9 Alat Musik Petik beserta Sejarah dan Cara Memainkannya [ LENGKAP ]

Alat Musik Petik- Alat musik adalah suatu instrumen yang diciptakan atau dimodifikasi untuk tujuan menciptakanmusik. Pada prinsipnya, semua sesuatu yang memproduksi bunyi, dan dengan metode tertentu dapat dikuasai oleh musisi, bisa disebut sebagai alat musik.
Padahal demikian, istilah ini biasanya diperuntukkan bagi alat yang khusus dialamatkan untuk musik. Bidang ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi.

9 Alat Musik Petik

Alat musik petik adalah instrumen musik yang dimainkan dengan metode dipetik pada komponen senar atau dawainya. Dengan demikian suara dan nada akan tercipta. Ada banyak model alat musik petik, diantaranya gitar, harpa, ukulele, kecapi, sasando, dan lain – lain. Masing-masing mempunyai keunikan tersendiri. Apakah Anda penasaran?

Berikut ini adalah penjelasan mengenai bermacam jenis alat musik petik.

  1. Biola
  2. Ukulele
  3. Mandolin
  4. Harpa
  5. Gitar
  6. Bas
  7. Selo
  8. Banjo

Alat Musik Petik: Biola

Alat Musik Biola
Biola

Biola diyakini telah berevolusi dari Rebec dan Lira da braccio. Di Eropa, empat senar biola yang paling awal digunakan pada bagian pertama abad ini.

Biola cukup mudah untuk mulai belajar dan sebagian besar cocok untuk anak berusia 6 tahun ke atas. Mereka datang dalam berbagai ukuran, dari ukuran penuh hingga 1/16, tergantung pada usia pelajar.

Biola sangat populer dan diminati sehingga jika Anda menjadi pemain profesional tidak akan sulit untuk bergabung dengan orkestra atau grup musik apa pun. Ingatlah untuk memilih biola non-listrik karena lebih memadai untuk siswa pemula.

Sejarah Alat Musik Biola

Untuk asalbusul alat musik yang satu ini telah ada semenjak jaman dahulu, tapi untuk biola modern pertama muncul pada abad ke-16, sekitar tahun 1520 di Italia Utara.

Pada abad ke-16 ini yakni masa-masa kejayaan bagi zaman Renaissance. sebab banyak dampak akibat dari Renaissance biola lama-kelamaan mengarah ke bentuk modern masa kini.

Alat musik ini memang tak di kenal pasti siapa yang mewujudkan, tapi biola tertua yang mempunyai 4 senar merupakan biola yang diciptakan Andrea Amati sekitar tahun 1555.

Cara Memainkan Biola

Sementara biola tak mempunyai fret seperti gitar, nada yang di bagus ciptakan jikalau instrumen disetel dengan benar dan senar ditekan pada posisi yang pas. |Tetapi, untuk bisa menekan senar ke bawah di posisi yang pas sepanjang waktu memerlukan latihan.

Sejumlah ditugaskan untuk masing-masing jari tangan kiri yang menekan senar. Jari telunjuk yakni 1, jari tengah 2, jari manis 3, dan kelingking 4. Posisi tangan di mana jari pertama memainkan nada dua langkah lebih tinggi dari pada senar terbuka disebut posisi pertama. Mari kita mulai berlatih dengan secara cermat dengan menekan catatan B pada senar A dengan jari angka 1 dan tangan di posisi pertama.

Alat Musik Petik: Ukulele

Alat Musik Ukulele
Ukulele

Ukulele adalah salah satu alat musik paling populer di Hawaii. Ini menjadi lebih banyak digunakan selama abad ke-20 dan dipopulerkan oleh musisi seperti Eddie Karnae dan Jake Shimabukuro. Itu seperti gitar kecil tetapi nadanya jauh lebih ringan.

Sejarah Ukulele

Kata ukulele adalah bahasa Hawai untuk “lompatan kutu”. Ukulele itu seperti gitar kecil dan merupakan keturunan dari parang atau machada. Machada dibawa ke Hawaii oleh Portugis selama tahun 1870-an. Ini memiliki empat string yang panjangnya di bawah 24 inci.

Alat Musik Petik: Mandolin

Alat Musik Mandolin
Mandolin

Mandolin adalah alat musik gesek yang diyakini telah berevolusi dari kecapi dan muncul pada abad ke-18. Mandolin memiliki tubuh berbentuk buah pir dan 4 pasang senar.

Mandolin adalah alat musik lain milik keluarga string. Salah satu merek mandolin yang paling populer adalah Gibson, dinamai Orville Gibson luthier.

Cara Memainkan Mandollin

Mandolin adalah alat musik yang bisa dimainkan dengan sistem dipetik sama halnya dengan sistem memainkan gitar. Perbedaan mandolin dengan gitar yaitu berbeda jumlah senarnya. Pada gitar senarnya lebih sedikit dari pada jumlah senar mandolin.

Alat Musik Petik: Harpa

Alat Musik Harpa
Harpa

Harpa adalah salah satu alat musik tertua;para arkeolog menemukan lukisan dinding di kuburan Mesir Kuno yang menyerupai harpa dan berasal dari 3000 SM.

Harpa secara mengejutkan mudah untuk memulai. Ada siswa piano yang belajar bermain harpa dengan sedikit kesulitan karena kedua instrumen membutuhkan bacaan musik dalam double-stave.

Harpa datang dalam ukuran kecil untuk anak-anak usia 8 tahun ke atas dan harpa yang lebih besar untuk siswa berusia 12 tahun ke atas.Tidak banyak orang yang memainkan harpa dan menemukan seorang guru mungkin sulit.Namun demikian, ini adalah salah satu instrumen terdengar paling indah dan layak dipelajari jika Anda inginkan.

Cara Memainkan Harpa

Harpa dimainkan dengan metode di petik. Harpa kecil {dapat} dimainkan sambil dipangku atau dililitkan kain sebagai pegangan di pundak. Harpa besar {lazimnya|umumnya} diletakkan di lantai.

O iya, harpa {dapat} dimainkan secara solo, {tetapi|melainkan|namun} {lazimnya|umumnya} harpa dimainkan bersama orkestra dengan alat musik lainnya.

Alat Musik Petik: Gitar

Alat Musik Gitar
Gitar

Asal usul gitar mungkin berasal dari tahun 1900-1800 SM di Babilonia. Para arkeolog menemukan sebuah plakat tanah liat yang memperlihatkan sosok-sosok telanjang yang memegang alat musik, beberapa di antaranya menyerupai gitar.

Gitar adalah salah satu alat musik paling populer dan cocok untuk siswa berusia 6 tahun ke atas. Gaya rakyat lebih mudah untuk memulai dan ingat untuk memilih gitar non-listrik jika Anda seorang pemula. Gitar hadir dalam berbagai ukuran dan gaya yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Gitar merupakan andalan di sebagian besar ansambel musik dan Anda juga dapat memainkannya solo dan masih terdengar menarik.

Cara Memainkan Alat Musik Gitar

Gitar merupakan alat musik  gundah yang umumnya mempunyai enam senar . Hal ini pada umumnya dimainkan dengan kedua tangan dengan memetik atau memetik senar dengan pick gitar atau jari / kuku satu tangan, sementara secara beriringan fretting (menekan senar ke fret) dengan jari-jari yang lain tangan.

Bunyi senar bergetar diproyeksikan bagus secara akustik, melewati ruang berongga gitar (untuk gitar akustik ), atau via penguat listrik dan speaker .

Sejarah Gitar

Gitar listrik , diperkenalkan pada 1930-an, menggunakan amplifier dan loudspeaker yang keduanya membuat suara instrumen cukup keras untuk didengar oleh para pemain dan penonton, dan, mengingat bahwa itu menghasilkan sinyal listrik ketika diputar, yang secara elektronik dapat memanipulasi dan membentuk nada menggunakan equalizer(mis., bass dan treble tone control) dan beragam besar unit efek elektronik, yang paling umum digunakan adalah distorsi (atau “overdrive”) dan reverb .

Alat Musik Petik Bas

Alat Musik Bass
Bass

Instrumen ini seperti selo besar dan dimainkan dengan cara yang sama, dengan menggosok busur di senar. Cara lain untuk memainkannya adalah dengan memetik atau memukul senar. Double bass dapat dimainkan sambil berdiri atau duduk dan cocok untuk anak-anak berusia 11 tahun ke atas.

Dari segi ukuran mulai dari ukuran penuh, 3/4, 1/2 dan lebih kecil. Double bass tidak sepopuler instrumen string lainnya, tetapi sangat penting dalam sebagian besar jenis ansambel terutama band jazz.

Sejarah Bass

Sejarah gitar bass berawal pada tahun 1951. Bass modern yaitu keturunan dari double bass, que tanggal kembali ke abad ke-17 . Tapi, itu tak sampai abad kedua puluh Bahwa desain bass diubah menjadi lebih praktis.

Pada tahun 1920-an, Lloyd Loar yang berprofesi di Gibson merancang pertama kali ‘bass listrik ganda’. Bass yang diterapkan pickup electro – static , tetapai amply untuk frekuensi bass pada itu masih belum berkembang, sehingga tak ada metode untuk memperdengarkan instrument

Alat Musik Petik: Selo
Alat Musik Cello
Cello

Instrumen lain yang cukup mudah untuk memulai dan cocok untuk anak berusia 6 tahun ke atas. Ini pada dasarnya adalah biola besar tetapi tubuhnya lebih tebal. Ini dimainkan dengan cara yang sama seperti biola, dengan menggosokkan busur pada tali.

Tapi di mana Anda bisa memainkan biola berdiri, cello dimainkan sambil memegangnya di antara kaki Anda. Ini juga datang dalam berbagai ukuran dari ukuran penuh hingga 1/4. Pembuat cello pertama yang diketahui adalah Andrea Amati dari Cremona selama 1500-an.

Sejarah Cello

Cello berasal dari “violcello” yang disingkat menjadi cello, dalam bahasa italia violoncello yang berarti “violine kecil”. Violone adalah instrument kuno, sebuah viol besar yang hampir sama dengan bass modern. Tapi dalam bahasa Indonesia pengucapan pun sama dengan cello atau selo, yakni alat musik gesek dan termasuk dari keluarga biola.

Cellis merupakan sebutan untuk orang yang memainkan musik cello ini. Cello adalah alat musik yang paling tenar dalam beragam aspek, dibuat sebagai inti atau fondasi dalam orkes modern dan musik kamar yang merupakan instrument tunggal.

Alat Musik Petik: Banjo

Alat Musik Banjo
Banjo

Banjo adalah alat musik gesek yang dimainkan menggunakan teknik yang berbeda seperti gaya Scruggs atau “clawhammer“. Itu juga datang dalam berbagai jenis dan beberapa produsen bahkan bereksperimen pada bentuk lain dengan memadukan banjo dengan instrumen lain.

Banjo berasal dari Afrika dan pada abad ke-19 dibawa ke Amerika oleh budak. Dalam bentuknya yang paling awal ia memiliki empat string usus.

Sejarah Banjo

Banjo adalah instrumen yang memakai 4, 5 atau 6 senar yang memanfaatkan membran tipis direntangkan pada sebuah frame (resonator) sebagai head. Membran ini pada biasanya berbahan plastik atau kulit hewan dengan frame yang berbentuk melingkar.

Pada mulanya, instrumen ini diciptakan oleh penduduk Afrika di kawasan Amerika yang itu tahap penyesuaian diri dari alat musik tradisional Afrika. Instrumen ini yaitu komponen dalam musik tradisional Afrika Amerika yang kemudian populer pada abad ke-19.

Banjo modern saat ini sesungguhnya berasal dari alat musik yang telah ada di Karibia dari abad ke-17 oleh budak asal Afrika Barat yang saat itu di Amerika Utara pada abad ke-18. Berikutnya, alat musik ini menjadi kian populer dan banyak dipasarkan semenjak permulaan abad 19 hingga saat ini.

Dalam perjalanannya, instrumen ini mengalami berbagai modifikasi dan penyesuaian berdasarkan selera musik yang diharapkan. Terimakasih semoga artikel ini tentang alat musik petik dapat menambah pengetahuan Anda, semoga bermanfaat!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *