Alat Musik Ritmis Tradisional dan Modern

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis- Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai nada. Pada umumnya, alat musik ini dimainkannya dengan cara dipukul contohnya adalah kendang dan drum.

Meskipun demikian, instrumen ini bisa menciptakan harmoni yang sangat indah dan merdu.

Baik alat musik ritmis modern ataupun tradisional, sampai saat ini juga masih banyak dipakai dalam berbagai hal dan pertunjukan seni, baik dimainkan solo maupun dalam band.

Untuk selengkapnya, maka simaklah berbagai alat musik ritmis di bawah ini !

Pengertian Alat Musik Ritmis

Pengertian Alat Musik Ritmis
By Tama66 Pixabay.com

Pastinya kita sudah sangat sering sekali mendengar istilah dari ritmis, melodis, dan harmosnis. Kemudian jika ditanyai tentang apakah alat musik ritmis? Apakah kalian dapat menjawab pertanyaan tersebut?

Nah, untuk memudahkan anda menjawab pertanyaan tersebut maka kita akan membhasnya supaya kita lebih paham lagi tentang alat musik ritmis.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang dijadikan sekedar pengiring saja. Dalam kata lain, alat musik ritmis kerena hanya memiliki satu nada saja serta tidak dapat membunyikan nada-nada seperti contoh “Do Re Mi Fa So La Si Do”.

Oleh karena itu alat musik ritmis ini biasanya sebagai pengiring namun juga bisa sebagai pengatur tempo.

Banyak cara untuk memainkan alat musik ritmis ini, seperti digesek, dikocok, digoyang, ditabuh, dan dipukul dengan menggunakan tangan kosong maupun bantuan alat.

Akan tetapi banyak juga yang memainkan alat ini dengan cara dipukul.

Bagaimana sudah paham dan mengertikan? Jadi pada intinya, alat musik ritmis hanya memiliki satu nada, serta hanya dijadikan sebagai pengatur tempo saja.

Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional dan Modern Beserta Gambar dan Cara Memainkannya

Alat musik ritmis ini akan dibedakan menjadi dua yaitu alat musik ritmis modern dan alat musik ritmis tradisional.

Alat Musik Ritmis Tradisional

Di bawah ini saya akan membahas berbagai macam dan contoh gambar dari alat musuk ritmis tradisional dan disertai dengan asal daerah, serta cara memainkannya.

Alat Musik Ritmis Kendang

Alat Musik Ritmis Gendang
By Rhythmuswege pixabay.com

Alat musik ritmis gendang yang biasanya kita kenal dengan kendhang adalah sebuah alat musik yang terdapat pada gamelan jawa tengah dan jawa barat.

Adapun salah satu fungsinya adalah untuk bisa mengatur irama atau ritme. Instrumen ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.

Jenis-Jenis Kendang

Jenis Jenis Gendang
By Paulbr75 pixabay.com

Berikut ini adalah jenis-jenis kendang dari beberapa daerah di seluruh Dunia :

  • Gendang jawa berbentuk bujur, panjangnya berukuran tiga kaki dengan saiz kedua permukaan yang berbeda. Kedua-dua permukaan ditutup hanya denga kulit lembu dan kulit kambing.
  • Gedombak didapati dalam dua yang berkuran besar, ibu dan anak. Badannya terbuat dari kayu nangka yang berongga permukaannya dipasangi belulang kambing dengan siratan tali rotan.
  • Geduk terbuat dari kayu nangka yang berongga, ,mempunyai dua permukaan yang dipasangi dengan belulang lembu atau kambinng.
  • Tabla yaitu gendang satu muka. Badannya terbuat dari kayu. Dimukannya ditempal menggunakan tampalan untuk menguasai perubahan bunyi.
  • Jidur ini terbuat dari batang pohon kelapa yang berongga kedunnya permukaan berukuran lilit yang ditutupi dengan menggunakan kulit kambing.
  • Nahara gendang yang satu ini berukuran kecil sekitar 12 inci panjang dan berukuran lilit 36 inci. Badannya diperbuat dengan kayu merbau yang berongga dan permukaannya tertutup dengan kulit kijang.

Cara Memainkan Alat Musik Kendang

Cara Memainkan Alat Musik Kendang
By Pexels pixabay.com

Alat musik kendang adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara dipukul dengan kedua telapak tangan kita, sedangkan untuk yang tangan kiri untuk meredam.

Dapat dimainkan dengan cara menggunakan tangan langsung atau pun  bisa juga dengan alat pemukul gendang.

Bahan Utama Pembuat Kendang

Bahan Pembuat Kendang
By Youtube.com

Kendang yang sangat baik terbuat dari kayu nangka, cempaka atau kelapa. Paling sering biasanya kulit kerbau sering digunakan untuk bam (permukaan bagian yang memancarkan ketukan bernada rendah).

Sedangkan kulit dari kambing digunakan untuk chang (permukaan luar yang memancarkan ketukan bernada tinggi).

Pada tali kulit yang berbentuk “y” atau biasannya tali rotan, yang dapat dikendurkan atau dikencangkan untuk mengubah nada besar. Semakin kencang tarikan kulitnya maka semakin tinggi juga suara yang dihasilkan.

Alat Musik Ritmis Tifa

Alat Musik Ritmis Tifa
ilmuseni.com

Tifa aadalah alat musik ciri khas Indonesia bagian Timur , khususnya daerah Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya sangat unik hampir sama dengan kendang dan bahannya pun terbuat dari kayu yang dilubangi di tengahnnya.

Jenis Jenis Alat Ritmis Tifa

Jenis Jenis Alat Musik Ritmis Tifa
tokopedia.com

Ada beberapa macam jenis alat musik tifa ini, seperti tifa jekir, tifa dasar, tifa bas, tifa potong, tifa jekir potong.

Tifa bisanya digunakan untuk mengiringi beberapa tarian daerah lainnya seperti tari lenso, tari perang dari maluku yang diiringi juga dengan mengnakan alat musik totobang, tarian tradisional suku Asmat dan tari gatsi.

Bahan Pembuat Alat Musik Tifa

Bahan Pemuat Alat Musik Tifa
wisataasia.com

Tifa berasal dari papua terbuat dari kayu lenggua yang sudah terkenal dengan bentuknya yang kuat dan besar. Kayu lenggua adalah jenis kayu khas yang berasal dari papua. Lenggua terkenal memiliki kualitas yang sangat bagus, karena kayu lenggua tebal dan kuat.

Cara Memainkan Alat Musik Ritmas Tifa
Bahan Pembuat Musik Ritmis Tifa
interaktif.kompas.id

Cara memainkan alat musik tifa biasanya akan disesuaikan dengan jenis tifa yang akan dimainkan. Seperti contoh hanya dimainkan dengan tangan kosong, ada pula dengan menggunakan alat pukul khusus.

Tifa akan menjadi suara utama ketika dimainkan dengan alat musik lainnya. Hal itu disebabkan karena tifa alat musik ritmis yang hanya memiliki satu nada.

Alat Musik Ritmis Rebana

Alat Musik Ritmis Rebana
platbn.blogspot.com

Rebana adalah alat musik tradisional yang berasal dari negara timur tengah. Alat musik rebana banyak terdapat hampir di seluruh Indonesia, dan mulai berkembang di negara-negara asia tenggara seperti Malaysia, Brunai, dan Singapura.

Jenis Jenis Alat Musik Ritmis Rebana

Jenis Jenis Alat Musik Ritmis Rebana
senibudayaku.com

Rebana merupakan kendang kecil yang memiliki bentuk pipih dan bundar. Terdapat bingkai berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu yang dibubut. Salah satu sisinya berlapis kulit kambing untuk ditepuk saat dimainkan.

Kesenian dinegara asia seperti Singapura, Brunai, Malaysia dan termasuk Indonesia sendiri memakai rabana yaitu musik irama dari padang pasir. Contohnya kasidah, gambus, dan hadroh.

Bahan Pembuat Alat Musik Ritmis Rebana

Bahan Pembuat Alat Musik Ritmis Rebana

Rebana merupakan kendang kecil yang memiliki bentuk pipih dan bundar. Terdapat bingkai berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu yang dibubut. Salah sati sisinya berlapis kulit kambing untuk ditepuk saat dimainkan.

Agar mendapatkan hasil dan kualitas yang bagus dan tahan lama diperlukan, proses pengeringan, kemudian dibasuh lagi dengan air, kemudian dipress, dilakukan berkali-kali agar mendapatkan suara yang bagus.

Kesabaran menjadi syarat wajib untuk membuat rebana ini. Bahkan semakin lama proses pengerjaan, akan semakin bagus produk yang dihasilkannya itu.

 

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Rebana

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Rebana
saatsantai.com

Cara memaikannya cukup dengan dipukul-pukul dengan menggunakan telapak tangan. Biasanya orang mengambil posisi duduk/berdiri saat memainkan alat musik rebana.

Saat memegangnya dengan mengunakan tangan kiri lalu memukulnya dengan menggunakan tangan kanan. Rebana merupakan salah satu alat musik tradisional yang dipukul dengan menggunakan tangan kosong.

Alat Musik Ritmis Kastanyet

Alat Musik Ritmis Kastanyet
oddav..com

Alat Musik Kastanyet merupakan satu dari banyaknya alat musik ritmis yang biasanya digunakan untuk mengiringi tari-tarian Spanyol.

Kastanyet pada umumnya terdiri dari sepasang kepingan kayu keras yang berbentuk cekung dari bahan kayu.

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Kastanyet

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Kastanyet
alatmusik.org

Beberapa sumber mengatakan bahwa alat musik kastanyet dimainkan dengan cara menepuknya. Sebenernya tak perlu untuk dijelaskan terlalu rinci karena ketika melihat alat tersebut tentu kita langsung memahami cara memainkannya.

Cara memainkan kastenyat adalah dengan cara memegangnya ke tangan dan menekan nekannya. Karena bentunya seperti kerang, kastanyet menhasilkan suara dari setiap benturan fisiknya.

Suara yang dihasilkan mirip dengan suara tepuk tangan, hanya saja bunyi suara lebih keras, untuk memainkannya dibutuhkan ketelitian. Kastanyet memiliki tali kecil semacam karet untuk mengencangkan pegangan.

Alat Musik Ritmis Timpani

Alat Musik Ritmis Timpani
duniaq.com

Timpani adalah alat musik dalam keluarga perkusi, Sejenis drum. Orang Amerika menyebutnya dengan instrumen tersebut dengan sebutan half egg, hal tersebut dikarenakan bentuknya seperti telut terpotong.

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Timpani

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Timpani
IDAHOPRESS.COM

Cra memainkan alat musik timpani adalah dengan cara dipukul memakai stik atau mallet tmpani. Fungsi dan cara meminkan timpani hampir sama seperti memainkan drum.

Alat Musik Ritmis Marakas

Alat Musik Ritmis Marakas
aliexpress.com

Marakas atau bisa disebut juga dengan rumba shaker adalah salah satu musik ritmis yang berasal dari daerah Amerika latin. Marakas juga salah satu alat musik perkusi, maraca, maracax’a atau mbara’ak. Alat musik markas mudah dimainkan oleh siapa saja dan kapan saja.

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Marakas

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Marakas
bukalapak.com

Cara memainkan alat musik maracas sangat mudah dan sederhana, hanya cukup dengan digoyangkan saja. Akan tetapi pada dasarnya ada teknik khusus untuk memainkan alat musik marakas.

Alat Musik Ritmis Modern

Aalat musik modern sering kita jumpai dan tersebar di berbagai belahan dunia. Indonesia adalah termasuk salah satunya.

Berikut ini adalah beberapa alat musik ritmis modern.

Alat Musik Ritmis Konga

Alat Musik Ritmis Kongo
carapro.com

Alat musik ritmis kongo sebenernya hampir mirip dengan kendang, yang berbada adalah bentuk konga lebih panjang dari pada kendang. Bahan dari konga adalah kayu dan kulit sapi.

Konga adalah alat musik ritmis yang berasal dari Afrika. Alat musik ini juga bisa disebut Tumbadora

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis Konga

Cara memainkan Alat Musik Ritmis Konga

Cara memainkannya cukup memukulnya dengan tangan konsong dan tanpa alat bantu.

Alat Musik Ritmis Modern Drum

Alat Musik Ritmis Modern Drum
By JFgagnonphotograhie pixabay.com

Drum adalah masuk salah satu alat musik paling tua di dunia. Jadi secara istilah, drum masuk salah satu kelompk alat musik perkusi yang terbuat dari kulit.

Drum adalah alat musik yang dipukul dengan menggunakan stick, pada awalnya drum hanya terdiri dari kulit yang direntengkan pada sebuah penyangga saja.

Cara memainkan Drum

Cara Memainkan Drum
By Facundowin Pixabay.com

Memainkan alat musik ini sangat mudaah dipukul dengan menggunakan pemukul yang disebut stick. Ketika memainkannya, harus memadukan gerakan tangan serta kaki agar menghasilkan suara.

Alat Musik Ritmis Simbal

Alat Musik Ritmis Simbal
By Aromafit Pixabay.com

Simbal adalah salah satu termasuk musik ritmis yang sudah mulai dimainkan sejak zaman dahulu. Instrumen musik timbale terdiri dari dua lempengan yang terbuat dari logam dengan bentuk lingkaran dan bagian tengahnya menonjol.

Cara Memainkan Simbal

Cara Memainkan Simbal
Pixabay.com

Cara memiankannya adalah dengan cara menggesekkan atu bisa juga dengan membenturkan dua lempengan. Terkadang juga simbal satu set dengan drum.

Alat Musik Ritmis Tamborin

Alat Musik Ritmis Tamborin
Bukalapak.com

Tamborin adalah termasuk alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Tamborin menghasilkan suara gemerincing yang dipadukan dengan sura tabuhan dari bagia membranannya.

Cara Memainkan Tamborin

Cara MemainkanTamborin
Bukalapak.com

Berikut ini ada cara memainkan tamborin agar supaya menghasilkan suara yang indah didengar.

  • Pegang tamborin dengan tangan kanan lalu goyangkan ke arah kiri dan ke arah kanan.
  • Pegang tamborin menggunakan tangan kiri atau kanan, lalu ketuk ujung tamborin atau kulit tamborin menggunakan ujung jari tangan atau bisa juga menggunakan telapak tangan kiri atau kanan.
  • Dilakukan dengan cara mengombinasikan antara keduanya.

Alat Musik Ritmis Triangle

Alat Musik Ritmis Triangle
moondoggiesmusic.com

Alat musik triangle adalah yang berbentuk sederhana dimana hanya tebyat dari logam saja, yang berbentuk segitiga tapi dapat menghasilkan bunyi yang mampu mengiringi alat musik yang lain.

Triangle memiliki suara yang tinggi dan sangat nyaring.

Cara Memainkan Triangle

Cara Memainkan Triangle
alatmusik.org

Triangle dimainkan dengan cara dipukul pada bagia luarnya. Namun ada beberapa irama yng membutuhkan tempo perubahan pada musik.

Perlu diingat bahwa, pada saat memainkan triangle, saat sedang dibunyikan jangan pernah menyentuhnya. Dikarenakan membuat suara atau getaran berhenti dan membuat suara alat musik ini pun menghilang.

Nah itulah beberapa contoh alat musik ritmis modern dan tradisional lengkap mulai dari jenis-jenisnya, bahan pembuatannya, dan cara memiankannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *