Ciri Khusus Laba-Laba

Ciri khusus laba laba- Laba-laba adalah jenis bintang invertebrata yang berbuku-buku (arthropoda). Ciri yang paling dikenal dari laba-laba adalah memiliki kaki yang berjumlah delapan, dan memiliki kemampuan untuk membuat jaring. Laba-laba adalah hewan karnivora (pemakan daging), tetapi tidak bisa melompat atau terbang. Jadi dia mempunyai kemampuan khusus untuk menangkap mangsanya. Berikut adalah karakteristik laba-laba.

Berikut ini ciri khususnya yang mungkin tidak Kamu ketahui, yuk mari kita simak :

Memiliki Bisa

Ciri Khusus Laba Laba
Ciri Khusus Laba Laba

Dari puluhan ribu spesies, hanya 150 spesies laba-laba yang tidak mempunyai bisa. Bisa tersebut berada di taringnya. Itu dapat ditemukan di taring laba-laba. Meski begitu, hanya 200 spesies laba-laba yang mempunyai bisa yang dapat digunakan untuk membunuh mangsanya dan juga berbahaya bagi manusia.

Ini dapat disuntikkan dengan laba-laba melalui taring biasanya sambil mencerna dan menghancurkan bagian dalam tubuh mangsa. Kemudian, perlahan-lahan, cairan tubuh bersama dengan penghancuran organ-organ internal diserap oleh predator.

Berjam-jam laba-laba menghisap cairan sampai mayat mangsanya mengering. Laba-laba yang memiliki rahang kuat (chelicera), dapat menghabiskan makanannya dengan lebih cepat merusak dan menghancurkan tubuh mangsa dengan rahang dan taringnya. Sisanya berupa bola-bola kecil yang merupakan tubuh mangsa yang telah mengisut.

Membuat Jaring

Ciri Khusus Laba Laba
Ciri Khusus Laba Laba

Laba-laba dapat membuat jaring dari air liurnya yang sangat lengket. Fungsinya memudahkannya untuk menjebak mangsanya yang berukuran serangga kecil yang berjalan melewati jaringnya. Dengan demikian, laba-laba dapat dengan mudah menangkap mangsanya.

Beberapa laba-laba penenun juga memiliki kemampuan untuk membungkus tubuh mangsanya dengan memelintir benang sutera. Kemampuan ini sangat berguna jika mangsa memiliki alat pertahanan diri yang berbahaya, seperti lebah yang memiliki sengatan; atau jika laba-laba ingin menyimpan mangsanya untuk beberapa saat sambil menunggu waktu yang diinginkan untuk menikmatinya nanti.

“Mulut” Berbentuk Seperti Alat Penghisap

Laba-laba tidak memiliki mulut atau gigi. Laba-laba memiliki “mulut” yang berfungsi sebagai perangkat penghisap.

Laba-laba hanya dapat mengonsumsi cairan, karena mulut tidak dirancang untuk mengunyah. Karena itu, di dalam tubuhnya, serangga yang diburu dihancurkan oleh cairan yang dihasilkan oleh laba-laba dalam bentuk cair, hanya dengan demikian ia dapat dicerna oleh saluran pencernaan laba-laba.

Ia memakan mangsanya dengan cara mengisap cairan tubuh mangsanya.

Indera Peraba pada Kakinya yang Sensitif

Ciri Khusus Laba Laba
Ciri Khusus Laba Laba

Kebanyakan laba-laba memiliki penglihatan yang buruk. Kemudian, untuk mencari tahu apakah ada mangsa yang terperangkap dalam jaringnnya, ia mengunakan indera peraba di kaki mereka, fungsinya untuk mendeteksi getaran di jaring mereka.

Mata pada laba-laba umumnya merupakan mata tunggal (mata berlensa tunggal), dan bukan mata majemuk seperti pada mata serangga pada umumnya. Kebanyakan labah-labah mempunyai pandangan yang sangat tidak baik,tidak dapat membedakan warna, atau hanya sensitif pada gelap dan terang.

Laba-laba yang hidup di goa bahkan terkadang ada yang buta.

Pengecualian ditemui dalam spesies labah-labah pemburu yang mempunyai penglihatan tajam dan bagus, termasuk dapat mengenali warna.

Untuk menandakan kehadiran mangsa pada umumnya, labah-labah itu mengandalkan getaran, baik pada jaring-jaring suteranya maupun pada tanah, air, atau tempat yang dihinggapinya.

Terdapat juga labah-labah yang dapat merasakan perbedaan tekanan udara. Indra peraba laba-laba terletak pada bulu-bulu di kakinya.

Memiliki dua Segmen Tubuh

Ciri Khusus Laba Laba
Ciri Khusus Laba Laba

Laba-laba hanya memiliki dua segmen tubuh,, yaitu kepala (cephalothorax) dan abdomen (perut). Kedua bagian tubuh dipisahkan oleh pinggang yang terlihat kurus, yang juga disebut pedicel.

Cephalothorax adalah bagian dari tubuh yang merupakan kepala dan dada menjadi satu, yang berarti bahwa tidak ada batasan yang jelas untuk bagian mana dari kepala dan bagian mana dari dada. Sedangkan perut adalah bagian tubuh paling belakang (posterior) yang ada di belakang cephalothorax, jika pada mamalia dan vertebrata abdomen dapat disebut perut.

Hewan Karnivora

Hewan Karnivora
Ciri Khusus Laba Laba

Hal pertama yang harus diingat adalah laba-laba bukanlah serangga atau insekta, tetapi Arachnida. Laba-laba memakan serangga.

Laba-laba adalah hewan predator (karnivora), kadang-kadang bahkan kanibal. Mangsa utamanya adalah serangga. Hampir semua jenis laba-laba, kecuali sekitar 150 spesies suku Uloboridae dan Holarchaeidae, dan subordo Mesothelae, dapat menghisap musuh atau mangsa melalui taring mereka. Namun, dari puluhan ribu spesies yang ada, hanya sekitar 200 spesies yang gigitannya dapat membahayakan manusia.

Mempunyai Sampai Delapan Mata

Mempunyai Sampai Delapan Mata
Ciri Khusus Laba Laba

Secara umum, laba-laba memiliki delapan mata. Namun, ada juga yang kurang dari 8 atau bahkan tanpa mata. Dalam proses identifikasi laba-laba, jumlah dan susunan mata mereka adalah parameter penting yang harus diperhitungkan.

Dapat Membuat Benang Sutra

Dapat Membuat Benang Sutra
Ciri Khusus Laba Laba

Semua jenis laba-laba dapat membuat benang sutera. Pemintal dalam tubuh Laba-laba berada di ujung perut.

Tidak semua laba-laba membuat sarang seperti yang sering kita lihat, jaring. Bahkan, mereka dapat menghasilkan benang, namun bukan berarti mereka juga membuat sarang yang berjaring.

Beberapa spesies laba-laba bahkan hidup di bawah tanah, dan tentu saja mereka tidak membuat sarang berjaring.

Memiliki Delapan Kaki

Memiliki Delapan Kaki
Ciri Ciri Khusus Laba Laba

Laba-laba memiliki delapan kaki, masing-masing dibagi menjadi 7 bagian, yaitu coxa (yang melekat pada cephalothorax), trochanter, femur, patela, tibia, metatarsal, dan tarsus.

Dan di setiap ujung kaki ada cakar, bisa 2 atau 3 cakar. Untuk laba-laba yang membangun sarang, mereka biasanya memiliki 3 cakar di setiap ujung kakinya.

Habitat Asli Laba Laba

Habitat Asli Laba Laba
Ciri Ciri Khusus Laba Laba

Habitat laba-laba yang hidup atau ekologi laba-laba memiliki karakteristik tertentu. Laba-laba dapat beradaptasi dengan habitat yang berbeda, tetapi sangat sensitif terhadap gangguan yang terjadi di lingkungan mereka. Dalam hal gangguan lingkungan yang berdampak negatif pada kelimpahan laba-laba, antara lain: pengelolaan tanah, pemangkasan tanaman dan penggunaan pestisida sintetis.

Bagi laba-laba yang hidup di serasah, daun yang gugur di hutan adalah habitat yang cocok untuknya. Jumlahnya meningkat lebih banyak ketika lapisan serasah semakin tebal karena lebih banyak tempat tersedia untuk bersembunyi dan terhindar dari suhu yang ekstrim.

Itu lah ciri ciri khusus yang dimiliki laba laba, terima kasih. Semoga bermanfaat!

 

Nurfasta.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *