20+ Jenis Ikan Koi yang Perlu Kalian Ketahui

Jenis Ikan Koi

Jenis Ikan Koi – Jenis ikan koi beraneka ragam. Ragam jenis ikan memang banyak sekali, mulai dari ikan yang umum di konsumsi, ikan yang dipelihara, ataupun ikan hias. Nah, bicara soal ikan hias kira-kira jenis apa nih yang paling kalian suka.

Beberapa diantaranya seperti ikan badut, berta, sampai dengan ikan koi. Pasti kamu menyebut ikan koi sebagai pilihan ikan hias paling populer. Jelas saja hal ini karena ikan koi sendiri bernilai lebih mahal di bandingkan dengan jenis ikan hias biasa lain.

Tapi yang perlu kamu tahu terdapat 20 jenis ikan koi dengan variasi corak menarik dengan harga yang berbeda-beda juga. Kira-kira manakah pilihan dari semua jenis tersebut.

Jenis Ikan Koi
Jenis Ikan Koi

Jenis-jenis Ikan Koi

Jenis dari ikan koi ternyata memang beragam, jadi bukan hanya satu saja. Ikan yang masih berkerabat dengan ikan mas ini ternyata dibedakan berdasarkan warna kulitnya. Tetapi yang paling unik disini, penamaan koi menggunakan nama-nama dalam istilah Jepang.

Padahal kamu sendiri tentunya tidak mengenal lebih sejatinya ikan ini berasal dari mana. Lantas mengapa begitu?. Alasan mengapa ikan ini mendapat nama dari istilah Jepang, konon karena ikan ini pada mulanya memang populer disana.

Artinya koi tidak berasal dari negeri matahari terbit tersebut. Sedangkan untuk membedakan ciri-ciri tubuh dari ikan koi ini mengusung warna yang mirip-mirip untuk jenis satu dengan lainnya. Namun pada dasarnya terdapat tiga warna dasar yang dimiliki ikan koi yakni hitam, putih, orange.

Tak heran jika kamu sendiri kesulitan menentukan satu nama dan 20 jenis ikan koi tersebut.

Sejarah Mengenai Ikan Koi

Kendati populer di Jepang sana, faktanya ikan koi tidak berasal dari Jepang. Telah ditemukan sebuah buku kuno yang membahas tentang sejarah ikan koi dan ini menjadi temuan arkeologis. Hal ini disebut-sebut sebagai referensi tertua terkait ikan koi.

Disana juga disebutkan bahwa koi justru berasal dari daratan Cina. Jadi ikan koi ini habitat aslinya terletak di perairan tawar cina. Disimpulkan bahwa selama ini masyarakat telah salah kaprah lantaran menganggap koi sebagai jenis ikan yang berasal dari Jepang.

Seperti yang telah disampaikan, penamaan koi mengambil dari istilah Jepang karena populer disana. Selain itu, pengembangan Varietas koi hingga jumlah ratusan seperti sekarang memang terjadinya di Jepang. Para pecinta koi di negara inilah yang menjadi pelopor nya.

Terlepas dari semua hal tersebut jenis ikan koi memang sudah terlanjur dikenal dari Jepang. Orang Indonesia sendiri mungkin masih awam degan nama-namanya, dan masih banyak beranggapan koi berasa dari Jepang.

Namun terkecuali para pecinta ikan hias itu sendiri yang tentunya sudah mengorek seluk beluk sejarahnya. Kebanyakan nama ikan koi sengaja dibuat dengan teknik fusion atau penggabungan dari dua nama induknya.

Untuk harganya sendiri, masing-masing membawa nominalnya berbeda dari 20 jenis ikan koi ini. Tetapi yang pasti untuk satu ekornya saja terbilang cukup mahal.

Jenis Ikan Koi Lokal

Jenis ikan koi lokal yang sering di jumpai memiliki warna antara lain adalah putih, merah, kuning, hitam, metalik, dan abu-abu. Kami pun menyediakan aneka macam jenis ikan koi lokal yang berkualitas.

  1. Ikan Koi Kohaku
Ikan Koi Kohaku
istanakoi.id

Pertama-tama kamu dikenalkan dengan Kohaku. Jenis ikan koi Kohaku adalah spesies koi yang memiliki warna tubuh putih dengan corak kemerahan di atasnya. Adapun ciri-cirinya yakni nampak seperti sapi berwarna putih merah.

Kohaku sendiri sangatlah terkenal dan jadi varian yang banyak penggemarnya alias populer. Bagaimana dengan harganya, tentu untuk per ekor tidak murah yaitu jenis ikan koi Kohaku ini dilepas Rp. 200.000,- masih terbilang murah dengan melihat popularitas nya.

  1. Ikan Koi Taisho Sanke
Ikan Koi Thio Sanke
istanakoi.id

Jenis kedua yang harus kamu catat adalah koi Taisho Sanke, hampir mirip dengan jenis Kohaku. Hanya saja untuk jenis Taisho Sanke jni lebih mengandalkan cantiknya corak hitam yang dimilikinya pada bagian atas.

Adapun ketiga warna yang dimiliki pada jenis ini adalah hitam, merah dan hitam kombinasi. Ciri-ciri jenis koi ini adalah mudah ditemukan hal itu karena Taisho Sanke sendiri sangat mudah untuk di pijahkan. Satu ekornya bernilai Rp. 300.000.

  1. Ikan Koi Goromo
Ikan Koi GoromoIkan Koi Goromo
istanakoi.id

Jenis ikan koi Gomoro mempunyai nama lain unik yakni koromo. Ikan ini merupakan hasil persilangan antara jenis koi Kohaku dengan jenis Asagi. Pada bagian atas tubuhnya terdapat corak bulatan-bulatan hitam keunguan bagaikan buah anggur.

Ciri-ciri ikan koi Goromo ini adalah memiliki 4 varian warna corak, yaitu : indigo, ungu, biru dan hitam. Harga ikan koi jenis Goromo atau Koromo ini adalah Rp. 400.000. Per ekor.

  1. Ikan Koi Kawarimono
Ikan Koi Kawarimono
istanakoid.id

Bagaimana masyarakat tak salah menafsirkan, jika semua jenis ikan koi sendiri rata-rata memang bernama istilah Jepang. Jenis selanjutnya ini adalah koi Kawarimono yang merupakan spesies hibrid atau persilangan.

Ciri-ciri nya adalah mempunyai warna tubuh yang malah jadi aneh tidak seperti koi pada umumnya. Koi yang satu ini tidak memiliki warna tubuh merah khas koi. Akan tetapi warna tubuhnya justru warna-warna lain seperti ungu polos, hijau polos, biru polos, coklat polos, dan lain sebagainya.

Kisaran harga yang ditawarkan justru lebih murah dari jenis sebelumnya telah dibahas yakni hanya Rp. 200.000/ekor.

  1. Ikan Koi Ogon
Ikan Koi Ogon
solaris-koi.com

Masih urutan ke enam jenis koi yakni Ogon. Adapun ciri-ciri dari ikan koi Ogon ini sungguh sangat indah warnanya yakni kuning keemasan. Jenis ikan koi Ogon sudah ditemukan sejak tahun 1946 oleh seseorang bernama sawati.

Tentu saja koi ini adalah jenis persilangan antara koi berpunggung kuning dengan jenis koi Shiro Fuji. Awal percobaan memang belum menghasilkan warna emas seluruh tubuhnya, tetapi setelah 6 kali lamanya generasi keturunan koi yang disilangkan itu, jadilah Ogon emas super eksotis dengan harga Rp. 1.500.000/ekor.

  1. Koi Shiro Bekko

Koi Shiro Bekko

Selanjutnya adalah Shiro Bekko, pastinya nama jenis koi dong. Koi Shiro Bekko ini punya warna dasar kulit putih susu. Ciri-ciri dari Shiro Bekko bercorak tutul-tutul hitam yang agak jarang. Ikan ini telah menjadi primadona para pencinta koi karena dipandang sangat manis, seperti permen susu dan sangat cantik sekali. Harga ikan koi Shiro Bekko adalah Rp, 800.000/ekor.

  1. Ikan Koi Hikarimoyono
Ikan Koi Hikarimoyono
Sumber Image : istanakoi.id

Cukup panjang namanya jenis ini Hikarimoyono. Sudahkah kamu mendengar jenis yang satu ini ikan koi Hikarimoyono sejatinya memiliki dasar warna kulit putih, hanya saja putihnya lebih keperakan.

Ciri-ciri nya terdapat corak aneh pada bagian punggungnya yang lebih seperti tulang rusuk hitam melintang pada sisi kanan dan kiri punggung. Hikarimoyono cukup langka keberadaannya dibanding beberapa jenis koi lainnya dan jarang ada yang punya. Harganya Rp. 700.000/ekornya.

  1. Ikan Koi Showasansoku
Ikan Koi Showasansoku
Sumber Image : kolamkoi.id

Jenis ikan koi Showasansoku memang lebih dikenal dengan koi shawa. Memiliki warna tubuh yang terbilang bagus sekali yaitu dengan kombinasi merah, hitam, dan putih. Berbeda dengan kebanyakan jenis lainnya, ciri-ciri ikan koi ini lebih punya corak yang memenuhi tubuhnya, sehingga nampak seperti batu marmer saja. Sebagaimana diketahui, harga per ekornya tembus Rp. 1.000.000.

  1. Ikan Koi Utsurimono
Ikan Koi Utsurimono
Sumber Image : kolamkoi.id

Jenis ikan koi Utsurimono ini mempunyai 3 varian warna dasar kulit berupa putih susu, merah kejinggaan, dan juga kuning. Masing-masing warna pun memiliki ciri-ciri tersendiri dan nama sendiri dalam bahasa Jepang yakni : shiro-utsuri (warna putih), Hi utsuri(warna merah), dan ki utsuri(warna kuning). Satu ekornya seharga Rp. 800.000.

  1. Ikan Koi Hikari Utsurimono
Ikan Koi Hikari Utsurimono
Sumber Image : istanakoi.id

Ikan koi Hikari Utsurimono adalah jenis dengan variasi warna dari koi Utsurimono yang memiliki warna dasar kulit merah kejinggaan. Sedangkan untuk ciri-ciri nya tedapat corak hitam sebagaimana jenis koi pada umumnya. Harga koi Hikari Utsurimono yakni Rp. 900.000 per ekor.

  1. Ikan Koi Asagi
Ikan Koi Asagi
Sumber Image : jualikankoi.com

Masih banyak sekali koi bernamakan istilah Jepang. Seperti Asagi satu ini, jenis ikan koi Asagi menjadi spesies koi yang tak kalah unik. Hal itu karena punggung nya berwarna biru agak kelabu. Sementara pada bagian kepalanya lebih membawa warna putih dan merah seperti koi pada umumnya.

Ciri-ciri ikan koi ini bila semakin banyak warna birunya atau dominan biru maka bakalan lebih mahal harganya. Sedangkan untuk harga normalnya yakni Rp. 1.100.000 per ekor.

  1. Ikan Koi Kinginrin
Ikan Koi Kinginrin
Sumber Image : istanakoi.id

Ikan koi Kinginrin adalah jenis yang mempunyai ciri-ciri seperti tubuhnya mirip karper. Sementara untuk kulitnya membawa warna kuning tidak menampakkan bahwa ia adalah jenis ikan koi. Kanginrin adalah jenis koi dari hasil persilangan. Tubuhnya yang dominan mirip karper lebih sering disebut ikan karper atau ikan mas. Harganya pun cukup mahal yakni Rp. 900.000 per ekornya.

  1. Ikan Koi Shusui
Ikan Koi Shusui
Sumber Image : istanakoi.id

Untuk jenis koi yang mirip dengan hikarimoyono adalah koi Shusui. Meski terbilang mirip tetapi porsi warnanya lebih banyak warna merah. Coraknya seperti tulang rusuk adalah ciri-ciri nya yang menjadi kelabu pada punggung nya. Harganya adalah Rp. 400.000 per ekor.

  1. Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho

Unik sekali jenis ini, koi Tancho. Kulitnya yang mulus sangat manis sekali berwarna putih susu, serta jidatnya dikepala terdapat bulatan warna jingga kemerahan. Tancho sangat digemari lantaran banyak yang memberikan penilaian bagus yang memberikan penilaian bagus dan dianggap pembawa hoki atau keberuntungan. Bulatan tersebut seperti koin yang menyala, dan satu ekornya dihargai Rp. 800.000.

  1. Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri

Jenis ikan koi Shiro Utsuri lebih mempunyai lekuk tubuh warna putih bercorak hitam-hitam. Ikan ini sangat cantik sekali pada saat berenang di air, nampak berkilau bagikan batuan alam. Ciri-ciri koi jenis ini adalah ukuran tubuhnya  yang cukup besar mirip karper atau ikan mas.

Corak hitamnya sendiri terdapat di bagian samping tubuh dan sedikit di pangkal sirip. Harga ikan koi Utsuri yakni Rp. 700.000 per ekor.

  1. Ikan Koi Ki Utsuri
Ikan Koi Ki Utsuri
Ikan Koi Ki Utsuri

Masih seputar koi jenis berikutnya adalah ki Utsuri yang tentunya mempunyai ciri khas tersendiri. Koi ki Utsuri mempunyai warna kombinasi jingga dan hitam. Ciri-ciri dari jenis koi ini adalah warna dasarnya jingga dan hitam sebagai coraknya yang berpadu cantik.

Ukuran tubuhnya memang agak kecil sirip serta ekornya berwarna hitam. Jenis Utsuri ini juga ada yang warnanya jingga kemerahan, akan tetapi kebanyakan yang jingga atau Oranye adalah yang mudah di temukan. Harga ikan koi ki Utsuri yakni Rp. 850.000 per ekor.

  1. Ikan Koi Matsuba
Ikan Koi Matsuba
Ikan Koi Matsuba

Jenis ikan koi matsuba membawa bentuk relatif besar mirip karper atau ikan mas. Warna tubuhnya bermacam-macam mulai Oranye  ada pula yang kuning. Pada bagian punggung nya ciri-ciri ikan koi ini terdapat sekumpulan sisik dengan warna kehitaman memanjang dari bawah kepala hingga dekat ekor. Harga ikan koi Matsuba ini adalah Rp. 500.000 per ekor.

  1. Ikan Koi Ogon Platinum
Ikan Koi Ogon Platinum
Ikan Koi Ogon Platinum

Sebagaimana jenis Ogon emas untuk koi Ogon Platinum sendiri tidak menampakkan ciri-ciri khas yakni tiadanya warna putih serta merah pada tubuhnya, justru tubuh jenis ikan koi ini warnanya lebih ke silver sangat mewah nuansa Platinum sungguh terdapat pada dirinya.

Tak heran jika satu ekornya di tafsir dengan harga Rp. 1.200.000.

  1. Ikan Koi Kumpay Slayer
Ikan Koi Kumpay Slayer
Ikan Koi Kumpay Slayer

Kali ini jenis ikan koi cukup unik yakni mengusung nama Butterfly Koi. Tapi pada dasarnya jenis ini bernama koi Kumpay slayer yang memiliki sirip cukup panjang melambai layaknya kupu-kupu. Sehingga begitulah alasan mengapa koi ini disebut-sebut butterfly koi.

Kombinasi warnanya adalah jingga dan silver keputihan atau kuning dan silver keputihan. Satu ekornya seharga Rp. 1.500.000.

  1. Ikan koi Ogon Yamabuki
Ikan koi Ogon Yamabuki
Ikan koi Ogon Yamabuki

Jenis ikan koi Ogon Yamabuki lebih akrab dikenal Ogon saja atau Ogon biasa. Sedang ciri-ciri ikan koi ini mempunyai warna kuning keemasan dengan sedikit background kulit putih susu. Siripnya kombinasi antara warna putih dan kuning. Harga ikan koi Ogon Yamabuki ini senilai Rp. 900.000.

Maka demikian seputar jenis Ikan Koi yang ternyata bukan asli Jepang lho. Semoga menjadi inspirasi dan menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *