10 Cara membedakan Madu Asli Dan Palsu Beserta Cara Menyimpannya

Cara membedakan Madu Asli Dan Palsu– Madu telah menjadi salah satu bahan minuman alami yang paling banyak digunakan di masyarakat karena manfaatnya. Untuk kesehatan, seperti obat batuk, obat antioksidan, pencegahan diabetes dan banyak lagi. Madu ini bisa menjadi bahan alami untuk perawatan kecantikan.

Namun, karena kebutuhan yang sangat besar, ada produk madu palsu yang dijual bebas. Cukup sulit untuk melihat dan membedakan antara madu asli dan madu palsu hanya dari kemasannya.

Sebelum membahas cara membedakan antara madu asli dan madu palsu, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu madu.

Madu adalah bahan nektar yang diperoleh oleh lebah dari bunga. Nektar yang dikumpulkan dalam sarang akan diproses di dalamnya.

Enzim yang dihasilkan oleh lebah akan bercampur dengan nektar, kemudian mereka akan memasuki proses fermentasi nektar. Kemudian, proses produksi madu dan semua cairan dalam madu akan keluar dan menjadi madu murni.

Anda harus tahu bahwa semua manfaat yang terkandung dalam madu dapat diperoleh jika madu yang dikonsumsi asli atau murni.

Cara Membedakan Madu Murni Dan Palsu

Cara membedakan Madu Asli Dan Palsu Beserta Cara Menyimpannya
PIXABAY.COM

Madu murni adalah madu tanpa campuran bahan lainnya. Nah, di sini kita akan membahas tips tentang cara membedakan antara Madu Murni dan Madu yang telah diberi campuran atau bahkan madu palsu. Lihatlah tips berikut ini untuk mengetahuinya.

Jika kalian ingin membeli madu murni yang terjamin keasliannya Anda bisa membelinya di majelisazzikra.com Anda tidak perlu ragu karna sudah terjamin murni.

Meneteskan Madu Ke Dalam Air

Cara pertama, cukup masukkan setetes madu ke dalam air. Jika tetesan madu tidak bercampur dengan air dan jatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli atau murni. Jika tetesan madu dapat dicampur atau mengambang di air, maka Anda dapat mengatakan bahwa madu itu palsu / tercampur. Mudah bukan?

Percobaan Korek Api

Keaslian madu juga bisa dibuktikan dengan mengolesi ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian, geser ujung korek yang telah ternoda untuk menyalakannya. Jika korek api masih bisa dinyalakan setelah diolesi dengan madu, maka madu yang digunakan adalah madu asli. Sebaliknya, jika korek api tidak mau terbakar, kemungkinan besar madu itu palsu atau tercampur.

Memasukan Ke Dalam Freezer

Anda bisa meletakkan madu yang sudah Anda beli di freezer atau lemari es. Jika madu tidak membeku setelah beberapa saat, maka madu tersebut bisa dikatakan madu asli. Sebaliknya, jika madu membeku, maka madu tersebut sudah tercampur atau palsu!

Menguji madu Dengan kertas

Ada cara lain untuk membedakan madu asli dengan madu palsu atau campuran. Untuk melakukan ini, teteskan atau tuangkan madu di atas kertas kosong. Kemudian cobalah merobek kertas yang telah dituangkan madu, jika kertas tidak mudah robek, maka madu tersebut benar-benar murni atau asli. Sebaliknya, jika kertas mudah robek, maka madu itu palsu atau mengandung campuran.

Merebus Madu Dengan Sendok

Tips terakhir dan paling unik adalah dengan cara merebus madu dalam sendok. Caranya cukup muda, Anda hanya perlu menyediakan 1 sendok makan, lalu tuangkan madu ke sendok. Kemudian panaskan sendok yang telah diisi dengan madu dalam lilin atau api.

Jika madu mengeluarkan banyak busa dan hampir tumpah dari sendok, dapat disimpulkan bahwa madu tersebut asli atau murni.

Namun, sebaliknya, jika madu hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut bisa dikatakan madu palsu atau madu yang sudah dicampur dengan bahan lainnya.

Cara Menyimpan Madu Agar Awet dan Tidak Dimakan Semut

Tips Menyimpan Madu

Cairan madu biasanya disimpan oleh hewan-hewan ini di tempat alami yang biasa dikenal dengan kantung madu. Rasa yang dihasilkan akan secara alami manis dan akan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Secara umum, ada banyak yang mengatakan bahwa madu alami tidak basi, tetapi tetap saja kita harus tahu cara menyimpannya.

Di balik rasa dan kaya akan manfaatnya, apakah Anda tahu cara menyimpan madu dengan benar? Bagi Anda yang penasaran dengan cara menyimpan madu yang baik dan benar agar tetap segar dan terhindar dari semut,berikut tipsnya!

Hindari Meletakan Madu Dibawah Sinar Matahari Langsung

Satu hal yang perlu diingat adalah lokasi tempat saat Anda akan menyimpan madu. Pastikan untuk tidak menyimpannya di bawah sinar matahari langsung, untuk menghindari paparan sinar yang akan merusak zat-zat seperti sifat antibakteri dalam madu dan juga dapat mengoksidasi zat besi dalam madu sehingga manfaat yang baik berkurang.

Gunakan Wadah Atau Botol Yang Terbuat Dari Kaca

Bahan untuk penyimpanan madu juga bisa menjadi salah satu hal yang harus diperhitungkan saat menyimpan madu yang baik.

Pastikan untuk menggunakan botol atau wadah kaca karena lebih netral dan tidak mudah terurai jika terkena panas.

Sementara itu, jika wadahnya terbuat dari logam, itu akan menyebabkan reaksi kimia dan wadah yang terbuka akan menyebabkan munculnya semut.

Tidak Membiarkan Wadah Terbuka

Pilih opsi wadah yang benar dengan bagian yang rapat saat tertutup.

Tutup wadah dengan penutup kedap udara sehingga madu tetap aman dan tidak tembus ke udara, yang akan membuat madu lebih kental.

Hindari Menyimpan Di Freezer

Jangan menyimpan madu dalam wadah yang diletakkan di freezer karena akan membuat konsistensi madu lebih kental dan mengkristal, sedangkan warnanya akan berubah.

Simpan madu di dalam lemari es (selain dari freezer). Penyimpanan akan mempengaruhi kualitas di dalamnya.

Gunakan Sendok Plastik

Jika Anda ingin menuangkan madu dengan sendok, hindari sendok yang berbahan dari logam karena dikhawatirkan akan memicu reaksi kimia.

Gunakan sendok yang terbuat dari plastik karena relatif lebih aman untuk dikonsumsi nanti dibandingkan dengan penggunaan sendok logam.

Sekarang Anda tidak lagi kebingungan, dalam membedakan madu asli dan palsu dan juga tips dalam menyimpan madu agar tetap awet dan bertahan lama.

Terimakasih. Semoga bermanfaat!

Nurfasta

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *