45 Jenis Tanaman Bonsai yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias Rumah Kamu

Jenis Tanaman Bonsai- Tanaman Bonsai adalah pohon kerdil dan biasanya dapat ditanam dalam pot. Secara umum, tanaman bonsai dibuat sebagai miniatur dari bentuk asli pohon tua besar di habitat aslinya sebagai hiasan dan sebagai tujuan pembelajaran.
Dengan kehadiran tanaman bonsai, Anda bisa melihat keindahan pohon-pohon yang awalnya berukuran besar terdapat di halaman rumah Anda sendiri.
Berikut ini jenis jenis tanaman bonsai yang cocok sebagai tanaman hias:

Jenis Tanaman yang Bisa di Bonsai

Tanaman Bonsai
Jenis Tanaman Bonsai

Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan dalam pot dangkal yang tujuannya adalah membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar dan memiliki usia tua yang bebas di alam.

Istilah bonsai itu sendiri digunakan untuk seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan pohon / tanaman dangkal dan apresiatif, keindahan bentuk cabang, daun, akar pohon, batang dan pot dangkal yang menjadi tempat atau wadah.

Berikut ini jenis jenis tanaman yang bisa di bonsai :

Bonsai Sakura

Tanaman Bonsai Sakura
Jenis Tanaman Bonsai

Bunga sakura ini sangat terkenal di Jepang. Warna-warna bunga yang indah akan membuat suasana rumah Anda terlihat indah. Sebagai informasi, di Jepang, makanan olahan dari daun dan bunga Sakura akan mudah ditemukan.

Menariknya, Anda juga bisa minum bunga ini seperti teh lho. Celupkan beberapa daun Sakura ke dalam air hangat, tunggu beberapa menit dan kemudian Anda dapat minum minuman bunga sakura Anda.

Bonsai Azalea

Jenis Bonsai Azalea
Jenis Tanaman Bonsai

Salah satu jenis tanaman bonsai terbaik dengan bunga-bunga indah untuk mempercantik rumah Anda, Bonsai Azalea. Azalea adalah spesies Rhododendron indicum yang berasal dari Jepang. Bunganya berwarna merah muda jika mekar terlihat sangat menarik.

Pastikan kelembapan tanah agar Azalea Bonsai Anda di rumah Anda bisa bertahan dan mempercantik bagian dalam dan luar rumah untuk waktu yang lama.

Bonsai Adenium

Jenis Tanaman Bonsai Adenium
Jenis Tanaman Bonsai

Jenis tanaman bonsai terbaik berasal dari tanaman genus Adenium. Asal mula bunga asli ini berasal dari dataran Afrika dan Arab. Namun di Indonesia sudah banyak perkembangan. Bunga ungu dan nada putih akan menghiasi rumah Anda agar lebih berwarna.

Cara merawatnya cukup mudah, seperti tanaman, umumnya Adenium perlu disiram secara teratur dan diletakkan di tempat yang memiliki sinar matahari.

Bonsai Pinus

Bonsai Pinus
Jenis Tanaman Bonsai

Bonsai Pinus juga bisa menjadi pilihan kamu untuk mempercantik rumah Anda. Toppers Kita perlu, bahwa pinus adalah genus. Ini berarti ada banyak spesies pohon pinus. Karena itu, Anda bisa memilih jenis pinus apa yang cocok untuk lingkungan rumah Anda.

Secara umum, pinus yang sering ditemukan adalah dari spesies Pinus thunbergii. Bonsai pinus memiliki penampilan yang unik, dengan daun yang terlihat seperti lukisan.

Jenis Pohon Beringin/Bonsai Karet

Bonsai Beringin
Jenis Tanaman Bonsai

Tumbuhan ini memiliki batang yang mudah dibentuk. Ini karena batang pohon beringin karet memiliki karakteristik yang fleksibel, seperti karet. Bentuk pohon beringin memiliki bentuk yang indah dan menarik, sehingga sangat cocok untuk tanaman bonsai.

Selain itu, pohon ini juga memiliki daun yang lebat sehingga menjadi bonsai yang unik dan menarik. Banyak pohon beringin ditanam di sekitar rumah untuk digunakan sebagai tanaman hias, serta tempat berteduh.

Bonsai Fonschia

Bonsai Fonschia
Jenis Tanaman Bonsai

Tanaman Bonsai Fonschia termasuk dalam daftar rekomendasi sebagai tanaman hias. Sebenarnya, pohon ini memiliki beberapa jenis bunga dengan bentuk dan warna yang berbeda untuk setiap jenis. Namun Anda dapat yakin bahwa jenis yang Anda pilih, Bonsai Fuschia akan membuat rumah Anda lebih indah dan menarik.

Bonsai Wisteria

Bonsai Wisteria
Jenis Tanaman Bonsai

Bonsai Wisteria adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendekorasi rumah Anda karena bunganya memiliki warna yang bagus. Pastikan untuk mengganti media tanam Anda secara teratur karena media tanam yang dibiarkan terlalu lama dapat membawa beberapa penyakit.
Pohon wisteria aslinya tidak terlalu besar ukurannya. Ciri khasnya adalah daun biru muda atau ungu yang terlihat seperti air hujan.

Bonsai Cemara

Bonsai Cemara
Jenis Tanaman Bonsai

Anda dapat menyimpan cemara bonsai di rumah sebagai hiasan untuk mempercantik rumah Anda. Pohon cemara sendiri adalah tanaman yang sangat ikonik. Jadikan rumah Anda lebih khas.

Bonsai Santigi

Bonsai Santigi
Jenis Tanaman Bonsai

Jenis-jenis tanaman Bonsai Santigi dapat menjadi pilihan untuk mendekorasi rumah Anda. Bentuk yang menarik ini bisa diletakkan di dekat jendela untuk menghiasi ruang tamu. Bentuk batang dan cabang-cabangnya yang bercabang banyak akan membuat sinar matahari dari luar terlihat menarik.

Sekilas, bila dilihat, tanaman Bonsai Santigi ini memberi kesan klasik ke rumah Anda, cocok untuk ruangan atau taman dengan warna gelap atau cokelat.

Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri
Jenis Tanaman Bonsai

Salah satu tanaman bonsai terbaik adalah anting putri. Bentuk batangnya unik, tegak lurus dengan batang dan biasanya memiliki beberapa cabang yang bisa tumbuh dalam pot.

Anda dapat memasang bonsai jenis ini di rumah Anda di dekat ruang tamu atau jendela untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup saat memperindah rumah. Jangan lupa untuk membersihkan gulma yang tumbuh di dekat tanaman bunga Anda!

Bonsai Maple

Bonsai Maple
Jenis Tanaman Bonsai

Maple terkenal karena daunnya yang indah dan berwarna-warni. Pohon maple memiliki beberapa jenis dengan warna daun yang berbeda, seperti ungu, merah muda dan biru. Tanaman yang biasa ditanam di Jepang ini akan membuat suasana rumah Anda lebih berwarna dan terlihat lebih hidup.

Bonsai maple akan sangat cocok jika ditempatkan di taman atau ruangan dengan latar belakang putih, sehingga penampilannya lebih mencolok dan mengikat.

Bonsai Baobab

Bonsai Baobab
Jenis Tanaman Bonsai

Siapa yang tidak kenal pohon bonsai ini dari Afrika dan Australia? Pohon Baobab sangat terkenal karena tampilannya yang unik dan cantik. Tanaman ini, biasa disebut Adansonia, memiliki bentuk yang bagus jika dijadikan tanaman bonsai.

Tanaman bonsai Baobab memiliki ciri khas batang yang besar, tetapi daunnya kecil dan terletak di ujung batang pohon. Ini menunjukkan bahwa itu sangat unik dan menarik, bukan?

Jenis Bonsai Tanaman Liar

Jenis Bonsai Tanaman Liar
Jenis Bonsai Tanaman Liar.
  • Bonsai Tanaman Liar Sancang (Premna Microphylla)

Pohon Sancang adalah salah satu jenis tanaman yang paling lembab atau memiliki banyak air di batangnya.

Tanaman ini biasanya ditemukan di sawah dan rawa-rawa.

Tanaman sancang tampak sangat menarik jika digunakan sebagai tanaman bonsai. Ini karena tanaman Sancang memiliki tekstur batang yang sangat unik dan bentuk akar yang sangat baik dan menawan. Itu sebabnya saat ini bonsai Sancang memiliki banyak pecinta.

Biasanya, pembuat tanaman bonsai akan menambah sarana untuk menanam batu atau membentuk akarnya dengan menggunakan kerutan ekstrim untuk meningkatkan nilai artistik.

  • Tanaman Bonsai Liar Loa (Ficus Racemosa)

Pohon Loa adalah tanaman asli yang ditemukan di Australia, Malaysia, benua India, dan Asia Tenggara.

Hanya di Indonesia, tanaman loa sering ditemukan di beberapa daerah hutan tropis dan banyak juga yang hidup di sungai dan rawa. Karena pohon loa ini mengandung banyak air.

Pohon loa umumnya digunakan sebagai tanaman pelindung. Bonsai loa saat ini sangat populer di kalangan penggemar bonsai di Indonesia. Bonsai ini dapat mencapai harga jutaan atau bahkan puluhan juta, jika memiliki kriteria loa yang baik dan kriteria lainnya.

  • Tanaman Liar Waru (Hibiscus Tiliaceus)

Dalam beberapa tahun terakhir telah banyak kemajuan baru yang dikembangkan oleh pecinta tanaman bonsai, salah satunya adalah menerapkan teknik bonsai untuk tanaman waru dan bonsai waru adalah tanaman bonsai liar yang sudah tersedia di sawah.

Jenis Bonsai Langka

Jenis Bonsai Langkah
Jenis Bonsai Langkah

Bonsai Asam Londo

Bonsai Asam Londo
Tanaman Bonsai

Tanaman asam londo sebenarnya sangat mirip dengan asam Jawa. Yang membedakannya adalah asam londo, yang merupakan tanaman yang berasal dari luar negeri, sedangkan asam jawa merupakan tanaman asli nusantara. Tanaman ini sengaja diimpor dari luar negeri khusus untuk membuat tanaman bonsai.

Salah satu kelebihan pohon asam panjang adalah umurnya yang panjang, batangnya kuat dan bentuknya unik. Karena itu, banyak orang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman bonsai.

Bonsai Cemara Duri

Bonsai Cemara Duri
Tanaman Bonsai

Secara umum, cemara adalah tanaman yang memiliki tekstur kayu keras yang unik dan serat kayu bundar. Pohon ini bisa hidup lama dan beberapa bisa bertahan hingga ratusan tahun. Itu sebabnya banyak menggunakan pohon ini sebagai tanaman bonsai.

Duri cemara memiliki bentuk daun kerucut yang sangat besar. Batang pohon juga sangat mudah dibentuk sehingga tanaman bonsai dapat dibuat dengan bentuk yang unik. Secara umum, hasil tanaman bonsai ini dijual dengan harga yang cukup tinggi. Bonsai ini termasuk jenis pohon bonsai termahal.

Bonsai Langka Brazilian Rain Tree

(Chloroleucon tortum) adalah pohon hujan asli daerah Brasil dan bonsai ini diimpor.

Di Indonesia, tidak ada, adanya di hutan liar.

Pohon hujan Brasil (Chloroleucon tortum) sekarang banyak dimiliki oleh pecinta bonsai, karena mudah tumbuh dan di budidayakan dengan mencangkok dan memotong.

Tanaman ini cocok untuk dijadikan tanaman bonsai, tetapi bonsai ini adalah jenis bonsai langka karena beberapa di antaranya tidak ditemukan di hutan Indonesia.

Tanaman Bonsai Buah

Tanaman Bonsai Buah
Tanaman Bonsai Buah

Bonsai Delima

Bonsai Delima
Tanaman Bonsai

Anda tentu tahu buah delima bukan? Ternyata buah yang mengandung banyak biji yang tercakup dalam daging buah manis juga dapat digunakan sebagai salah satu tanaman terbaik untuk bonsai. Anda masih dapat menikmati buah untuk membuat jus segar, salad buah, dan banyak lagi.

Sebagai informasi, buah delima itu sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan, Toppers. Diantaranya mempercantik kulit, mengurangi peradangan, mengatasi radang tenggorokan, hingga mengurangi kolesterol.

Bonsai Anggur

Bonsai Anggur
Tanaman Bonsai

Apa yang terjadi jika anggur menjadi tanaman bonsai? Tampaknya, tanaman merambat yang kita kenal setiap hari cukup indah jika digunakan sebagai tanaman Bonsai. Tenang saja, meski diperkecil, tanaman anggur bonsai masih bisa berbuah.

Justru karena buahnya, pohon bonsai anggur akan membuat sekeliling rumah Anda terlihat indah, dan Anda bahkan dapat menikmati anggur segar yang dikumpulkan dari tanaman Anda sendiri.

Bonsai Sianci (Barbados Cherry)

Bonsai Sianci (Barbados Cherry)
Tanaman Bonsai

Bonsai sianci ini istimewa karena bersandar pada ukuran buah yang relatif kecil dengan warna merah cerah, ukuran daunnya juga kecil, sehingga cukup proporsional, dan warna bunga ungu yang menarik mata.

Membuat Bonsai Sianci juga tidak sulit, karakter tanamannya cukup bandel dan mudah tumbuh di sebagian besar wilayah Indonesia.

Ada juga banyak benih sianci yang ditemukan di penjual tanaman.

Jika Anda tidak menemukan benih di tempat tinggal Anda, banyak juga yang menawarkan biji barbados cherry yang dapat dibeli secara online. Baik dalam bentuk biji maupun cangkok.

Saya lebih suka membeli bibit, karena akan berbuah lebih cepat dan lebih baik.

  • Buah Naga
  • Jambu Air

Jenis Pohon Bonsai Termahal

Jenis Pohon Bonsai Termahal
Jenis Pohon Bonsai Termahal

Tumbuhan bonsai adalah termasuk tumbuhan unik dan menarik maka tidak jarang orang menjual ataupun membelinya dengan harga murah. Disini kami akan memberikan info tentang jenis pohon bonsai termahal.

  • Bonsai Beringin

Bonsai beringin termasuk dalam kategori bonsai termahal, karena mempunyai batang yang mudah dibentuk menjadikannya tanaman bonsai yang unik dan menarik bila dijadikan hiasan.

  • Bonsai Bougenville

Bougenville atau sering disebut bunga kertas, adalah jenis tanaman yang disebut Bougainvillea. Spesies yang banyak ditanam di Indonesia adalah Bougainvillea glabra. Secara umum, warna bunga yang dihasilkan tanaman ini adalah merah muda ungu, itu akan memperindah rumah Anda jika bonsai ini dipasang sebagai hiasan.

Bougenville memiliki bunga ungu yang indah, tipis, dan lebat. Jadikan taman di halaman rumah terlihat lebih hidup dan menarik.

  • Bonsai Cemara

Sama halnya dengan bonsai beringin, bonsai cemara juga memiliki batang pohon yang mudah dibentuk seunik mungkin sesuai apa yang Anda inginkan. Maka dari itu bonsai ini termasuk kategori bonsai termahal.

 

Jenis Bonsai dan Harganya

Tanaman bonsai ini terkenal sebagai tanaman eksotis yang memiliki keindahan eksotis. Mengapa disebut demikian? Karena tanaman bonsai sebenarnya adalah tanaman seni yang dalam bentuk penuh dengan rasa keindahan. Kombinasi antara rasa seni, teknik, dan waktu yang lama.

Ya, dalam beberapa hal yang membuat bonsai terlihat lebih unik dan cantik, dengan usia mereka yang semakin bertambah. Dan ini akan membuat tanaman ini memiliki harga yang semakin mahal.

Beberapa kelompok menyebut bonsai sebagai tanaman bergengsi (bonsai hias), tetapi banyak juga yang menjadi pengumpul bonsai karena mereka menyukainya.

Hobi mahal, menanam bonsai dan mengumpulkan tanaman ini. Dan tidak semua tanaman bisa dijadikan tanaman bonsai. Untuk itu harga tanaman bonsai begitu mahal, berikut daftar harga tanaman bonsai yang ada di Tokopedia.

Jenis Tanaman Bonsai Kisaran  Harga Tanaman Bonsai
Bonsai Bougenville Rp 41.000 – Rp 7.000.000
Bonsai Beringin Rp 5.000 – Rp 20.000.000
Bonsai Adenium Rp 850 – Rp 5.000.000
Bonsai Azalea Rp 10.000 – Rp 99.000
Bonsai Anggur Rp 600 – Rp 2.625.000
Bonsai Pinus Rp 1.800 – Rp 150.000
Bonsai Maple Rp 1.500 – Rp 575.000
Bonsai Baobab Rp 8.100 – Rp 750.000
Bonsai Sakura Rp 2.000 – Rp 1.100.000
Bonsai Delima Rp 440 – Rp 2.200.000
Bonsai Anting Putri Rp 10.000 – Rp 107.000
Bonsai Santigi Rp 500 – Rp 500.000
Bonsai Cemara Rp 35.000 – Rp 33.500.000
Bonsai Wisteria Rp 1.500 – Rp 110.000
Bonsai Fuschia Rp 80.000 – Rp 229.000

Pohon yang Bisa Dijadikan Bonsai

  • Pohon Melati
  • Pohon Wahong
  • Pohon Wareng
  • Bonsai Pohon Rukem
  • Pohon Walikukum
  • Pohon Ampelas (Ficus ampelas)
  • Pohon Kaliage
  • Pohon Jeruk Krikil (Triphasia tripolia)
  • Pohon Kawista / Kawista Batu (Feronia limonia)
  • Pohon Azalea (Rhododendrum indicia)
  • Pohon Cempaka Kuning (Michelia Champaka)
  • Bonsai Tanaman Liar Sancang (Premna Microphylla)
  • Pohon Duwet atau Jamblang (Eugina cumini)
  • Pohon Kemuning (Murraya panniculata)
  • Pohon Landepan (Baleria prionotis)
  • Tanaman Bonsai Preh (Ficus Retusa)
  • Tanaman Bonsai Cemara Udang (Casuarina Equisetifolia)
  • Tanaman Bonsai Kupa Landak ( Syisigium caulifora )
  • Bonsai Hokianti (Carmona Retusa)

Ini adalah artikel tentang jenis tanaman bonsai, pohon yang bisa dijadikan tanaman bonsai dan juga kisaran harga tanaman bonsai. Kami telah merancang artikel ini dari beberapa sumber Wabsate, untuk memudahkan Anda dalam membaca, terima kasih. Semoga bermanfaat!

Jenis Tanaman Bonsai

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *