15 Jenis Ikan Cupang paling popular di Dunia

Ikan Cupang

Jenis Ikan Cupang – Ikan cupang adalah ikan air tawar yang habitat aslinya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta Channoides yang ditemukan di pampang, Kalimantan Timur. Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu yang lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Cupang merupakan jenis ikan yang unik, karena tampilannya yang indah nan cantik sekaligus garang alias suka berkelahi. Ikan cupang merupakan hewan agresif dan suka menyerang. Ia juga ikan air tawar dan terkadang hidup di selokan yang menggenang.

Beberapa jenis ikan cupang memiliki warna tubuh yang menarik. Bentuk siripnya indah, gerakannya tenang dan berwibawa. Karena keindahan dari warna ikan itu sendiri membuat kebanyakan orang mengoleksi untuk dijadikan hewan peliharaan.

Di dunia, tentu sangat banyak macam dan jenis ikan cupang. Jika dijabarkan ada total sekitar 73 spesies ikan di muka bumi ini, namun tidak semua jenis ikan cupang memiliki warna yang indah. Ada beberapa jenis yang hanya bisa digunakan sebagai ajang aduan.

Secara garis besar, jenis ikan cupang dibagi menjadi tiga, yaitu liar, hias, dan aduan. Untuk mengenal lebih dekat ikan indah ini, yuk ketahui jenis-jenis ikan cupang berikut. Berikut jenis-jenis ikan cupang yang akan kita bahas bersama.

Jenis-jenis Ikan Cupang

Perkembangan variasi ditinjau dari segi bentuk dan warna terbilang pesat dalam beberapa generasi terakhir. Beberapa jenis cupang yang dikenal sekarang ini.

  • Betta pugnax (Forest Betta)
  • Betta taeniata (Banned Betta)
  • Betta macrostoma (Bruney Beauty)
  • Betta unimaculata (Golden Slender)
  • Betta picta (Painted Betta)
  • Betta anabantoides (Pearly Betta)
  • Betta edithae (Betta Brederi)
  • Betta foerschi (Purple Saphire Betta)

Ikan cupang diatas dikenal sebagai mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya didalam mulut, sedangkan kelompok dibawah ini yang merupakan kerabat ikan cupang (Betta), yang membangun sarangnya dengan busa (bubble nest).

  • Betta akarensis ( Sarawak Betta)
  • Betta coccina (Clorat’s Betta)
  • Betta bellica (Standard’s Betta)
  • Betta tesyae ( Peaceful Betta)
  • Betta smaragdina (Emerald Betta)
  • Betta imbelis (Slugger’s Betta)
  • Betta splendens (Siamese Fighting Fish)

Jenis ikan cupang lain yang dikenal sebagai berikut.

  • Betta albimarginata
  • Betta channoides
  • Betta balunga
  • Betta breviobesus
  • Betta enisae

  1. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon

Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Ikan cupang halfmoon ini dikenal dan di perlu harapan karena keindahannya. Varian warnanya juga tak kalah menarik, mulai merah menyala, kuning, bahkan putih.

  1. Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang Crown Tail
Sumber Image : www.minews.id

Cupang Crown tail menjadi mendunia karena variasi keindahannya. Disebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja. Jenis ikan cupang ini banyak sekali dikoleksi orang banyak karena hasil breeder yang cukup langka.

  1. Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat
Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang jenis plakat sering digunakan sebagai ikan adu. Namun tidak sedikit orang yang memelihara cupang jenis plakat ini. Walaupun bentuknya indah, ikan cupang plakat mempunyai kesan sirip yang tegas dan kekar. Gerakan ikan cupang plakat juga tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.

  1. Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang Double Tail
Ikan Cupang Double Tail

Disebut double tail karena bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan. Oleh karena itu keberadaan nya masih jarang dijumpai di pasaran dan terkenal langka.

  1. Ikan Cupang HMPK

Ikan Cupang HMPK
ikancupanghiasberkualitas.files.wordpress.com

Ikan cupang HMPK adalah hasil breeding dari ikan cupang jenis plakat dan halfmoon lalu di singkat menjadi HMPK. HMPK menuai banyak pujian karena bentuk dan warnanya yang indah dan menawan.

  1. Ikan Cupang Giant
Ikan Cupang Giant
www.agrowindo.com

Ikan cupang jenis giant atau raksasa ini berhasil dikembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesar nya mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Berkat ukuran tubuhnya yang besar, ikan cupang giant ini tidak bisa bergerak lincah dibandingkan jenis lainnya.

  1. Ikan Cupang Big Ear
Ikan Cupang Big Ear
bettaid.com

Jenis ikan cupang yang sering disebut cupang Dumbo ini memiliki sirip telinga yang sangat lebar seperti sayap. Pada dasarnya ikan jenis ini adalah salah satu variasi ikan cupang yang baru dikembangkan dan sudah banyak ditemui di Indonesia.

  1. Ikan Cupang Sawah
Ikan Cupang Sawah
youtube.com

Ikan cupang alam atau cupang sawah adalah cupang yang belum mengalami persilangan, dan ikan ini jauh dari jangkauan manusia.

Warna tubuhnya bergaris kuning dan biru. Harga ikan cupang sawah ini bervariasi. Jika semakin bagus dan langka maka bisa sangat mahal. Namun, sebaliknya jika sudah umum ikan cupang ini harganya bisa sangat murah bahkan gratis.

  1. Ikan Cupang Paradise
Ikan Cupang Paradise
Ikan Cupang Paradise

Cupang paradise atau ilmiahnya Marcopodus opercularis. Banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatera, kalimantan dan Sulawesi. Ciri-ciri ikan ini adalah ekornya cabang, warnanya bergaris-garis vertikal dengan warna hijau muda.

  1. Ikan Cupang Sarawak
Ikan Cupang Sarawak
satriabajahitam.com

Ciri-ciri khusus dari cupang jenis ini adalah adanya semacam garis yang berada di sisi kanan kiri ikan dari kepala hingga pangkal ekor. Cupang Sarawak biasanya sangat mudah beradaptasi di alam. Cupang jenis ini juga lebih dari mampu hidup dengan sangat nyaman di daerah air dengan tekanan yang tinggi. Jenis ikan alam yang satu ini warnanya agak sederhana dan transparan.

  1. Ikan Cupang Surga
Ikan Cupang Surga
ruparupa.com

Ikan cupang surga ini memiliki ciri-ciri hampir mirip dengan cupang paradise. Warnanya kecokelatan dan siripnya memanjang, cupang jenis ini bisa kita temui di Asia Tenggara tepatnya di Jawa Sumatra. Ukurannya bisa mencapai 10 cm, cukup besar untuk ukuran cupang.

  1. Ikan Cupang Emas
Ikan Cupang Emas
Ikan Cupang Emas

Ikan cupang emas kerap ditemukan di sawah, selokan, sungai, dan rawa. Sebutan latin cupang emas adalah Betta unimaculata yang berarti warnanya agak keemasan.

  1. Ikan Cupang Fancy
Ikan Cupang Fancy
Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang Halfmoon, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan ini terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harganya lebih mahal.

  1. Ikan Cupang Veiltail
Ikan Cupang Veiltail
Ikan Cupang Veiltail

Jenis ikan cupang Veiltail memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dengan halfmoon dan double tail. Perbedaan antara ikan cupang Veiltail dan halfmoon dan double tail adalah dari kekuatan ekornya. Dulu ikan cupang Veiltail ini banyak diminati orang karena kemudahan mendapatkan nya, tetapi karena semakin banyak ikan cupang silangan, Veiltail sedikit tersisihkan.

  1. Ikan Cupang Coccina
Ikan Cupang Coccina
Ikan Cupang Coccina

Tubuhnya berbentuk silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala. Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuningan. Sirip insangnya transparan merah, sirip polos dan panjang. Nama lain dari ikan cupang ini adalah cupang Belgi Bangkok.

Jenis Ikan Cupang Mahal

Jenis ikan cupang juga sangat beragam macamnya dan memiliki harga yang variatif. Mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Untuk mengatasi secara rindu berikut jenis ikan cupang yang cocok dipelihara.

  • Ikan Cupang Plakat

Jenis ikan cupang plakat merupakan jenis cupang aduan yang paling banyak dijual di pasaran dan paling dicari. Plakat sendiri diambil dari bahasa thailand yang artinya tarung, konon tradisi adu ikan cupang awal mulanya berasal dari negara thailand sehingga ikan cupang aduan banyak di asosiasikan dengan negara tersebut.

Ikan cupang plakat mempunyai ciri ciri sirip dan ekornya yang pendek. Warnanya sendiri tidak terlalu mencolok dengan tubuhnya cukup besar dan kokoh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai petarung. Ikan ini juga akan bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.

Harga ikan cupang plakat biasanya bervariatif mulai dari harga ikan cupang plakat anakan berkisar Rp. 50.000 hingga Rp. 2.000.000 untuk ikan cupang plakat yang menjadi juara dalam kontes aduan.

  • Ikan Cupang Giant

Jenis ikan cupang giant merupakan persilangan dari berbagai jenis cupang. Ikan cupang giant merupakan sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya.

Bahkan ikan cupang giant ini ada yang panjangnya bisa mencapai 10-15 cm. Ikan cupang giant merupakan ikan cupang yang berasal dari negara thailand dan banyak ditemukan di sungai-sungai dan danau disana.

Ikan cupang giant akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan aduan karena tubuhnya yang besar dan lebih agresif. Karena ukurannya yang besar ini maka harganya juga lebih mahal dari ikan cupang biasa.

Untuk harga ikan cupang giant untuk anakan saat ini berkisar Rp. 50.000 hingga ikan cupang giant yang menjadi juara petarung yang berkisar di harga Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000.

  • Ikan Cupang Double Tail

Jenis ikan cupang mahal yang cocok dipelihara yang selanjutnya adalah ikan cupang double tail. Ikan cupang double tail terlihat sangat mirip dengan cupang halfmoon yaitu ikan cupang terkenal dengan sebutan bulan sepotong dan cukup populer.

Bedanya ikan ini memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua. Karena karakteristik nya itulah ikan ini akhirnya dinamai dengan double tail alias ekor ganda. Ikan juga jadi juga memiliki variasi warna yang cukup beragam.

Ikan ini cukup langka di pasaran dan biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dari ikan cupang lainnya. Dan ikan cupang double tail juga merupakan ikan cupang yang termasuk sulit untuk dibudidayakan.

Untuk harga ikan cupang double tail anakan biasanya berkisar di antara Rp. 100.000 dan ikan cupang double tail juara berkisar antara Rp. 2.000.000.

  • Ikan Cupang Fancy

Jenis ikan cupang mahal yang cocok dipelihara berikutnya adalah jenis ikan cupang fancy. Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang halfmoon tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan cupang fancy terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harga ikan cupang fancy sangat mahal. Oleh karena itu di kalangan para pecinta ikan cupang, cupang fancy merupakan pilihan yang tepat karena keunikan warna yang beragam dan sangat cocok apabila dipelihara karena kecantikan warnanya.

Untuk harganya, harga ikan ini juga dikenal cukup mahal tetapi tergantung dengan corak warna yang dimilikinya. Untuk ikan cupang fancy anakan berkisar Rp. 100.000 dan untuk ikan cupang fancy juara bisa mencapai Rp. 2.000.000.

Maka demikian lah jenis-jenis ikan cupang yang telah kita bahas bersama. Sangat cantik nan anggun tentunya. Dibalik sifatnya yang pemarah dan agresif ikan cupang adalah pilihan yang cocok loh untuk dijadikan peliharaan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *