Waktu

 

Sholat 5 waktu adalah sholat yang dikerjakan dengan waktu tertentu yaitu sebanayak lima kali sehari. Shalat ini hukumnya fardhu’ain (wajib) berjamaah bagi mahasiswa maupun mahasiswi MEC, tetapi ada terkecuali bagi mahasiswi yg berhalangan.

Bahkan jika salah satu dari mahasiswa ikhwan yang (masbuk) tertinggal pada rakaat pertama maka ada teguran bagi mereka yang tertinggal, jika nantinya diulangi atau melakukannya perbuatan yang sama maka kosekkuensinya biasanya dari salah satu mentor yang akan siap menghukumnya.

Kultum Shubuh, Magrib, Isya

 

Kultum juga sifatnya wajib bagi mahasiswa/mahasiswi MEC, dikarenakan agar setiap mahasiswa terbiasa berbicara didepan umum meski saat ini didepan temannya sendiri hehe. Kultum yang yang bisa dikatakan singkatan dari kuliah tujuh menit maka mahasiswa di perbolehka kultum tidak lebih dari tujuh menit, materi yang di sampaikan yaitu seputar agama, tidak boleh melihat buku/catatan, dan wajib didahului mukhodimah.

Harapan dari kegiatan kultum tersebut selain agar mahasiswa terbiasa berbicara didepan umum, agar juga bisa mengamalkan atau jika kembali kerumah sudah terbiasa dan tidak minder ataupun gerogi.

 

 

Akademik

Kegiatan akademik- Kegiatan akademik ini dimulai setelah hafalan para mahasiswa/mahasiswi biasanya kegiatan ini dimulai jam 08:00 pagi dan sampai kurang lebih jam15:00 sore.

Untuk selesainya pun terkadan sampai jam 17:00 jika ada tugas tambahan dari dosen masing-masing, berbeda dengan jurusan Manajemen Zakat mereka selesai kurang lebih jam 13:00, yang dimaksut selesai dikelas MZ pelajaran untuk di sekitar kampus. Nah setelah mereka selesai pelajaran akdemik di sekitar kampus mereka biasanya yaitu keasling yaitu mencarai donatur untuk siapa aja yg mau mensedekahkan harta mereka, untuk minimalnya kemungkinan kurang lebi 10rb.

Berbeda dengan kampus MEC dengan yang lainya adalah yang mereka pelajari adalah seputar prodi mereka masing-masing ada sekitar 7 prodi untuk dikampus MEC Surabaya sendiri, Mulai dari, TKJ, Auntansi, Kuliner, Desain Grafis, Otomotif dan Manajamen Zakat.

Untuk Kleas Otomotif kelas mereka berada di daerah jalan raya dikarenakan MEC bekerja sama dengan JSTC yang nantinya setelah magang dan bekerja langsung kerja di AHHAS.

 

AL MA’TSUROT PAGI DAN SORE

Al Ma’tsurot- Yang kita kenal dengan zikir pagi dan sore kegitan ini dijadikan amalan yang dilakukan para mahasiswa setelah sholat shubuh, untuk yang memimpin Al ma’tsurot sendiri dari para mahasiswa mereka bergeliran mulai dari asmaul husna dan al ma’tsurot dengan melihat jadwal masing-masing.

Selain membaca mereka juga nantinya disuruh oleh mentor untuk menghafal bacaan tersebut, kegitan ini dilakukan 2 kali sehari yaitu habis sholat shubuh dan jam 17:00, bagi para mahasiswa tanpa ijin dan keperluan tidak mengikuti kegiatan tersebut otomatis akan ada kosekuensi bagi yang telat dan tidak ikut.

Tilawati

Tilawati- Tilawati adalah sebuah metode membaca dengan mengunakan nada lagu ross, salah satu lagu yang digunakan membaca Al Quran. Metode tilawatih inilah yang nantinya dikenalkan pada para mahasiswa/mahasiswi.

Untuk kegiatan Tilawati ini dimulai jam habis sholat magrib sampai datngnya waktu sholat isya, kegiatan ini dilakukan pada hari selasa, rabu, dan jum’at. Para mahasiswa nantinya di bagi jadi 3 kelompok yaitu peratama

  • Kelas A, kelas ini dihuni oleh mahasiswa yang belom bisa atau kurang lancar dalam membaca Al Quran
  • Kelas B, Kelas ini dihuni oleh mahasiswa yang lumayan bisa tapi kurang lanacar atau belom paham betul tajwid

    Huruf Hijaiyah dan Makhorijul Huruf (Tempat Keluar Huruf)

  • Kelas C, Kelas ini dihuni oleh mahasiswa yang sudah mahir dalam bacaan Huruf Hijaiyah dan Makhorijul Huruf (Tempat Keluar Huruf)

Untuk yang mengajar sendiri dari pihak MEC bekerja sama dengan Pesantren Nurul Falah selaku yang mengarang Tilawati tersebut, dan nantinya jika sudah selesai Tilawatinya biasanya ada yang namanya Standarisasi Santri dan Guru, Yaitu mereka semua di tes membaca Quran dengan halam yang sudah ditentukan oleh Guru yang mengetest mereka. Dari tes tersebut nantinya ada hasil yang Lulus Santri dan Guru.

 

Diniyah

Diniyah- Kegiatan ini dilakukan setelah sholat isya sampai jam setegah 9 malam, untuk harinya dilakukan pada hari senin, selasa, rabu, kamis pembahasan yang dibahsa olehg uztadnya sekitar tentang Akidah,Fiqih,dan dll.

Khitobah

Kegiatan Khitobah- Khitobah dilakukan pada hari jum’at biasanya kegiatan ini dilakukan habis isya, gunanya selain terbiasa berbicara di depan umum bisa juga sebagai latian mental dan menghilangkan rasa gerogi. Setiap satu bulan sekali biasanya diadakan duel yaitu mahasiswa lawan mahasiswi, untuk menambah semangat juga terkadang ada hadiahnya loh :D.

 

 

Building Learning Power (BLP)

BLP- Building Learning Power adalah suatu kegiatan untuk menilai tentang diri kita, sejauh mana diri kita berkembang dengan suatu ukuran indikator. BLP sendiri dilakukan dengan melihat tolak ukur pada nilai, yang dinilai disini adalah. Rasa syukur, kepedulianya, semangatnya, impianya,dan dll.

 

Entrepreneur

Entrepreneur- Entrepreneur kegiatan yang wajib dilakukan dikarenakan mereka dilatih untuk berdagang agar membuat mental meraka semakin kuat, tidak malu serta sudah terbiasa menjadi seorang pembisnis. Untuk membuat mereka semakin tertantang lagi biasanya pihak dari manajemen memberi reward, Berupa hadiah terkadan alat-alat tulidan dan perlengkapan sabun bagi mereka yang mendapatkan uang terbanyak dalam satu bulan.

Ada reward dan pastinya juga ada panisment biasanya pihak manajemen yang bisa dikatakan dihukum untuk mahasiswa/mahasiswi yang tidak mencapai target, hukumanya biasanya berupa tidak dapat jatah makan selama satu bulan setiap hari sabtu dan minggu saja.

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu saja karna dua hari tersebut dikatakan hari libur.

Terimakasih ya teman-teman sampai disini dulu postingan kali ini. Terima kasih sudah membaca, saya mohon maaf jika ada salah kata dan kurang lengkap. Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua sampai jumpa lagi dipostingan selanjutnya.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *