14 Jenis Ikan Air Tawar Yang Bisa Kita Pelihara

Jenis Ikan Air Tawar

Jenis Ikan Air Tawar – Ikan air tawar memang menjadi primadona untuk dijadikan sebagai ikan hias di akuarium ataupun di kolam. Indonesia merupakan salah satu negara dengan biodiversitas tertinggi didunia. Jadi tidak heran jika di negara kita ini terdapat ikan hias air tawar yang sangat beragam.

Menurut data dari kementerian kelautan dan perikanan, Indonesia mempunyai lebih dari 400 lebih jenis ikan hias air tawar dari 1.100 ikan air tawar yang diperdagangkan di seluruh belahan dunia. Dari jumlah tersebut, masyarakat Indonesia sudah membudidayakan sekitar 100 spesies.

Jenis ikan hias air tawar merupakan berbagai jenis ikan yang habitat aslinya berada pada air tawar seperti danau, waduk, dan sungai. Para pecinta ikan biasanya memelihara ikan air tawar ini di dalam akuarium.

Sedangkan untuk budidaya, biasanya ikan air tawar ini dipelihara dikolam dengan ukuran yang lebih besar dan berada diluar ruangan. Memelihara ikan hias air tawar memang relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan memelihara ikan hias air tawar.

Pasalnya teknologi yang digunakan lebih sederhana, perawatan lebih mudah, dan penggantian air lebih juga lebih mudah karena bisa menggunakan air sumur atau air PAM. Terdapat banyak sekali macam-macam ikan air tawar yang bisa dijadikan sebagai ikan hias ataupun ikan budidaya.

Salah satu sumber protein terbaik yaitu ikan baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Meski ikan laut lebih terken karena kekayaan gizinya, bukan berarti ikan air tawar kalah populer. Harga yang lebih ekonomis dan gizi yang tak kalah unggul membuat ikan air tawar selalu digemari banyak orang.

Jenis ikan air tawar ada banyak sekali jenisnya, sehingga kita memiliki banyak pilihan ikan yang dapat diolah dan disajikan untuk keluarga tercinta. Apa saja jenis ikan air tawar yang jadi favorit.

  • Ikan Arapaima
Ikan Arapaima
nurfasta.com

Ikan Arapaima merupakan jenis ikan hias terbesar didunia yang berasal dari perairan tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima ini memiliki nama Latin ikan Arapaima Gigas. Sedangkan nama lain dari ikan Arapaima yaitu paiche dan pirarucu.

Ikan terbesar didunia ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 2,5 meter dengan berat badan lebih dari 100 kg. Arapaima sendiri ternyata masih satu keluarga dengan ikan Arwana yang memang sudah sangat populer dikalangan pecinta ikan hias.

Meski tubuhnya sangat eksotis, namun sekarang ini keberadaan ikan Arapaima ditempat asalnya sudah mulai terancam. Hal ini disebabkan banyaknya pemburu ilegal yang mencari ikan ini. Di Amerika Selatan, ikan ini kerap diburu dengan tujuan untuk dijual ke luar negeri.

Selain itu, masyarakat lokal juga biasa menjadikan ikan ini sebagai ikan konsumsi sehingga semakin mengurangi populasi ikan Arapaima di alam air. Guna tetap menjaga spesies ini, pemerintah Brazil kini sudah turun tangan dan membuat aturan larangan penangkapan ikan Arapaima ini.

Para pemburu ikan ini hanya diperbolehkan menangkap ikan Arapaima didaerah terpencil di Amazon. Penangkapan juga hanya dibolehkan untuk masyarakat setempat untuk dikonsumsi saja. Namun tenang, untuk kalian yang ingin memelihara ikan ini di rumah sekarang ini sudah banyak kita temukan ikan Arapaima dipasar ikan di Indonesia.

  • Bala Shark
Ikan Bala Shark
nurfasta.com

Meski nama ikan ini mirip seperti ikan hiu, namun bala shark tidaklah ganas dan tidak masuk dalam golongan ikan predator. Ikan ini masih tetap aman dikoleksi di akuarium. Ciri khusus bala shark adalah memiliki warna dasar perak dengan garis hitam pada bagian punggung, ekor, sirip, dan beberapa anggota tubuh lain.

Ikan ini memiliki mata yang cukup besar yang berguna untuk mencari makanan saat kondisi gelap. Ikan bala shark dapat tumbuh mencapai 14 inchi atau 35 cm. Habitat asli dari ikan ini yaitu di sungai-sungai besar dan dalam di alam liar ikan ini biasa mengkonsumsi fitoplankton, larva kecil, krustasea kecil, dan serangga kecil lainnya.

Ikan bala shark juga sangat mampu untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Dengan begitu kalian dapat dengan mudah memelihara ikan ini tanpa harus khawatir ikan akan mati. Namun kondisi air yang paling ideal untuk ikan ini adalah air dengan suhu 22 hingga 28 derajat celcius dengan PH 6 hingga 8.

Jika kalian memelihara ikan ini sebaiknya tutup akuarium sebab bala sharks merupakan tipe ikan yang suka melompat jika merasa kelaparan, stress dan dalam bahaya.

  • Ikan Arwana
Ikan Arwana
nurfasta.com

Mungkin semua orang sudah tau dengan spesies ikan hias yang satu ini. Arwana memang sudah sangat populer terutama di Asia dan khususnya negara Indonesia. Daya tarik dari ikan ini yaitu terletak pada bentuk tubuh, warna, dan juga sifatnya yang aktif.

Ikan Arwana memiliki nama Latin sclerophages sp. Ikan ini juga memiliki nama lain seperti ikan naga atau Dragon Fish, Barramundi, pla tapad, Saratoga, kelesa, siluk, tangkelese, dan pleyang. Ikan ini sangat banyak diminati karena tidak jarang yang percaya dengan mitos bahwa jika memelihara ikan Arwana didalam rumah makan mendapatkan keberuntungan dan melindungi rumah dari arwah yang nakal.

Terlepas dari percaya tidaknya dengan mitos tersebut, sebenarnya Arwana memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat orang ingin memelihara nya. Ikan ini memiliki ciri khas yaitu terdapat dua buah sungut pada bagian bawah bibirnya.

Sungut tersebut bukanlah hiasan saja tetapi memiliki fungsi untuk sensor getar yang digunakan ikan Arwana untuk mendeteksi mangsanya. Gerakan renang dari ikan Arwana yang meliuk-liuk ini terlihat indah berkat sisiknya yang memantulkan cahaya.

  • Belida
Ikan Belida
nurfasta.com

Belida merupakan salah satu ikan predator dengan nama Latin Notopetrus chilata H.B . Ikan ini sangat mudah untuk ditemukan di wilayah Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Ikan belida dapat ditemukan di beberapa anak sungai yang dekat dengan daerah rawa seperti kalimantan, Sumatera, dan juga Jawa Barat. Ikan belida merupakan ikan predator atau karnivora.

Meski biasa dijadikan sebagai ikan hias, namun di beberapa daerah dengan populasi ikan belida yang banyak, ikan ini juga biasa dijadikan sebagai konsumsi. Ikan ini dapat tumbuh hingga memiliki berat badan 1,5 kg hingga 7 kg.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar. Sehingga untuk memelihara nya dibutuhkan akuarium dengan ukuran yang cukup besar dengan oksigen yang cukup. Selain itu juga jangan pelihara ikan belida ini dengan jenis ikan lain yang memiliki ukuran jauh lebih kecil.

Karena makanan ikan belida ini adalah ikan kecil seperti anak ikan mas, anakan lele, dan anakan udang. Namun sebaiknya jangan beri makan dengan ikan lele lokal karena memiliki patil yang cukup tajam. Jika ikan belida sudah cukup besar kalian dapat memeberikan makanan seperti kodok.

  • Ikan Mujair
Ikan Mujair
nurfasta.com

Bentuk ikan mujair terlihat sederhana, pipih, hitam keabu-abuan, dengan panjang maksimum 40 cm. Namun, daging ikan mujair sangat gurih untuk dimasak. Dirinya juga tidak terlalu banyak. Ikan air tawar ini terkenal dengan gizinya, terutama karena kaya fosfor.

Cara mengolah ikan mujair cukup mudah bisa hanya digoreng kering, dimakan bersama sambal terasi, atau di pesmol bumbu kuning yang akan menambah selera makan anda.

  • Ikan Lele
Ikan Lele
nurfasta.com

Bertubuh licin dan panjang yang semakin mengecil ke arah ekor, lele memiliki ciri khas tersendiri yakni kumis yang panjang. Meski ukurannya termasuk kecil, lele disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut.

Harganya juga relatif murah dibanding ikan air tawar lainnya. Selain digoreng dan disajikan bersama sambel menjadi pecel lele, ikan ini juga dapat dimasak menjadi mangut lele atau dibakar dengan bumbu kecap.

  • Ikan Gurame
Ikan Gurami
nurfasta.com

Salah satu ikan populer di Indonesia adalah gurame. Harga ikan gurame cenderung lebih mahal dan ikan air tawar jenis ini biasanya banyak disajikan di restoran. Namun, ukurannya yang besar dan dapat dinikmati beramai-ramai hingga 4-6 orang.

Ciri fisik ikan gurame adalah bentuk nya yang pipih melebar, sisik yang besar dan rapat, serta berwarna cokelat muda, ikan gurame memiliki daging sangat padat, durinya berukuran besar dan hanya terdapat di tengah badannya sehingga mudah untuk memilahnya.

Salah satu resep paling populer untuk ikan ini adalah gurame asam manis, yang lengkap dengan potongan nanas dan saus tomat nya yang berlimpah. Nikmatnya bersama-sama keluarga ataupun kerabat.

  • Ikan Mas
Ikan Mas
nurfasta.com

Ikan mas ini ada yang dikategorikan sebagai ikan hias dan ada pula yang dikonsumsi. Bentuknya tegak pipih, bersisik normal, dan sirip memanjang. Tekstur ikan mas yang lembut membuat ikan air tawar yang satu ini cocok diolah menjadi pepes ikan mas atau gulai kepala ikan mas.

Tapi hati-hati ketika mengkonsumsi ikan ini. Meskipun gurih dan lezat namun harus teliti dalam memisahkan duri-durinya yang sangat halus dan berjumlah banyak hingga ke dalam lapisan dagingnya.

  • Ikan Patin
Ikan Patin
nurfasta.com

Patin merupakan sekelompok ikan berkumis dan masih satu keluarga dengan ikan lele. Tekstur luar badannya juga hampir mirip yakni basah dan berlendir. Dagingnya juga lembut seperti lele. Lemak gak jenuh yang terdapat pada patin mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin.

Selain itu, ikan patin juga mengandung DHA dan Omega 3 yang tinggi. Jadi sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, dan orang tua. Ikan patin biasanya diolah menjadi sup ikan yang lezat dan sangat bermanfaat bagi anak-anak balita atau jika anda ingin sensasi yang lebih, dapat mengolahnya menjadi gulai ikan patin.

  • Ikan Bawal
Ikan Bawal
nurfasta.com

Ikan bawal memiliki warna campuran antara hitam dan oranye, yang membuat ikan berbentuk pipih dan lebar ini nampak berbeda dari ikan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau. Ikan bawal memiliki daging yang cukup tebal, dengan banyak duri halus di tubuhnya, jadi hati-hati saat mengonsumsi nya. Ikan bawal sangat nikmat jika dibakar bumbu kecap atau tumis bumbu tauco dengan irisan cabai.

  • Ikan Nila
Ikan Nila
nurfasta.com

Ikan nila hampir mirip dengan ikan mujair, memiliki tubuh berukuran sedang dengan panjang maksimal 30 cm dan berwarna hitam keabuan. Ikan ini paling mudah dibudidayakan sebab pertumbuhannya sangat cepat.

Fakta unik dari ikan nila setelah kawin adalah ia induk betina memiliki kebiasaan mengulum telur-telur yang telah dibuahi di dalam rongga mulutnya. Perilaku ini disebut mouth breeder(pengeram telur dalam mulut).

Jika ingin menikmati olahan ikan nila yang berbeda coba tumis dengan bumbu tauco saja. Dengan ditambahkan irisan cabai yang banyak, dijamin pedas asam manis ikan nila akan memberikan sensasi berbeda di lidah anda.

  • Ikan Belut
Ikan Belut
nurfasta.com

Kecil-kecil cabai rawit, sebutan ini cocok bagi ikan belut yang bentuknya kecil-kecil tapi sangat licin dan lincah dengan sirip ekor memanjang dan tidak memiliki tulang rusuk. Daging belut terkenal dengan tekstur nya yang lembut dan gurih khas. Ingin menyantap belut yang kaya akan gizi, coba goreng kering saja menggunakan tepung krispi juga enak. Dijamin renyah dan gurih ditambah sepiring nasi hangat.

  • Ikan Gabus
Ikan Gabus
nurfasta.com

Ikan gabus biasa hidup di sungai, rawa dan danau dengan bentuk tubuh yang lumayan besar dan memiliki kepala hampir mirip seperti ular, serta warna tubuh hitam keabuan dipenuhi dengan bercak putih.

Berbeda dengan ikan lainnya, ikan gabus mampu bernafas langsung di udara, makanya jangan heran jika menemukan ia di daratan dan masih bertahan hidup. Ikan gabus biasanya diawetkan dengan cara diasinkan  dan dikeringkan.

Ikan asin gabus ini sangat nikmat karena dagingnya tebal, oleh sebab itu harganya pun cukup mahal.

  • Ikan Sidat
Ikan Sidat
nurfasta.com

Dilihat dari bentuk nya, sepintas ikan ini hampir mirip dengan belut namun memiliki perbedaan pada bentuk ekor dan kepala yang cenderung pipih dan melebar, dibandingkan ikan belut yang meruncing.

Ikan sidat kini menjadi komoditi ekspor dengan nilai jual yang tinggi karena kebutuhan pasar semakin meningkat. Salah satunya permintaan dari negara Jepang. Salah satu olahan ikan sidat ala Jepang adalah unagi nigir, dimana sidat dipanggang dan dihidangkan dengan nasi yang dibungkus dengan nori atau rumput laut. Jangan lupa saus kabayaki dan taburan wijen nya.

#gambar-gambar diatas diambil dari www.google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *