15 Jenis Burung Hantu yang Ada di Indonesia [ Lengkap ]

Jenis Burung Hantu- Burung hantu yaitu merupakan kategori burung yang merupkan anggota dari ordo Strigiformes. Burung ini termasuk kategori burung buas (karnivora, pemakan daging) dan yakni binatang malam (nokturnal).

Sekitar 222 spesies kira kira yang sudah dikenal, yang menyebar di semua dunia selain Antartika, beberapa besar Greenland, dan sebagian pulau-pulau terpencil.

Di dunia barat, binatang ini dianggap simbol kebijaksanaan, namun di sebagian daerah di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut, karenanya namanya Burung Hantu.

Ciri Ciri Burung Hantu Secara Umum

Ciri Ciri Burung Hantu
Jenis Burung Hantu
  • Setiap spesies dari burung hantu memiliki ciri ciri tubuh yang sama yakni matanya besar dan menghadap ke depan, tak seperti burung lainnya yang matanya menghadap ke samping. Kecuali itu, burung hantu mempunyai paruh bengkok yang tajam seperti paruh elang.
  • Hal yang paling identik dimiliki oleh burung hantu yaitu susunan bulu dikepalanya yang menyusun lingkaran wajah. Ciri khas inilah yang menjadikan burung hantu berbbeda dengan burung lainnya. Bulu kepala yang menyusun wajah ini kadang kala|kadang-kadan membiki Dia mengesankan dan tidak jarang menakutkan atau mengerikan.
  • Ciri khas yang dimiliki burung hantu ini yaitu Dia mempunyai kesanggupan untuk memutar lehernya sampai 180 derajat ke belakang.
  • Pada biasanya tiap-tiap burung hantu mempunyai bulu burik, kecoklatan atau keabu-abuan dengan bercak hitam dan juga warna putih. Tetapi pada spesies tertentu ada burung hantu yang mempunyai bulu dengan warna polos putih.
  • Tak gampang ditemukan dikala dimalam hari atau disiang hari, sebab burung hantu ini tak banyak bergerak dan mematung dibawah lindungan dedaunan. Sehingga makhluk di sekitarnya tak akan menyadari keberadaannya.
  • Pada biasanya, burung hantu mempunyai ekor yang pendek namun mempunyai sayap yang panjang dan lebar. Burung hantu mempunyai bentanggan sayap yang dapat menempuh sampai 3 kali panjang tubuhnya.

Contoh Ragam Jenis Burung Hantu

Contoh Ragam Jenis Burung Hantu
Jenis Burung Hantu

Ordo Strigiformes terbagi menjadi dua suku yakni suku burung serak atau umumnya disebut dengan burung hantu gudang (Tytonidae) dan suku burung hantu sejati (Strigidae).

Kebanyakan tipe burung hantu ini yaitu endemik yang artinya menyebar terbatas di satu pulau atau satu kawasan tertentu di Indonesia. Penyebaran yang terbatas pada satu pulau di Indonesia ini terutama khusus burung hantu dengan marga Tyto, Otus atau Ninox.

Jenis Burung Hantu Suku Tytonidae

  1. Tyto alba  (Serak Jawa / Barn Owl)
  2. Tyto almae (Serak Seram / Seram Masked Owl)
  3. Tyto inexspectata (Serak Minahasa / Minahassa Masked Owl)
  4. Tyto longimembris (Serak Padang / Eastern Grass-Owl)
  5. Tyto nigrobrunnea (Serak Taliabu / Taliabu Masked Owl)
  6. Tyto novaehollandiae (Serak Australia / Australian Masked Owl)
  7. Tyto rosenbergii (Serak Sulawesi / Sulawesi Masked Owl)
  8. Tyto sororcula (Serak Kecil Moluccan / Masked Owl)
  9. Tyto tenebricosa (Serak Hitam / Greater Sooty Owl)
  10. Phodilus badius (Serak Bukit / Oriental Bay Owl)

Jenis Burung Hantu Suku Strigidae

  1. Bubo sumatranus (Beluk Jampuk, Hingkik)
  2. Glaucidium brodiei (Beluk-watu Gunung)
  3. Glaucidium castanopterum (Belukwatu, Beluk-watu Jawa)
  4. Ninox ios (Punggok Minahasa, Pungguk Merah-tua)
  5. Ketupa ketupu (Beluk Ketupa, Bloketupu

Jenis Burung Hantu Marga Ninox

  1. Ninox boobook (Pungguk kokodok)
  2. Ninox burhani (Punggok Togian)
  3. Ninox connivens (Punggok Gonggong)
  4. Ninox forbesi (Pungguk Tanimbar, Pungguk Maluku)
  5. Ninox hantu (Pungguk Buru, Pungguk Maluku)
  6. Ninox hypogramma (Pungguk Halmahera, Pungguk Maluku)

Jenis Burung Hantu Marga Otus

  1. Otus angelinae (Celepuk Jawa)
  2. Otus beccarii (Celepuk Biak)
  3. Otus brookii (Celepuk Raja)
  4. Otus collari (Celepuk Sangihe)
  5. Otus enganensis (Celepuk Enggano)
  6. Otus jolandae (Celepuk Rinjani)
  7. Otus lempiji (Celepuk Reban)
  8. Otus lettia
  9. Otus magicus (Celepuk Maluku)
  10. Otus manadensis (Celepuk Sulawesi)
  11. Otus mendeni (Celelpuk Banggai)
  12. Otus mentawi (Celepuk Mentawai)
  13. Otus rufescens (Celepuk Merah)
  14. Otus siaoensis (Celepuk Siau)
  15. Otus silvicola (Celepuk Wallacea)
  16. Otus spilocephalus (Celepuk Gunung)
  17. Otus sulaensis (Celepuk Sula)
  18. Otus sunia (Celepuk Asia)
  19. Otus tempestatis (Celepuk Wetar, Celepuk Maluku)
  20. Otus umbra (Celepuk Simalur)
  21. Phodilus badius (Serak Bukit, Wowo-wiwi)
  22. Strix leptogrammica (Kukuk Beluk)
  23. Strix seloputo (Seloputo)

Jenis Burung Hantu Marga Tyto

  1. Tyto alba (Serak Jawa)
  2. Tyto almae (Serak Seram)
  3. Tyto inexspectata (Serak Minahasa)
  4. Tyto nigrobrunnea (Serak Taliabu)
  5. Tyto novaehollandiae (Serak Australia)
  6. Tyto rosenbergii (Serak Sulawesi)
  7. Tyto tenebricosa (Serak Hitam)
  8. Uroglaux dimorpha (Pungguk Papua, Beluk Papua

Jenis Burung Hantu Pere David

Burung Hantu Pere David
Burung Hantu Pere David

Burung hantu pere david yaitu merupakan burung hantu yang termasuk kedalam keluarga atau termasuk kedalam burung hantu sejati. selain itu jugs burung hantu pere david termasuk kedalam genus Strix. Genus ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dari enis burung hantu lainnya yang pada biasanya ditemui di Indonesia.

Burung hantu Strix adalah burung yang dianggap sebagai pembawa pertanda buruk. Hal ini merupakan dari cerita legenda didalam Romawi Kuno. Strix digambarka sebagai pemakan daging dan darah layaknya vampir.

Jenis Burung Hantu Elang Andaman

Burung Hantu Elang Andaman
Burung Hantu Elang Andaman

Burung hantu elang Andaman, merupakan spesies burung hantu dalam famili Strigidae. Burung ini termasuk burung endemik terhadap India. Habitatnya terancam akibat hilangnya habitat.

Jenis Burung Hantu Kelabu Besar

Burung Hantu Kelabu Besar
Burung Hantu Kelabu Besar

Kelabu besar juga tergolong dari famili strigidae. Dia yaitu genus strix dan mempunyai wajah yang menakutkan bagi beberapa orang. Burung hantu kelabu bisa disebut juga dengan Great Gray Owl, Strix Nebulosa yaitu merupakan spesies burung hantu yang pertama dideskripsikan oleh Johann Reinhold Forster pada ketika mencontoh perjalanan James Cook keliling dunia yang kedua tahun 1772.

Burung yang mempunyai ukuran panjang 61 cm – 84cm ini juga mempunyai berat 790-1454 gram. Dia aktif di malam hari termasuk dikala senja dan sebelum fajar. Padahal termasuk binatang noktural, burung hantu kelabu besar juga aktif di siang hari saat masa bertelor.

Jenis Burung Hantu Serak Jawa

Burung Hantu Serak Jawa

Burung hantu serak jawa berukuran besar sekitar (34 cm), mudah dikenali sebagai burung hantu putih. Wajah berbentuk jantung, warna putih dengan tepi coklat. Mata menghadap kedepan, yaitu ciri yang mudah dikenali.

Bulu lembut, berwarna tersamar, bagian atas berwarna kelabu terang dengan sejumlah garis gelap dan bercak pucat tersebar pada bulu. Ada tanda  mengkilat pada sayap dan punggung. Pada bagian bawah berwarna putih dengan sedikit bercak hitam, atau tidak ada. Bulu pada kaki jarang-jarang. Kepala besar, kekar dan membulat. Iris mata berwana hitam.

Paruh tajam, menghadap kebawah, warna keputihan. Kaki warna putih kekuningan sampai kecoklatan.Jantan-betina hampir sama dalam ukuran dan warna meski betina seringkali lebih besar 25%. Betina dan hewan muda umumnya punya bercak lebih rapat.

Penyebaran burung hantu kebalu besar ini berada di Alaskan, Kanada, California dan Amerika Serikat. Pada ketika musim dingin, burung hantu kelabu besar akan mengumpulkan mangsanya jauh lebih banyak daripada musim panas. Jenis mangsanya adalah hewan pengerat kecil seperti vole. Vole yaitu hewan pengerat kecil yang menyerupai tikus, tapi memiliki tubuh gemuk dan pendek.

Ukuran Tubuh Serak Jawa

Ukuran tubuh antara jantan dan betina hampir serupa, namun demikian biasanya betina memiliki ukuran tubuh sedikit lebih besar daripada jantan.

Ukuran tubuh betina:

  • Panjang badan: 34 – 40 cm
  • Rentang sayap: ± 110 cm
  • Berat badan: ± 570 gr

Ukuran tubuh jantan:

  • Panjang badan: 32 – 38 cm
  • Rentang sayap: ± 107 cm
  • Berat badan: ± 470 g

Jenis Burung Hantu Wowo Wiwi

Burung Hantu Wowo Wiwi
Burung Hantu Wowo Wiwi
Bay owl merupakan burung hantu yang mempunyai ukuran medium hingga besar dengan perawakan yang menyerupai tyto alba. Hal yang membuatnya berbeda yaitu warnanya. Apabila tyto alba mempunyai warna yang dominan putih, bay owl ini mempunyai warna dominan coklat dan kemerahan. Kecuali, untuk sebagian jenis-jenis tertentu, burung hantu ini juga mempunyai jumbai di area  pendengaran.

Jenis Burung Hantu Celepuk

Burung Hantu Celepuk
Burung Hantu Celepuk

Celepuk yaitu merupakan tipikal burung hantu yang beberapa besar milik genus Otus. Dikenal sekitar 45 spesies hidup, namun yang baru kerap kali diakui dan yang tak dikenal masih ditemukan tiap tahun, khususnya terlebih di Indonesia.

Celepuk Merah : Burung hantu scop kemerahan yaitu merupakan burung hantu yang ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

Celepuk Rajah : Burung hantu ini berukuran kecil (sekitar 23 cm), dengan jumbai pendengar yang {terlihat|tampak|kelihatan|nampak}. Hampir sama dengan Otus bakkamoena, namun perawakannya sedikit lebih besar dengan kerah putih yang lebar pada tengkuk. Mereka mempunyai sayap yang pendek dan bulat. Kebanyakan dari mereka mempunyai bulu melambung di kedua sisi kepala yang tampak menyerupai daun telingannya.

Celepuk Reban : Celepuk reban merupakan sejenis burung hantu kecil dari suku Strigidae. Juga diketahui dengan nama-nama lain seperti celepuk, bueuk, manuk kuwek dan lain-lain, menuruti bunyi suaranya. Dalam bahasa Inggris disebut Sunda Scops-Owl atau Collared Scops-Owl.

Celepuk Asia : Burung hantu scop oriental ialah merupakan spesies burung hantu scop yang ditemukan di Asia timur dan selatan.

Celepuk Gunung : Burung hantu pemulung gunung, kadang-kadang disebut sebagai burung hantu tutul tutul, yakni merupakan spesies burung hantu dalam keluarga Strigidae. Ini secara lokal biasa di habitat utamanya yang mencakup sebagian daerah Asia, termasuk Bangladesh Bhutan, India, Malaysia, Nepal, Taiwan, dan Thailand.

Jenis Burung Hantu Hingkik

Burung Hantu Hingkik
Burung Hantu Hingkik
Hingkik mempunyai tubuh yang tergolong besar dengan panjang sekitar 45 cm. Ciri khas Hingkik yaitu mempunyai bulu berwarna abu-abu tua dengan berkas telinga yang horizontal mencolok, tubuh bagian atas berwarna cokelat kehitaman, seluruhnya bergaris kuning tua halus, dan mempunyai alis berwarna putih. Tubuh bawahnya berwarna abu-abu keputihan bergaris hitam tebal.

Jenis Burung Hantu Bubo Ketupu

Burung Bubo Ketupu
Burung Bubo Ketupu

Bubo ketupu adalah burung hantu yang memiliki badan yang berukuran medium dengan bulu unik di kepala yang menyerupai daun telinga yang mengarah horizontal.

Bubo ketupu memeliki panjang sekitar, dewasa sekitar 40-48cm dengan sayap sekitar 295-390 mm, panjang ekor sekitar 160-181 mm dan berat sekitar 1-2 kg. Pada ukuran tubuhnya Bubo ketupu betina lebih besar dibandingkan dengan yang jantan

Jenis Burung Hantu Beluk Watu Jawa

Burung Hantu Beluk Watu Jawa
Burung Hantu Beluk Watu Jawa

Burung Hantu Beluk-watu Jawa mempunyai nama latin Glaucidium castanopterum. Dalam bahasa Inggris, salah satu spesies burung hantu endemik Indonesia ini diketahui dengan nama Javan Owlet.

Beluk watu jawa yaitu termasuk spesies burung hantu berukuran kecil. Dewasanya cuma mempunyai tubuh sepanjang kurang lebih 24 cm dengan warna bulu dominan merah bata dan bergaris-garis. Matanya berwarna coklat kekuningan, paruhnya berwarna hijau dengan ujung berwarna kuning, dan kakinya berwarna hijau.

Jenis Burung Hantu Pungguk Coklat

Burung Hantu Pungguk Coklat

Jenis Pungguk coklat atau ninox japonica dalam Bahasa Inggris disebut northern boobook pada awalnya jenis ini dianggap subspecies dari ninox scutulata. Penyebarannya mencakup di daerah Brunei Darussalam, Malaysia, Hongkong, Jepang, China, Korea, Korea Utara, Filipina, Rusia, dan Indonesia (Jawa di bagian tengah dan timur, Nusa Tenggara, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara).

Jenis Burung Hantu Seloputo

Burung Hantu Seloputo
Burung Hantu Seloputo

Burung yang diketahui juga dengan nama Spotted Wood Owl ini mempunyai nama latin Strix seloputo. Termasuk kedalam spesies burung hantu yang berbadan besar. Tingginya sekitar 47 cm. Ada 3 sub-spesies dari Strix seloputo adalah Strix seloputo seloputo yang dari daerah (Myanmar dan Thailand Tengah sampai Singapura, serta Jambi (Sumatra) dan Jawa. Strix seloputo baweana (Endemik Pulau Bawean), dan Strix seloputo wiepkini (Pulau Calamian dan Palawan (Filipina)).

Jenis Burung Hantu Kokok Beluk

Burung Hantu Kokok Beluk
Burung Hantu Kokok Beluk

Burung hantu yang diketahui juga dengan nama Brown Wood Owl ini mempunyai nama latin Strix leptogrammica. Mereka termasuk tipe burung hantu yang berbadan besar. Tubuhnya setinggi 45-47 cm. Burung hantu ini hidup di kawasan Asia Selatan seperti Sri Lanka dan India sampai ke Timur hingga ke Indonesia dan China Selatan.

Jenis Burung Hantu Beluk Telinga Pendek

Burung Hantu Beluk Telinga Pendek
Burung Hantu Beluk Telinga Pendek

Burung hantu yang diketahui juga dengan nama Short-eared Owl ini mempunyai nama latin Asio flammeus. Burung hantu jenis ini setidaknya mempunyai 10 sub-spesies dan tersebar di semua benua selain Australia dan Antartika.

Burung Hantu Salju Putih

Burung Hantu Salju Putih
Burung Hantu Salju Putih

Burung hantu bersalju adalah burung hantu putih besar dari keluarga burung hantu sejati. Burung hantu bersalju adalah asli daerah Arktik di Amerika Utara dan Eurasia. Jantan hampir semuanya berkulit putih, sementara betina memiliki lebih banyak flek bulu hitam.

Jenis Burung Hantu Peliharaan

Burung Hantu Peliharaan
Burung Hantu Peliharaan

Burung hantu adalah salah satu burung favorit banyak pecinta burung. Mereka berlomba untuk membuat burung ini unik.

Sebagian besar pecinta burung tidak memelihara burung hantu karena suaranya, tetapi para pecinta burung memberi makan burung-burung ini karena mereka menyukai bentuk wajah mereka yang unik dan berbeda dari burung lainnya.
Bulu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pecinta burung. Meskipun pernah dianggap sebagai burung mistis, ada banyak yang ingin burung hantu menjadi burung favorit mereka.

Burung Hantu Celepuk

Burung hantu celepuk mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan mungil sekitar 19 cm. Burung hantu Celepuk mempunyai warna kemerahan pada bagian di kepalanya. Burung ini juga memiliki jumbai di kepalanya.

Burung Hantu Bubo

Burung hantu bubo adalah salah satu dari burung hantu yang paling mahal harganya. Ciri khas yang sangat unik menjadikan burung hantu bubo dijual dengan harga yang mahal. Mengapa harganya sangat mahal ? Karena burung hantu bubo merupakan salah sari jenis burung hantu yang memiliki tinggi hampir 50cm.

Ketika pertama melihat orang akan merasa bahwa burung hantu bubo memiliki kesan garang dan berwibawa. Kakinya diselimuti oleh bulu bulu halus berwarna putih dengan cakarnya yang tajam. Hal yang menonjol dari burung hantu bubo adalah juntai yang lebih panjang dari burung hantu celepuk.

Burung Hantu Salju Putih

Burung hantu salju umumnya disebar luaskan di negara-negara di mana ada salju. Dengan memiliki bulu yang putih dan bersih, burung ini terlihat cantik, unik dan misterius. Ukuran standar burung ini adalah 30 cm dan tidak berbeda jauh dari jenis burung hantu lainnya, burung hantu putih dewasa dapat memiliki panjang sekitar 35 cm.

Seperti namanya, burung hantu putih memiliki warna bulu yang berbeda, yang memiliki warna putih dominan. Burung hantu putih memiliki penampilan fisik yang elegan dan terlihat seperti elang.
Wajahnya, wajah burung hantu salju membentuk simbol cinta (cinta), tetapi penampilannya sangat tajam dan paruhnya tajam seperti rajawali. Burung ini adalah jenis burung hantu yang sangat populer di kalangan pecinta burung, karena penampilannya yang elegan dan elegan.

Burung Hantu Beluk Ketupa – Buffy Fish

Sama seperti jenis burung hantu bubo, burung ini memiliki juntai dan ukuran yang sama adalah 50 cm. Tapi, burung hantu Buffy Fish Owl memiliki warna bulu yang didominasi oleh warna cream coklat vertikal.

Daftar Harga Burung Hantu

Jangan salah paham, burung hantu bukan lagi burung liar yang menakutkan.

Di Indonesia, burung hantu mulai menjadi burung peliharaan yang unik, yang harga jualnya cukup luar biasa, tidak seperti burung hias lainnya. Berikut adalah daftar harga burung hantu di pasar:

 

Jenis Burung HantuKisaran Harga
Burung Hantu CelepukRp 80.000 – 150.000
Burung Hantu Oriental BayRp 200.000 – 350.000
Burung Hantu Javan OwletRp 300.000 – 400.000
Burung Hantu Barn OwlRp 300.000 – 400.000
Burung Hantu Strix SeleputoRp 450.000 – 650.000
Burung Hantu Brown Hawk OwlRp 500.000 – 750.000
Burung Hantu Buffy Fish OwlRp 750.000 – 1.000.000
Burung Hantu Bubo SumatranusRp 1.200.000-1.500.000

Berdasarkan data di atas, harga burung hantu disesuaikan dengan ukuran, keunikan dan kemudahan yang tersedia. Jika jenis burung hantu sulit ditemukan dan diternak, harganya mungkin lebih tinggi.

Ini adalah artikel tentang jenis burung hantu, ciri ciri dan harga. Kami telah merancang artikel ini dari beberapa sumber Wabsate untuk kenyamanan Anda, terima kasih. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *