8 Contoh Teks Narasi Pendek dan Panjang Beserta Langkah Menulis Teks Narasi

Contoh Teks Narasi- Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian teks narasi, ciri ciri teks narasi, jenis jenis teks narasi, dan contoh teks narasi pendek.Sebuah bacaan atau disebut teks yang berupa runtutan suatu kejadian berdasarkan urutan waktu dikenal sebagai paragraf narasi atau teks narasi.

Teks narasi banyak dijumpai dalam berbagai karya tulisan seperti, cerita pendek, novel, biografi, dan lain sebagainya. Apakah sebenarnya bacaan termasuk dalam teks narasi? Melalui artikel ini, kalian dapat mempelejari pengerian teks narasi lebih detail lagi, ulasan yang akan diberikan juga meliputi struktur teks narasi, ciri-ciri teks narasi, jenis-jenis dan contoh teks narasi.

Jadi bagi kamu yang belum mengerti kamu enggak perlu khawatir lagi. Kamu cukup membaca artikel ini sampai selesai kok. Mudah-mudahan langsung paham dan bermanfaat.

Pengertian Teks Narasi

Pengertian Teks Narasi
startupstocksphoto pixabay.com

Teks Narasi adalah suatu paragraf yang isi kalimat berupa tentang penejelasan atau menceritakan secara detail sebuah kejadian peristiwa dalam runtutan waktu tertentu. Entah itu menjelaskan seseorang, tempat, waktu dan lain sebagainya.

Paragraf narasi biasanya sering dijumpai pada novel atau cerpen. Peristiwa dalam sebuah narasi sendiri bisa benar-benar terjadi ataupun hanya sebuah imajinasi saja.

Karena paragraf narasi, menggambarkan peristiwa kejadian atau tempat-tempat tertentu yang mana pembaca tidak ada disana, sehingga paragraf ini mendiskripsikan sesuatu itu dengan mencerikan hal tersebut.

Salah satu tujuan paragraf narasi yaitu supaya pembaca paham bagaimana kejadian di tempat atau peristiwa tersebut seolah-olah pembaca melihatnya sendiri.

Udah mulai paham mengenai tentang pengertian teks narasi ? Jadi teks narasi tidak hanya berasal dari kejadian nyata saja, akan tetapi bisa diambil dari cerita yang bersifat fiksi atau khayalan seperti pada, cerpen, novel, novel, roman, drama, dan biografi.

Jenis Jenis Teks Narasi

Jenis Jenis Teks Narasi
Humusak pixabay.com
  • Narasi artistik

Narasi artistik : Narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud dan tujuan tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca dan pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat. Langsung.

Ketentuan ini berhubungan, dengan penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsur sugestif atau bersifat objektif.

  • Narasi informatif

Narasi informatif :  Narasi yang mempunyai sasaran penyampaian atau suatu informasi secara benar  tentang suatu kejadian peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang.

  • Narasi sugestif

Narasi sugestif :  Narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tujuan tertentu, memberitahukan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga terlihat seolah-olah nyata.

  • Narasi ekspositorik

Narasi ekspositorik : Narasi yang memiliki sasaran suatu  penyampaian informasi secara benar tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang. Dalam narasi ekspositorik, penulis menceritakan suatu peristiwa yang berdasarkan data sebenarnya.

Pelaku yang ditonjolkan biasanya, hanya satu orang. Pelaku diceritakan mulai dari masa kecil sampai saat ini atau sampai terakhir dalam masa hidupnya. Karangan narasi ini diwarnai dengan eksposisi, maka ketentuan eksposisi juga berlaku pada penulisan narasi ekspositorik.

Sebenarnya  ketentuan ini  berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis dan  berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsursugestif atau bersifat objektif.

Ciri-Ciri Teks Narasi

Ciri Ciri Teks Narasi
Qimono Pixabay.com

Menurut Gorys Keraf (2000:136)

  • Ada konfliks.
  • Dirangkai dalam urutan waktu.
  • Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.
  • Berusaha menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”

Narasi dibangun dengan sebuah alur cerita. Alur ceritanya tidak akan menarik jika didalamnya tidak ada konfliks. Selain alur cerita, susunan kronologis dan konfiks, lebih lengkap lagi ciri- ciri narasi yang diungkapkan oleh Atar Semi (2003: 31) sebagai berikut:

  • Memiliki nilai estetika.
  • Peristiwa dan kejadian yang disampaikan berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, dapat berupa semata-mata imajinasi atau gabungan dari keduanya.
  • Menekankan susunan secara kronologis.
  • Berupa cerita tentang peristiwa atau pengalaman penulis.
  • Berdasarkan konfiks, karena tanpa konfiks sendiri biasanya narasi tidak sebegitu menarik.

Ciri-ciri narasi yang di ungkapkan oleh keraf, memiliki kesamaan dari segi bahwa narasi berisi tentang sebuah cerita, menekankan susunan kronologis atau bisa juga dari waktu ke waktu dan memiliki konfliks. Perbedaannya narasi dari Keraf lebih memilih menonjolkan ciri- ciri pelaku.

Tujuan Teks Narasi

Tujuan Teks Narasi
Rawpixel Pixabay.com

Tujuan dari menulis karangan narasi secara fundamental yaitu:

  • Hendak memberikan suatu wawasan atau informasi dan memperluas pengetahuan
  • Memberikan suatu pengalaman estetis kepada pembaca

Langkah Langkah Menulis Teks Narasi

Langkah Langkah Menulis Teks Narasi
Nurfasta.com
  1. Tentukan dulu tema dan amanat yang akan disampaikan.
  2. Mengerti aturan tanda bacanya dalam kalimat tersebut.
  3. Tetapkan sasaran pembaca.
  4. Persiapkan dulu peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur.
  5. Bagi peristiwa utama ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita.
  6. Rincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung alur cerita.
  7. Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandangan.

Contoh Teks Narasi Sugestif

Contoh Teks Narasi Sugestif
Qishotuna.blogspot.com

Nabi Sulaiman Menemukan Kubah

Suatu ketika Nabi Sulaiman berjalan-jalan di tepi pantai untuk melihat kebesaran Allah di laut. Dengan kelebihan ilmu yang dimiliki Nabi Sulaiman, tiba-tiba Nabi Sulaiman melihat suatu benda di dasar laut. ”Benda itu sangat menakjubkan,” pikirnya.

Nabi Sulaiman lalu menyuruh Jin Ifrit untuk mengambil benda ajaib tersebut. Namun, Jin Ifrit tidak menemukan sesuatu pun di dasar laut, padahal berulang-ulang turun sampai ke dasar laut.

Kemudian Nabi Sulaiman menyuruh beberapa jin yang lainnya. Akan tetapi sama saja, jin-jin lainnya pun tidak menemukan apa-apa di dasar laut. Akhirnya, Nabi Sulaiman menyuruh Ashif bin Barkhiya.

Ia adalah seorang yang mempunyai ilmu langsung dari Allah. Ia mempunyai kekuatan yang tinggi. Ashif bin Barkhiya pun menyelam ke dasar laut.

Ternyata, benda menakjubkan yang ia temukan itu saat di dasar laut adalah sebuah kubah yang terbuat dari mutiara. Kubah itu sungguh elok dan memesona sekali. Kubah tersebut diangkatnya ke permukaan laut dan dibawa ke hadapan Nabi Sulaiman.

Contoh Teks Narasi Ekspositoris

Contoh Teks Narasi Ekspositoris
valentinusardo5 Pixabay.com

Cut Nyak Dhien pahlawan wanita

Cut Nyak Dhien adalah merupakan pahlawan wanita yang berasal dari daerah kepulauan Aceh. Pada tahun 1880 tepatnya Cut Nyak Dhien bersama suaminya melakukan perlawanan terhadap Belanda.

Namun pada tanggal 30 September 1893 tepatnya di kota Kutaraja rombongan Cut Nyak Dhien menyerahkan diri kepada Belanda.Teuku Umar atau suami dari Cut Nyak Dhien secara diam diam merancang rencana untuk menghancurkan pasukan pertahanan Belanda.

Akhirnya rencana tersebut berhasil melumpuhkan pihak Belanda. Pada tanggal 11 Februari 1899 tepatnyaTeuku Umar tewas dalam peperangan melawan Belanda dan Cut Nyak Dhien ditunjuk menjadi pemimpin pembela Indonesia dalam melawan Belanda.

Cut Nyak Dhien kemudian ditangkap serta terluka dan dirawat dirumah sakit Belanda pada masa kemunduran Aceh. Pada akhirnya beliau meninggal pada tanggal 6 November 1908.

Contoh Teks Narasi Sejarah

Teks Narasi Sejarah
Lampost.co

Orientasi:

Sejak pecahnya Perang Asia Timur Raya, dan Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jepang karena serbuan Pusat Pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbour” pada 8 Desember 1941.

Pasukan Jepang yang semakin agresif mendarat di wilayah Indonesia, Malaya, Filipina, dan Indocina. Jepang mendarat di Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda.

Daerah pendudukan Jepang diperluas, dengan penaklukan Batavia pada 5 Maret 1942. Jepang memberi tekanan lebih besar pada Belanda dan akhirnya pemerintah Belanda menyatakan “menyerah tanpa syarat.”

Urutan Peristiwa:

Awalnya, orang Indonesia menyambut kedatangan tentara Jepang. Pemerintah Jepang mulai aktif merangkul masyarakat Indonesia dengan pembentukan beberapa organisasi masyarakat, yang sebenarnya “ada udang di balik batu” untuk kepentingan Jepang dalam Perang Dunia II.

Peristiwa penting yang terjadi adalah pertemuan antara Sukarno, Hatta dan Rajiman dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Pasukan Jepang mulai melemah dan pasukan Amerika menjadi lebih kuat. Amerika Serikat mengamuk, sehingga pada 6 Agustus 1945, ia menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan pada 9 Agustus bom atom kedua di Nagasaki.

Akhirnya, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada 14 Agustus 1945.

Reorientasi:

Berita tentang kekalahan Jepang tidak dapat disembunyikan, dengan perjanjian Post dan Jepang menyerahkan kekuasaan mereka kepada sekutu, otomatis Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Rakyat Indonesia mengambil kesempatan ini untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Contoh Teks Narasi Pendek #1

Contoh Teks Narasi Pendek
nurfasta.com

Kisah Romantika Habibie Dan Ainun

Novel Habibie dan Ainun ini mengisahkan seputar romantika kehidupan Ainun dan Habibie. Memperlihatkan betapa besarnya cinta antara Habibie dan Ainun yang kemudian memberi motivasi dan semangat untuk kesuksesan dan keberhasilan Habibie yang tak lain adalah suami tercinta Ainun.

Note : Salah satu jenis paragraph teks narasi pada keterangan diatas termasuk sugesti dimana menyampaikan kisah kisah Habibie dan Ainun pada novel terpopulernya.

Contoh Teks Narasi Pendek #2

Contoh Teks Narasi Pendek
Ngertiaja.com

Kejutan Ulang Tahun

Hari ini adalah hari yang tidak bakalan aku lupakan untuk anakku Aninda, lantaran ia sudah mendapatkan surprise dari para sahabatnya. Sebelumnya ia sempat curiga mendapat tingkah laku para teman-temannya yang aneh sekali.

Benar sekali. Sesudah pulang dari sekolah, teman teman Aninda memberikan sebuah kejutan kue ulang tahun serta hadiah kado ulang tahun.

Note:  Mengisahkan tentang kisah Aninda yang memperoleh kejutan ulang tahun dari teman temannya. Akan tetapi sebelum itu ia telah sempat menduga lantaran sikap temannya yang amat mencurigakan.

Contoh Teks Narasi Pendek #3

Contoh Teks Narasi Pendek
Free-photos pixabay.com

Mencari Kayu Bakar

Di pagi hari yang masih sangat cerah, Dillah keluar rumah untuk mencari kayu bakar di hutan belakang rumahnya. Ia tidak sendirian, sebab perginya ditemani dengan kakeknya.

Tak terasa dia sudah berada di dalam hutan yang amat lebat. Dia sempat mendengar berbagai suara binatang yang keras. Karenanya dia mengalami ketakutan lantaran hal tersebut merupakan pengalaman pertamanya datang ke hutan untuk mencari kayu bakar.

Note: Pada kisah diatas memberitahukan kepada kita bahwa Dillah yang baru memiliki pengalaman pertama kali pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar ditemani dengan kakeknya. Dia takut lantaran sering mendengar suara suara binatang yang nyaring di hutan.

Contoh Teks Narasi Pendek #4

Contoh Teks Narasi Pendek
KHphotograpy pixabay.com

Kisah Anak Kembar

Di suatu hutan yang belantara, tinggal dua anak kembar yang sudah tidak memilki ayah dan ibu.

Kedua anak kembar tersebut bernama Safa dan Marwa. Keduanya tinggal di Gubuk dan kegiatan sehari hari mereka adalah berburu binatang untuk sebagai makanan. Sesudah beberapa waktu kemudian, kedua anak tersebut berjumpa dengan saudagar yang kaya sekali yang lagi melakukan perburuan di hutan.

Safa dan Marwa pada akhirnya dibawa dan di ambil saudagar tersebut menuju rumahnya dan diangkat sebagai anak angkat.

Note : Permisalan contoh diatas adalah kisah mengenai dua orang anak kembar yang tinggal di tengah hutan tanpa ayah dan ibunya, ketika mereka sedang asik melakukan perburuan binatang di hutan.

Secara kebetulan bertemu dengan saudagar yang kaya raya saat  berburu. Pada akhirnya saudagar tersebut membawa Safa dan Marwah dan diangkat menjadi anaknya.

Contoh Paragraf Narasi Singkat

Contoh Teks Narasi Singkat
Renategrenade0 pixabay.com

Kisah Tentang Fasta

Pergilah Fasta ke pasar dengan menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar Fasta membeli kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang sudah  terbeli ia kembali mengayuh sepeda bututnya kembali menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Note : Contoh diatas menceritakan peristiwa si Fasta yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi.

Contoh Teks Paragraf Narasi Panjang

Contoh Teks Paragraf Narasi Panjang
pixabay.com

Akibat Bangun Kesiangan

Sinar mentari pagi menerobos masuk melewati sela – sela jendela dari kamarku. Sinar itu menyinari wajahku hingga aku terbangun.

Aku pun membuka matak dengan sangat berat dan melihat ke arah jam dinding yang ada di kamarku. Seketika itu aku terkejut untuk bangun, ku lihat jam telah menunjukan pukul 06.30 WIB.

Dengan cepat dari tempat tidur langsung menuju ke kamar mandi. Ketika sampai di depan kamar mandi, aku terpeleset kain oleh basah yang ada di bawah, beruntung aku tidak jatuh dan mencederai tubuhku.

Setelah mandi, aku segera berpakaian sekolah dengan rapih. Kemudian, aku sarapan pagi bersama ayah dan ibuku. Sesudahnya aku langsung berpamitan kepada kedua orang tuaku dan langsung berangkat menuju sekolah dengan mengendarai sepeda motorku.

Jarak dari sekolah ke rumahku tidak begitu jauh sehingga hanya sekitar 15 menit aku telah sampai di sekolah. Beruntung aku tidak terlambat, pikirku. Aku pun langsung menuju kelasku. Setibanya aku disekolah, kulihat semua teman – teman sedang bersiap – siap mengikuti upacara.

Kemudian aku juga ikut mempersiapkan diri untuk mengikuti upacara. Namun, ketika aku mencari topiku di dalam tas, betapa terkejutnya aku ternyata topiku tidak ada di sana.

Aku pun mulai panik. Terbayang sudah aku akan dihukum berdiri sendiri di depan lapangan upacara dan ditertawai oleh teman – teman. Karena aku tidak mau kena hukuman, aku berniat pulang mengambil topiku yang tertinggal di dalam rumah. Kulihat pula jam masih menunjukan pukul 07. 00 wib. Aku pikir masih ada waktu bagiku untuk pulang ke rumah.

Aku pun pulang kembali ke rumah. Setelah mengambil topi, aku kembali ke sekolah. Ku pacu sepeda motorku dengan sangat kencang. Namun, ketika di tengah perjalanan motorku tiba – tiba berhenti mendadak.

Aku pun semakin panik, setelah aku periksa, motorku ternyata kehabisan bensin. Terpaksa aku mendorongnya sambil mencari penjual bensin terdekat. Beruntung, aku menemukan pom bensin tidak jauh dari tempat motorku mogok. Kemudian aku membeli bensin yang terdekat dan langsung memacu sepeda motorku.

Setelah sampaidi sekolah, semua murid telah berkumpul di lapangan upacara. Ternyata upacara baru saja akan dimulai. Aku berlari menuju lapangan upacara dan berbaris bersama teman – temanku yang sudah terlebih dahulu tiba.

Aku pun menjadi lega karena sudah memiliki topi dan siap untuk upacara. Ketika upacara berlangsung, guru bk mengadakan razia memeriksa kerapian dan kelengkapan semua siswa. Aku pun tenang, pikirku aku tidak akan kena hukuman.

Namun, tidak aku sangka tiba-tiba guru BK menghampiriku dan mencatat namaku. Ternyata aku tidak memakai ikat pinggang. Senyum yang tersembul dari pipiku tiba – tiba menghilang.

Aku ternyata lupa bahwa aku belum melepaskan ikat pinggang yang masih menempel di celana pramuka ku. Aku pun pasrah menerima hukuman dari guru BK ku yang akan aku terima.

Sehabis upacara, guru BK mengumpulkan semua siswa yang telah tercatat melakukan pelanggaran. Ada sekitar sepuluh orang siswa dan salah satunya termasuk aku yang terjaring razia kali ini. Kami semua dibariskan menghadap ke tiang bendera selama kurang lebih sekitar sepuluh menit. Setelah itu, guru bk datang dan menceramahi kami. Aku hanya bisa mendengarkan perkataannya. Lalu, kami pun mendapat hukuman untuk membershihkan toilet sekolah.

Tanpa bisa menghindar aku menghabsikan waktu dua jam pelajaran dengan membersihkan toilet pria yang terkenal sangat bau tersebut.

Aku pun menyadari bahwa semua sesuatu yang tidak dipersiapkan akan membawa mengakibatkan bencana. Oleh karena itu, sejak saat itu aku selalu mempersiapkan atribut sekolah sebelum tidur malam.

Contoh Teks Narasi Bahasa Jawa

Narasi Bahasa Jawa
Hitsbanget.com

Dina kamis, aku lan Heru budhal menyang jombang numpak sepedah. Sakdurunge budhal, aku pamit Ibu lan Bapak supaya budhal mulih slamet. Mari pamit Ibu lan Bapak, aku nyusul Heru. Tibake Heru wis ngenteni aku.

Ora suwe suwe aku lan Heru cepet-cepet budhal supoyo ora kudanan amrga pas dina iku mendung banget. Aku lan heru mung ora lali yen wis nyampek Jombang kudu nelpon. Sawise nelpon, aku lan Heru langsung markir sepedah. Sakwise markir sepedah aku turu lan Heru Mangan.

Keterangan: Narasi bersifat bebas, maksudnya tidak terikat oleh paragraf dan jumlah barisnya.

Beberapa Contoh Teks Narasi pendek dan Panjang diatas semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari tentang contoh paragraf narasi.

Jika masih kurang silahkan berkomentar ya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian teks narasi, jenis jenis teks narasi,  ciri-ciri teks narasi, tujuan teks narasi, contoh teks narasi pendek, contoh paragraf narasi  singkat dan contoh paragraf narasi panjang.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Nurfasta

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *