Benda Langit

Benda langit– Benda-benda langit merupakan suatu objek atau benda yang ada diluar angkasa. Jenis dan macam macam benda langit begitu banyak, dari yang terkecil sampai yang tebesar.

Berikut ini kami akan membantu Anda dalam mengetahui ada berapa sih benda benda dilangit dan apa saja benda benda tersebut. Berikut simak artikel dibawah ini.

Planet

Planet

Planet adalah benda langit yang mengelilingi atau mengorbit bintang dengan jalur dan kecepatan tertentu. Contoh: Bumi yang mengelilingi atau mengorbit Matahari. Planet adalah salah satu anggota tata surya dengan ciri ciri tertentu.

Pengertian dari planet yaitu bintang yang berpundah dan memiliki lokasi yang berubah-ubah. Hal ini karena planet bergerak mengelilingi matahari.

Planet tidak dapat memancarkan cahaya seperti yang mereka lakukan di bintang dan matahari. Cahaya yang dapat dipancarkan planet berasal dari sinar matahari yang kemudian dipantulkan, sehingga pada malam hari planet-planet di langit dapat dilihat bahkan dengan mata telanjang, ini karena planet ini terlihat cerah seperti bintang.

Ciri Ciri Planet: Beberapa ciri-ciri planet yang dapat digunakan sebagai patokan untuk dibedakan antara jarak planet dan matahari dan ukuran planet.

  1. Berdiameter lebih dari 800 km
  2. mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang;
  3. tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya; dan,
  4. mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat);
  5. telah “membersihkan lingkungan” (clearing the neighborhood; mengosongkan orbit agar tidak di tempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya

8 Planet di Tata Surya Dan Ciri-Cirinya

Terdapat beberapa planet yang ada dalam tata surya, antara lain :

  1. Merkurius
  2. Bumi
  3. Yupiter
  4. Mars
  5. Venus
  6. Saturnus
  7. Neptunus
  8. Uranus

Kita harus ingat bahwa Pluto tidak termasuk dari planet sejak 24 Agustus 2006. Pada pertemuan ke-26 Himpanan Astronomi Internasional di Praha, Republik Ceko, ia menyatakan bahwa Pluto dihapus dari daftar tata surya kita karena orbit Pluto memotong orbit Neptunus.

Berdasarkan dari jaraknya dengan matahari, Merkurius dan Venus disebut sebagai sebuah planet dalam atau planet inferior, sedangkan Planet Yupiter, Mars, Saturnus, Uranus, serta Pluto di sebut planet luar atau planet superior.

Dari kedua kelompok ini dipisahkan oleh bumi (bumi sebagai pembatas).

Satelit

Satelit

Ternyata satelit ini tidak hanya terdiri dari satu jenis, tetapi juga terdiri dari beberapa jenis . Secara umum, satelit dibagi menjadi dua jenis, yaitu satelit alam atau satelit alami dan yang kedua adalah satelit buatan.

Satelit alam merupakan salah satu benda luar angkasa yang telah ada dan bukan merupakan buatan manusia yang mengorbit suatu planet tertentu. untuk planet yang kita tempati, yakni planet Bumi, satelit alam yang dimiliki adalah bulan.

Bulan ini keberadaannya selalu mengitari Bumi atau berevolusi, sehingga bulan ini adalah satelit bumi. Selama mengelilingi bumi, bulan ini melakukan tiga gerakan sekaligus, yakni gerakan rotasi bulan, revolusi bulan, dan juga gerakan mengelilingi matahari.

Satelit Buatan

Selanjutnya jenis satelit yang kedua adalah satelit buatan. Berbeda dengan jenis satelit yang pertama, atau satelit alam tadi, satelit buatan ini adalaha satelit yang dibuat oleh manusia. Satelit buatan ini merupakan salah satu benda luar angkasa buatan manusia yang mengorbit suatu planet yang dalam pembeuatannya memiliki jenis- jenis tertentu serta fungsi tertentu pula dengan tujuan memenuhi kebutuhan manusia.

Berbeda dengan satelit alam yang dimiliki bumi yang jumlahnya hanya satu saja, satelit buatan ini justru memiliki jenis yang sangat banyak dan jumlah yang banyak pula. Jenis- jenis dari satelit buatan ini juga bedakan lagi menjadi beberapa macam, yakni dilihat dari fungsinya dan juga dilihat dari ketinggian garis edarnya.

Bintang

Bintang

Bintang adalah benda langit atau bola plasma yang terdekat dengan bumi yaitu matahari dengan jarak 149,680,000 km yang memancarkan cahaya ke seluruh alam semesta. Sementara hanya ada satu bintang di tata surya kita, ada miliaran bintang di seluruh galaksi kita dan secara eksponensial lebih banyak di miliaran galaksi di alam semesta.

Bintang ialah benda langit yang bisa memancarkan cahayanya sendiri. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu merupakan bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain.

Menurut ilmu astronomi, bintang didefinisikan seabagai semua benda massif (bermassa antara 0,08 hingga 200 kali massa matahari) yang sedang atau pernah melakukan pembangkitan energi melalui fusi nuklir

Nebula

Nebula

Nebula adalah salah satu objek ruang angkasa yang cukup menarik saat diamati dan dipelajari. Nebula berasal dari bahasa latin nebule yang berarti awan, namun perlu diingat nebula bukan seperti awan yang sering terlihat.

Nebula merupakan awan antar bintang terdiri dari debu, hidrogen, helium, plasma dan gas yang terionisasi lainnya, dipercayai tempat untuk pembibitan bintang baru. Nebula terbentuk ketika awan molekul yang sangat besar runtuh di bawah gaya gravitasinya sendiri

Secara umum, proses pembentukan nebula dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis bentuk, yaitu, melalui keruntuhan gravitasi, ledakan supernova dan evolusi bintang.

Galaksi

Galaksi

Galaksi adalah suatu sistem yang terjadi karena adanya sekelompok bintang, terdiri dari benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi benda benda angkasa lainnya sebagai anggota galaksi yang mengelilingi secara teratur.

Dalam ilmu astronomi, galaksi adalah suatu sistem terdiri dari bintang, debu dan gas, dimna memiliki gaya tarik menarik (gravitasi).

Pada umumnya suatu galaksi terdiri dari miliaran bintang yang memiliki warna, ukuran, dan karakteristik yang beraneka ragam.

Contoh galaksi, misalnya, Galaksi Andromeda dan Bimasakti yang melaluinya tata surya kita beredar. Galaksi biasanya tidak ditemukan dalam satu bentuk. Kebanyakan galaksi tersumbat dalam kelompok. Sebagai contoh, galaksi Bima Sakti berada dalam sebuah gugusan yang disebut Grup Lokal.

Galaksi dibagi 3 tipe berdasarkan morfologinya, galaksi elips, spiral dan tidak beraturan. Pembagian tipe galaksi berdasarkan penampakan dan bentuk galaksi. Para astronomi berhasil mempelajari dan mengamati galaksi-galaksi, komposisinya terdiri dari 5% galaksi tidak beraturan, 20% galaksi elips, dan 75% galaksi spiral.

Asteroid

Asteroid

Asteroid adalah kumpulan benda langit yang di dalamnya terdapat jutaan kelompok yang membentuk sabuk raksasa. Kelompok asteroid yang membentuk sabuk adalah antara Mars dan Jupiter.

Asteroid juga disebut sebagai planet minor atau planetoid. Asteroid adalah benda langit jika kita lihat dari dekat mirip dengan bebatuan. Jumlah asteroid ini banyak sekali dan mereka memiliki orbitnya sendiri.

Adapun orbit dari asteroid ini berbentuk elips asteroid bergerak bebas. Asteroid terbentuk dari zat yang terdiri dari tanah liat, silikat, dll.

Meteoroid

Meteoroid

Meteorit adalah meteor yang telah memasuki dan mencapai permukaan bumi, sedangkan yang memasuki atmosfer bumi disebut meteor.

Meteoroid adalah benda padat di ruang antarplanet sebelum mencapai atmosfer Bumi. Kebanyakan hasil dari meteor berdiameter tidak lebih dari beberapa sentimeter.

Dalam penggunaan istilah meteoroid modern, tidak terbatas pada benda yang memasuki atmosfer bumi, tetapi diterapkan pada benda kecil di sekitar orbit Matahari yang memiliki sifat yang sama dengan yang menghasilkan meteor.

Ketika sebuah meteoroid memasuki atmosfer Bumi, ia bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi: minimum lebih dari 11 km per detik (25.000 mil per jam), yang berkali-kali lebih cepat daripada peluru yang meninggalkan oleh senapan.

Pemanas gesekan, yang dihasilkan oleh tabrakan energi meteorit dengan atom dan molekul atmosfer, menyebabkan permukaan mencair, menguap dan memanaskan udara di sekitarnya. Hasilnya adalah fenomena bercahaya yang dikenal sebagai meteor atau apa yang kita kenal sebagai bintang jatuh. Sebagian besar meteoroid yang bertabrakan dengan Bumi terbakar di atmosfer bagian atas

Komet

Komet

Komet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar yang berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis. Komet merupakan bahasa yunani, yang artinya “rambut panjang”.

Komet terbuat dari es dan debu. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku ketika jauh dari matahari. Saat mendekati matahari, beberapa komponen komet menguap untuk membentuk kepala dan ekor gas. Komet juga mengelilingi matahari, sehingga mereka termasuk dalam tata surya. Contoh komet adalah komet Halley. Komet Halley muncul di bumi setiap 76 tahun sekali.

Debu Antariksa

Debu Antariksa

Debu antariksa atau debu kosmik adalah debu atau pasir di langit yang ada di angkasa lebih tepatnya luar angkasa, yang terbentuk dari puing-puing luar angkasa, seperti satelit dan benda langit lainnya yang hancur.

Lubang Hitam

Lubang Hitam

Lubang hitam atau blackhole adalah lubang yang ada di luar angkasa yang menghisap benda-benda di langit di sekitarnya. Lubang hitam terjadi karena bintang mati. Karena itu, lubang hitam sering disebut makam luar angkasa.

Sebelum lubang hitam terjadi, ada ledakan yang disebabkan oleh bintang. Benda langit di sekitar lubang hitam pasti akan diserap oleh lubang hitam.

Benda-benda ini diserap oleh lubang hitam karena gravitasi lubang hitam sangat besar.

Lubang hitam atau blackhole sering disamakan dengan lubang cacing atau lubang cacing atau juga disebut lubang waktu, padahal kenyataannya lubang hitam tidak sama dengan lubang cacing.

Supernova

Supernova
pixabay.con

Supernova adalah ledakan bintang di galaksi yang mengerahkan lebih banyak energi daripada nova. Definisi umum supernova adalah: “Berakhirnya riwayat suatu bintang.” Pada bintang yang sangat besar, itu ditandai oleh ledakan karena intinya akan runtuh dan melepaskan sejumlah energi besar. Supernova ini menyebabkan lubang hitam.

Share jika bermanfaat, terimakasih!

Nurfasta

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *