Jenis Burung Jalak yang Terpopuler di Dunia

Jenis Burung Jalak- Jalak adalah nama sekelompok burung pengicau dari suku Sturnidae. Burung yang umumnya berukuran sedang, gagah, dengan paruh yang kuat, tajam dan lurus. Berkaki panjang sebanding dengan tubuhnya. Bersuara sangat cepat dan berceloteh keras, kadang-kadang meniru suara burung lainnya.

Macam Macam Jenis Burung Jalak

Macam Macam Jenis Burung Jalak
Jenis Burung Jalak

Burung-burung tersebut adalah burung twitter yang bisa disebut burung pintar dengan postur lincah dan menawan, karena panjang rata-rata tubuh bisa mencapai 20 hingga 25 cm. Jadi jangan heran jika kebanyakan orang juga berpikir bahwa bisa memelihara jalak adalah sebuah kebanggaan.

Perawatan sehari-harinya untuk semua jenis jalak juga relatif mudah. Selain karna memiliki ketahanan tubuh yang kuat, burung jalak juga hampir memakan seluruh jenis makanan seperti buah-buahan, serangga, ulat dan daging.

Meskipun juga dikenal sebagai burung predator, namun jenis burung ini mudah untuk dijinakkan. Berikut berbagai macam jenis burung jalak lengkap dengan gambar, baik yang sekarang ini sedang ramai diminati maupun yang dilindungi di Indonesia.

Burung Beo (Gracula Religiosa)

Burung Beo
Jenis Burung Jalak

Tuan Beo_beo mamiang, atau orang bijak emas, adalah jenis burung yang termasuk dalam suku Sturnidae. Cakupan alami membentang dari Sri Lanka, India, Himalaya, Timur ke Filipina, dari Jawa ke Kepulauan Sunda kecil. Burung ini dapat ditemukan di dataran rendah hingga 2000m.

Nama Ilmiah: Gracula Religiosa Kerajaan: Animalia Jika Anda memperhatikan cukup banyak orang, terutama kaum Adam, yang suka memelihara burung.

Alasannya beragam, dari karakter burung yang bersahabat hingga manusia, bentuknya yang unik, suaranya yang khas, dan sebagainya. Beoadalah burung yang cukup untuk menarik perhatian dan cinta banyak orang. Burung cerdas yang bisa meniru suara manusia dan memiliki keunikan tersendiri.

Tanpa pelatihan khusus, Beo sebenarnya bisa meniru suara manusia. Namun, pemiliknya masih perlu memberikan pelatihan jika dia ingin burung beo peliharaan tumbuh dengan baik dan berbicara dengan baik. Bentuk tubuhnya sangat indah, warnanya sangat menarik. Selain itu, kombinasi putih dan hitam pada bulu juga memiliki warna merah di sekitar kelopak mata, yang membuat burung ini sangat cantik untuk dilihat.

Jalak Suren (Sturnus Contra)

Burung Jalak Suren
Burung Jalak Suren

Jalak Suren atau masih akrab dengan nama Jalak Uren adalah anggota keluarga Sturnidae yang tidak kalah istimewa. Ini tampaknya luar biasa, baik dari segi postur tubuh dan penampilan fisik burung yang populer di tahun 1970-an di pulau Jawa. Ukuran Tubuhnya bisa mencapai 24 cm pada usia dewasa. Meski ukuran sayapnya tampak besar, tetapi akselerasi saat terbang di habitat aslinya tidak terlalu cepat atau bahkan pada kecepatan yang sama dengan kupu-kupu. Daerah yang paling umum di Indonesia termasuk pulau Jawa, Sumatra dan Bali, serta burung pintar.

Karena burung ini dapat meniru suara burung lain dan suara yang sering mereka dengar. Untuk Kicaumania, koleksi yang biasa dari jenis burung, seperti pie rock dan kacer, tentu saja membutuhkan jalak untuk koleksi tuannya. Bisa juga bersiul tapi volumenya tidak terlalu keras dibanding burung jalak lainnya. Tetapi tidak semua burung jalak pasrah memiliki beragam suara, itu juga tergantung dari perawatan saat kecil. Mungkin bagi burung jalak yang variasi suaranya relatif lebih mahal.

 

Jalak Kerbau (Acridotheres Javanicus)

Burung Jalak Kerbau
Burung Jalak Kerbau

Kerbau Jalak atau lebih dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai jalak kebo juga termasuk dalam kategori Jalak populer. Menurut lampiran yang dibawanya, burung ini senang mencari makanan di ladang kerbau.

Selain mencari makanan untuk berbagai serangga kecil di lahan terbuka dan padang rumput, ia juga suka bertengger di belakang kerbau sambil mencari kutu yang menempel di tubuhnya. . Burung ini hampir ada di negara-negara Asia Timur, dari Bangladesh, Cina Selatan, Pulau Jawa dan Sulawesi.

Jalak Nias (Acridotheres Tristis)

Burung Jalak Nias
Burung Jalak Nias

Meski memiliki embel-embel, nias bukanlah burung endemik dari Sumatra utara, tetapi namanya hanya sebutan. Burung ini, juga dikenal sebagai Kerak Ungu, juga memiliki potensi untuk tweet yang luar biasa yang tubuhnya didominasi oleh warna coklat kehitaman. Dia memiliki kepala hitam dan bintik-bintik kuning cerah di sekitar matanya dan ketika memasuki musim kawin, dia akan bersarang di lubang-lubang pohon tinggi.

Jalak Bali (Leucopsar Rothschildi)

Burung Jalak Bali
Burung Jalak Bali

Ini mungkin tepat jika burung ini dilindungi, dilihat dari karakteristik fisiknya, ia sudah sangat berbeda dan berbeda dari yang lain. Fitur yang paling mencolok dan mudah dikenali adalah punggungan biru dan bulu yang terlihat seperti topeng. di sekitar matanya. Sayap dan ekornya berwarna hitam, sisa bulunya berwarna putih, dan ketika mencapai usia dewasa, panjang dari burung endemik yang berasal dari pulau dewata, itu bisa mencapai sekitar 20-25 cm. Makanan favoritnya adalah jangkrik, cacing, pepaya, dan jambu biji. Sebagai hewan yang dilindungi, ada cukup banyak kebun binatang di seluruh dunia untuk melaksanakan program pemuliaan Jalak Bali, sehingga tidak sulit ditemukan.

Jalak Putih (Acridotheres Melanopterus)

Burung Jalak Putih
Burung Jalak Putih

Jalak putih atau dikenal juga dengan bahasa Sunda dengan nama Jalak Bodas adalah burung kedua dari keluarga Sturnidae yang juga dilindungi oleh pemerintah. Ciri khas putih dan hitam memang identik dengan ciri saudara dan saudari mereka di pulau Dewata. Perbedaannya adalah kuning di sekitar matanya, yang bisa mencapai 20 hingga 23 cm dan makanan yang disukai relatif sama, yaitu dalam bentuk buah-buahan, serangga kecil dan biji-bijian. Direncanakan sebagai burung endemik Indonesia, ia hanya ditemukan di berbagai pulau di negara ini, seperti Jawa, Bali, Madura, dan Lombok.

Jalak Thailand atau Hongkong (Sturnus Nigricollis)

Burung Jalak Thailand-Hongkong
Burung Jalak Thailand-Hongkong

Jenis Jenis burung jalak yang sangat populer di Indonesia, adalah jalak thailand, Burung, yang juga dikenal sebagai jalak hongkong, juga memiliki banyak segi kelebihan dan kualitas tinggi. Anda bisa melihat bahwa fitur warna yang menyelimuti seluruh tubuhnya juga mudah dikenali. Punggungnya berwarna coklat, lehernya hitam dan pelipisnya berwarna kekuningan. Selebihnya, putih.

Jenis Burung Jalak Sutra/Kapas

Burung Jalak Sutra Kapas
Burung Jalak Sutra Kapas

Jalak sutra atau juga sering disebut jalak kapas adalah jenis celoteh kicaumania yang cukup terkenal. Tetapi jenis burung ini bernama Sturnus Sturninus sebenarnya bukan berasal dari Indonesia tetapi burung migrasi yang penyebarannya ada di Cina dan Himalaya.

Kedatangan jalak sutra di beberapa bagian Indonesia umumnya dimulai dari Oktober hingga Maret, tahun kedatangan musim dingin / hujan. Spesies jalak ini datang berkelompok dan melakukan perjalanan ke pulau-pulau panas seperti Sumatra, Kalimantan dan beberapa daerah di pulau Jawa.

Jalak sutra memiliki ekor gelap dan punggung gelap. Sementara kepala dan dada berwarna abu-abu, sayap hijau, dan garis putih. Jantan dan betina memiliki penampilan yang serupa, tetapi jika diamati, akan ada perbedaan, yaitu burung jantan yang memiliki bulu lebih hitam atau ungu, sedangkan betina memiliki berbulu abu-abu di punggung yang tidak tidak brilian.

Jalak Eropa / European Starling (Sturnus Vulgaris)

Burung Jalak Eropa
Burung Jalak Eropa

Jalak biasa, juga dikenal sebagai Jalak Eropa, atau di Kepulauan Inggris, hanya Jalak, adalah burung penggerek berukuran sedang dalam keluarga Jalak, Sturnidae. Panjangnya sekitar 20 cm dan memiliki bulu hitam mengkilap dengan kilau logam, yang berbintik-bintik putih pada beberapa waktu dalam

Jenis Burung Jalak yang Dilindungi

Burung Jalak yang Dilindungi
Burung Jalak yang Dilindungi

Berikut adalh burung jalak yang dilindungi oleh pemerintahan di beberapa negara :

  • Jalak Suren (Sturnus contra)
  • Jalak Kerbau (Acridotheres javanicus)J
  • Jalak Nias (Acridotheres tristis)
  • Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)
  • Jalak Putih (Acridotheres Melanopterus)
  • Jalak Thailand atau Hongkong (Sturnus Nigricollis)
  • Jenis Burung Jalak Sutra/Kapas
  • Jalak Brahmana (Brahminy starling)
  • Jalak Rio / Rio-Rio / Jalak Tunggir Merah (Scissirostrum dubium)
  • Jalak Afrika / Superb Starling (Lamprotornis superbus)
  • Jalak Filipina / Komukudori (Agropsar philippensis)
  • Greater Blue Eared Starling (Lamprotornis chalybaeus)
  • The Golden Breasted Starling (Lamprotornis regius)
  • The Violet Backed Starling (Cinnyricinclus leucogaster)
  • The Red Winged Starling (Onychognathus morio)
  • The Golden Crested Myna (Ampeliceps coronatus)
  • The Yellow Faced Myna (Mino dumontii)

Harga Burung Jalak

Daftar Lengkap Harga Burung Jalak
Berikut ini daftar lengkap harga Jalak terbaru yang bisa dijadikan referensi saat menjual atau membeli burung :

Jenis Burung JalakDaftar Harga 
Burung Jalak Suren AnakanRp600.000
Burung Jalak Suren DewasaRp2.000.000
Burung Jalak Kebo AnakanRp100.000
Burung Jalak Kebo DewasaRp400.000
Burung Jalak Bali AnakanRp10.000.000
Burung Jalak Bali DewasaRp25.000.000
Burung Jalak Putih AnakanRp1.000.000
Burung Jalak Putih DewasaRp3.000.000
Burung Jalak Nias AnakanRp150.000
Burung Jalak Kapas AnakanRp100.000
Burung Jalak Kapas DewasaRp300.000
Burung Jalak Hitam AnakanRp100.000
Burung Jalak Hitam DewasaRp500.000
Burung Jalak Hongkong AnakanRp150.000
Burung Jalak Hongkong AnakanRp500.000
Burung Jalak Suren Malaysia AnakanRp100.000
Burung Jalak Suren Malaysia DewasaRp400.000
Burung Jalak Suren GacorRp600.000
Burung Jalak Rio SumatraRp350.000
Burung Jalak PapuaRp150.000
Burung Jalak Suren Jawa 1 BulanRp650.000
Burung Jalak Suren Jawa 1 TahunRp2.000.000

Nah itu tadi beberapa jenis burung jalak yang umum dijadikan hewan peliharaan, beserta harga dan jenis burung jalak yang di lindungi.

Artikel dari beberapa sumber Wabsate, untuk kenyamanan Anda, terima kasih. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *