17 Jenis Ikan Hias Air Laut yg Dapat Kalian Pelihara

Ikah Hias Air Laut

Jenis Ikan Hias Air Laut – Anda mungkin pernah mendengar bahwa ikan hias air laut jauh lebih sulit dipelihara daripada ikan hias air tawar. Memang benar bahwa menjaga akuarium tetap bersih dan air yang seimbang membutuhkan banyak usaha dan kerja keras tapi hasilnya akan sangat memuaskan.

Dan jangan khawatir, bila anda pemula dalam hobi ini anda perlu memilih jenis ikan hias air laut terbaik untuk dipelihara. Banyak jenis dari ikan hias air laut yang bisa kamu dapatkan dan kamu pelihara di akuarium milik kamu.

Memelihara ikan hias air laut tidaklah semudah memelihara ikan hias air tawar. Dibutuhkan banyak peralatan dan perlengkapan yang mumpuni untuk memelihara ikan jenis tersebut. Untuk itu harus pintar-pintar dalam memilih ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara.

Cara memelihara Ikan Hias Air Laut

Memelihara ikan hias air laut itu gampang-gampang susah. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar ikan hias air laut menjadi nyaman untuk hidup di dalam akuarium. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam merawat ikan hias air laut.

  • Memperhatikan Suhu Air

Jangan pernah meremehkan suhu air di akuarium, karena ikan hias air laut sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Bila kamu meremehkan nya maka akibatnya ikan hias air laut kamu akan mati. Suhu air yang baik untuk air akuarium ikan hias air laut adalah 23-28° celcius.

  • Menjaga Kondisi PH

Kamu juga harus memperhatikan derajat keasaman atau PH. Kamu bisa melakukannya dengan alat yang bisa di dapat kna di toko penjualan ikan.

  • Perhatikan Tingkat Derajat Keasinan

Untuk tetap hidup dengan baik, ikan hias air laut membutuhkan air dengan derajat keasinan yang tepat. Kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan alat bernama hydro meter atau refaktometer.

  • Bersihkan Akuarium Secara Rutin

Membersihkan akuarium air laut tidak bisa digunakan dengan sembarang alat. Untuk itu kamu harus benar-benar membersihkannya hingga jernih. Ada banyak teknik dan cara membersihkannya akuarium air laut yang benar.

  • Bersihkan juga kaca akuarium

Bersihkan juga kaca akuarium bagian dalam dan luar menggunakan lap bersih. Setelah semua bersih, tuanglah lagu akuarium dengan air laut yang baru.

Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara

Ikan hias air laut memiliki banyak keindahan, baik itu dari warnanya hingga bentuknya. Ada ikan hias air laut yang berwarna-warni, sehingga ikan-ikan tersebut sangat enak dilihat oleh mata. Ada juga ikan hias air laut yang memiliki banyak bentuk berbeda, yang lucu untuk dipandang.

Kebanyakan dari pecinta ikan hias lebih senang untuk memelihara atau memiliki ikan hias air laut yang berukuran kecil, karena lebih mudah untuk merawat jenis ikan hias air laut tersebut. Beberapa jenis ikan hias air laut ini mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk kamu pelihara di akuarium milikmu. Berikut beberapa daftar dari jenis ikan hias air laut tersebut.

  • Botana Blue Tang

Botana Blue Tang
nurfasta.com

Jenis ikan hias air laut ini memiliki nama Latin Paracanthurus hepatus , dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama ikan hias air laut botana blue tang. Ciri khas dari ikan hias air laut botana blue tang ialah warnanya yang didominasi biru dengan sedikit warna hitam dan abu-abu ditubuh ikan hias air laut ini.

  • Ikan Hias Air Laut Yellow Tang

Yellow Tang
nurfasta.com

Ikan hias air laut yellow tang dapat dikatakan sebagai keluarga ikan hias air laut botana blue tang. Bentuknya dan karakternya hampir mirip, hanya warna yang membedakan kedua ikan hias air laut tersebut. Menurut pengakuan banyak orang ikan hias air laut dengan nama latin Zebrasoma Flavescens ini mudah dipelihara di akuarium. Pakan nya juga mudah dibeli di toko ikan.

  • Ikan Hias Air Laut Butterfly Fish

Butterfly Fish
nurfasta.com

Sebagaimana namanya ikan hias air laut butterfly fish memiliki corak bergaris dan warna yang mempesona layaknya kupu-kupu, bentuk tubuh ikan hias air laut butterfly fish ini pipih, mulutnya monyong ke depan sehingga membuat dia sangat cocok dijadikan ikan hias air laut di akuarium mu.

  • Ikan Hias Air Laut Blue Devil

Blue Devil
nurfasta.com

Ikan hias air laut blue devil memiliki nama ilmiah Paraplesiops Bleekeri. Ikan hias air laut satu ini cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Bentuk ikan hias air laut ini sangat unik, agak ramping dan tidak terlalu besar.

Sehingga sangat cocok untuk kamu letakkan di dalam akuarium ikan hias air laut yang berukuran sedang. Corak kebiruan dengan bintik-bintik putih dari jenis ikan hias air laut ini bisa memanjakan mata kamu.

  • Ikan Hias Air Laut Angelfish

Angelfish
Nurfasta.com

Jenis ikan hias air laut Angelfish bukan hanya untuk ikan hias air tawar saja. Ada juga nama Angelfish untuk ikan hias air laut. Jenis ikan hias air laut ini memiliki wajah yang lebih cerah dari pada tubuhnya.

Pada wajah ikan hias air laut ini terdapat corak biru dan adapula warna kuning. Hal itulah yang menyebabkan ikan hias air laut yang satu ini disebut sebagai blue face Angelfish atau yellow face Angelfish.

  • Ikan Hias Air Laut Watchman Gobies

Watchman Gobies yellow
nurfasta.com

Jenis ikan hias air laut Watchman Gobies sangat cocok untuk dipelihara oleh pemula. Ikan hias air laut dengan nama latin Crytocentrus ini dikenal sebagai ikan hias air laut yang berdaya tahan tubuh kuat sehingga mudah dipelihara dan tidak gampang mati.

Gerakan jenis ikan hias air laut ini juga cukup agresif membuat enak dipandang. Kamu bisa memberi makan udang-udangan untuk ikan hias air laut satu ini.

  • Ikan Hias Air Laut Clownfish

Clownfish
nurfasta.com

Ikan hias air laut yang satu ini selain disebut sebagai clown fish juga dikenal sebagai ikan hias air laut dengan nama nemo. Kenapa begitu? Karena ikan hias air laut ini menjadi karakter utama di film finding nemo.

Dinamakan sebagai ikan hias air laut badut karena warnanya yang memang mirip kostum badut. Pola bergaris kuning hitam. Seperti pada film ikan hias air laut ini lebih senang tinggal di daerah karang bawah laut.

  • Ikan Hias Air Laut Banggai

Banggai Fish

Sesuai namanya, ikan hias air laut banggai berasal dari banggai Indonesia. Ikan hias air laut banggai termasuk ikan hias yang cukup terkenal, dan merupakan ikan hias air laut yang hampir punah di habitatnya.

Disebabkan adanya penangkapan ikan yang berlebihan. Saat ini ikan hias yang banggai dikembangbiakkan di penangkaran ikan secara teratur. Baik ikan hias air laut banggai betina maupun ikan jantan akan saling menjaga telur ikan dengan bergantian.

  • Ikan Hias Air Laut Kakatua

Ikan Kakatua
nurfasta.com

Jenis ikan hias air laut berikutnya adalah ikan Kakatua. Dinamakan Kakatua karena ikan hias air laut ini memiliki mulut yang mirip dengan paruh berbentuk kait. Nafsu makan ikan hias air laut Kakatua juga sangat tinggi sehingga kamu harus menyediakan makanan yang banyak untuk ikan hias air laut jenis ini.

Ikan hias air laut Kakatua memiliki peran yang cukup signifikan dalam memelihara kelangsungan hidup terumbu karang. Karena ikan hias air laut jenis ini memakan rumput laut dan hama perusak terumbu karang, maka dari itulah ikan hias air laut Kakatua wajib dijaga kelestarian nya.

  • Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Lion Fish
nurfasta.com

Jenis ikan hias air laut lion fish memiliki nama ilmiah pterios, bentuk ikan hias air laut ini memang menyeramkan karena dibagian tubuh ikan hias air laut ini menempel ornamen yang mirip duri. Tapi meskipun demikian ikan hias air laut ini juga bisa dipelihara di akuarium rumah.

Yang penting kamu harus selektif dalam menyatukan jenis ikan hias air laut ini dengan ikan hias air laut lainnya.

  • Ikan Hias Air Laut Dottyback

Dottyback Fish
nurfasta.com

Ikan hias air laut jenis ini hidup di perairan laut yang beriklim subtropis dan tropis. Ikan hias air laut dottyback atau yang memiliki nama ilmiah Pesusochromidae tinggal di tempat terumbu karang yang indah dan melimpah.

Perairan di Indonesia merupakan salah satu tempat hidup ikan hias air laut ini. Jadi kamu bisa menemukan ikan hias air laut ini dengan mudah.

  • Ikan Hias Air Laut Chalk Bass

Chalk Bass Fish

Ikan hias air laut yang bagus untuk pemula adalah chalk bass. Ikan ini tahan banting tahan terhadap penyakit dan dapat berkembang baik bahkan dalam kondisi air yang kurang optimal. Ikan ini memiliki sifat toleran.

Ikan ini berwarna putih dengan strip kemerahan di sepanjang sisi punggung nya dan bagus untuk akuarium yang baru di setup. Meski beberapa chalk bass dapat hidup bersama disatu akuarium penting untuk memperkenalkan mereka sekaligus untuk menghindari pertempuran teritorial di antara mereka.

  • Ikan Hias Air Laut Damselfish

Damselfish
nurfasta.com

Banyak ikan hias air laut yang membutuhkan akuarium yang besar berisi air 100 galon dan ini bisa sedikit merepotkan bagi kita. Damselfish adalah pilihan yang bagus, mereka hanya membutuhkan 30 galon air.

Damselfish bisa menjadi sedikit agresif, tetapi selama anda memberi mereka banyak tempat persembunyian mereka cenderung menjaga diri mereka sendiri. Ada banyak varietas berwarna cerah untuk dipilih dan kebanyakan dari mereka sangat menakjubkan.

  • Ikan Hias Air Laut Firefish

Firefish

Pilihan cantik lainnya adalah Firefish ikan panjang dan kurus yang memiliki tubuh berwarna putih  terang dan ekor berwarna merah terang, oranye, dan magenta yang membuat mereka dinamai demikian.

Firefish memiliki tempramen yang bagus untuk akuarium komunitas. Mereka tenang, tidak konfrontatif, dan secara umum luar biasa. Selain itu mereka menyenangkan untuk di tonton karena mereka banyak bergerak sangat cepat dan suka bersembunyi.

  • Ikan Hias Air Laut Coral Beauty

Coral Beauty
nurfasta.com

Jika anda berencana memakai akuarium yang lebih besar dengan kapasitas 70 galon atau lebih, coral beauty adalah ikan yang cocok dan bagus, ikan yang cantik ini biasanya memiliki tubuh biru dan garis-garis oranye terang.

Mereka bisa dipelihara sendirian atau dalam kawanan kecil. Coral beauty tidak membutuhkan karang didalam akuarium tetapi mereka suka bersembunyi jadi pastikan untuk memberi mereka banyak batu dan tanaman.

Mereka lebih suka campuran makanan yang mengandung ganggang dan makanan daging berkualitas tinggi.

  • Ikan Hias Air Laut Talbot’s Damsel

Talbot's Damsel
nurfasta.com

Ikan hias air laut jenis ini adalah ikan yang cerah dan penuh semangat yang mudah dirawat. Mereka membantu mengendalikan ganggang di dalam tangki dan memakan makanan yang mengandung daging juga.

Mereka toleran terhadap lingkungan dan tersedia hampir dimana saja. Ikan ini dimangsa di alam liar dan cocok hidup bersama teman ikan yang kurang agresif. Mereka suka menggali dibawah batu dan lebih suka dasar berpasir daripada substrat berkerikil.

Selama mereka memiliki banyak tempat untuk bersembunyi mereka akan hidup dengan baik di akuarium.

  • Ikan Hias Air Laut Wrasse

Wrasse Fish
nurfasta.com

Ikan berwarna cerah ini lebih menyukai tempat berpasir dimana mereka dapat mengubur diri mereka sendiri dan banyak batu untuk bersembunyi. Mereka tidak konfrontatif dan bisa menjaga diri mereka sendiri selama mereka memiliki banyak ruang persembunyian.

Sebagian besar varietas spesies ini bisa hidup di segala lingkungan akuarium tetapi mereka sedikit berantakan sehingga akuarium yang besar lebih direkomendasikan. Beberapa jenis Wrasse terbaik untuk akuarium komunitas adalah Flasher Wrasse, Fairy Wrasse dan six line Wrasse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *