Jenis Ikan Hias

Ikan Hias

Jenis Ikan Hias – Ikan hias adalah jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah taman dan ruang tamu. Panorama bawah laut seringkali dinilai mempesona sehingga banyak orang yang rela menghabiskan uang banyak untuk menyelam dan menikmatinya.

Kini, kemajuan teknologi memungkinkan orang menikmati panorama air laut di dalam ruangan. Kehadiran ikan hias di dalam rumah masyarakat modern dapat menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah rutinitas yang padat.

Ikan-ikan hias ini dipelihara untuk kesenangan oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan. Hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia, dan sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah di ekspor ke berbagai negara di dunia lain.

Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar adalah jenis ikan hias yang habitatnya di air tawar. Pemeliharaan ikan hias air tawar biasanya di akuarium atau di kolam tergantung pada tujuan pemeliharaan. Ikan yang dipelihara untuk kesenangan, biasanya ditempatkan di akuarium sedangkan ikan yang dipelihara dengan tujuan mendapat keuntungan dari hasil budidaya biasanya ditempatkan di kolam.

Jenis ikan yang dipelihara untuk kesenangan biasanya tergantung selera pemilik namun ikan yang dipelihara untuk bisnis biasanya tergantung pada selera pasar dan harga. Salah satu pakan alami bagi ikan hias air tawar yang masih kecil adalah rotifera, yaitu organisme yang mudah ditemui di daerah perairan payau, tawar, maupun laut yang dalam keadaan normal berkembang biak secara partogenesis atau bertelur tanpa kawin.

 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Populer

  • Oskar

Ikan Oscar

Ikan Oskar (Astronotus Ocellatus) memiliki ukuran dan gerakan yang mirip dengan ikan nila. Ikan ini memiliki warna dasar hitam dengan warna batik oranye yang menonjol. Ada pula yang albino putih pucat dengan garis totol-totol oranye ataupun berwarna albino polos.

  • Arwana

Ikan Arwana

Ikan Arwana (Sclerophages Formous) memiliki banyak nama, seperti ikan naga, ikan payung, siluk, silok, kalikasa, kalasa dan khayangan. Ikan ini masih termasuk dalam golongan ikan purba, yang dapat dilihat dari ukuran telurnya yang sebesar telur burung puyuh (jauh lebih besar dibanding telur-telur ikan pada umumnya). Ikan ini bertubuh besar dengan sisik yang mengkilat.

  • Maskoki

Ikan Maskoki

Ikan koki atau mas koki (Carassius Auratus) adalah jenis ikan air tawar yang hidup di perairan dangkal dengan aliran air yang tenang dan berudara sejuk. Ikan mas koki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar, warna sisik bervariasi dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam, atau gabungan dari warna-warni tersebut. Warna-warna pada tubuh ikan mas koki ditentukan oleh kandungan pigmennya.

  • Cupang

Ikan Cupang

Ikan cupang (Beta Splendens) memiliki bentuk badan yang memanjang dengan warna yang beraneka ragam yaitu coklat, hijau, merah, biru, kuning, abu-abu dan putih. Sirip ikan ini panjang menjuntai hingga terlihat seperti seluruh tubuh ikan tertutupi sirip yang berwarna-warni. Tubuh ikan cupang betina rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan ikan cupang jantan.

  • Diskus

Ikan Discus
blogpictures.99.co

Ikan diskus (Symphysodon aequifasciata) berbentuk bulat pipih seperti piring yang telungkup.

  • Koi

Ikan Koi Thio Sanke
istanakoi.id

Ikan koi masih memiliki kerabat dengan ikan mas dan ikan mas koki. Tubuh ikan ini bulat memanjang menyerupai torpedo. Ikan koi umumnya berwarna hitam, putih, merah, kuning, perak, dan keemasan.

lkan ibu tidak memiliki kemampuan menyimpan kelebihan makanan dalam bentuk lemak, maka pemelihara ikan koi harus memberikan makan sedikit sedikit namun sering.

Memiliki akuarium di rumah memang bisa menghadirkan suasana yang berbeda. Warna-warna lampunya yang menari terbawa riak air memberikan nuansa yang memenangkan untuk semua penikmatnya.

Selain itu, white noise dari akuarium ikan memberikan sensasi yang membuat kita relaks. Terlebih, jenis ikan hias di dalamnya juga mempengaruhi seberapa cantik keseluruhan tampilan dari akuarium di rumah.

Ikan hias memang memiliki corak dan bentuk unik yang membuat para penyukanya senang untuk mengoleksinya. Memelihara ikan hias pun ternyata memiliki keuntungan sendiri, yakni menjaga kesehatan tubuh.

Mengapa bisa begitu?, ternyata gerak gerik ikan di dalam akuarium bisa menenangkan pikiran dan melepaskan stres bagi orang yang melihatnya. Mau tahu jenis ikan air tawar mana saja yang menarik untuk dijadikan saja yang menarik untuk dijadikan ikan peliharaan.

 

Jenis ikan hias yang bisa kamu pelihara dirumah adalah sebagai berikut.

  1. Oscar

Ikan yang satu ini dikategorikan sebagai ikan yang tidak ramah dengan ikan jenis lain karena sifatnya yang agresif. Namun, tampilannya yang elok memang tidak terbantahkan. Untuk memelihara nya, kamu membutuhkan akuarium yang besar karena jenis ikan hias yang satu ini termasuk besar ketika dewasa. Di alam bebas, ikan ini bisa hidup hingga 10-12 tahun, tergantung dengan ketahanan tubuh mereka.

  1. Koi

Ikan koi adalah salah satu ikan populer yang dipelihara oleh banyak orang. Warnanya yang khas, biasanya adalah gradasi dari merah, putih, hitam, atau kuning, adalah daya tarik yang membuat banyak orang yang menyukai dan ingin memelihara nya. Meskipun diternakkan pertama kali di China, ikan ini ternyata dipopulerkan di Jepang.

  1. Discus

Habitat asli dari ikan hias yang satu ini berada di kawasan sungai Amazon, Brazil. Garis-garis pada tubuh ikan ini digunakan sebagai mekanisme pertahanan diri dari ikan predator. Sebagai ikan high class , tidak aneh jika ikan discus dengan tampilan sempurna ditaksir memiliki harga yang sangat tinggi.

  1. Mas Koki

Selain Ikan koi, ikan ini juga memiliki nasib yang sama, berasal dari China namun populer di Jepang. Terlebih, ikan ini juga cukup populer dikalangan pecinta ikan hias Indonesia. Ikan yang satu ini termasuk dalam kategori ekslusif karena tidak bisa hidup dengan ikan lainnya. Pasalnya ikan ini butuh banyak sekali oksigen untuk hidup.

  1. Corydoras

Ikan corydoras sering disebut sebagai ikan tikus karena ikan ini berenang seperti tikus berlari. Untuk memelihara nya kamu harus membuat suasana akuarium yang sama dengan habitat asalnya sungai Amazon.

Ikan ini sering berada di dasar akuarium, apalagi jika permukaannya adalah pasir. Selain memiliki bentuk yang unik, ikan ini juga gemar memakan kotoran dan makanan sisa ikan lho.

  1. Black Ghost

Namanya yang keren memang terinspirasi dari bentuk ikan yang hitam. Selain hantu hitam, ikan ini juga sering disebut sebagai ikan penari balet. Pasalnya, ikan yang satu ini sering melakukan gerakan maju-mundur dan jungkir balik dengan lenturnya. Bentuk tubuhnya yang menggelambirlah yang memungkinkan ikan ini untuk melakukan manuver spektakuler tersebut.

  1. Louhan

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini. Ikan dengan ciri khas jenong di kepala ini memiliki harga yang sangat fantastis jika memiliki warna corak yang unik tubuhnya. Selain itu, besarnya jenong juga menentukan harga dari ikan unik ini. Ikan ini sangat agresif terhadap ikan lain dan mereka kerap memakan ikan-ikan kecil di sekitarnya.

  1. Ikan Gupi

Daya tarik dari ikan jenis ini adalah keindahan warna serta bentuk siripnya yang memukau. Beberapa varian yang paling terkenal meliputi ikan gupi koi, dragon, dan cobra. Untuk memelihara nya, Kamu hanya perlu menyiapkan akuarium kecil tanpa oksigen.

  1. Clown Fish

Ikan yang satu ini menjadi terkenal karena film finding nemo. Meskipun hidup di laut, perawatan ikan yang satu ini relatif mudah. Satu hal yang penting harus dilakukan hanyalah memasukkan terumbu karang di dalam akuarium agar ikan ini merasa lebih nyaman.

  1. Ikan Arwana

Ikan yang satu ini memiliki banyak sekali nama, mulai dari ikan naga, payung, hingga kayangan. Ciri khas ikan ini adalah tubuhnya yang besar dengan sisik yang mengkilap. Sejumlah jenis ikan Arwana yang popular meliputi ikan Arwana : silver, super red, dan golden red.

  1. Ikan Cupang

Cupang merupakan salah satu ikan hias paling populer di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk memeliharanya, ikan ini dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko penjual ikan. Banyak orang mencoba membudidayakan ikan ini karena perawatan nya yang sangat mudah. Itulah beberapa jenis ikan hias yang bisa kamu pelihara dirumah.

 

Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara

  • Clown Fish

Jenis ikan hias air laut bernama clown fish atau biasa di sebut ikan badut ini pasti sudah sering kamu lihat karena merupakan pemeran utama dalam film finding nemo. Untuk dapat merawat ikan ini cukup mudah karena kamu hanya membutuhkan terumbu karang di akuarium agar mereka terasa nyaman.

  • Lion Fish

Ikan hias air laut ini cukup unik karena memiliki ornamen-ornamen pada tubuhnya yang berbentuk seperti duri. Untuk dapat memelihara ikan ini kamu perlu untuk memperhatikan ikan mana saja yang bisa kamu campur dengan lion fish karena mereka mempunyai makanan berbeda.

  • Butterfly Fish

Ikan hias air laut ini memiliki bentuk dan corak bergaris hampir menyerupai sayap kupu-kupu oleh karena itu dinamakan butterfly fish. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.

  • Dottyback

Ikan hias air laut jenis dottyback adalah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis dan sub tropis indo pasifik yang terkenal memiliki terumbu karang sangat melimpah. Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut Indonesia, jadi sangat direkomendasikan memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.

  • Neon Tetra

Neon Tetra merupakan ikan hias air laut yang dikenal dengan kekhasan warna keemasan bergaris tipis berwarna biru menyerupai lampu neon dibagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata.

  • Yellow Tang

Yellow Tang merupakan jenis ikan hias air laut mudah dipelihara dan cocok bagi pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut. Ikan hias air laut yellow Tang merupakan jenis paling aktif dalam bergerak dalam keluarga Tang.

  • Blue Tang

Paracanthurus hepatus merupakan nama ilmiah dari ikan hias air laut blue tang. Blue Tang juga dikenal dengan nama botana. Ikan botana juga terkenal sebagai karakter ikan bernama “Dory” dalam film “Finding Nemo” . Kamu juga bisa mencampurkan blue tang dengan clown fish dalam satu akuarium.

  • Watchman Goby

Watchman Goby adalah ikan air laut yang mudah dirawat selanjutnya. Memiliki banyak pilihan warna seperti pink spotted dan bluespotted, ikan air asin satu ini cocok dipelihara untuk pemula karena daya tahannya yang baik.

  • Doctor Fish

Sesuai dengan namanya, ikan air laut satu ini bermanfaat untuk membantu menyembuhkan ikan hias air asin lain yang terserang jamur di akuarium milikmu. Dengan warna yang cukup menarik, ikan hias air asin satu ini terkenal ramah dengan ikan lainnya sehingga cocok untuk dipelihara pemula.

  • Blue Devil

Ikan blue devil yang memiliki nama ilmiah paraplesiops Bleeker adalah pilihan ikan hias air asin lainnya yang bisa jadi pilihan  untuk hiasi akuarium air laut yang ada dirumah. Warna kebiruan dengan corak berbintik putih menjadi daya tarik utama dari ikan air laut satu ini.

Meski mudah dipelihara, ikan hias satu ini lebih baik dipelihara di akuarium berukuran besar dengan banyak ornamen karang karena habitat asli dari ikan laut ini adalah berada di dasar laut rendah berkarang.

  • Mandarin Fish

Kerap dijuluki “ Naga Cina” , Mandarin fish merupakan salah satu spesies ikan hias air laut yang populer akan keindahan warnanya. Ikan air laut ini dikenal juga berfisik kuat dan memiliki daya tahan yang baik.

Namun, Mandarin fish memerlukan makanan hidup sehingga bagi kalian yang ingin memelihara ikan laut ini harus memiliki perhatian ekstra dalam soal makanan.

  • Firefish

Ikan hias untuk akuarium air laut selanjutnya terkenal akan sifatnya yang aktif dan gesit. Tubuhnya yang mungil dengan warna yang cukup mencolok menjadi nilai lebih dari ikan laut satu ini. Sifatnya yang tidak konfrontatif juga membuatnya bisa digabung dengan berbagai ikan hias air laut kesayangan lainnya.

Firefish sendiri mengonsumsi alga dan juga zooplankton, sehingga membuatnya menjadi salah satu ikan hias untuk akuarium air laut yang mudah dipelihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *